Bisnis Kampanye Online Era Digital Marketing

Kampanye pemilu presiden dan legislatif (caleg) 2019 menggunakan media online dimaknai sebuah moment bisnis yang tentu saja tidak akan dilewatkan oleh para pakar dan ahli digital marketing Indonesia. Mengapa? Karena, digital marketing adalah sebuah media jaman modern yang kerap digunakan untuk mempromosikan merk atau produk dan juga nama besar seseorang yang ikut menjadi kontestan pemilu dan pemilukada (pilkada).

 

Bisnis Kampanye Online - Usaha Digital Marketing

 

Dengan memanfaatkan digital marketing sebagai salah satu alat kampanye online, baik di media sosial maupun media elektronik lainnya, maka seseorang ahli dan master konsultan digital marketing akan mendapat  keuntungan besar dari bisnis yang dijalankannya tersebut.

 

Namun, menjalankan bisnis digital marketing kampanye pemilihan presiden/wakil presiden (pilpres) dan pemilihan calon anggota legislatif (pileg) memang tidak cukup mudah, sehingga banyak para pebisnis online marketing yang mencari cara dan strategi terbaik untuk menjalankan bisnis tersebut agar bisa sukses menjadi sebuah bisnis kampanye online maupun bisnis sosialisasi online.

 

Sebagaimana diketahui bersama bahwa bisnis adalah salah satu hal yang sudah banyak di pilih dan dikerjakan seseorang untuk mencari keuntungan dibidang finansial. Memang benar ada banyak bisnis di era marketing share internet yang sudah di pilih oleh seseorang, seperti menjual produk secara online dan menjadi team pemenangan online atau jasa kampanye di internet. Artinya, cara online sudah banyak di pilih oleh seseorang dan bahkan sudah menjadi pekerjaan utama. Hal ini di karenakan, cara bekerja online ini lebih mudah dan lebih memanfaatkan waktu secara efisien.

 

Era digital marketing saat ini, memang lebih banyak memanfaatkan internet  dan menggunakannya sebagai media utama promosi apa saja, misalnya brand produk yang hendak dijualnya. Kemudian juga tak ketinggalan para konsultan politik maupun parpol, secara khusus juga ada membentuk team kampanye online untuk menyasar para calon pemilih melalui media sosial (medsos). Intinya, dibidang kepemiluan bahwa kehadiran digital marketing adalah sebagai satu media yang cukup penting untuk menjaring suara pemilih agar tertarik memilih para calon peserta pileg dan pilpres.

 

Tentu saja memanfaatkan digital marketing dalam kampanye politik ataupun digunakan oleh tim pemenangan caleg adalah dalam rangka mempromosikan kelebihan atau keunggulan dari sang kontestan yang ikut di ajang pemilu agar mendapat simpati dari masyarakat.

 

Berbicara tentang dunia digital, media yang biasa digunakan untuk menunjang kinerja dan usaha di bidang digital marketing adalah komputer, laptop, tablet, smartphone, hp android, dlsb. Dengan menggunakan digital marketing, maka anda akan lebih mudah untuk mempromosikan apa saja, tidak terbatas hanya promo produk yang akan di jual kepasaran, karena jasa kampanye online juga banyak yang menggunakannya.

 

Mengapa akhir-akhir ini kampanye via digital marketing banyak dipilih oleh para pemberi jasa kampanye online maupun team kampanye di media sosial? Hal ini disebabkan, secara garis besar bahwa digital marketing dapat digunakan untuk  membangun  sebuah kesadaran para calon pemilih, terutama yang belum menentukan pilihan (swing voters) maupun para pemilih pemula.

 

Selain itu, digital marketing juga dapat digunakan untuk mempromosikan merek, produk maupun membranding nama seseorang sehingga cepat populer dan memiliki elektabilitas tinggi di mata masyarakat. Dimana, produk tersebut dapat follow up melalui berbagai jenis saluran digital  yang sudah tersedia saat ini. Dengan begitu, digital marketing dapat juga menggunakan saluran-saluran yang tidak memanfaatkan internet (misalnya videotron, televisi, radio, dlsb). Sehingga, digital marketing ini dapat digunakan siapa saja dengan memilih berbagai cara. Baik internet maupun bukan internet.

 

Salah satu marketing yang tidak menggunakan media internet adalah sms. Nah, sms dapat digunakan untuk mempromosikan suatu barang ataupun nama caleg dan presiden tertentu agar dipilih. Sedangkan komponen utama  yang di miliki oleh digital marketing, yaitu internet marketing dan saluran-saluran yang dikenal sebagai non-internet.

 

Dalam hal yang termasuk dalam internet marketing, yaitu  website atau blog, smartphone, email marketing, iklan banner online, sosial media (facebook, twitter, whatsapp, line, instagram, dll), dan search engine marketing (termasuk SEO dan iklan pay per click ataupun cpm).

 

Khusus penggunaan SEO, maka marketing kampanye online yang dilakukan team pemenangan harus dioptimasi terlebih dahulu kata kunci yang ditargetkan (baik SEO onpage maupun SEO offpage dalam bentuk konten teks, gambar maupun video). Tujuannya adalah agar kata kunci target terkait branding caleg ataupun presiden dapat tampil di halaman pertama google ketika kata kunci tersebut dicari pengguna internet melalui mesin browser.

 

Demikian pula halnya dengan pilihan menggunakan iklan pay per click maupun conten per million (ppc atau cpm), maka kampanye online dimaksud haruslah bekerja sama dengan perusahaan media digital iklan ppc/cpm yang terpercaya dan terbaik. Mengapa? Agar biaya yang nantinya anda keluarkan sesuai dengan penayangan iklan ataupun iklan yang diklik para pengunjung suatu website/blog.

 

Salah satu perusahaan atau situs yang berkonsentrasi penuh pada bisnis pasang iklan ppc dan atau banner cpm adalah webnya zoteromedia, dimana saat ini program promosi dan marketing yang sedang diluncurkan pada tahun 2018 ini adalah pasang iklan murah di zoteromedia.com. Mengapa kami merekomendasikan media iklan ppc/cpm yang ditawarkan oleh zoteromedia? Alasannya karena media marketing online dalam bentuk pemasangan iklan di website/blog ini adalah berbiaya murah dan sangat sportif terhadap para advertiser maupun publisher yang sudah menjadi member mereka.

 

Ayo raih kemenangan dalam pemilihan umum presiden ataupun dalam pemilihan umum anggota legislatif 2019 dengan cara kampanye online menggunakan media digital marketing. Karena, tidak dapat di pungkiri bahwa digital marketing adalah media yang sangat dibutuhkan mempopulerkan apasaja ke para audience tanpa batas dan 24 jam bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *