Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Bisnis Handphone Agar Tidak Rugi

Setiap hari pasti kita melihat orang menenteng handphone atau telepon seluler (ponsel), bahkan ada yang memegang hp lebih dari satu.  Ya, akibat perkembangan teknologi informasi dan jaringan internet cepat, maupun cara niaga telah menyebabkan bisnis handphone memang tidak ada surut nya dan tetap menjadi idola untuk ditekuni pebisnis muda.

 

Dari segi kegunaannya juga semakin beragam dan makin canggih, sehingga membuat banyak orang membawanya kemanapun ia pergi. Bila ponsel tak dibawa, serasa ada yang kurang dari aktivitas yang akan dilakukan sepanjang hari tersebut.

 

Bisnis Usaha Handphone

 

Kalau dilihat dari lensa bisnis produk, maka akan diperoleh data dan fakta bahwa hampir setiap bulan selalu ada perusahaan yang mengeluarkan produk ponsel atau handphone (HP) terbaru. Produk handphone yang dipasarkan tersebut pun selalu laris dan sukses di pasaran, serta banyak diburu oleh warga.

 

Kondisi diatas, berdampak positif bagi para pebisnis yang memang selama ini telah eksis berbisnis menjual handphone, apakah nantinya menjadikannya sebagai salah satu bisnis online atau hanya sekedar membuka gerai toko offline. Nah, bagi anda para pebisnis pemula yang ingin terjun menekuni bisnis berjualan hp, agar membaca hingga selesai artikel yang kami bagikan ini. Mengapa? Karena, penulis akan membedah tips ataupun cara agar bisa sukses berbisnis handphone secara online maupun offline tanpa mengakibatkan terjadinya kerugian ketika sudah menjalankannya.

 

Baca juga: memulai bisnis jual beli hp online

 

*) Meneliti Peluang Bisnis Handphone

Sebelum memulai bisnis handphone, maka terlebih dahulu harus dilakukan penelitian tentang potensi pasar ponsel yang hendak disasar. Mengapa? Karena, berdasarkan fakta dan data yang ada saat ini, tidak hanya ponsel terbaru saja yang laku di pasaran, ponsel-ponsel lama dan bekas pun masih banyak yang mencari.

 

Apalagi sekarang, tidak hanya orang yang tinggal di kota saja yang memakai HP, di daerah pinggiran hingga ke pelosok pedesaan juga sudah banyak yang menggunakan ponsel diakibatkan adanya sinyal dari operator telepon seluler. Karenanya, pilihan untuk menjual handphone akan lebih bijak diambil setelah melakukan penelitian dan membaca faktor kebutuhan masyarakat tempat anda membuka toko ponsel. Apakah akan menjual handphone baru atau bekas atau memadukan kedua-duanya agar tak sampai rugi.

 

*) Memahami Seluk Beluk Dunia Handphone

Ketika Anda berjualan pancake durian, maka harus mengerti tentang pancake dan juga durian, termasuk kualitasnya. Hal ini juga berlaku kalau Anda berencana menggeluti bisnis menjual handphone ataupun berbisnis aksesoris hp. Di mana Anda minimal mengerti mengenai handphone dan seluk-beluknya.

 

Banyak fakta yang terjadi, ketika beberapa konsumen datang ke toko ponsel dengan kebingungan lalu menanyakan jenis hp apa yang dianggap paling bagus atau paling murah harganya. Jika Anda asal menjawab atau mengatakan tak tahu, tentu konsumen yang membeli hp dari Anda akan merasa “ampun doro” dan menyebarkan di media sosial (medsos) bahwa toko ponsel Anda tidak profesional bahkan mengatakan sebagai “toko ponsel abal-abal”.

 

Jika sampai “kampanye negatif” diatas terjadi menimpa toko bisnis handphone anda, maka sudah bisa dibayangkan bisnis jualan handphone anda lambat laun akan ditinggalkan konsumen dan sepi pembeli, bahkan bisa “gulung tikar”.

 

Jika hal ini tidak ingin terjadi, maka langkah terbaik yang harus dilakukan adalah dengan mempelajari terlebih dahulu tentang jenis barang yang akan di jual, seperti apa tipenya, harga, cara menggunakannya serta kualitasnya. Disamping itu, anda juga harus memiliki kemampuan melihat untuk melihat tren ponsel yang dicari oleh calon konsumen anda, serta sedikit banyaknya memahami keinginan calon konsumen atas telepon seluler yang menjadi favoritnya.

 

*) Update Harga Handphone

Ketika Anda memiliki modal uang yang cukup dan hendak menggunakan uang tersebut untuk membeli stok barang, yaitu ponsel serta aksesoris dan peralatannya. Maka, tak ada salahnya melakukan perbandingan harga dan ketersediaan stok hp yang ditawarkan oleh para distributor.

 

Contohnya, anda bisa membelinya dari para distributor yang biasanya berada di kota besar yang ada di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan dan Batam. Tapi, jangan lupa untuk memastikan atau melihat terlebih dahulu apakah harga barang elektronik sedang turun atau tidak. Mengapa? Karena, hal ini sangat berguna bagi Anda yang memang bertujuan untuk menjual kembali handphone tersebut ke konsumen.

 

Artinya, anda selaku pebisnis juga harus belajar tentang kondisi perekonomian global, di mana harga akan turun naik seiring kuat lemahnya kurs dollar. Disamping itu, Anda juga harus selalu update dan mengikuti perkembangan terkini dunia pasar, agar Anda tidak merugi atau menjual barang yang harganya terbilang terlalu mahal bila dibandingkan dengan kompetitor yang ada.

 

*) Update Stok Barang Ponsel

Sekarang ini handphone terbaru cepat muncul di pasaran dan selalu diincar oleh para konsumen. Sebagai penjual, tentu saja Anda tidak boleh ketinggalan atas adanya info tersebut, terutama kalau Anda ingin membuka toko besar dan mengeluarkan barang yang bagus.

 

Artinya, mau tak mau atau suka tak suka atas handphone terbaru atau yang sedang jadi tren di pasaran, Anda harus tetap sediakan agar tidak ketinggalan dan konsumen pun bisa tertarik berbelanja ke toko ponsel Anda.

 

Usahakan untuk selalu cari tahu tentang apakah barang baru tersebut bermasalah atau tidak. Terkadang untuk ukuran handphone ataupun smartphone tertentu, beberapa jenis dan keluaran terbaru merupakan produk gagal yang sering lolos ke pasaran karena kesalahan produksi dari pabrik.

 

*) Perhatikan Anggaran yang Tersedia

Anggaran yang digunakan untuk membuka usaha jual beli handphone tidaklah sedikit. Oleh karena itu, Anda harus cermat dan tidak boleh ceroboh dalam menekuni usaha handphone offline ataupun bisnis handphone online. Semuanya harus dipersiapkan secara matang dan terperinci.

 

Mohon dibaca juga: bisnis online tanpa modal dengan hp android

 

Hal itu dilakukan adalah dalam rangka untuk menghindari agar tidak terjadi kerugian ataupun bertujuan agar terhindar dari berbagai resiko yang mungkin saja bisa menerpa bisnis Anda kedepannya. Ingat bahwa modal yang tidak sedikit jumlahnya dan barang berupa handphone dan aksesoris yang tidak laku menjadi dasar yang wajib dipertimbangkan, sehingga tidak salah dipilih produk. Bila sampai terjadi kesalahan memilih produk yang hendak dipasarkan, maka akan membahayakan usaha yang Anda rintis tersebut.

 

*) Meningkatkan Keamanan di Toko Ponsel

Membuka usaha jual hp ataupun toko handphone dan gadget, sama halnya dengan membuka usaha toko emas yang berpotensi besar di bobol maling. Untuk itulah dibutuhkan adanya strategi pengamanan ekstra dan berlapis.

 

Seperti yang sering kita lihat di televisi ataupun pemberitaan di media online maupun medsos, bahwa toko handphone ataupun galeri smartphone sering dibobol maling dan dijadikan sasaran pencurian. Bila hal ini sampai terjadi, maka bisa mengakibatkan bisnis anda akan rugi besar. Ingat, bahwa handphone adalah salah satu produk barang yang sangat mudah dijual kembali ke konsumen.

 

Disamping itu, berbagai modus penipuan dan pencurian ataupun aksi copet yang berpura-pura menjadi pembeli juga harus cepat diantisipasi dengan meningkatkan keamanan. Selain itu, keamanan ini juga berfungsi untuk mengamankan toko ponsel Anda dari modus-modus baru yang mungkin terjadi.

 

Nah, untuk hal ini tidak ada salahnya toko handphone atau galeri ponsel anda menggunakan etalase terkunci yang bisa dibuka secara khusus hanya oleh pemiliknya. Toko hp anda juga harus dilengkapi dengan pemasangan “closes circuit television” (CCTV) untuk bisa membantu menjaga toko agar tidak kemalingan. Bila perlu CCTV ini terkoneksi secara online dengan smartphone anda, sehingga dapat memantau perkembangan yang terjadi di toko meskipun anda berada di luar.

 

*) Bekerja Sama Dengan Agen Ponsel Terpercaya

Membuka usaha penjualan ponsel bisa dikatakan gampang-gampang susah. Kok bisa ya? Hal ini disebabkan, Anda harus memiliki kemampuan untuk memilah supplier ataupun agen besar yang menjual hp, dan di mana sumber pasokan handphone tersebut benar-benar tersedia.

 

Misalnya mendatangi langsung agen atau distributor besar yang menjual hp android tipe samsung a7 atau samsung note 9. Atau agen besar pemasok produk iphone 8 plus, dan lain sebagainya. Mengapa? Karena saat ini sangat banyak ditemukan handphone atau gadget palsu yang bisa merugikan Anda, terutama bagi para pebisnis pemula yang baru terjun menekuni bisnis handphone.

 

Jadi, belajarlah untuk mengenali barang hp palsu dan yang asli seperti apa. Kemudian juga harus memahami tentang garansi atas produk tersebut, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan handphone yang hendak anda jual di toko ponsel anda. Mengapa hal ini kami katakan? Karena tak dapat dipungkiri, ada beberapa pengusaha handphone ataupun penjual smartphone online yang sering kena tipu oleh oknum agen pemasok handphone di Indonesia. Ya, artinya bahwa handphone yang dijual oknum tersebut tidak original atau palsu, atau sering dikenal dengan nama “ponsel kw”. Biasanya handphone asli bergaransi nasional dan memiliki sertifikat atau nomor ID khusus dari pabrik pembuatnya.

 

*) Berbisnis Dengan Semangat dan Sepenuh Hati

Terlepas dari sulit atau tidaknya membuka bisnis handphone, dan juga tingkat persaingan bisnis yang sangat ketat. Janganlah hal tersebut membuat anda selaku pebisnis menjadi cepat putus asa atau patah semangat.

 

Apalagi sering mendapat kenyataan bahwa para konsumen lebih memilih datang ke “electronic center” daripada ke toko-toko diluar itu, karena mereka lebih percaya dan akan banyak mendapatkan informasi tambahan tentang berbagai tren produk ponsel yang banyak disukai.

 

Intinya harus sabar, tetap semangat dan melakukan bisnis haruslah sepenuh hati, karena membangun bisnis hingga bisa sukses dan bisa mendapatkan keuntungan dari berjualan handphone tak lepas dari penggunaan berbagai strategi pemasaran yang baik pula. Tapi, bila melihat prospek dari bisnis menjual handphone yang tak ada matinya, telah mengakibatkan bisnis dan usaha ini sangat diminati oleh para pebisnis pemula.

 

Simplenya, strategi berbisnis jual handphone ataupun jual beli HP baru dan bekas secara praktik dapat dilakukan dengan:

 

a) Dalam hal menunjang aktivitas pemasaran penjualan produk, anda bisa mempromosikan di media massa setempat atau bisa juga memakai jasa pasang iklan online. Tapi, sebagainya agar mencantumkan harga dan jenis produk yang anda punya (warna, tipe dan penjelasan spesifikasi produk ponsel dimaksud misalnya iOS atau android), baik itu produk hp baru maupun bekas (second).

 

b) Membuka ruang seluas-luasnya untuk saling bertukar informasi mengenai ponsel yang sedang tren dan/ataupun handphone bekas yang masih banyak dicari para pembeli. Manfaatkan jaringan yang terdapat dalam komunikasi pasar selular, mal elektronik yang banyak memberikan alternatif barang untuk dipasarkan kembali dan masih tinggi peminatnya.

 

Demikian artikel yang membahas tentang cara mudah bisnis handphone agar tidak merugi. Semoga bermanfaat bagi para pebisnis terutama bagi usahawan muda yang baru saja berkecimpung dalam bisnis usaha jual dan ataupun jual beli handphone. Semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!