Kontes SEO Dan Jasa Ahli Bisnis Online

Jasa Ahli Agen Optimasi

1001 Alasan Blogger Medan Ikut Lomba Menulis Blog

Judul yang admin angkat adalah “1001 Alasan Blogger Medan Ikut Lomba Menulis Blog” yang dilatarbelakangi semakin hebatnya gejolak penyelenggaraan lomba menulis review produk jasa di blog hingga awal bulan Desember 2017 ini. Memang sih, lomba blog dimaksud masih didominasi oleh situs/website produk yang dilarang oleh pemerintah, seperti: togel, agen betting bola, poker, domino 99, dan lain sebagainya.

 

Alasan Blogger Ikutan Lomba Menulis Review Produk dan Jasa Online di Blog

 

Di tahun 2018 yang akan datang, salah satu kegiatan di dunia perbloggingan yang diprediksikan masih banyak menarik minat para blogger adalah lomba blog dan atau lebih populer disebut dengan “giveaway”. Penyelenggaranya tidak hanya blogger, tetapi juga bisa instansi pemerintah maupun swasta, maupun perusahaan pemilik produk atau jasa yang ingin cepat memiliki atau meningkatkan branding.

 

Kami selaku pegiat dunia SEO dan bisnis online melihat, baik itu tersurat ataupun tersirat bahwa tujuan dari penyelenggaraan lomba blog review adalah untuk ajang melaksanakan konsep berpromosi online. Maklum saja karena dunia blogger itu ibarat sang penemu yang memiliki banyak akal untuk mengembangkan blog-nya, sehingga cepat dikenal khalayak ramai.

 

Dengan kata lain, blogger bukan hanya menguasai dunia maya (online), tetapi juga harus banyak berkiprah di dunia nyata (offline). Tak heran jika banyak perusahaan yang menggandeng keahlian yang dimiliki para blogger untuk mempromosikan produknya agar cepat laku keras dan mendapatkan banyak pelanggan setiap harinya.

 

Keadaan diatas diikuti oleh para blogger yang dengan sangat antusias mengikuti berbagai lomba blog dengan 1001 alasan pembenarannya. Termasuk dalam hal ini admin, yang dahulunya pernah mengikuti lomba menulis di blog (product review).

 

Berikut kami kompilasi, 1001 alasan mengapa para sobat yang terinspirasi menjadi blogger medan, sangat antusias mengikuti beberapa komunitas lomba blog atau giveaway di Indonesia.

 

1) Berdalih untuk rutinitas update blog

Meskipun ide untuk menulis artikel sebenarnya bertebaran di mana-mana, namun jika ada pancingan adanya hadiah tentu sangat membantu untuk melahirkan inspirasi dan naluri menulis artikel. Topik yang dilemparkan oleh penyelenggara lomba juga merupakan salah satu bentuk pancingan untuk mengupdate blog dan menciptakan naluri menulis dengan baik. Dari pada bingung mencari ide, kan lebih baik menangkap topik yang tersedia lalu menempanya menjadi sebuah artikel yang dimuat dalam blog sendiri.

 

2) Dapat melatih ketrampilan menulis artikel berbagai tema

Tergantung siapa penyelenggaranya, lomba blog memberikan kesempatan kepada setiap blogger untuk menulis aneka topik atau tema tertentu. Topik tersebut bisa berupa life style, lingkungan hidup, beauty, parenting, pariwisata, otomotif, gadget, kesehatan, kuliner, salon, busana, rental mobil, bisnis rumahan, developer property, travel and tour, handphone, photografer, teknologi, minuman ringan, obat herbal, peralatan dapur, dan lain sebagainya.

 

Para blogger tentu secara bebas bisa memilih topik yang dikuasai dan disukai untuk dituangkan dalam sebuah konten blog. Namun demikian, blogger yang berkategori rakus untuk mendapatkan hadiah, bisa saja mengikuti segala macam lomba blog, walaupun dia tidak menyukai topik yang sedang diperlombakan tersebut.

 

3) Melatih menulis artikel review produk atau jasa online

Menulis review produk dan ataupun jasa di jaman modern, sebenarnya tak jauh berbeda dengan menulis artikel biasa. Namun demikian, ada hal yang harus diperhatikan oleh sang penulis. Pemilik produk dan jasa yang menyelenggarakan lomba blog, tentu memiliki satu tujuan agar produk dan jasanya menjadi lebih dikenal oleh calon konsumen yang diharapkan datang dari penggunaan internet. Oleh karena itu, sangat wajar bila para peserta diminta untuk memberikan pembahasan yang positif sehingga produk atau jasanya menjadi laris manis dan terbentuk branding di konsumen.

 

Ya, walaupun terkadang review yang dibuat tersebut bertentangan dengan hati nurani, terutama jika sang blogger belum pernah menggunakan atau memakai produknya. Dalam keadaan seperti ini, sang blogger dapat menentukan sikap dan posisinya, apakah akan ikut atau tidak ikut lomba. Sah-sah saja blogger wanita menulis tentang keampuhan obat penumbuh kumis, karena pada prinsipnya yang penting adalah cara mensajikan tulisan dimaksud berkualitas, unik dan enak dibaca, bukan.

 

4) Melatih menjadi seorang penulis artikel berkategori pilar dan viral

Jika panjang artikel tidak dibatasi oleh penyelenggara lomba, maka blogger mempunyai kesempatan yang bebas untuk menulis artikel pilar, bahkan tidak tertutup kemungkinan nantinya menjadi artikel viral. Artikel yang demikian terdiri dari minimal 750 kata dengan uraian yang sangat mendalam, unik, menimbulkan rasa penasaran bagi pembaca dan menjadi trending topik. Secara berkala blogger memang sebaiknya menerbitkan artikel pilar maupun viral yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan rating, ranking dan juga disukai oleh mesin pencari.

 

5) Meningkatkan ketrampilan untuk memasang aksesoris blog

Dalam lomba blog seringkali para blogger yang menjadi peserta diminta untuk memasang banner di sidebar atau pada artikelnya, lengkap anchor text dengan link hidup. Tentu, syarat pemasangan banner ini adalah sebagai salah satu wujud pasang iklan gratis alias tanpa dikenakan tarif iklan yang ditetapkan pada blog yang menjadi peserta.

 

Blogger pemula kadang mengalami kesulitan melakukan hal pasang iklan banner ini. Link yang dipasang juga tidak mengarah kesasaran, banner atau gambar sering dijumpai tidak muncul pada artikel yang dibuat. Semakin seringnya mengikuti lomba blog, maka secara tidak langsung telah mengasah ketrampilan memasang gambar banner yang ber link hidup.

 

Jika pemasangan link gambar banner telah benar, maka saat gambar di klik akan langsung menuju sasaran website yang tepat sebagaimana yang diharapkan. Dengan kata lain, bahwa hal ini adalah model dunia periklanan yang sangat strategis dan ekonomis tanpa dikenai biaya sepeser pun.

 

6) Mempromosikan blog

Mengikuti lomba blog merupakan salah satu bentuk promosi blog secara online. Seperti biasanya, peserta lomba saling mengunjungi blog-blog peserta yang lainnya. Demikian pula si penyelenggara blog dan juri juga akan melakukan pengecekan blog peserta untuk membaca artikel dan kepatuhan terhadap syarat maupun ketentuan yang ditetapkan. Tentu saja, hal ini bisa meningkatkan trafik blog. Terlebih lagi jika ada syarat mengenai jumlah like dan follower blog tentu peserta akan berlomba-lomba untuk mendapatkan like dan follower sebanyak-banyaknya agar bisa menjadi pemenang lomba blog dimaksud.

 

7) Berbagi ilmu dan pengalaman

Walaupun sedang mengikuti lomba, artikel blog sedikit banyaknya juga berisi ilmu dan pengalaman sang penulis. Jika penyelenggara lomba minta agar peserta memberikan saran dan kritik terhadap blognya, maka akan bermunculan 1001 pendapat. Ada yang sama dan tentu saja banyak yang berbeda tergantung cara pandang peserta. Demikian pula artikel yang berisi pengalaman peserta tentu akan menambah wawasan peserta yang lain.

 

8) Hadiah yang disediakan

Tak dapat dipungkuri setiap peserta ingin menjadi juara dari setiap lomba yang diikutinya. Dengan kata lain, aneka hadiah yang telah disiapkan panitia, baik berupa barang ataupu uang dalam jumlah tertentu diharapkan oleh peserta bisa dibawa pulang. Siapa sih yang tidak gembira jika mendapatkan hadiah jalan-jalan ke luar negeri? Hadiah buku saja admin sangat suka, apalagi kalau mendapatkan hadiah gadget atau laptop maupun handphone.

 

9) Melatih ketelitian dan kesabaran

Mengikuti lomba blog bukan hanya sekedar menulis artikel lalu selesai dengan mempublikasikannya. Like atau follow media sosial (medsos) juga sering menjadi persyaratan lomba yang wajib dipenuhi para peserta. Oleh karena itu, peserta harus bersabar untuk mengunjungi media sosial yang dipersyaratkan, lalu menekan tombol Like atau Follow. Kadang penyelenggara lomba minta agar artikel peserta di share ke media sosial dengan menyebut yang inilah dan yang itulah, beserta tetek benget hastag tertentu. Ketelitian membaca artikel pengantar lomba yang diumumkan panitia sangat diperlukan agar peserta tidak melewatkan ketentuan yang ditetapkan. Jangan pula dilupakan tentang ketentuan yang mewajibkan ke para peserta mengenai panjang artikel dan periode waktu deadline (DL) lomba.

 

10) Menunjukkan diri sebagai ahli SEO dan pakar optimasi blog

Ya, secara umum kami berpendapat bahwa para sobat blogger, terutama yang berasal dari kota medan bahwa yang menjadi peserta lomba menulis di blog adalah ahli dan pakar optimasi website. Mengapa? Karena, bila tidak menguasai ilmu tentang website, maka tentu saja akan kesulitan untuk membuat dan mengatur sebuah artikel diblog, upload gambar, mensisipkan anchor text, membuat link hidup, internal link, dan berbagai page setup lainnya terkait dengan hal-hal yang nantinya bisa membuat peserta lomba blog menjadi pemenang.

 

Artinya hanya para ahli dan master blog lah yang memiliki kemampuan untuk membuat sebuah artikel lomba menjadi menarik dari segi tampilan maupun memenuhi segala persyaratan yang diminta oleh panitia lomba. Jadi, kami berpendapat bahwa blogger yang ikut lomba menulis blog sedikit banyaknya ingin menunjukkan kemampuannya kepada dunia, bahwa ia nya memiliki kemampuan dan pengalaman di dunia website dan berharap nantinya akan ditetapkan sebagai pemenang lomba blog.

 

Alasan ke-11 hingga ke-1001, silahkan sobat tambahin sendiri ya. Hehehe…..

 

Nah, apa yang admin kemukakan diatas adalah beberapa alasan mengapa para blogger mengikuti lomba blog, termasuk dalam hal ini adalah blogger medan. Serta, dalam mengikuti lomba blog hendaklah berpegangan pada prinsip dasar, bahwa mengikuti lomba blog merupakan tantangan dan operasi baru yang akan memberikan pengalaman tidak ternilai harganya. Hal ini dimaksudkan untuk menghindarkan diri dari sikap menganggap enteng dan melupakan kaidah yang berlaku, misalnya kesopanan dan juga sportivitas “fair play”.

 

Bila anda sudah mantap mengikuti lomba menulis artikel review di blog, maka janganlah mau terjun bebas dengan membuat artikel yang kualitasnya “apa adanya”, sehingga bisa berakibat pada citra anda selaku blogger asal-asalan dan atau blogger tidak berkualitas. Ingat, soal kalah menang itu adalah sepenuhnya urusan juri. Jadi, senantiasalah menampilkan artikel yang bagus, karena hal itu menjadi kepuasan tersendiri dan kredit point bagi kepribadian blogger aktif.

 

Sebagai blogger yang sudah tidak muda belia lagi, dengan mensajikan artikel di blog, maka sejenak admin bisa melupakan hal-hal yang di dunia nyata (offline), ya walaupun refresh ini tampaknya kecil tetapi penting. Misalnya adanya 1, 2 Like dan Follow yang diberikan oleh para pengunjung atau pembaca artikel.

 

Nah, oleh karena itu pernak-pernik bagi orang-orang yang sudah memberikan Like dan Follow via media sosial, tentu pantas diucapkan terima kasih. Meskipun sebenarnya hal itu lazim dikerjakan sebagai salah satu strategi agar bisa menang lomba blog, termasuk dalam rangka mengambil hati mesin telusur google untuk mencintai blog ataupun artikel tersebut.

 

Demikian artikel yang membahas tentang 1001 alasan mengapa blogger mau mengikuti lomba blog. Admin berharap, artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca setia di sites silaenseo.com yang mengusung visi dan misi “jasa ahli optimasi terbaik di Indonesia” ini. Atas perhatian dan kunjungannya diucapkan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!