Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Belajar Bisnis Online Dari Blogger Medan

Semakin banyaknya blog/web yang dimodifikasi jadi bisnis di medium online, mengakibatkan pebisnis pemula kepingin belajar bisnis online mulai tingkat dasar sampai mahir. Timbulnya keinginan belajar ini tentu saja dilatarbelakangi adanya niat untuk meraih kesuksesan dan mendapatkan keuntungan dari aktivitas bisnis yang dilakukannya dengan menggunakan internet.

 

Belajar Internet Untuk Bisnis Online Terbaik Dari Blogger Medan

 

Sebagaimana diketahui bersama, pergeseran mindset beralih ke bisnis online dari tahun ke tahun, semakin diminati masyarakat Indonesia, terutama yang berada di Kota Medan. Ya, mungkin warga pebisnis maupun para blogger medan telah banyak yang merasakan bahwa berbisnis online terbukti banyak menciptakan para jutawan baru.

 

Disamping itu, kalau semakin dicermati perkembangan bisnis online di tahun 2018 ini, kategori bisnisnya juga sudah sangat beragam mulai dari pengusaha advertising online, catering makanan, toko affiliasi, pengrajin handy craft, salon kecantikan online sampai merambah pada bisnis fashion melalui pembukaan butik online.

 

Sebenarnya masih banyak lagi peluang yang bisa digarap sebagai lahan dalam berbisnis online, yang terpenting adalah para pelakunya harus jeli melihat peluang mana yang bisa digarap dan memiliki potensi pelanggan besar.

 

Selaku pegiat bisnis online di Medan, kami melihat bahwa pada prinsipnya ada dua tipikal bisnis, yakni: 1) bisnis dengan produk musiman (yang sedang trending), dan 2) bisnis pada produk long term (jangka panjang) yang bisa terus di jual dan akan laku terus menerus.

 

Nah, kedua produk yang kami jelaskan adalah sama-sama dapat memberikan keuntungan, seandainya anda bisa berpacu dengan waktu dan terbiasa dengan gaya hidup yang penuh kedinamisan, maka berjualan dengan mengutamakan produk yang musiman dan melakukan pemasaran online, tentu sedikit banyak akan memberikan tantangan bagi para pelaku bisnis.

 

Tidak hanya tantangan diatas, pada rentang waktu tertentu selama produk yang sedang di jual tersebut sedang trend itu masih trending, maka sudah lagnsung kelihatan income yang akan didapatkan. Namun, harus disadari bahwa produk seperti ini ada masa “bintangnya”, dan ketika masa trending sudah usai, produk ini tidak bisa digarap ke konsumen. Berbeda dengan produk yang berkategori pangsa pasarnya untuk jangka panjang yang walaupu orderan perharinya tidak sebanyak produk trending, namun biasanya keuntungan yang dihasilkannya relatif lebih stabil setiap harinya.

 

Lantas, setelah membaca uraian diatas, mana yang lebih baik apakah produk musiman atau produk longterm ? Jika anda berbicara bisnis untuk jangka panjang, tentu produk yang longterm, karena bisa menghasilkan uang dalam jumlah yang tak terhingga. Mengapa ? Karena, tak lekang oleh waktu. Ya, tapi tak ada salahnya ketika anda menjalankan usaha berjualan produk jangka panjang sembari diselingin dengan berjualan produk yang lagi booming.

 

Khusus, bagi anda yang tidak memiliki produk dan baru memulai bisnis online anda (pebisnis pemula), memang menjual produk orang lain adalah salah satu langkah cepat untuk bisa menghasilkan profit, bisa dimulai dari dorpshipping, dan bila anda berhasil, tidak menutup kemungkinan bila suatu saat anda bisa menjadi penyedia stok barang, dan bahkan hingga menjadi produk owner alias memiliki merk (brand) sendiri.

 

Namun semua itu tentu ada ilmu dan kiatnya agar anda sampai nantinya pada step produk owner. Lalu, dimana anda bisa mendapatkan berbagai ilmu yang bisa membantu proses belajar anda dalam memahami bisnis online cepat terpenuhi?

 

Sebagai langkah awal, anda bisa mencari beragam tips dan trik seputar bisnis online di google, atau bisa belajar melalui postingan di facebook, youtube. Nah, secara bertahap nantinya anda akan menmukan sebuah komunitas bisnis online yang dekat dengan domisili anda. Nah bila sudah sampai di tahap ini, ikutilah komunitas tersebut, karena biasanya banyak ilmu super bisa kita dapatkan dari bertanya kepada para praktisi bisnis online yang lainnya, yang tidak ada tutorial di google, akan ada kesempatan untuk mengikuti seminar bisnis pada umunya.

 

Artinya, selaku pebisnis pemula diwajibkan untuk memperbanyak melihat tutorial dan membaca artikel, menyambung silaturahmi sesama komunitas, serta mempraktekannya secara terus menerus yang dibarengi dengan berdoa, maka nantinya akan menemukan jalan terbaiknya.

 

Disamping itu, dalam aktivitas di usaha online, tentu saja dibutuhkan mental yang tak pantang menyerah bila suatu saat menemukan kesulitan atau kendala, karena semua itu harus dipecahkan, jangan malah ditinggalkan.

 

Adalah hal yang wajar, sebagian besar pebisnis belum paham dengan bisnis online ataupun internet marketing. Hal ini disebabkan karena minimnya pengetahuan orang-orang tentang hal tersebut, padahal bisnis online merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan dan dapat menjadikannya sebagai salah satu sumber pendapatan utama seseorang.

 

Ya, minimal untuk belajar bisnis online ini memang tidak mudah karena dibutuhkan niat, kemauan, ketekunan dan tekat yang kuat. Seperti hal nya dengan bisnis di dunia nyata, juga diperlukan adanya niat, kemauan, ketekunan dan tekat yang kuat, serta kerja keras melakukan pemasaran.

 

Kembali sedikit kami jelaskan tentang apa sih bisnis online tersebut? Dimana, sebagian orang ada juga yang menyebutnya sebagai bisnis internet atau internet marketing. Nah, secara umum pengertian bisnis online menurut kami dari blog silaenseo.com adalah bisnis yang bisa dilakukan ataupun dijalankan yang hanya menggunakan media internet (online). Misalkan saja menjual domain, hosting, web design, toko online, jasa SEO, jasa pasang iklan mandiri, dan sebagainya. Mungkin anda yang telah memiliki bisnis yang sudah memiliki tempat secara fisik atau bisnis offline (seperti kantor, rumah) itu pun bisa dimanfaatkan untuk aktivitas bisnis online dengan cara membuat website atau blog untuk mengenalkan produk apa saja pada dunia, sehingga hal inilah yang nantinya akan menjadi bisnis atau usaha yang anda lakukan kedepannya memanfaatkan medium internet.

 

Keuntungan Berbisnis Online

Pertanyaan yang sering muncul, apa sih keuntungan yang bisa dihasilkan dari bisnis online ? Kok pertanyaan ini sering muncul ya ! Alasannya disebabkan sebagian besar dari bisnis online itu modal nya sangat kecil, sehingga pebisnis sudah bisa langsung memiliki bisnis online minimal hanya bermodalkan memiliki domain dan hosting. Ya, ibarat mirip papan nama dan lokasi usaha.

 

Disamping itu, keuntungan lainnya adalah bahwa bisnis online yang dibuat akan bekerja selama 365/24/7. Jadi kerja terus menerus tanpa henti, buka 24 jam nonstop tanpa henti. Bahkan, ketika Anda tidur pun bisa terjadi transaksi pembelian produk.

 

Anda juga bisa lebih leluasa memonitor bisnis online Anda, kapan pun dan dimanapun asal ada koneksi internet. Kemudian juga, target pasar lebih luas, tidah hanya di sekitar daerah anda. Bahkan target pasar penjualan bisa ke seluruh dunia.

 

Terkait dengan biaya operasional yang harus dikeluarkan untuk bisnis online ini juga terbilang sangat kecil di bandingkan bila anda melakukan bisnis offline. Nah, inilah yang menurut kami menjadi keuntungan dari bisnis online yang saat ini banyak ditekuni pebisnis.

 

Bisnis Online Untuk Pemula

Sembari belajar tentang bisnis online agar semakin mahir dan bisa menuju sukses, anda selaku pebisnis online pemula juga harus selektif memahami 3 pembagian bisnis online, yaitu: 1) apakah hendak menjadi owner / product owner yang merupakan sebagai pemilik produk atau jasa; 2) apakah hanya akan berprofesi sebagai marketer / affiliate marketing yang hanya berfungsi sebagai ahli pemasar produk yang tidak memiliki produk sendiri; atau 3) berperan sebagai publisher / content publisher yang berperan dan berfungsi sebagai pemilik web yang menyediakan ruang bagi promosi produk/jasa tertentu.

 

Nah, menurut hemat kami, langkah terbaik dan pertama untuk belajar memulai bisnis online adalah menjadi seorang content publisher. Dimana menjadi content publisher ini, saat ini sangat banyak ditekuni oleh para blogger medan. Mengapa ? Karena Anda tidak perlu pusing-pusing untuk menjual ataupun menawarkan product kepada orang lain. Anda hanya perlu membuat website dan memberikan content (artikel, video, audio) di dalam website atau blog Anda. Ini adalah langkah awal dan termudah untuk mendirikan jaringan bisnis online Anda yang pertama.

 

Nah, tips untuk proses belajarnya adalah dengan adanya pelatihan secara step-by-step atau dengan mempelajari video yang di mulai dari nol sampai Anda bisa menghasilkan website pertama Anda. Anda akan mendapatkan motivasi. Tapi, minimal artikel dan video yang anda pelajari tersebut mampu menunjukkan bagaimana cara melakukannya dengan simple.

 

Ya, minimal ketika anda tidak mengerti, Anda bisa pause video tersebut dan mengulanginya berkali-kali, baik dari rumah, di kantor, cafe dan tempat lain yang Anda inginkan untuk mendapatkan pembelajaran dengan hasil terbaik.

 

Coba bayangkan jikalau Anda harus memulai bisnis secara konvensional, maka sedikit banyaknya anda butuh sewa ruko, stok barang, mengurus customer service dan lainnya. Ya, meskipun kita harus menyadari bahwa investasi untuk bisnis online dalam kurun waktu jangka panjang adalah tidak sedikit, termasuk didalamnya harus mau belajar bisnis online secara komprehensif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!