Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Bisnis Butik Online

Bisnis membuka web toko butik online di Indonesia, sepanjang tahun 2018 semakin bergairah saja. Ya, mungkin karena perkembangan pendapatan dan keuntungan yang bisa dihasilkan dengan menjalankan bisnis terkait dengan usaha pada butik online sangat besar, sehingga memicu para pebisnis pemula untuk menggeluti bisnis jualan online dengan toko butik pakaian (fashion).

 

Bisnis Web Butik Online Indonesia

 

Tentu saja disamping membuka toko butik offline, baik dirumah ataupun ditempat strategis laginnya sangat wajar bila muncul keinginan untuk terus meningkatkan omzet penjualan dan pendapatan yang lebih banyak lagi setiap harinya.

 

Sebagaimana yang dipahami bersama, bahwa bisnis butik online yang diperuntukkan secara khusus sebagai salah satu wadah unuk bisnis butik menjual pakaian (fashion). Ya, meskipun awal memulai usaha dan berbisnis butik ini juga bisa sebagai salah satu wadah untuk menyalurkan hobi. Nah, hobi ini juga modal yang tak kalah penting dalam konteks memaknainya sebagai hobi fashion jadi modal memulai bisnis butik, seperti hobby mendesain pakaian, hobi belanja, hobi travelling, hobi hangout bersama sahabat, hoby menjahit pakaian/baju, dlsb.

 

Tentu hobi-hobi diatas bila disalurkan dengan baik, bisa mendapatkan penghasilan dalam bentuk uang yang jumlahnya tidak terbaik perbulannya. Enak bukan? Tapi, bisnis apapun itu, tidak terkecuali dalam hal ini memulai usaha butik bukan selamanya membutuhkan modal yang besar, seperti bayangan orang banyak.

 

Mengapa ? Sebab, menjual produk butik anda berupa fashion dapat pangsa pasar terdekatnya bisa dimulai ke kerabat dekat, rekan-rekan kerja Anda, teman kuliah, tetangga sekitar rumah, baru setelah sukses tidak ada salahnya melangkah untuk memberanikan diri membuka sebuah butik berskala menengah dan atas.

 

Dalam menjalankan bisnis butik online, ada banyak hal yang harus diperhatikan benar-benar mantap menjalankannya, seperti target pangsa pasar online yang akan dituju, spesialisasi produk yang dibidik, layanan pelanggan atau customer service, trend pakaian atau mode fashion yang akan dijual, website berstandar SEO dan ramah terhadap mesin pencari, pengepakan dan juga pengiriman barang ke konsumen, dan masih banyak lagi.

 

Lantas bagaimana cara dan tipas kita membangun butik online ini hingga bisa maju dan memberikan kuntungan besar bagi para pemilik modal ? nah, jawabannya ada dibawah ini:

 

1) Pemilihan Jenis Butik

Seandainya anda memiliki keberuntungan atas adanya modal yang cukup besar, maka Anda pun bisa mengawalinya dengan menjadi seorang penjual grosir pakaian pada website toko butik atau blog butik milik anda. Dengan website butik diperuntukan menjadi penjual grosiran, maka Anda menjadi orang pertama yang membeli dari produsen dan menjualnya kembali dalam jumlah yang banyak pula kepada konsumen loyal butik anda.

 

Salah satu yang menjadi keuntungan nyata yang bisa dirasakan, dimana Anda bisa mendapatkan barang dengan harga yang sangat murah dan partai besar, karena langsung membelinya dari sumber pertama. Sebaliknya, jika modal ada tidak begitu besar, jangan langsung berkecil hati, bisnis butik online Anda bisa diawali dengan menjadi penjual eceran.

 

Pemilihan atas jenis butik ini adalah sebagai langkah awal yang sangat penting dilakukan sebagai media pembuka ruang untuk pengelolaan toko butik online anda kedepannya. Apakah Anda mau menjual pakaian khusus pria, wanita atau remaja ? Atau Anda akan menjual kemeja, kaos, jersey bola atau artis-artis ngetop dunia ? Menjual pakaian muslim dan muslimah (hijab), butik menjual gaun dan pakaian pengantin, butik batik, butik jual songket, semua jenis pakaian ini bisa Anda pilih sesuai keinginan dan kemampuan Anda.

 

Nah, setelah butik Anda mulai menunjukkan perkembang yang cukup baik, Anda bisa mulai menambahkan beberapa jenis produk lain sebagai pendukung produk utama yang Anda jual di toko butik, misalnya menjual pakaian t-shirt ciri khas berbagai daerah di Indonesia, menjual dompet, sepatu, tas, kaos kaki, sandal, topi, tali pinggang, parfum, giwang atau anting-anting yang cocok digunakan sebagai pendukung produk utama yang anda jual pada butik online.

 

Ya, walaupun masih terjadi silang pendapat antar ahli bisnis online yang beranggapan bahwa butik itu sebenarnya hanya menjual satu jenis produk saja, tapi Anda bisa menjadi sedikit berbeda dari yang lain dengan menjual sekaligus berbagai produk pendukung lainnya yang cocok digunakan untuk siapapun yang akan berbelanja di toko butik online anda.

 

2) Pemilihan Lokasi Harus Strategis

Pemilihan fisik lokasi butik juga menjadi salah satu faktor yang penting untuk mendatangkan konsumen yang sebanyak-banyaknya. Jadi, carilah dan pilihlah lokasi yang strategis, ramai orang atau lokasi tokonya di pinggir jalan. Untuk hal ini, maka Anda bisa menyewa tempat di pusat perbelanjaan (mall atau hypermart), jika memiliki modal cukup besar.

 

Khusus bagi Anda yang belum mempunyai bangunan (fisik toko) sendiri untuk membuka toko butik atau masih mengalami kendala keterbatasan modal uang, maka solusinya Anda bisa menggunakan sebagian ruang rumah Anda untuk “dimodifikasi” menjadi room toko butik. Terlebih lagi seandainya rumah Anda berlokasi ditempat yang strategis dan ramai orang berlalu lalang, tentu hal ini menjadi salah satu modal yang dapat memudahkan anda untuk membuka butik. Tapi bagi rumah Anda yang tidak begitu strategis dan ramai, siapkan papan reklame unik untuk menunjukkan lokasi butik Anda secara jelas.

 

Bicara memilih lokasi untuk bisnis butik, alangkah baiknya untuk meninjau langsung kondisi lingkungan apakah baik atau tidak. Kan tidak logis seandainya membuka butik di daerah pegunungan yang masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani dengan menjual pakaian yang harganya berkategori mahal.

 

3) Mode Pakaian dan Ciri Fashion

Selanjutnya setelah menentukan lokasi untuk toko butik Anda, sekarang tentukan mode pakaian apa yang ingin Anda jual, misal butik yang menjual tema pakaian ala tahun 60-an, 70-an, 80-an, atau 90-an yang sudah dimodifikasi dengan mengikuti trend jaman now. Atau menjalankan butik yang menjual pakaian ala orang Spanyol, dan lain sebagainya. Atau Anda ingin menciptakan mode pakaian jaman now agar menjadi trend anak muda saat ini ? Sah-sah saja, asalkan ciri fashion yang Anda jual tersebut bisa menciptakan rasa nyaman dan bisa diterima logika untuk dipakai pada saat kapan.

 

4) Miliki Ciri Khas Toko Butik

Jika Anda memiliki kemampuan dalam mendesain pakaian ala desainer kelas dunia, tentu akan sangat berguna dalam memodifikasi atau menciptakan sebuah mode yang terbarukan. Anda bisa menciptakan ciri khas mode fashion tertentu dalam produk yang akan Anda jual kepada para konsumen. Sehingga, jika orang lain melihat ciri khas mode pakaian tertentu, maka mereka akan langsung ingat bahwa desain itu identik dengan brand toko butik online Anda. Dan brand Anda akan semakin terkenal di pasaran fashion Indonesia.

 

Nah, bila telah tercapai kondisi diatas, maka selanjutnya tinggal Anda tentukan, apakah akan memproduksi pakaian sendiri atau Anda bekerja sama dengan produsen lain untuk mensuplai kebutuhan Anda dalam memenuhi pesanan para pembeli.

 

5) Buat Versi Online

Untuk mendorong kinerja promosi produk (internet marketing) yang akan di jual agar semakin “gregetan”, maka Anda harus menyediakan toko butik versi online dari bisnis butik offline yang sudah dikerjakan selama ini.

 

Dengan Anda membuat website toko online dari  toko butik Anda, maka Anda akan bisa menjangkau banyak pelanggan lebih banyak lagi dari seluruh dunia tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu, karena toko online Anda yang bisa diakses selama 24 jam penuh.

 

Dengan konsep untuk menjual fashion agar cepat laris manis dan terjual habis, maka dengan membangun web butik ini, tentu akan membuat produk fashion tersebut akan semakin dikenal banyak orang dan omzet bisnis Anda pun akan semakin meningkat tajam setiap harinya.

 

Tapi, website toko butik online yang anda operasikan haruslah sudah mengoperasikan penggunaan SEO (seo on page dan seo off page) secara baik dan benar agar bisa bersaing mengungguli kompetitor lain di search engine (google, yahoo, bing, yandex, baidu, msn, dll).

 

Tujuan penggunaan SEO ini adalah dalam rangka meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke website/blog toko butik online dari mesin pencari, dengan terlebih dulu memilih kata kunci (keyword) targetan yang baik digunakan oleh para pengguna internet yang sedang mencari tentang produk butik ataupun ragam pakaian yang dijual online.

 

Seandainya anda selaku pemilik web toko butik online tidak memiliki kemampuan dan waktu yang cukup untuk mengerjakan SEO ini, maka langkah terbaiknya adalah menyewa jasa seo terbaik di Indonesia. Tapi, jasa seo ini haruslah yang benar-benar dijalankan oleh ahli seo terbaik indonesia dan telah pula memiliki pengalaman maupun reputasi sebagai ahli seo terbaik dalam menangani pekerjaan SEO khusus untuk bog/web butik fashion di Indonesia.

 

6) Manfaatkan Media Sosial (Medsos – Sosmed)

Setiap pebisnis butik, sangatlah wajar memiliki keinginan yang sama yakni senantiasa ingin selalu dikenal oleh masyarakat luas dari berbagai kalangan yang menjadi pelanggannya ? Jadi jangan pernah ragu untuk selalu mempromosikan butik Anda dengan menggunakan berbagai jaringan media sosial terpopuler di seluruh dunia. Anda bisa menggunakan Instagram, Facebook, Pinterest, Twitter, Linkedin, Whatsapp, maupun medsos – sosmed lainnya.

 

Memang saat ini, Facebook dan Instagram sudah menyatu dan selalu terhubung, sehingga semakin memudahkan untuk memberikan Anda pilihan berbagai teknik dan strategi untuk mempromosikan produk Anda lewat Facebook for Business ataupun Instagram for Business.

 

Nah, dengan memanfaatkan fitur tersebut dari facebook dan instagram, maka hal itu berarti bahwa anda harus mengeluarkan budget dalam rangka mempromosikan produk Anda agar bisa dijangkau pengguna lebih luas lagi. Jadi siapkan anggaran yang cukup untuk promosi produk toko butik online Anda di media sosial, agar omzet penjualan Anda juga semakin hari makin meningkat tajam.

 

7) Berani Menghadapi Persaingan

Persaingan butik yang jumlahnya saat ini sudah sangat banyak dan semakin ketat (baik butik offline maupun online), tentu akan membuat Anda harus berani, produktif dan se-kreatif mungkin dalam membuat dan menawarkan produk butik kepada setiap pelanggan.

 

Ingat, semakin unik dan kreatif produk butik yang dijual, maka semakin besar pula kemungkinan pelanggan memakai dan membeli produk Anda kedepannya. Tak lupa pula gunakan cara-cara yang sehat dalam menghadapi persaingan usaha di dunia maya (bisnis online) agar kepercayaan pelanggan juga meningkat dan selalu terbentuk “positive image” di masyarakat Indonesia.

 

Nah itulah pembahasan yang bisa kami bagikan tentang bisnis butik online, semoga pembahasan ini dapat menjadi salah satu motivasi dan juga inspirasi untuk membangun butik pakaian (fashion) yang baik dan benar, serta dapat memberikan keuntungan besar bagi anda.

 

Semoga sukses dan terima kasih atas kesediaannya berkunjung ke blog silaenseocom yang merupakan blognya ahli bisnis online indonesia berasal dari kota medan – sumut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!