Bisnis Online untuk Wanita Karir di Era Millennial

Eksistensi wanita karir di jaman bisnis serba digital saat ini, dapat kita lihat telah memperoleh keleluasaan untuk membangun ‘startup’ dan menjadi seorang ‘entrepreneur’ yang diimplementasikan dalam bentuk ekspresi yang selanjutnya dipergunakan untuk mewujudkan cita-cita dengan mengejar jenjang karir yang sebelumnya hanya menjadi jatah para pria. Ya, meskipun sama-sama diketahui bahwa tidak semua wanita kemudian mau memilih untuk menghabiskan waktu yang tidak sedikit di luar rumah untuk mengejar jenjang karir tersebut. Banyak juga wanita Indonesia yang enggan meninggalkan rumah, sebab mereka lebih memilih untuk mengurus anak-anak.

 

Meskipun begitu, banyak juga wanita yang memilih tetap tinggal di rumah dapat menghasilkan uang dengan menjalankan urusan ekonomi online dengan menjalan berbagai bisnis online terbaru yang bersifat rumahan. Kok bisa? Hal ini disebabkan menjalankan urusan ekonomi yang satu ini, para wanita dapat menggunakan komputer atau smartphone yang terhubung dengan jaringan internet.

 

Sebagaimana yang kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, dimana internet telah terbukti menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat modern jaman millennial di seluruh penjuru dunia. Ada beragam inspirasi urusan ekonomi bagi wanita yang dapat dijalankan mudah dan ekonomis. Artinya, para wanita dapat mulai menghasilkan uang dari dunia maya dengan secepat timbulnya keinginan mereka.

 

Bisnis Online Untuk Wanita Karir Indonesia

 

Beberapa ide inspirasi yang lazim dijadikan sebagai mercusuar bagi wanita untuk memilih bisnis online adalah sebagai berikut:

 

1) Memanfaatkan Kegiatan Belanja

Memang aktivitas berbelanja selalu ada dalam kehidupan manusia. Khususnya, penulis melihat banyak wanita yang sangat bersahabat dengan belanja online. Ada seribu satu argumen yang membikin para wanita gemar sekali berbelanja di dunia maya. Beberapa alasan yang lazim digunakan, misalnya berbelanja online tergolong sangat mudah, banyaknya pilihan, praktis, bisa bayar di tempat, harga yang lebih miring, tidak harus keluar dari rumah, dll. Nah, dari adanya kebiasaan berbelanja online yang mulai menjamur di kota-kota besar Indonesia, maka Anda juga dapat memanfaatkannya untuk menghasilkan uang yang jumlahnya tak terbatas hanya dengan menjalankan urusan ekonomi online yang ada ini.

 

Untuk mewujudkan hal ini, Anda dapat memulainya dengan mengikuti berbagai acara afiliasi, membikin blog atau website, membikin akun bank alias PayPal, menjalin kerja sama dengan jasa kurir, dan membikin artikel berkualitas (baik dalam wujud video, gambar ataupun teks). Ketika menjalankan bisnis afiliasi, pada dasarnya Anda hanya memiliki pekerjaan untuk membikin pengunjung sebanyak-banyaknya untuk melakukan kunjungan ke situs pemilik produk. Dari aktivitas ini, nantinya Anda akan memperoleh bayaran apabila ada pengunjung potensial tersebut membeli barang pada situs pemilik produk.

 

Ingat hingga di awal tahun 2019 ini, ada banyak orang yang telah memperoleh pendapatan yang lumayan keren dan gede hanya dari pekerjaan dan hobi menulis mengenai produk dalam aktivitas di bisnis afiliasi. Caranya, Anda dapat menciptakan blog gratis, namun akan jauh lebih baik dan bonafit apabila Anda memakai domain sendiri (top level domain) untuk blog Anda. Namun, bila terjadi kendala dengan urusan modal, maka Anda tetap dapat mengawali urusan ekonomi dumay dengan mengoperasikan blog gratis yang layanannya tidak susah ditemukan di dunia maya.

 

2) Menulis Latar Belakang Hobi

Pasca Anda telah mengenal mengenai tutorial untuk membikin blog gratis dan tutorial untuk mendapatkan traffic luar biasa setiap harinya melalui penggunaan search engine optimization. Tindak lanjut yang dibutuhkan ke dalam blog Anda hanya perihal mengisi dengan berbagai konten berkualitas, yakni dengan agenda menulis dan memasukkan postingan luar biasa yang Anda tulis dalam agenda aktivitas afiliasi. Anda dapat memakai pengetahuan yang Anda miliki dalam kaitannya mengenai urusan untuk menjalankan pekerjaan pada bidang ekonomi online ini. Jadi, blog tidak hanya monoton untuk digunakan dalam hal menjual produk.

 

Di tahun 2019 ini, penulis melihat ada banyak orang yang memakai kehebatan internet untuk mencari berbagai info mengenai beberapa macam topik tergolong hobi, fitness, pemeliharaan fauna, pemeliharaan flora, pernikahan, kesehatan tubuh, pembersihan rumah, travel beauty, kecantikan, kuliner, resep makanan dan kue, cerita keseharian, puisi, kata-kata mutiara, dan bahkan segala hal yang terkait dengan dunia anak-anak.

 

Terkait dengan hal diatas, Anda dapat memilih salah satu topik yang luar biasa dan cocok bagi diri Anda. Tujuannya agar Anda dapat menulis dengan baik mengenai topik tersebut secara berkesinambungan untuk kemudian memposkan goresan pena dan pemikiran Anda ke dalam blog agar mendapat banyak pembaca maupun respon dari mereka. Dari aktivitas ini, Anda tetap dapat memperoleh uang hanya dengan menulis artikel untuk kebutuhan blog anda sendiri ataupun kemudian anda jual kepada pemilik blog lain yang membutuhkannya. Kan lumayan penghasilannya.

 

Baca juga: 5 peluang bisnis bagi blogger perempuan

 

Anda pasti sudah bisa membayangkan sendiri, alangkah enaknya nasib Anda yang dapat memperoleh uang hanya dari aktivitas menulis untuk blog Anda dengan tetap tinggal di rumah dan tanpa wajib meninggalkan aktivitas merawat anak-anak maupun menjalankan pekerjaan lain sebagai ibu rumah tangga. Anak-anak tetap akan memperoleh perawatan paling baik dari orangtuanya dan bunda tetap dapat berdikari dan berekspresi, serta menghasilkan uang sendiri dari kegiatan bisnis rumahan.

 

3) Jualan Pulsa Elektrik

Wanita yang meniti karir sebagai penjual pulsa kini sudah banyak yang kita temui. Saat ini pengisian pulsa, baik itu pulsa Hp maupun pulsa listrik dan paket internet sangat gampang dilakukan dengan adanya aplikasi jualan pulsa elektrik. Anda bisa jualan pulsa elektrik ini sebagai usaha yang mudah dijalankan dan tidak memudahkan modal besar. Dalam menjalankan usaha ini anda bisa menjual pulsa ke tetangga ataupun rekan kerja di kantor. Mereka tentu lebih suka membeli ketempat yang lebih dekat ketimbang harus pergi ke konter, karena harganya tidak jauh berbeda bahkan terkadang sama.

 

Memang saat ini, ada banyak sekali konter atau agen pulsa karena memang pulsa merupakan kebutuhan yang paling dicari. Mulai dari anak-anak hingga kakek-nenek selama mereka menggunakan handphone maupun paket internet tak bisa lepas dari kegiatan mengisi pulsa. Tidak hanya terbatas di smartphone saja, pulsa elektrik juga dibutuhkan untuk mengisi pulsa token untuk listrik pra bayar. Dan hampir sebagian besar rumah baru, terutama kos-kosan, kontraan, maupun perumahan menggunakan listrik pra bayar dengan pengisian pulsa. Jadi terbuka lebar bagi Anda wanita karir yang berniat untuk bisnis pulsa elektrik sebagai usaha sampingan tanpa mengganggu pekerjaan utama.

 

Mengingat jualan pulsa elektrik sangatlah mudah. Anda hanya butuh handphone dan modal pulsa jualan 500 ribu saja, sudah bisa langsung memulai untuk menjalankan peluang usaha ini. Target pasar Anda bukan hanya rekan kerja, tapi keluarga, tetangga, dan teman-teman Anda. Karena orang cenderung lebih suka membeli pulsa ke agen terdekat dengan harga yang tidak jauh beda, bahkan sama, apalagi sudah kenal dengan Anda. Selain itu, orang malas keluar rumah untuk pergi ke agen pulsa elektrik, jadi seringkali minta diisikan pulsa terlebih dahulu lalu bayar belakangan.

 

4) Usaha Jualan Tempat Makan atau Lunch Box

Peluang usaha ini muncul mengingat tidak sedikit karyawan atau pegawai yang selalu membawa bekal makan siang ke tempat kerja atau kantor, terutama setelah mereka berkeluarga. Wajar saja, karena dengan membawa bekal dari rumah, mereka bisa menghemat pengeluaran dan sangat higienis.

 

Coba kita hitung berapa ribu uang Anda langsung keluar hanya dengan sekali makan siang di warung atau rumah makan. Tapi dengan hanya membawa bekal makan siang sendiri, bukan hanya Anda berhemat, tapi Anda juga menyenangkan istri karena memilih untuk makan masakannya dibandingkan harus makan di luar. Hahahaha…… Nah, bagi Anda sebagai seorang wanita karir harus bisa membaca keadaan ini, dimana Anda bisa memanfaatkan kebiasaan mereka yang membawa bekal dari rumah dengan berjualan tempat makan siang atau lunch box.

 

Tapi satu hal perlu diketahui bahwa sebenarnya harga lunch box tidak seberapa, dan orang jarang sekali ganti karena bisa dipakai berkali-kali. Namun tidak menutup kemungkinan bagi rekan kerja Anda mau membelinya. Bukan hanya terbatas di sini saja, Anda bisa mengembangkan bisnis ini dengan merambah ke botol air minum, dan peralatan rumah tangga, seperti: panci per set, wajan anti lengket, piring, gelas, dan lain sebagainya. Jika rekan kerja Anda tahu kalau Anda berjualan, pastinya mereka akan lebih memilih untuk membeli di tempat Anda. Mengapa? Karena mereka bakal berpikir dengan harga yang sama mereka tidak perlu keluar tenaga dan waktu jika membeli produk Anda dibandingkan harus mencari di toko.

 

5) Usaha Jualan Aksesoris Wanita

Setiap kali wanita tampil dengan fashion andalan pasti tidak akan pernah luput dari penggunaan aksesoris wanita. Mengapa? Karena selain untuk menambah rasa percaya diri, aksesoris ini juga bisa mempermanis dan mempercantik penampilan diri. Jadi wajar jualan aksesoris wanita bisa menjadi salah satu ide usaha yang patut menjadi pertimbangan wanita karir. Disamping itu, Anda bisa menjual dengan harga yang lumayan tinggi namun kualitasnya merupakan bahan kerajinan tangan atau menjual aksesoris wanita yang dijual adalah rata-rata murah dan terjangkau.

 

Untuk menjalankan bisnis ini dapat dilakukan pada hari libur maupun sepulang kerja, misalnya meluangkan waktu untuk membuat sendiri aksesoris yang akan Anda jual, seperti membuat bros jilbab berbahan kain flanel, kain perca, pernak-pernik mutiara atau mote, dan sejenisnya. Atau bisa memanfaatkan botol plastik bekas yang dapat di daur ulang menjadi aksesoris gelang, anting-anting, bros, liontin kalung, dan lain sebagainya. Kemudian pada saat jam istirahat kerja, Anda tinggal menawarkan ke rekan kerja.

 

Satu hal penting untuk diperhatikan adalah, jenis produk aksesoris yang Anda jual harus unik, langka, dan kreatif. Dengan begitu, rekan kerja Anda akan tertarik untuk membeli. Apalagi tidak ada satupun toko yang menjual produk aksesoris wanita yang sama persis dengan produk yang Anda jual.

 

Pada saat aksesoris Anda sudah mulai laku dan dikenal orang, Anda bisa memikirkan untuk menjual produk aksesoris lainnya, seperti: syal maupun scarf, topi, jam tangan, dan produk lainnya. Dengan begitu, rekan kerja Anda tidak akan bosan untuk membeli produk Anda, karena memang sangat bervariasi dan unik.

 

6) Usaha Jualan Tas

Sebenarnya usaha ini dapat juga dikategorikan sebagai jualan aksesoris wanita? Memang kondisi bisnis 2019, kita sama-sama telah melihat ada banyak sekali toko baik toko offline maupun toko online yang hanya menjual produk tas saja. Namun dari segi keuntungan bisa menghasilkan jutaan rupiah per bulannya. Kok bisa? Karena dalam dunia bisnis modern dengan ide bisnis yang khusus namun lengkap akan menjadi icon dan brand terbaik atas produk yang ada di toko jualan mereka.

 

Jadi tunggu apalagi, Anda tidak perlu capek-capek memasarkan produk tas milik Anda karena target utama Anda telah ada di depan mata, yakni rekan kerja di perusahaan yang pasti ada banyak wanita. Seandainya rekan Anda kebetulan semua pria, maka Anda tidak perlu kuatir dan kehilangan ide pemasaran, karena sebagian dari mereka pastinya adalah seorang suami yang beristri, atau seorang bujangan yang memiliki pacar maupun tunangan. Yang penting Anda pintar menggunakan strategi dalam memasarkan produk yang dijual. Ditambah Anda bisa juga menawarkan ke teman-teman komunitas Anda, keluarga rekan kerja yang kebetulan Anda kenal, tetangga, maupun teman lainnya.

 

7) Usaha Jualan Baju Kerja

Salah satu kebutuhan utama seorang pekerja adalah baju kerja atau baju kantoran. Jadi tidak ada salahnya bila mencoba untuk menjual baju kerja sembari tetap bekerja di perusahaan tersebut. Terlebih Anda seorang wanita, pastinya lebih paham dan cermat tentang memilih bahan atau jenis kain kerja yang bagus dan nyaman dipakai seharian. Sehingga rekan kerja Anda tidak akan canggung untuk membelinya. Namun, untuk baju kerja pria, sebaiknya Anda kurangi jumlahnya. Mengapa? Karena mayoritas pria sungkan jika harus membeli baju kantor di tempat kerjanya.

 

Dikarenakan Anda juga menjadi salah seorang pekerja di sana dan memakai baju kerja, maka peluang untuk memperkenalkan dan mengembangkan usaha sampingan ini akan lebih besar. Anda juga bisa lebih bebas dan leluasa untuk berkreasi dan memilih bahan yang bagus namun dengan tetap memegang konsep harga yang sesuai kantong rekan kerja. Sehingga dapat dipastikan usaha sampingan anda ini benar-benar sangat menjanjikan dengan keuntungan besar. Asal, Anda pandai dan cekatan dalam memasarkan dan memberi pelayanan yang memuaskan kepada setiap pelanggan anda.

 

8) Peluang Bisnis Jualan Kosmetik.

Hampir semua wanita butuh produk yang satu ini. Hal ini mengingat produk ini merupakan kebutuhan primer yang harus dimiliki dan terlebih bagi wanita yang tidak bisa lepas dari kosmetik setiap harinya. Maka dari itu, dapat dipastikan usaha sampingan berjualan kosmetik tidak akan ada matinya.

 

Meskipun para wanita membeli produk kosmetik tidak secepat seperti membeli pakaian apalagi membeli makanan, tapi jika sabar menekuni bisnis jualan kosmetik ini, omset penjualan yang Anda dapatkan sangat menjanjikan. Terlebih jika Anda menjual produk kosmetik brand yang sudah terkenal aman dan friendly di kalangan wanita.

 

Ingat bahwa target pertama bisnis Anda adalah rekan kerja di kantor. Anda bisa menawarkan ke mereka secara lisan maupun memberi brosur atau katalog produk kosmetik yang Anda jual. Dan pada saat ada yang tertarik dan ingin membeli kosmetik jualan Anda, tinggal Anda bawa pada saat hari kerja berikutnya. Ide pemasaran yang mudah bukan?

 

Jika Anda ingin memperluas target pasar, Anda bisa menawarkan produk tersebut kepada rekan kerja untuk menjadi reseller. Dengan begitu pasar Anda akan semakin luas. Kok bisa? Karena reseller akan menawarkan produk Anda ke kerabat, teman, tetangga, maupun teman di media sosialnya. Dan jika memungkinkan, Anda bisa juga menjual produk kosmetik yang Anda jual secara online (misalnya menggunakan media sosial, blog, ataupun pada marketplace kosmetik). Tapi untuk lebih efektifnya, sebaiknya Anda menjual secara offline terlebih dahulu.

 

9) Bisnis Investasi

Jika Anda termasuk wanita karir yang suka dengan bisnis tapi tidak ada waktu luang sama sekali untuk menjalankannya, maka menjalankan bisnis investasi menjadi ide peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Artinya, anda masih bisa menambah penghasilan tanpa harus susah payah membagi waktu dan menguras tenaga untuk memasarkannya. Caranya, Anda tinggal menginvestasikan penghasilan Anda pada sebuah perusahaan maupun usaha kecil-kecilan yang menurut kajian bisa menguntungkan.

 

Saat ini telah banyak ide bisnis investasi yang bisa untuk dipilih, seperti: rental mobil, sewa motor, investasi properti, usaha rumahan, usaha waralaba, usaha online, investasi saham, ukm, investasi emas atau logam mulia, investasi tanah, dan jenis usaha lainnya, yang terpenting Anda tidak salah dalam memilih usaha berikut dengan tempat Anda untuk berinvestasi. Jangan sampai Anda asal-asalan dalam memutuskannya, sehingga bukannya laba yang Anda dapatkan, tapi justru malah dapat rugi besar.

 

Maka dari itu, penulis memberikan saran agar teliti dan pelajari terlebih dahulu bisnis yang sedang dibidik untuk berinvestasi. Ikuti perkembangan dan sepak terjang usaha tersebut. Dan prospek kedepannya harus bisa Anda prediksikan dengan menggunakan logika investasi.

 

Bukan hanya investasi offline saja yang bisa di coba, Anda juga bisa mencoba investasi online. Mengapa? Karena beberapa tahun belakangan ini usaha investasi online semakin marak dan menjamur, sehingga kesempatan Anda untuk berinvestasi semakin terbuka lebar.

 

Baca juga artikel berjudul: tips menguntungkan bagi investor dalam berbisnis investasi

 

Seandainya Anda khawatir dalam berbisnis investasi dengan berbagai macam risikonya, maka Anda bisa mencoba deposito bank. Bisnis deposito bank ini sejenis dengan investasi maupun tabungan. Anda tinggal mendepositokan uang di bank dan lambat laun uang Anda akan bertambah.

 

Demikian 9 + peluang bisnis online untuk wanita karir Indonesia di era millennial yang bisa bagikan kali ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca, terutama pembaca perempuan yang lagi mencari berbagai ide bisnis untuk dijalankan tanpa mengganggu kerja di kantor. Kami berharap agar sudi membagikan artikel ini agar banyak wanita yang tahu dan bila ingin menambahkan ide lainnya, silahkan berkomentar.

 

Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *