Bisnis Gerai Coffee di Medan Cukup Menjanjikan

Usaha kedai minuman kopi atau bisnis gerai coffee dalam bentuk warung kopi (warkop) dan coffee shop, saat ini terus muncul dan semakin berkembang karena sangat menjanjikan dan mampu memberikan keuntungan bagi para pebisnis ini. Tapi, tentu saja harus memahami secara komprehensif tentang bagaimana cara agar sukses membuka kedai kopi, terutama dalam menghadapi para pesaing yang sudah eksis di jalur bisnis ini.

 

Tak heran mulai dari kedai kopi hingga gerai kopi yang benar-benar bernuansa ‘trully coffee shop’ sampai yang hanya ikutan tren bisnis ini semakin marak di Kota Medan. Bisnis ini diibaratkan jamur yang muncul di tengah-tengah musim hujan dan semakin memanjakan para penikmat kopi di Kota Medan dengan banyak varian rasa kopi khas daerah-daerah di Indonesia.

 

Bisnis Gerai Kopi dan Cafe

 

Praktisi muda yang bermain di sektor gerai kopi juga semakin banyak yang senantiasa menyesuaikan diri dengan zaman modernisasi ‘generasi millennial’, gerai kopi yang dulunya hanya sekedar warkop biasa, kini disulap dengan istilah baru yang dikenal dengan nama ‘coffee shop’. Tentu munculnya coffee shop ini karena didukung dengan menjamurnya berbagai mal dan plaza, membuat tempat ngopi kian bergengsi untuk pelanggan kelas menengah ke atas.

 

Tak hanya di mal dan plaza saja, kafe-kafe kopi di luar gedung mal juga jumlahnya semakin banyak. Setiap coffee shop berlomba dan bersaing untuk menawarkan berbagai kelebihan sebagai daya tarik bagi para konsumen. Mampir ke gerai kopi kini menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan di medan.

 

Untuk memberikan nilai lebih, terkadang coffee shop tidak hanya menyediakan seduhan kopi nan nikmat, namun juga menyangrai dan menjual biji-biji kopi berkualitas terbaik kepada setiap pelanggan. Misalnya menyediakan beberapa biji kopi yang dipesan dari para pebisnis kopi yang berada di daerah Gayo Aceh, Mandailing, Lintong, Toraja, Sidikalang, Robusta, Arabika asal Taput, dan Red Coffee dengan minimal package per 250 gram. Tentu adanya pesan kopi ini menjadi salah satu peluang bisnis kopi arabika bagi petani kopi di tapanuli utara (taput) untuk memasarkan kopinya.

 

Ya….., karena prospek bisnis membuka warung kopi ini sudah sangat terkenal, beberapa gerai kopi terbaik di Indonesia terutama yang kedai kopi yang terkenal di Medan telah menjadi ‘brand’ yang dilirik beberapa orang pelaku bisnis sebagai industri waralaba yang cukup menjanjikan untuk memberikan keuntungan bila dijalankan. Kehadiran awalnya sebagai warkop sederhana ataupun warung kopi tempat berkumpulnya masyarakat (rakyat) medan kini semakin diperhitungkan dan dalam perkembangan bisnis modern bisa disulap menjadi bisnis waralaba.

 

Biasanya beberapa gerai kopi ada yang buka hingga malam hari, tentu hal ini untuk melayani para penduduk medan yang bekerja hingga menjelang malam hari. Menikmati secangkir kopi panas dan bersantai bersama dengan teman-teman menjadi sajian khas yang bisa dilihat pada tempat hiburan sekaligus gerai kopi, seperti yang terdapat di lapangan merdeka medan, mtc pancing medan, warkop rakyat, warung kopi di jalan tempuling dan juga rey coffee yang berada di Jalan Tuamang, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Medan Tembung.

 

Penulis juga kalau sedang suntuk dan ingin melepaskan penat setelah seharian bekerja juga sering berkunjung ke warkop rakyat di Jalan Rakyat, Kelurahan Sidorame Barat, Kec. Medan Perjuangan ataupun berkunjung ke Rey Coffee. Ya….., menghilangkan stress dan kecapekan akibat melakukan aktivitas sehari-hari sangat perlu, minimal menjalani hiburan sekali seminggu meskipun hanya nongkrong di gerai kopi.

 

Tentu pertimbangan penulis untuk memilih tempat nongkrong warkop rakyat dan rey coffee cafe adalah harga makanan dan minuman apakah terbilang cukup terjangkau dan jarak rumah yang terbilang cukup dekat. Disamping itu dalam rangka untuk menghilangkan stress dengan menenangkan pikiran dengan bermain media sosial (facebook, twitter, instagram ataupun whatsapp) karena tersedia jaringan ‘wifi’ gratis. Tidak hanya itu saja, gerai kopi ini juga menyediakan musik yang enak untuk didengarkan.

 

Gerai kopi yang penulis sebutkan diatas telah menjadi tempat yang banyak dipilih oleh keluarga dan kawula muda medan, seperti rey coffee sebagai satu tempat tongkrongan yang cocok dengan keadaan ‘saku’ pas-pasan. Meskipun begitu, tempat dan fasilitasnya tergolong lumayan bagus dengan harga merakyat. Intinya, setiap hari gerai kopi ini banyak dikunjungi oleh anak muda medan bahkan ada juga orang tua yang datang bersama-sama dengan anak-anaknya untuk sekedar menikmati makan dan minum.

 

Nongkrong di warung kopi rakyat ataupun di rey coffee and cafe, tidak akan sampai mengeluarkan uang warna merah (Rp 100 ribu) meskipun telah ada suguhan hiburan musik yang bagus dan oke. Sesekali juga rey coffee mengadakan live musik dengan musisi medan untuk mengisi acara di rey coffee. Artinya, kehadiran gerai minuman dan makanan seperti yang disajikan oleh rey coffee and cafe ini akan menghidupkan dunia musi di medan, dimana para musisi medan akan mendapatkan job.

 

Adanya live musik yang menghadirkan artis dan musisi kota medan akan membuat para pengunjung semakin bersemangat dan antusias, sehingga nantinya akan memotivasi anak medan yang menjadi soorang musisi ataupun penyanyi untuk menampilkan performa terbaik dalam acara live musik yang ada di rey coffee.

 

Lagu-lagu yang disajikan dalam setiap event live musik di rey cafe and coffee juga tergolong beragam, mulai dari lagu dangdut, lagu batak, lagu pop indonesia, lagu barat dan lagu-lagu top lainnya. Intinya, lagu yang tersaji di rey coffee adalah lagu dari Sabang sampai Merauke dan manca negara.

 

Namanya gerai makanan dan minuman, tentu menu makanan dan minuman yang disajikan juga haruslah beraneka jenis untuk dicicipi oleh para pengunjung sembari menikmati hiburan, tentu menu makanan dan minuman yang tersedia juga haruslah dengan harga terjangkau.

 

Konsep menu minuman dan makanan yang terjangkau menjadi pertimbangan pembukaan rey coffee sebagai gerai tongkrongan warga medan dengan tetap mempertahankan beberapa program unggulan seperti live music dengan tampilan beranaeka ragam dan memiliki ciri khas masing-masing yang berbeda setiap harinya. Misalnya untuk sajian pada hari Selasa ada hiburan malam, khusus bertajuk nuansa album kenangan ‘Allround Indonesia’.

 

Hari Rabu ada musik dangdut yang dibawakan dan hari Jumat adalah acara yang paling spektakuler karena menyajikan Trio bernuansa lagu Batak popular, bahkan dapat dikatakan acara ini adalah acara yang paling ramai dan paling disukai oleh pengunjung yang datang ke rey coffee. Sementara untuk hari Sabtu dan Minggu ada acara nonton Bareng, khususnya bagi pecinta bola.

 

Ada hal yang cukup unik dan menarik dari program acara yang ditawarkan oleh bisnis gerai makanan dan minuman rey coffee, yakni pada acara musik yang terbagi dalam 3 (tiga) segmen dimana pada segmen kedua, pengujung mendapatkan kesempatan untuk menampilkan kebolehannya dalam dunia tarik suara (menyanyi). Hal inilah yang membuat gerai rey coffee mulai melekat dihati masyarakat medan dan program yang disajikan juga mendapat respon positif dari para pengunjung dengan host yang penuh canda saat membawa program-program musik.

 

Demikian tulisan yang membahas tentang ‘Usaha Gerai Kopi di Medan Cukup Menjanjikan’, semoga dapat memotivasi para pebisnis pemula di Kota Medan – Sumut untuk memulai usaha ini. Salam sukses berbisnis coffee and cafe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *