Bisnis Online dan Jasa SEO

Bisnis Online Medan dan Jasa Ahli SEO Blogger Terbaik

Bisnis Jasa Kampanye Online Pemilu Dan Pilkada

Pemilu 2019 dan pilkada 2018, kandidat kepala daerah, caleg maupun presiden melalui para tim sukses online dan tim pemenangan daring yang secara jor-joran melakukan kampanye di internet. Publik Indonesia juga menyambut secara positif atas adanya metode kampanye online, bahwa saat ini telah banyak memahami dan merasakan keberadaan kampanye yang viral di sosial media (medsos) ataupun di website lebih menunjukkan dampaknya ketimbang iklan di televisi.

 

Bisnis Jasa Kampanye Online Pemilu Dan Kampanye Daring Pilkada

 

Dari segi bidang bisnis, adanya jasa kampanye online pemilu ataupun sosialisasi online yang dilakukan para pasangan calon (paslon) di pilkada, bayarannya juga sangat menggiurkan. Hal inilah yang menyebabkan, bisnis kampanye online pemilu dan pilkada terus tumbuh kuantitas maupun kualitasnya. Terbukti dari para pekerja pada bisnis online ini di lakukan oleh orang-orang profesional dan berpengalaman yang siap membuat nama seorang jadi cepat terkenal, bahwa tidak tertutup peluangnya jadi berkualitas mendunia.

 

Lantas mungkin terpikir dibenak para pebisnis online dan praktisi online marketing, bagaimana sih sebenarnya strategi kampanye secara online yang harus dilakukan agar lebih tepat, efisien dan cepat mempopulerkan nama para kandidat ? Apalagi di tahun 2018 banyak provinsi dan kabupaten/kota yang akan memilih gubernur, bupati dan walikota baru, dimana kondisinya sudah sangat sengit diberitakan oleh media televisi dan portal berita maupun di media sosial.

 

Dalam hal ini kami selaku blogger yang juga pegiat bisnis online yang berasal dari Kota Medan, tidak akan membahas hal ini dalam konteks idealisme, meskipun kami sadar bahwa website atau blog merupakan media jurnalis yang menjunjung tinggi independen dan non partisan untuk memberikan dampak positif pada segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Strategi Bisnis Jasa Kampanye Online

Meskipun SilaenSeo.com belum ada pengalaman dalam menangani klien dari partai politik (parpol) ataupun kandidat gubernur, bupati dan walikota, apalagi kandidat presiden, kami tetap akan mencoba untuk mengutarakan gagasan kreatif kami tentang strategi bisnis jasa kampanye online dimaksud yang ditekuni oleh pegiat jasa online.

 

Menurut hasil pemikiran kami, bahwasanya kampanye politik, kampanye online ataupun sosialisasi online untuk dan atas nama para kandidat adalah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan tim bagian kampanye offline para kandidat. Mengapa ? Karena, integrasinya terletak pada kampanye online yang akan membawa sejumlah massa untuk di himpun pada kampanye offline yang selanjutnya akan di publikasikan pada media televisi (bila memungkinkan). Dalam hal ini, tim kampanye online perlu untuk selalu berkolaborasi dengan tim kreatif kampanye maupun tim pemenangan, walaupun pada sisi lain mereka memiliki tim kreatif pada kampanye online.

 

Langkah pertama yang harus dilakukan sebagai bagian dari strategi apapun itu adalah mengenali peta wilayah yang menjadi target untuk disasar, dan kemudian memahami saluran-saluran apa yang efiesien untuk menjangkaunya.

 

Sebagaimana diketahui, bahwa dalam dunia internet, ada beberapa saluran yang baik bila digunakan selain dari channel jaringan sosial media (medsos). Namun, perlu dibuat urutan dampak dan segmentasi keefektifannya, dengan begitu dalam menyusun strategi yang terkait dengan “peak” waktu pilkada, dapat dibuat sebuah rangkaian rencana yang lebih ter-organisir, massif dan ter-struktur. Hasil akhirnya adalah untuk mendorong pengambilan keputusan terhadap kandidat yang dalam hal ini menjadi klien nya.

 

Saluran Yang Dipakai Oleh Jasa Kampanye Online

Ingat, secara prinsip kampanye online ataupun sosialisasi daring bertujuan untuk menyampaikan visi dan misi, berinteraksi, dan mengarahkan target segment di internet untuk hasil akhir, yaitu untuk memilih sang kandidat.

 

Selaku pegiat bisnis online, kami melihat ada beberapa saluran yang bisa dipakai dan dipilih oleh para pemberi jasa kampanye online, yakni:

 

1) Portal

Selain adanya website utama untuk kandidat di ajang pemilu maupun pilkada, juga sangat dibutuhkan adanya website pendukung. Untuk apa ? Kegunaannya adalah dalam rangka untuk menyedot banyak pemirsa yang ada di internet, web pendukung ini perlu dibuat semenarik mungkin, agar tidak monoton dan membosankan para pengunjung website.

 

Saluran pendukung yang dapat lebih mengefektifkan adanya aktivitas di portal adalah search engine. Oleh karena itulah, maka akan ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk pemasangan iklan di search engine. Selain itu, bisa juga dengan memakai strategi perkampanye pada portal-portal komunitas yang banyak anggotanya, namun biasanya untuk hal ini akan dikenai biaya jika memilih cara dan strategi ini. Untuk urusan tergabung dalam komunitas, dapat anda drive dengan tim kreatif di sosial media (medsos).

 

2) Jejaring Media Sosial

Terkait dengan sosial media, memang memiliki banyak saluran yang bisa dimanfaatkan oleh tim kampanye online, namun perkiraan biaya iklan di facebok yang harus dipersiapkan adalah berkategori tinggi. Oleh karena itu harus dapat di ukur urutannya dari yang paling potensial untuk mendulang suara.

 

Bicara tentang bisnis iklan yang ditawarkan oleh facebook, biasanya per 1000 impression (1000 orang yang melihat iklan kampanye) biayanya adalah $1 atau Rp. 13.000. Kalau seandainya kita anasir untuk wilayah Sumatera Utara (Sumut), para pemilih yang berusia 18 tahun sampai 65 tahun ada sekitar 10 juta orang di Facebook. Berarti untuk sekali cakupan iklan, membutuhkan biaya $10.000 atau sekitar 130 juta rupiah. Sangat besar ya !!!

 

Seandainya kita memilih saluran periklanan di facebook, maka sebelum memulai, langkah pertama harus ada FanPage Facebook yang dikelola untuk dan atas nama sang kandidat yang disesuaikan dengan branding kampanye personal mereka.

 

Sedangkan untuk di twitter, selain dapat beriklan, sebenarnya banyak hal yang dapat dilakukan menggunakan berbagai teknik dan ide kreatifitas kekinian. Twitter merupakan media yang berpeluang besar dapat berdampak secara viral. Tim kampanye online maupun tim pemenangan daring harus dapat mengelola sebuah hastag.

 

Ingat, bahwa tidak menjadi topic trending bukanlah masalah karena sebetulnya twitter cenderung merupakan media yang sangat pro-aktif di konsumsi oleh para pengguna internet melalui penggunaan hastag yang tepat. Apa yang dapat dilakukan pada twitter, gambaran ilustrasinya seperti customer service (cs) dan merupakan customer loyalty program.

 

3) Forum Sosial

Salah satu social forum yang cukup digandrungi masyarakat Indonesia adalah Kaskus, dimana pada forum sosial ini memiliki banyak akun pengguna aktif, sehingga merupakan saluran yang tepat untuk melancarkan kampanye online. Kaskus juga secara khusus memberikan ruangan untuk para pengiklan.

 

4) Jaringan Portal

Banyaknya portal di Indonesia dapat dijadikan sebagai sarana kampanye atau promosi yang paling menarik untuk case tertentu. Untuk para politikus dan atau birokrat yang masih cinta dengan NKRI, kini anda dapat berkampanye sembari mendukung tema “niche” yang diusung oleh portal tersebut.

 

Biasanya bisnis yang dikembangkan pada portal tersebut ada menyediakan berbagai saluran, termasuk branding untuk di sosial media (medsos). Harga paket iklan pada setiap portal adalah tidak sama, bisa berkisar Rp. 50 juta hingga Rp. 100 juta. Tentu adanya tawaran harga ini, sangat menarik untuk memanfaatkan saluran branding srategy perusahaan (regular basis) selain untuk aktivitas kampanye (occasional).

 

5) Micro Blogging

Sebenarnya, situs micro blogging agak lebih berpengaruh atas adanya backlink, dan listening mode. Namun tidak ada salahnya untuk di coba. Hanya saja dalam hal ini, anda memerlukan seorang penulis konten yang benar-benar kreatif, berkualitas, profersional, menguasai SEO (search engine optimizer), dan senantiasa menghargai aspek hukum maupun peraturan perundang-undangan dan norma-norma yang berlaku di Indonesia maupun di daerah tersebut.

 

6) E-Mail

Strategi pemanfaatan e-mail untuk kampanye online harus menargetkan kelompok dan komunitas sesuai demografi. Ada beberapa e-groups yang memiliki cakupan puluhan ribu sampai ratusan ribu orang, sehingga tak salah untuk di coba.

 

Dari ke-6 saluran kampanye online tersebut diatas, secara prinsipil memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda. Oleh karena itu, harus benar-benar di pahami agar dapat merumuskan rangkaian tahapan proses strategi kampanye yang tepat dan efisien. Dengan set tahapan yang benar, tentunya selain lebih berdampak mempopulerkan sang kandidat, juga dapat menekan biaya kampanye.

 

Strategi Bisnis Branding Pada Kampanye Online

Cukup mudah untuk melihat branding kampanye online, seperti Jokowi dan Ahok yang memakai kemeja kotak-kotak, Prabowo dengan baju putih, ataupun penggunaan slogan atau jargon “kerja kerja kerja”, “djoss” dengan jargon semua urusan mudah & transparan, “eramas” dengan jargon sumut bermartabe, dan lain sebagainya. Ini adalah strategi branding untuk keluar. Sedangkan branding untuk menekan pesaing, mereka memberikan istilah “Haters” atau “Kecebong” bagi para peng-kritik atau orang yang bukan pendukung.

 

Dari contoh diatas, sangat jelas strategi yang dapat digunakan untuk memisahkan pendukung dan bukan pendukung. Jadi para pebisnis online bidang jasa ini, harus jeli dan dapat memanfaatkan contoh strategi branding diatas untuk penggalangan massa lebih banyak lagi secara offline. Tanpa adanya branding ini, kampanye online dan offline tidak akan berjalan efektif, dan tidak dapat memberikan tingkat emosional dan pengalaman lebih kepada pendukung yang loyal sekalipun.

 

Ingat bahwa kekuatan branding merupakan faktor penentu yang secara cepat dapat memperkenalkan nama sang kandidat. Kita dapat bayangkan usaha keras yang terus dilakukan oleh perusahaan PT Unilever, PT Kalbe Farma, Jamu Borobudur, PT Telkomsel, Bolt 4G, dan produsen lainnya untuk membangun branding mereka. Apalagi jika waktu yang diberikan sebatas satu tahun, sudah barang tentu pengalaman online “spread wide”, pemahaman mendalam dan kreatifitas tinggi sangat diperlukan selain mengeluarkan biaya yang besar dalam bisnis branding online ini dalam konteks bisnis online yang modern dan uptodate.

 

Manajemen Persaingan Bisnis Jasa Kampanye Online

Dalam jaman digital yang serba now ini, sangat wajar bila para kandidat akan menemui para pesaingnya juga akan melakukan hal yang sama, yakni berkampanye di sosial media, iklan fb, iklan adwords (ads) google, iklan di youtube, twitter, adsmob, dan lain sebagainya.

 

Adanya strategi yang dijalankan pesaing, sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Mengapa ? Karena, sepanjang tim kampanye online dapat dengan cepat dan tanggap mengetahui dan memahami setiap pergerakan tim kampanye dari pesaing kliennya, maka segala kemungkinan yang terkait dapat memberikan hambatan pada branding dapat diantisipasi dengan sangat cepat, disamping adanya peralatan listening yang memadai harus tersedia. Sehingga dapat melakukan aksi-aksi proaktif untuk segera meredam setiap pergerakan dari tim kampanye pesaing. Tentu hal ini juga merupakan bagian dari strategi, karena tidak mungkin dapat di hindari dan jalan terbaiknya adalah mengelola dengan sebaik mungkin.

 

Adanya reputasi personal kandidat (online reputation) merupakan hal sangat mendasar dan harus ada pada branding kampanye online. Dan ini merupakan area yang harus disertakan dari awal proses. Usaha aktif dan pasif harus dilakukan terhadap seluruh aspek penting dalam strategi kampanye online yang hendak dikemas. Intinya adalah segala upaya yang dapat menghambat efektifitas branding harus dapat selalu dihempang dan dipatahkan secepat mungkin. Karena itu para pelaku bisnis jasa kampanye online memerlukan adanya pemahaman atas kondisi terkait dengan online review, lebih bagus lagi jika para pengkritik dapat dirubah pandangan politiknya.

 

Hasil Aktivitas Kampanye Online Senantiasa Terukur

Sub bagian ini sangat penting dilakukan, terutama untuk diawal. Mengapa ? Karena, seandainya ada yang harus dievaluasi maka dapat dilakukan dengan cepat, berhubung adanya keterbatasan waktu tahapan kampanye yang ditetapkan oleh penyelenggara pemilu atau pilkada.

 

Tim kampanye online wajib untuk memberikan laporan hasil kampanye online yang telah dijalankan, seperti berapa jumlah member fanpage, berapa follower twitter, berapa likes, retweet, dan lain sebagainya. Data pengukuran hanya untuk aktivitas online yang sudah dilakukan selama ini, sedangkan data real-nya harus dibuatkan acara gathering, kuis dan program acara dalam bentuk lain yang dapat menggambarkan berapa sebenarnya jumlah pendukung yang datang dari dunia online.

 

Para kandidat juga dapat terjun secara langsung untuk mengukur efektifitas dari strategi kampanye online yang sudah dijalankan, misalnya melalui skala interaksi di saluran online.

 

Ingat, bahwa bermain di segmen online merupakan “cyber wars” branding kreatif. Kita dapat menggunakan “gimmick”, seperti kaos branding kampanye mutunya sangat berkualitas, bagus dan dipandang kaos yang exclusive. Kegunaannya adalah untuk meraih tingkatan emosional dari para audience yang kerap kali berinteraksi, dan juga dapat menambah banyak peserta untuk selalu memiliki interaksi dengan sang kandidat.

 

Pada pembuatan dan desain kaos branding kampanye yang kami contohkan diatas, haruslah menggandeng perusahaan bisnis baju dan juga jasa sablon agar dapat memberikan ide branding kreatif sesuai dengan adanya konsep pertanyaan quiz yang secara tidak langsung memberikan pandangan pada audience.

 

Adakah Jaminan Kesuksesan Atas Kampanye Online ?

Secara teori dan praktik bahwa kampanye online yang dijalankan tidak selalu dapat memberikan jaminan adanya keberhasilan bagi para kandidat akan memenangkan pilkada atau para caleg dprd dan dpr akan duduk di lembaga legislatif setelah menjalankan berbagai strategi online review caleg disetiap penyelenggaraan pemilihan umum legislatif (pileg). Mengapa ? Karena kampanye online merupakan salah satu strategi alternatif nan jitu dan efisien bagi para kandidat atau partai politik (parpol) yang mengusung atau mendukungnya.

 

Namun, meskipun begitu penggunaan strategi kampanye online dapat meredam setiap dampak yang berpengaruh negatif terhadap keberhasilan pada waktu masa kampanye, dan juga dapat membawa massa lebih banyak lagi ke tim kampanye offline.

 

Memang masih banyak lagi setting yang harus diterapkan bila berencana menggunakan strategi kampanye online dan adalah langkah bijak bila menggandeng perusahaan bisnis jasa kampanye online yang profesional dan memiliki pengalaman membendung “kampanye hitam” (black campaign) maupun “kampanye negatif” (negative campaign) yang selalu ada dan muncul dalam setiap perhelatan pemilu/pilkada.

 

Memang menekuni bisnis jasa kampanye online merupakan bidang sangat menarik, dan SilaenSEO yang merupakan blogger pegiat bisnis online di medan sangat percaya bahwa hanya nilai ketulusan, kebaikan dan adanya azas kemanfaatan luas yang dapat berdampak positif untuk menghasilkan karya-karya yang bermafaat bagi khalayak ramai adalah visi dan misi para blogger. SilaenSEO.com memiliki pengalaman dan teknik yang unik dalam menjalankan strategi online branding spesialis untuk para kandidat pemilu/pilkada. Nah, bagi para kandidat dan tim suksesor, silahkan untuk menghubungi dan kontak kami agar mendapatkan informasi lebih lanjut. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!