Alasan Hukum Vanessa Angel Ditahan Penyidik

Masih ingat dengan kasus hukum yang menjerat Vanessa Angel yang viral booming dengan hastag ‘ratu apem 80 juta’ di awal tahun 2019 yang lalu? Penulis rasa masih ingat ya, karena sempat menggemparkan jagat berita viral di media sosial (medsos) dan youtube. Bahkan banyak netizen yang mengupload berbagai meme maupun video yang terkait dengan nama artis ini, misalnya dengan membuat tulisan atau video dengan judul: apem 80 juta, sekali coblos 80 juta, kue apem 80 jt, dan lain sebagainya.

 

Vanessa Angel VA di Tahan Polisi Jatim

 

Tapi berdasarkan kabar dan fakta terakhir, bahwa Vanessa Angel (VA) kini telah resmi menjadi tahanan di Polda Jawa Timur (Jatim) terkait dugaan kasus prostitusi online di hotel surabaya, pasca dilakukan pemeriksa selama 4 jam pada hari Rabu (30/1/2019) yang lalu. Salah satu yang menjadi alasan penahanan yang dilakukan oleh penyidik terhadap tersangka Vanessa Angel adalah adanya kekhawatiran pihak penyidik Polri pada Polda Jatim bahwa VA akan melarikan diri dan menghilangkan barang bukti.

 

Kabar penahanan Vanessa Angel alias VA tersangka pelaku prostitusi online, terungkap dari penjelasan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Jatim, Kombes Frans Barung Mangera yang memastikan bahwa surat perintah penahanan (SP-Han) atas nama Vanessa Angel sudah ditandatangani oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan.

 

Nah, “dengan begitu artis VA yang pada tanggal 30 Januari 2019 dipanggil untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka resmi telah dilakukan penahanan,” dan tersangka VA akan ditahan selama 20 hari ke depan untuk memudahkan proses penyidikan, kata Kombes Frans Barung Mangera.

 

Alasan hukum terbitnya surat perintah penahanan terhadap artis VA adalah sesuai dengan Pasal 21 Ayat 4 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). Isi Pasal ini menyatakan bahwa syarat objektif tersangka bisa ditahan adalah jika terancam dengan hukuman pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

 

Terkait dengan perkara yang berhubungan dengan prostitusi online ini, Vanessa Angel yang terkenal sebagai pemeran figur Sandra dalam sinetron Cinta Intan dijerat Pasal 27 ayat 1 UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan ancaman hukuman pidananya maksimal 6 (enam) tahun penjara sehingga secara hukum telah memenuhi ketentuan yang diatur dalam Pasal 21 Ayat 4 KUHAP.

 

Disamping adanya syarat objektif diatas, “syarat subjektif yang turut mendasari sehingga terbit surat perintah penahanan terhadap diri Vanessa Angel (VA) adalah dikhawatirkan tersangka VA akan menghilangkan barang bukti dan melarikan diri”.

 

Jadi jelas sudah artis kelahiran Jakarta, 21 Desember 1991, yang sempat mangkir hadir sebelumnya memenuhi panggilan penyidik Polda Jatim untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dengan alasan sakit, menjadi satu bahan pertimbangan kuat atas adanya syarat subjektif bagi penyidik Polri untuk melakukan penahanan. Selain itu, pernah juga satu kali Vanessa Angel (VA) si ratu 80 juta ini juga tidak menjalani wajib lapor setelah terciduk polisi di sebuah hotel di Surabaya dalam kasus prostitusi online melibatkan artis yang konon katanya bertarif sekali kencan senilai 80 juta rupiah yang terjadi pada 5 Januari 2019 lalu.

 

Sekedar mengingatkan saja, akibat terciduk sedang beraksi di hotel yang terletak di Kota Surabaya dengan isu kue apem sekali coblos berharga Rp 80 juta, artis Vanessa Angel diduga turut terlibat di jaringan prostitusi online yang melibatkan ratusan model dan puluhan artis sinetron Ibu Kota. Dalam perkara ini juga, pihak Polda Jatim sebelumnya telah menetapkan dan menahan 4 (empat) orang tersangka yang bertindak sebagai mucikari vanessa angel, masing-masing berinisial ES, TN, F, dan W.

 

Alasan hukum menetapkan Vanessa Angel (VA) sebagai tersangka adalah berdasarkan bukti-bukti forensik digital, dimana artis VA terbukti secara aktif mengeksploitasi dirinya secara online di media sosial (medsos), yaitu dengan cara melakukan percakapan dan mengunggah berbagai foto-foto asusila atau gambar tidak senonoh. Jejak bukti digital tak pernah berbohong, hahahaha…..

 

Hal-hal diataslah yang menjadi alasan hukum kuat hingga Vanessa Angel (VA) ditahan dan dijebloskan ke penjara rutan oleh penyidik Polda Jatim untuk masa 20 hari kedepan. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *