Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Bisnis Menguntungkan Saat Peringatan Hari Buruh

Peringatan hari buruh (may day) di hari Selasa, 1 Mei 2018, membuka peluang bisnis yang menguntungkan, meskipun sifat bisnisnya adalah dadakan atau musiman setiap tahunnya.

 

Bisnis dan Usaha Menguntungkan Saat Peringatan Hari Buruh di Indonesia

 

Sebagaimana diketahui bersama bahwa peringatan hari buruh merupakan sebuah hari perayaan keberhasilan, kemenangan dan andil para buruh (pekerja) atas adanya kemajuan ekonomi dan sosial di seluruh dunia. Hari buruh yang populer dikenal dengan sebutan “May Day” merupakan hari besar bagi para buruh yang jatuh pada tanggal 1 Mei setiap tahunnya.

 

Berbicara tentang asal usul adanya peringatan hari buruh (pekerja) ini lahir adalah berasal dari rentetan perjuangan yang dilakukan oleh para pekerja yang memperjuangkan hak-hak mereka saat kapitalisme tumbuh dan berkembang pesat di dunia pada abad 19 lalu. Nah, pada abad ke-19 ini, perkembangan industri yang sangat pesat telah memberikan perubahan yang sangat drastis terutama di negara Eropa Barat dan Amerika Serikat (AS).

 

Pada masa itu diberlakukan sistem yang memperketat disiplin atas adanya jam kerja yang sangat intensif dan upah yang diperoleh oleh kaum buruh sangat minim. Disamping itu, adanya kondisi kerja yang buruk telah turut andil melahirkan adanya perlawanan dari para buruh (pekerja). Pada zaman itu, tuntutan utama yang dilayangkan oleh para buruh adalah waktu kerja yang lebih manusiawi, yaitu delapan jam per-hari. Angka waktu kerja delapan jam ini diambil berdasarkan pembagian waktu 24 jam sehari dengan prinsip 8 jam kerja, 8 jam beristirahat dan 8 jam berekreasi.

 

Pada masa abad ke-19 tersebut, walaupun organisasi pekerja (serikat buruh) di Amerika Serikat dan Eropa Barat makin bertambah jumlahnya, masing-masing organisasi pekerja ini masih konsisten merayakan hari buruh pada tanggal yang berbeda-beda. Contohnya di provinsi Oregon di Amerika Serikat yang sepakat menetapkan hari buruh/pekerja pada bulan September.

 

Nah, penetapan tanggal 1 Mei baru mulai diperingati sebagai hari buruh setelah terjadinya bentrok antara pihak keamanan dan pekerja yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa pada tanggal 4 Mei 1886. Nah, di tahun-tahun berikutnya, tanggal 1 Mei inilah yang kemudian digunakan sebagai tanggal untuk memperingati peristiwa berdarah yang penuh sejarah ini.

 

Kemudian di tahun 1889, tanggal 1 Mei ini disepakati dan dipilih oleh kongres sosialis dunia sebagai hari buruh sedunia. Adanya resolusi merayakan 1 Mei sebagai hari pekerja internasional ini mendapat sambutan hangat oleh seluruh negara. Di sinilah awal mula terjadinya perayaan 1 Mei sebagai hari pekerja yang juga disebut sebagai May day yang diperingati oleh seluruh kaum buruh/pekerja di dunia.

 

Di Indonesia adanya peringatan dan perayaan hari buruh ini sebenarnya telah diperingati sejak tanggal 1 Mei 1920. Namun, pada masa orde baru (orba), peringatan hari buruh di Indonesia tidak lagi diperingati dan tanggal 1 Mei tidak lagi ditetapkan sebagai hari buruh karena gerakan buruh dan perserikatan pekerja (serikat buruh) selalu dikaitkan dengan partai komunis yang sangat dibenci oleh rakyat Indonesia.

 

Nah, ketika masa pemerintahaan orde baru (orba) berakhir, meskipun tanggal 1 Mei sudah bukan lagi hari libur nasional, namun aksi para buruh dan pekerja di berbagai kota di Indonesia kembali marak setiap tanggal 1 Mei. Kemudian di tahun 2013, Pemerintah Indonesia kembali menetapkan tanggal 1 Mei sebagai hari buruh internasional dan penetapannya sebagai hari libur nasional telah dilakukan pada tahun 2014 lalu.

 

Setiap peringatan hari buruh (pekerja) internasional yang diperingati di Indonesia, biasanya para kaum buruh dan pekerja akan berkumpul pada satu tempat yang ditentukan, misalnya alun-alun ataupun lapangan terbuka. Namun, pada sebagian daerah di Indonesia peringatan buruh internasional ini juga ada yang dilakukan dengan melakukan long march, unjuk rasa (demontrasi) ke lembaga-lembaga pemerintah yang terkait dengan dunia perburuhan atau ketenagakerjaan (misalnya disnaker, kantor gubernur, bupati atau walikota ataupun ke dewan perwakilan rakyat (baik dpr maupun dprd) dan atau tempat-tempat lain yang dianggap oleh buruh/pekerja merupakan tempat yang cocok untuk menyampaikan aspirasi untuk menuntut adanya kesejahteraan buruh.

 

Nah, terkait adanya tempat yang menjadi konsentrasi berkumpulnya para buruh/pekerja maupun serikat buruh untuk mengadakan peringatan hari buruh internasional di Indonesia, terutama di Sumatera Utara (Medan dan Deli Serdang) maka hal ini telah membuka peluang bagi usahawan atau bisnismen yang sifat mode pekerjaannya temporer atau dadakan dan modal yang dibutuhkan juga berkategori kecil.

 

Peluang dan prospek bisnis ini bisa saja nantinya menjadi salah satu solusi dari bisnis modal kecil terbaik di medan maupun di daerah lainnya. Adapun bisnis yang cocok dilakukan pada peringatan hari buruh adalah sebagai berikut:

 

1) Menjual Minuman dan Rokok Keliling

Sebagaimana diketahui bersama bahwa air minum adalah kebutuhan yang harus ada bagi setiap orang, apalagi saat peringatan hari buruh/pekerja (mayday) yang lagi panas-panasan saat unjuk rasa (demontrasi). Nah, makanya bisnis berjualan aneka jenis minuman bisa membuat pelaku bisnis ini pulang dengan keuntungan yang lumayan besar.

 

Terlepas dari jenis produk minumannya yang mungkin di cari atau dibutuhkan oleh para buruh yang sedang merayakan mayday dengan berunjuk rasa, kami sarankan agar para pelaku bisnis ini agar menyediakan beberapa jenis air minum. Pokoknya segala yang namanya air minum, mulai dari air mineral ukuran kecil hingga sedang, soda, teh kemasan, dan minuman softdrink lainnya yang pasti akan banyak dicari.

 

Nah, berangkat dari perkiraan yang kami ungkapkan ditas, bisnis yang berdagang air minum saat peringatan hari buruh dapat menjadi pilihan terbaik yang bisa kamu jalani disebabkan usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar, alias usaha modal kecil. Ingat, pada peringatan may daya nantinya, para buruh/pekerja akan banyak yang akan berunjuk rasa dan tentu saja akan berada di bawah terik panas matahari yang sangat menyengat, serta pastinya butuh asupan air agar tidak terjadi dehidrasi. Atas dasar inilah, berbisnis dadakan dengan menjual aneka minuman dapat menjadi ide terbaik dan cemerlang yang bisa kamu aplikasikan di hari buruh 2018 ini.

 

Disamping itu khusus untuk buruh laki-laki, tentu adanya penjual rokok juga sangat dicari. Tentu saja, pedagang rokok eceran atau ketengan juga merupakan peluang usaha yang cukup menggiurkan untuk dikerjakan menambah penghasilan. Nah, saran kami kepada para pedagang rokok keliling agar menyediakan jenis rokok yang paling banyak dibutuhkan oleh para buruh yang sedang berdemo, misalnya jenis rokok kretek, filter dan mild.

 

2) Menjual Makanan Yang Berbungkus

Memperingati hari buruh bisa berlangsung seharian penuh, artinya setelah seharian berunjuk rasa (demontrasi) tentunya rasa lapar akan datang mendera setiap pesertanya.

 

Nah, rasa lapar inilah yang menjadi moment untuk anda yang berniat melakukan bisnis jual makanan bungkus di hari buruh/pekerja. Ya, yang jual minuman dan paling pas lagi kalau ada pasangannya, yakni berupa makanan untuk mengisi perut yang sedang lapar. Apalagi kalau diingat-ingat bahwa setelah seharian penuh sibuk dan capek berunjuk rasa dan menyampaikan pendapatnya kepada lembaga yang terkait dengan ketenagakerjaan, maka sangat wajar bila para buruh akan merasa lapar.

 

Adanya rasa lapar inilah yang memberikan peluang bisnis bagi seorang calon pengusaha yang cerdas untuk membaca peluang dan prospek bisnis modal kecil yang bisa memanfaatkan hal tersebut untuk berdagang makanan yang cepat laku dan bisa memberikan keuntungan bagi para pengusahanya. Nah, saran kami selaku pegiat bisnis, bahwa anda bisa menjual berbagai jenis makanan “anti lapar”, mulai dari makanan ringan seperti cemilan, hingga makanan berat seperti nasi bungkus, mie gelasan sampai dengan puding untuk hidangan penutup bisa anda pilih untuk di jual pada peringatan mayday.

 

3) Jual Topi

Cuaca di Indonesia yang terkenal panas akan membuat para buruh/pekerja yang lagi memperingati hari buruh nasional dengan memilih jalan berdemonstrasi tentu akan ada yang membutuh topi untuk melindungi kepala dari teriknya sengatan matahari.

 

Saat aksi unjuk rasa (demontrasi) para demontran yang kemungkinan besar seluruhnya dalah para buruh harus berhadapan dengan cuaca yang cukup panas dan tentu saja akan terasa menyiksa. Nah, dalam rangka untuk membantu mereka agar tetap bisa bertahan dengan cuaca panas dan terik ini, anda bisa memilih bisnis untuk berjualan topi yang sangat dibutuhkan untuk mengurangi siksaan panas terik matahari. Memang bagi sebagian para pebisnis modal kecil bahwa jenis barang dagangan ini memang terlihat sepele dan tidak semua pelaku bisnis ini mau menyediakannya. Tapi ternyata setelah dilapangan, akan terlihat jelas bahwa banyak para buruh yang bertindak sebagai demontrans membutuhkan topi. Ya, siapa tahu di antara mereka ada yang lupa membawa topi ataupun penutup kepala lainnya dari rumah.

 

4) Menjual Kaca Mata Hitam

Memang benar adanya bahwa kacamata hitam bermanfaat untuk melindungi mata, khusunya bagi para buruh yang sedang bergembira ria memperingati may day dari silaunya sinar matahari.

 

Ingat, bahwa melindungi diri dari sengatan matahari tidak hanya cukup dilakukan dengan menyediakan topi saja, namun juga membutuhkan adanya kaca mata hitam. Bisa kita bayangkan silaunya matahari bisa membuat mata jadi perih ditambah lagi harus teriak-teriak di bawah teriknya sinar matahari.

 

Jadi tidak ada salahnya, bila anda berbisnis menjual kacamata hitam ini saat berlangsung peringatan hari buruh nasional, karena kacamata hitam dapat melindungi mata dari bahaya sinar ultraviolet. Anda juga bisa menjual kacamata ini ke para Polisi yang sedang bertugas menertibkan jalannya aksi unjuk rasa.

 

5) Menjual Berbagai Poster

Nah, khusus untuk bisnis menjual poster saat peringatan may day hanya bisa dilakukan bagi anda yang jago merangkai kata sindiran atas adanya kesewenang-wenangan yang menimpah para buruh maupun serikat buruh/pekerja.

 

Tentu saja bisnis ini bisa dimanfaatkan bagi orang-orang yang memiliki kelebihan atas hal itu, misalnya dengan berbisnis berjualan poster dengan kata-kata yang menohok para penguasa maupun pengusaha. Ya intinya, anda punya kelebihan berekspresi dengan kata-kata, sehingga tidak ada salahnya untuk memanfaat adanya kelebihan tersebut untuk berjualan benda yang bisa berguna untuk banyak orang saat berdemontrasi.

 

Nah, berhubung dengan adanya peringatan hari buruh (may day), maka anda bisa membantu untuk membuatkan poster berisi kata-kata menohok dan mengkritik hak-hak buruh yang sepertinya belum terakomodasi dengan baik di negara yang kita cintai ini. Ya, salah satu bentuk produk/barang dagangan yang berkategori super kreatif dan inovatif ini memang layak untuk anda coba jika ingin terlihat berbeda dari pedangan lainnya ketika memilih untuk berbisnis di may day.

 

6) Bisnis Menjual Permen

Adalah hal yang wajar bila berdemontrasi saat peringatan hari buruh (mayday) banyak yang melakukan teriak-teriak yang terkadang akan membuat leher pendemo gatal dan bahkan menjadi serak. Nah, atas adanya hal ini bisa dimanfaatkan para calon pebisnis (pedagang) untuk berjualan permen pelega tenggorokan, minimal tujuannya adalah agar tenggorokan tidak terasa sakit lagi.

 

Karena berteriak-teriak seperti diatas, maka bisnis yang cocok dan berpotensi laris manis di jual adalah produk jenis permen mint untuk melegakan tenggorokan yang gatal dan sakit. Ya, intinya sebagai seorang yang berjiwa enterpreneur, anda calon pebisnis sukses wajib memanfaatkan peluang emas diatas, ditambah lagi modal yang dibutuhkan untuk bisnis jual perment mint pelega tenggorokan ini adalah tidak besar.

 

Nah, cara agar produk dagangan perment mint anda cepat laku atau habis, maka selalu usahakan berdiri di dekat orang yang memegang pengeras suara ataupun para koordinator aksi 1 Mei ini.

 

7) Bisnis Menjual Jas Hujan dan Payung

Berhubung kondisi sekarang lagi musim anomali cuaca di berbagai daerah di Indonesia, maka memilih untuk berbisnis menjual payung dan atau jas hujan mana tahu jikalau cuaca cerah tiba-tiba saja berubah menjadi hujan deras.

 

Memang berdasarkan hasil pantauan kami dari silaenseocom blog, bahwa setiap adanya demontrasi tidak cuma topi dan kacamata hitam saja yang dibutuhkan, tapi juga terkadang para demontran juga membutuh payung atau jas hujan kalau tiba-tiba cuaca berubah, sementara aksi belum selesai. Nah, disinilah harus ada naluri bisnis bagi orang-orang yang berjiwa enterpreneur sejati.

 

Sehubungan kondisi cuaca di Indonesia yang terjadi akhir-akhir ini banyak anomali, maka untuk peringatan hari buruh (may day) tahun 2018 ini, wajib bagi para buruh yang memperingatinya untuk menyediakan alat-alat yang bisa melindungi diri dari guyuran air hujan. Nah karena itulah, bisnis berjualan payung atau jas hujan bisa jadi pilihan yang layak diperhitungkan karena peluang dan prospek bisnis ini masih menggiurkan.

 

8) Bisnis Sewa Kursi Lipat

Saat seharian berdiri, berpanas-panasan dan berteriak-teriak, pasti membuat para buruh/pekerja membutuhkan tempat untuk beristirahat, maka dari itu cobalah usaha menjual atau menyewakan kursi lipat.

 

Memang saat berdemontrasi, ada pada beberapa daerah di Indonesia dimana para pedagang yang berjiwa bisnis menyediakan penyewaan kursi lipat. Berjualan atau menyewakan kursi lipat saat sedang ada unjuk rasa bisa menjadi solusi pilihan bisnis terbaik yang layak untuk dicoba dan dilakukan. Coba bayangin, dimana para pekerja dan serikat buruh yang seharian penuh berdiri di jalan raya tentu akan membuat tubuh dan kaki merasa pegal dan kelelahan. Belum lagi ditambah dengan adanya para pendemo yang merupakan kaum ibu rumah tangga yang turut membawa anak memperingati hari buruh. Ya, pasti butuh sebuah barang dagangan yang dapat membuat rilek otot kaki. Jangan ragu untuk mencoba bisnis kecil-kecilan seperti ini karena kami melihat sepertinya akan banyak yang membutuhkannya.

 

9) Bisnis Jual Minyak Bensin Eceran

Saat melangsungkan demo adalah pemandangan yang lazim dilihat bahwa banya pendemo yang menggunakan kendaraan, seperti sepeda motor, becak bermotor (betor) untuk melancarkan aksi mereka. Karena peluang dan prospek untuk berbisnis menyediakan bensin eceran bisa menjadi pilihan menarik dan menghasilkan keuntungan yang lumayan besar.

 

Memang kebutuhan atas adanya minyak bensin ini sangat dibutuhkan bagi orang-orang yang saat demo berkonvoi menggunakan sepeda motor ataupun betor. Biasanya motor-motor tersebut akan melewati rute yang panjang, di mana kemungkinan besar persediaan bensin yang dimiliki para pendemo tidak mencukupi. Padahal kalau bensin tiba-tiba habis di tengah jalan, maka hal itu bisa dianggap sebagai pertanda buruk untuk para pendemo melanjutkan aksi ke tempat yang sudah ditentukan.

 

Nah, untuk anda selaku pebisnis bisa memanfaatkan peluang yang cukup menjanjikan bisa memberikan keuntungan ini dengan menjual minyak bensin eceran pada wadah bekas minuman air mineral kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

 

10) Usaha Menjual Ban Bekas

Kita sering melihat bahwa banyak aksi yang terkait dengan demo-demo yang dilakukan dengan bakar-bakar ban. Nah, pada beberapa kota yang memperingati hari buruh (mayday) di Indonesia, dapat dilihat dalam kegiatan menyampaikan aspirasi juga dibarengi dengna acara bakar ban bekas.

 

Di Medan dan sekitarnya juga, beberapa aksi demontrasi hampir rata diikuti dengan bakar-bakaran ban di jalan. Nah, moment inilah yang harus dimanfaatkan para pebisnis untuk membuka usaha berjualan ban bekas di sekitar wilayah yang sedang menyelenggarakan unjuk rasa.

 

Sebenarnya aksi demo yang diikuti dengan bakar membakar ban bekas adalah tindakan yang tidak dibenarkan, karena bisa merusak fasilitas umum yakni aspal jalanan menjadi kurang baik. Namun kalau dipikir-pikir dari segi dunia bisnis, adanya hal ini adalah merupakan celah keuntungan bagi orang-orang yang berniat jualan saat berlangsung peringatan hari buruh di tahun 2018 ini.

 

Caranya, anda bisa menyediakan bahan baku berupa ban bekas yang disesuaikan dengan kebutuhan aksi, mulai dari ban mobil, motor, atau yang lebih kecil sepeda. Ya, membeli ban bekas yang kemudian dijual kepada para pendemo, harganya bisa mendekati harga ban baru. Sangat menggiurkan ya keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis berjualan ban bekas saat peringatan may day.

 

11) Usaha Tukang Urut (Pijat)

Saat berdemo memperingati hari buruh, keberadaan tukang urut atau tukang pijet merupakan salah satu usaha yang bisa sangat dibutuhkan pendemo, bagi pengendara motor dan betor saat melakukan konvoi dengan rute perjalanan yang cukup jauh dan macet.

 

Tentu berdemo seharian akan membuat tubuh menjadi sangat lelah, sehingga membukan tukang urut dadakan yang berada di tempat aksi demo atau peringatan hari buruh/pekerja berlangsung. Wujud usaha ini membutuhkan skill yang tidak dimiliki oleh banyak orang dan disinilah letak peluang usaha tukang pijet atau bisnis menyediakan tukang urut bagi orang-orang yang ingin mendapatkan penghasilan ketika mayday 2018.

 

12) Usaha Mengumpulkan Botol dan Kaleng Air Mineral

Kalau mau sukses dalam bisnis apapun itu, maka tidak usah malu untuk melakukan usaha seperti ini. Mengapa ? Karena, selain menghasilkan rupiah yang jumlahnya cukup besar, anda juga bisa membantu pemerintah (dinas kebersihan) untuk membersihkan sampah yang tentunya bisa menjadi penyebab banjir saat hujan.

 

Biasanya setiap selesai acara memperingati hari buruh/pekerja, maka akan banyak botol-botol berserakan, kertas kardus. Nah, inilah peluang bisnis yang bisa anda kerjakan. Dimana, saat ini harga botol plastik bekas per-kg nya sekitar Rp. 1.000 sampai dengan Rp. 2.000.

 

13) Bisnis Jualan Kopi Keliling

Bisnis berjualan kopi keliling saat moment may day, kami melihatnya bisa sangat menguntungkan, hanya termos air panas dan termos es, kopi sachet, teh saset, wedang jahe sachet, susu saset, mie cup, dan bila memungkinkan menggunakan sepeda. Semuanya didapat dengan modal kurang dari 500 ribu, kecuali sepeda.

 

Nah, bila anda serius berbisnis jualan kopi keliling ini, maka sarankan kami dari silaenseocom blog biar dapat rezeki yang semakin melimpah, masa usaha ini bisa dijual setiap ada acara event ujuk rasa pada tempat-tempat yang sering dilakukan demo.

 

Semoga uraian tentang bisnis modal kecil yang sangat menguntungkan pada peringatan hari buruh bisa bermanfaat bagi para calon pebisnis, khususnya para blogger yang ingin terjun ke dunia usaha tapi hanya memiliki modal kecil. Mudah-mudahan hal ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu referensi tentang prospek cerah sebuah bisnis masa depan. Atas perhatian dan kunjungannya ke silaenseocom blog ini diucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!