Bisnis Online dan Jasa SEO

Bisnis Online Medan dan Jasa Ahli SEO Blogger Terbaik

Bisnis Online dan Usaha Offline di Bulan Ramadhan

Sebentar lagi kita memasuki bulan suci ramadhan 2018 (1439 H), pelaku bisnis berbasis online dan usaha offline juga telah bersiap-siap untuk berinovasi dan berkreasi terbaik dalam rangka menciptakan berbagai produk dagangan yang laris manis di jual pada bulan suci ramadhan.

 

Bisnis Online dan Usaha Offline di Bulan Suci Ramadhan dan Lebaran

 

Memang tak terasa, sepertinya baru saja umat muslim menjalankan ibadah puasa 2017, tak tahu-nya sudah bertemu lagi dengan bulan ramadhan tahun ini. Ya, seperti biasa di bulan ramadhan ini, seluruh umat muslim di dunia akan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

 

Pada kesempatan berbahagia ini, kami dari silaenseocom blog akan ngebahas mengenai peluang dan prospek berbagai ragam usaha online maupun offline yang berpotensi bisa menghasilkan keuntungan yang besar selama berlangsungnya bulan ramadhan. Nah, jangka waktu yang tinggal beberapa minggu lagi ini bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk berkreasi sekaligus mempersiapkan diri untuk menjalankan bisnis di bulan suci tahun ini.

 

Sangat wajar bila setiap pebisnis atau pengusaha memikirkan berbagai strategi dan tips yang terbaik untuk mengambil kesempatan menghasilkan keuntungan di bulan ramadhan, terutama dalam menciptakan berbagai produk yang unik, menarik dan sangat dibutuhkan pada bulan suci ramadahan 1439 H.

 

Tentu, semuanya tidak terlepas dari naluri bisnis selaku pebisnis yang senantiasa harus bisa melihat dan memanfaatkan moment apapun, sehingga moment tersebut jangan sampai terlewatkan tanpa memberikan keuntungan apapun. Terlebih-lebih di bulan ramadhan tahun 2018 ini, berbagai keperluan masyarakat muslimin dan muslimah semakin meningkat, sehingga tidak berlebihan apabila bulan puasa sering disebut sebagai bulan penuh berkah. Intinya, selain pahala dan pengampunan dari yang maha kuasa semakin terbuka, berkah datangnya bulan puasa juga akan terasa besar bagi para pelaku usaha yang mencari rezeki halal di bulan yang suci ini dari berbagai aktivitasnya usaha yang digelutinya.

 

Sebenarnya hampir rata bahwa sebagian besar bidang bisnis di bulan ramadhan ini dapat mengalami peningkatan yang cukup signifikan, seperti bidang usaha kuliner, tukar uang, fashion, transportasi (travel), dan lain sebagainya yang dapat diperdagangkan menggunakan konsep pemasaran online (internet marketing) via website atau blog bisnis.

 

Tanpa membuang waktu lagi, mari sama-sama kita bahas tentang ragam atau jenis prosepek bisnis online atau peluang usaha apa saja berpotensi memberikan keuntungan besar di bulan ramadhan nantinya. Adapun jenis usaha yang dimaksud adalah sebagai berikut:

 

1) Usaha Kuliner

Meskipun kebanyakan orang mulai pagi, siang hingga sore hari menjelang berbuka puasa, kebanyakan masyarakat muslim menjalankan ibadah puasa. Hal itu berarti, selama kurun waktu sebelum beduk buka puasa berbunyi, masyarakat muslim yang menjalan ibadah puasa tidak boleh mengkonsumsi makanan dan minuman apapun. Namun anehnya bidang usaha kuliner ini, setiap bulan puasa selalu mengalami peningkatan yang cukup besar dari tahun ke tahun.

 

Mungkin salah satu penyebabnya adalah waktu berbuka puasa menjadi waktu yang sangat di tunggu-tunggu oleh umat muslim yang sedang berpuasa, dan tidak jarang mereka juga mempersiapkan segala macam menu hidangan berbuka secara lengkap, tidak jarang makanan yang pada bulan biasa yang tidak pernah dihindangkan pun mendadak tersedia menjadi santapan di bulan ramadhan.

 

Penyebab lainnya adalah pada saat bulan suci ramadhan ada moment dimana seluruh anggota keluarga berkumpul (terlebih-lebih di saat menjelang lebaran atau idul fitri), tentu saja di acara tersebut akan di perlukan berbagai aneka hidangan kuliner sebagai pelengkapnya. Lalu ada juga moment di bulan ramadhan, dimana para masyarakatnya saling memberi antara satu dengan yang lainnya, yang sebagian diantaranya adalah dengan menggunakan aneka produk kuliner sebagai hadiahnya.

 

Jadi, tak heran bidang bisnis kuliner ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan selama bulan ramadhan, secara rinci jenis-jenis usaha kulinernya yang biasanya mengalami peningkatan adalah sebagai berikut:

 

*) Usaha Menjual Makanan Dan Minuman Takjil

Mulai pagi, siang hingga sore hari menjelang buka puasa, sudah pasti usaha makanan dan minuman yang biasa di santap untuk takjil mulai di buru masyarakat yang sedang berpuasa. Jenisnya sangat beragam seperti aneka kolak, sup buah, kurma, syrup, bubur, es buah, kulang kaling, dan lain sebagainya.

 

*) Usaha Berjualan Aneka Jenis Kue

Aneka jenis kue secara umum juga banyak diperjualbelikan dan di persiapkan menjelang hari raya idul fitri sebagai hidangan saat berkumpul bersama sanak keluarga yang sedang berkunjung. Aneka jenis kue ini juga sering kali dijadikan hadiah pemberian kepada rekan, teman, kolega, sejawat, atau saudara lainnya. Umumnya jenis kue yang banyak dicari seperti aneka kue kering sejenis kue salju, nastar, kastangel, kue coklat dan lain sebagainya.

 

*) Usaha Menjual Masakan

Masakan sebagai lauk untuk dihidangkan selama berbuka dan juga sahur juga cukup dibutuhkan dan banyak pembelinya selama di bulan ramadhan. Bila dibandingkan dengan memasak sendiri di rumah yang sedikit agak repot, tentunya di bulan puasa ini akan terasa lebih praktis dan efisien jika membeli berbagai jenis masakan yang sudah matang. Dengan begitu usaha berjualan masakan juga akan mengalami peningkatan yang signifikan selama berjalannya bulan ramadhan.

 

2) Usaha Menjual Parcel Lebaran

Usaha menjual parcel pada saat lebaran atau idul fitri juga menjadi salah satu bisnis yang berpotensi besar untuk dijalankan pada bulan penuh rahmat ini, dan sudah lazim dilakukan sebagai salah satu bisnis musiman yang sangat besar memberikan keuntungan bagi para pelaku bisnis ini.

 

Setiap tahun bila menjelang hari raya (lebaran atau idul fitri), parcel sangat banyak diperlukan terutama oleh masyarakat yang ingin saling memberi hadiah kepada rekan lainnya.

 

3) Usaha Dibidang Fashion

Bulan ramadhan berarti akan beririsan dengan lebaran atau idul fitri, dan pada moment tersebut sudah menjadi tradisi untuk mengenakan aneka busana atau pakaian baru, terutama fashion muslim. Sehingga menjelang pertengahan bulan hingga akhir, sering di temui pada pusat-pusat perbelanjaan fashion ramai dikunjungi oleh para calon pembeli.

 

Bahkan para pebisnis yang menjalankan bidang ini, terkadang mengalami kesibukan persiapannya yang cukup menyita waktu dan tenaga untuk menghadapi lonjakan pembeli pada bulan puasa sudah lebih dulu diadakan stok barang pada bulan-bulan sebelumnya, seperti pengadaan stok bahan, persiapan tenaga kerja, model fashion terbaru, warna dan ukuran untuk segala lapisan, dan lain sebagainya.

 

Nah, dalam konteks jenis fashion ini akan banyak di cari oleh para calon pembeli, mulai dari baju, peci, sarung, mukena, jilbab, celana, hingga sepatu, tas, gelang, anting-anting, kalung dan lain sebagainya. Namun yang paling signifikan terlihat ada lonjakan permintaan dan pembelian adalah pakaian busana muslim, seperti baju muslim perempuan dan laki-laki, sarung, peci, dan berbagai perlengkapan muslim lainnya.

 

4) Usaha di Bidang Transportasi dan Travel

Jenis usaha yang bergerak di bidang transportasi, baik rental maupun travel juga mengalami peningkatan yang besar pada bulan ramadhan, terutama saat moment menjelang lebaran. Salah satu penyebabnya adalah tradisi masyarakat untuk mudik yang sangat populer di Indonesia.

 

Pada moment mudik ini, dimana seluruh anggota keluarga yang bekerja atau berkegiatan di luar kota kelahirannya (merantau) akan serentak kembali ke kampung halamannya masing-masing untuk merayakan hari raya (idul fitri atau lebaran).

 

Adanya tradisi ini mengakibatkan membludaknya masyarakat yang ingin mudik atau pulang kampung, secara signifikan akan langsung memicu jenis usaha yang berhubungan dengan transportasi dan bisnis otomotif mengalami peningkatan permintaan dan sewa. Sebut saja salah satu contoh adalah travel malang juanda yang akan mengalami lonjakan penumpang, ketika menghadapi lebaran atau idul fitri.

 

Tidak hanya sampai disitu, lonjakan tingginya permintaan atas alat transportasi ini, dapat dilihat dari sarana transportasi umum, rental hingga kendaraan pribadi akan banyak peminatnya. Nah, agar usaha rental mobil ataupun travel anda dapat menjangkau dan diketahui oleh masyarakat dari seluruh penjuru wilayah Indonesia, maka langkah terbaiknya adalah mempromosikannya melalui konsep pemasaran online (internet marketing) menggunakan website atau blog maupun media sosial (medsos – sosmed), seperti facebook, twitter, line, google plus (+), email marketing, dan lain sebagainya.

 

Secara khusus untuk website atau blog bisnis travel, maka sangat disarankan agar terlebih dahulu dioptimasi menggunakan konsep teknik SEO (search engine optimization) dan SMM (social media marketing) agar bisa tampil di halaman terbaik pada mesin pencari.

 

Diantara berbagai jenis usaha di bidang transportasi, baik pemasarannya yang dilakukan secara online maupun offline, berpotensi memberikan keuntungan besar bagi para pebisnis adalah sebagai berikut:

 

*) Jenis Bisnis Pengiriman Barang (Ekspedisi)

Masyarakat yang nantinya akan mudik dan berencana membawa barang bawaan agak banyak atau sepeda motornya, umumnya menggunakan jasa pengiriman barang (ekspedisi) untuk mengirimkan bawaannya ke kampung halaman yang di tuju. Tidak jarang pula banyak pemudik yang mengirimkan sepeda motor dengan menggunakan jasa seperti ini. Maka sudah menjadi lumrah jika pada bulan-bulan ini bisnis pengiriman barang mengalami pengingkatan yang tinggi.

 

*) Usaha Rental Mobil dan Travel

Selain menggunakan angkutan umum atau mobil, motor pribadi, tidak sedikit juga masyarakat yang memilih menggunakan kendaraan rental ataupun mobil travel sebagai sarana mudiknya. Sehingga bagi anda yang memiliki mobil seringkali pada bulan ramadhan bisnis merentalkan kendaraan menjadi salah satu usaha untuk menghasilkan keuntungan yang lumayan gede.

 

*) Bisnis Service Kendaraan Bermotor

Tidak kalah ramai dengan bisnis-bisnis lainnya, bisnis service kendaraan atau bengkel kendaraan bermotor juga akan ramai di kunjungi para pelanggannya biasanya di akhir-akhir bulan ramadhan, tentunya banyak diantara masyarakat yang akan mempersiapkan kendaraannya untuk menghadapi perjalanan mudik ke kampung halamannya nanti.

 

5) Jualan Manisan Kurma

Sebenarnya pohon kurma sebenarnya bukan pohon yang berbuah secara musiman hanya pada bulan Ramadhan saja. Tapi biasanya memang banyak orang yang baru menyediakan buah kurma maupun manisan kurma di rumah pada saat bulan suci ramadhan.

 

Lihat saja supermarket maupun minimarket kebanyakan baru akan menjual kurma mendekati bulan ramadhan, kecuali toko yang secara khusus menjual ole-ole haji atau umroh.

 

6) Buka Jahitan

Sangat lazim kita lihat ketika akan menghadapi datangnya idul fitri atau lebaran dan hari besar keagamaan Islam lainnya, setiap orang ingin berpenampilan yang baru, khusunya untuk mode pakaian (busana).

 

Nah, tidak semua orang memiliki style yang sama dan ada saja orang yang ingin memiliki busana atau pakaian yang modelnya tidak ada dipasaran (pakaian jadi). Oleh karenanya usaha ini akan mendapatkan order menjahit pakaian yang akan mengalami peningkatan menjahit dari orang-orang yang ingin berpakaian baru ketika berlebaran.

 

Nah itulah sobat blogger silaenseocom, beberapa peluang dan prospek bisnis online dan usaha offline di bulan suci ramadhan. Semuanya terserah anda, apakah akan langsung mengambil peluang bisnis ini pada saat bulan puasa pada tahun ini, atau hanya jadi penonton saja.

 

Bila ingin menambahkan ide cemerlang jenis bisnis online dan ataupun usaha offline yang cocok dijalankan dan bisa memberikan keuntungan menjelang bulan ramadhan 1439 H, silahkan ditambahin ya sobat blogger. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!