Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Bisnis Hijab Pakaian Muslimah di Website Butik Online

Perkembangan bisnis jualan pakaian muslimah online berupa hijab (kerudung atau songkok) sudah memasuki babak baru, yakni dijual dengan cara membuka website toko butik hijab online. Perkembangan style cara berpakaian perempuan Islam yang dipadukan dengan penggunaan hijab atau kerudung, saat ini bukan lagi dimaknai sebagai penutup aurat yang wajib dikenakan bagi wanita muslimah di Indonesia.

 

Hijab Kerudung Songkok Muslimah

 

Tapi, berbusana dengan menggunakan hijab atau songkok sudah menjadi salah satu trend fashion yang mendunia di jaman now ini. Bahkan, designer pakaian papan atas yang ada di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Makassar, Aceh, Samarinda, Palembang, Jogjakarta, dan lain sebagainya selalu berlomba-lomba untuk menciptakan model-model hijab yang cantik dan bagus, serta nyaman digunakan meskipun saat terik matahari yang sangat menyengat tubuh.

 

Di Kota Medan sendiri, banyak wanita muslim yang menggunakan hijab, mulai dari anak kecil, remaja hingga dewasa. Kondisi ini secara otomatis mengakibatkan timbulnya kebutuhan atas hijab tersebut semakin meningkat setiap harinya. Mengapa? Karena setiap orang wanita muslim di Medan dan Sumut yang memakainya tidaklah mungkin hanya memiliki satu hijab saja. Tentunya, wanita muslimah ini membutuhkan banyak hijab mulai dari berbagai warna, bahan tertentu, ukuran dan model agar outfit yang dipakai akan terlihat mempesona dari segala sudut pandang.

 

Perihal eksis pada bisnis menjual pakaian wanita muslim, apalagi ketika hendak berjualan dengan membuat sebuah website butik online tentu tidak segampang kelihatannya. Dimana, sang calon pengusaha di bisnis ini harus memahami, bahwa keinginannya berjualan hijab online dilatarbelakangi oleh hobi sebagai designer atau karena melihat situasi dan kondisi perkembangan bisnis hijab online, sehingga ikut-ikutan.

 

Nah, jika sobat blogger silaenseo.com adalah orang-orang yang jeli mencermati setiap peluang usaha yang ada, maka dengan melihat tingginya kebutuhan hijab yang meningkat setiap harinya, maka sobat blogger bisa mempertimbangkan hal tersebut untuk memulai usaha hijab online dengan segala kondisi sumber daya yang anda miliki.

 

Memang benar pada kondisi persaingan usaha online yang terjadi di sepanjang tahun 2018 ini, maka inisiatif untuk memulai usaha apapun itu tentunya tidaklah mudah dan penuh dengan dinamika bisnis global. Artinya, banyak hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu agar bisnis yang dikelola dan dikerjakan dapat berjalan dengan sukses dan lancar mendapatkan keuntungan yang besar.

 

Menurut pendapat penulis, salah satu hal yang kerap menjadi kendala utama bagi calon pebisnis/pengusaha yang kepengin membuka usaha jual hijab online adalah modal dan kemampuan mengoperasikan web hijab online, sebagai etalase toko hijab digital anda di dunia usaha butik online. Tapi, jangan langsung patah semangat ya sobat blogger silaenseocom, sebab ada beberapa cara terbaik yang bisa diterapkan untuk mewujudkan keinginan Anda memulai usaha hijab online, yakni:

 

a) Menjadi Drophiper atau Reseller Pada Toko Butik Hijab Lain

Sebenarnya hal ini sangat cocok ditekuni oleh sobat blogger yang belum memiliki modal cukup dengan mensiasatinya dengan menjadi seorang agen dropshiper atau reseller terlebih dahulu pada toko butik lain di Kota Medan. Dengan begitu, sobat komunitas blogger bisnis medan bisa mengumpulkan modal sedikit demi sedikit dari hasil pendapatan dengan menjadi agen dropshiper hijab atau reseller hijab. Biasanya, toko butik di Medan yang sudah mulai berkembang akan membuka pemberian layanan dropship atau reseller untuk membantu penjualan produk mereka ke konsumen.

 

Nah, agar sobat blogger tidak bingung apa itu dropship maka akan kami jelaskan pengertiannya. Dropship adalah sebuah metode jual beli online, dimana penjual tidak akan melakukan stok barang maupun proses pengiriman ke para pembeli. Dalam sistem ini, akan sangat dibutuhkan bagi seorang supplier sebagai pemasok barang, yakni aneka produk hijab terbaru.

 

Sementara cara kerjanya sangat mudah, yakni para penjual hanya tinggal mendaftarkan diri dengan mengirim nama, nomor telepon atau whatsapp, dan nama toko sendiri. Setelah itu, para supplier akan mengirim foto-foto produk yang akan dijual ke pelanggan, lalu Anda upload ke akun-akun (misalnya akun media sosial facebook, twitter, instagram, whatsapp) yang digunakan sebagai tempat berjualan.

 

Terkait bicara tentang harga yang ditetapkan, maka sobat blogger bisa mengambil keuntungan sendiri. Ya, tentunya dengan menaikkan harga hijab dari supplier. Jika nantinya sobat blogger mendapatkan orderan, maka tinggal konfirmasi kepada supplier setelah terlebih dahulu mendapatkan dan memastikan adanya pembayaran dari customer yang memesan dari Anda.

 

Kemudian, Anda melakukan pembayaran kepada supplier sesuai dengan harga yang sudah diberikan sebelumnya oleh supplier dan setelah itu barulah barang akan langsung dikirim supplier sesuai dengan alamat yang diberikan pemesan. Ingat, bahwa proses dropshiper ini dilakukan secara online. Jadi dalam proses pembayarannya pun dilakukan melalui transfer pada bank yang anda gunakan.

 

Sementara, reseller adalah orang-orang yang membeli produk yang sudah jadi dari para distributor atau supplier dengan harga yang lebih murah dari pasaran untuk di jual kembali ke pelanggan. Biasanya, setiap distributor ataupun supplier akan memberikan batas minimal atas pembelian barang berbeda-beda, namun pada umumnya minimal pembelian, yaitu minimal 3 pcs/produk.

 

Cara kerja menjadi drophiper atau peseller kerja telah terkenal sangat mudah, dimana setiap produk atau yang sobat beli dari para distributor atau supplier, terlebih dahulu di foto lalu kemudian di upload kembali ke seluruh akun-akun yang Anda gunakan untuk berjualan online. nah, sebagai penjual, maka sobat blogger juga harus cermat dan bijaksana dalam menentukan harga serta menentukan berapa keuntungan yang Anda tetapkan dari setiap produk hijab yang berhasil di jual.

 

Ketika ada orderan datang atau masuk, maka Anda bisa langsung mengirim barang ke alamat yang dituju pembeli setelah selesai dan sukses melakukan proses pembayaran dari customer. Nah, kelebihan menjadi reseller adalah secara leluasa bisa menawarkan produk barang hijab yang sobat jual secara online maupun face to face atau door to door (offline).

 

b) Belajar Mandari Dengan Mulai Produksi Hijab Sendiri

Setelah keuntungan dan/atau tabungan sobat dengan menjadi dropshiper atau reseller diperkirakan sudah cukup. Sobat jangan ragu atau takut untuk memberanikan diri dengan mulai terjun memproduksi sendiri berbagai produk model hijab yang hendak anda pasarkan secara online di Kota Medan. Mengapa? Karena berbisnis menjual busana muslim merupakan jenis bisnis terbaik di medan meskipun diusahai dengan menggunakan modal kecil. Disamping itu, bisnis menjual songkok ini juga sangat menjanjikan dan menggiurkan akan bisa memberikan keuntungan besar tanpa batas.

 

Memang untuk hal ini, sangat banyak faktor yang harus diperhatikan dan dipenuhi, mulai dari pangsa, model, kualitas bahan, harga, ukuran, promosi hingga masalah mitra pengiriman. Dimana semuanya harus dilakukan sendiri. Namun, karena peluang usaha di dunia hijab atau kerudung sangat menjanjikan, maka semangat untuk sukses juga tak boleh menurun.

 

Ingat, bahwa seiring dengan adanya waktu, secara bertahap akan semakin banyak wanita di medan yang memakai hijab atau kerudung ini. Selain itu, perkembangan trend berbusana hijab yang kekinian juga telah membuat banyak perempuan Islam yang menggunakan hijab ingin mengoleksi berbagai produk hijab yang siap dipakai suatu waktu bila dibutuhkan.

 

Penulis juga mencoba untuk membagikan beberapa tips ataupun cara yang bisa sobat blogger jalankan ketika ada rencana untuk memproduksi hijab sendiri yang nantinya akan dilempar ke pasar online.

 

*) Spesifik Dalam Menentukan Target Pasar

Pada tahap, cenderung para pebisnis pemula mengabaikan strategi ini. Padahal, poin ini sangatlah penting dijalankan dengan baik dalam rangka memasarkan produk hijab yang hendak dijual, baik online maupun offline.

 

Perlu penulis jelaskan bahwa pangsa pasar itu adalah salah satu dari sekian banyak strategi pemasaran yang memiliki bagi bagian penting dari keseluruhan permintaan suatu produk. Disamping itu pangsa pasar dapat mencerminkan golongan konsumen yang hendak disasar, seperti tingkat pendapatan, umur, jenis kelamin, pendidikan maupun status sosial dan identitas komunitas tertentu.

 

Nah, berhubung sobat blogger hendak membangun bisnis jualan kerudung online atau menjual busana muslimah di internet, maka tak ada jalan lain agar senantiasa memfokuskan diri pada usia calon konsumen. Jadi, pada bagian ini, sobat blogger harus secara cermat dapat menentukan batasan usia yang akan dijadikan sebagai target konsumen.

 

*) Memilih Model Kerudung Atau Hijab

Pada point ini, sebelum menentukan secara pasti model hijab yang akan diproduksi, maka sobat blogger harus melakukan survey terlebih dahulu. Tentu saja survei ini harus sesuai trend mode dan style dengan usia yang dijadikan target konsumen kedepannya.

 

Nah, untuk kebutuhan atas hal ini, sobat juga bisa mendapatkan berbagai informasi melalui televisi, majalah, sosial media (medsos) seperti di instagram, facebook, twitter atau terjun langsung ke pasar. Disamping itu juga, anda bisa berselancar dan mengunjungi website butik kerudung online milik para pengusaha online lainnya, maupun itu bergabung dalam komunitas bisnis hijab online yang ada di daerah anda.

 

Tapi, jangan sampai lupa ya sobat, agar Anda secara terus mengikuti perkembangan trend mode hijab di Medan, Sumut maupun di Indonesia. Tujuannya tentu saja agar konsumen tertarik untuk terus berkunjung ke web toko hijab online Anda.

 

*) Selektif Melakukan Pemilihan Bahan Untuk Hijab

Sobat harus ingat agar jangan sembarang memilih bahan untuk memproduksi kerudung atau hijab/songkok. Bagian ini sangat penting diperhatikan maupun dipertimbangkan, karena berhubungan erat dengan suka atau tidaknya konsumen dengan produk hijab atau kerudung/songkok yang Anda produksi dan jual.

 

Hendaklah senantiasa memilih bahan kain hijab dengan kualitas yang terbaik dan cocok untuk segala model kerudung yang Anda pilih dan menjadi trend saat ini. Dalam hal mencari informasi sebanyak mungkin, maka penulis sangat menganjurkan agar senantiasa mendapatkan kualitas produk hijab yang terbaik dan nomor satu.

 

*) Menentukan Harga Agar Jangan Terlalu Mahal

Nah, berhubung sobat blogger silaenseo.com di Medan baru memulai usaha jualan hijab online, tak etis bila langsung memberikan harga tinggi pada setiap pcs hijab yang akan dijual.

 

Jadi, tak ada salahnya untuk memantaskan harga penjualan per 1 pcs kerudung sesuai dengan kualitas, ongkos produksi dan mendapatkan keuntungan yang sedikit. Mengapa? Tujuannya tidak lain dan tidak bukan agar hijab atau kerudung atau songkok yang Anda produksi agar terlebih dahulu dikenal oleh semua orang. Nah, jika sudah mulai banyak orang yang order barang dan menyukai produk Anda, maka perlahan-lahan menaikkan keuntungan dapat dilakukan.

 

*) Memilih Media Online yang Tepat

Bagi sobat bisnis yang belum cukup modal untuk membuka toko offline, maka usaha dengan online merupakan tahap awal yang baik dan bijak. Untuk itu, pilihlah media online yang banyak digunakan oleh para target yang menjadi konsumen. Media online tersebut adalah instagram, facebook, whatsapp atau twitter.

 

Ya, meskipun diketahui bersama, bahwa sangat sulit untuk bisa cepat mendapatkan kepercayaan dari para calon pembeli, namun dengan adanya kesabaran, telaten, dan kerja keras yang pantang menyerah, maka sobat akan mendapatkan hasil yang lumayan besar. Karena dengan online inilah, maka sobat bisa menjangkau target customer dengan lebih luas dan 24 jam penuh dapat di akses.

 

*) Membuat Promosi yang Unik dan Menarik

Ingat, bahwa adanya promosi dalam penjualan merupakan salah satu cara dan strategi terbaik untuk menarik minat pelanggan atas produk yang dipasarkan. Selain itu juga dapat meningkatkan penjualan produk, sehingga dengan begitu akan cepat mendapatkan keuntungan. Artinya, sobat ngeblog dituntut untuk membuat promosi semenarik dan seunik mungkin, seperti promo diskon pada produk tertentu, hadiah atau undian (lucky draw), hingga promo buy 1 get 1.

 

*) Mengedepankan Konsep Tampilan yang Bagus

Tampilan produk juga salah satu hal yang wajib diperhatikan dan dipertimbangkan agar bisa sukses di bisnis songkok online ini. Ingat, dengan semakin bagus tampilan sebuah produk, tentunya akan semakin menarik minat para customer untuk berkunjung ke toko Anda. Sekaligus juga hal ini adalah dalam rangka untuk menciptakan “brand” hijab yang sobat produksi sendiri.

 

Pada tahap ini, sobat blogger dituntut untuk inovatif, kreatif dan solutif dalam membuat tampilan yang menarik. Mulai dari foto produk, desain, pemilihan tipografi pada gambar hingga keterangan singkat pada setiap gambar yang di share.

 

*) Jangan Lupa Untuk Menggunakan Tagar Ketika Share Produk

Nah, dalam rangka agar web toko online butik hijab Anda bisa dikenal banyak orang, maka janganlah lupa untuk menggunakan tagar (tags) atau hashtag pada setiap postingan produk barang kerudung Anda, misalnya: #kerudung, #hijab, #songkok, #jilbab, #hijabterbarukan, #hijabnow, #kerudungkekinian, #hijabcantik, #hijabmurah, #kerudungbunda, dan lain sebagainya.

 

Ingat dalam dunia media online, dengan semakin banyak hashtag yang berhubungan dengan produk hijab yang sobat jual di internet, maka peluang customer untuk mengunjungi situs toko online Anda semakin besar dan branding juga dengan cepat terbentuk. Mengapa? Karena sebagian orang yang sedang mencari hijab atau kerudung maupun songkok, kebanyakan adalah menggunakan hashtag atau tagar untuk mempermudah menemukan hijab yang diinginkan.

 

*) Mengutamakan Ramah dan Cepat Tanggap Kepada Pelanggan

Dalam dunia bisnis dan juga pemasaran bahwa pelayanan menjadi penilaian yang turut memengaruhi customer untuk berkunjung dan bertransaksi di web toko bukti online Anda.

 

Untuk itulah, kemampuan dan keahlian untuk senantiasa bersikap ramah, sopan dan cepat tanggap untuk memberikan solusi terbaik terhadap setiap konsumen akan membuat mereka merasa nyaman, terlayani seperti raja dan ratu, sehingga tidak akan berpaling ke tempat lain untuk membeli hijab atau berbelanja kerudung. Jadi, berusahalah untuk tetap menjaga kualitas pelayanan yang terbaik dan berkelas.

 

Tapi, yang paling penting adalah adanya “action” dalam rangka untuk tetap berusaha agar bisa sukses kedepannya. Tentu saja pencapaian sukses dalam berwirausaha jilbab atau hijab terutama bagi pebisnis pemula yang minim pengetahuan bisnis. Bisa mencapai target yang sudah ditetapkan sejak awal, yaitu usaha hijab daring yang dijalani dapat berkembang dengan pesat adalah berkah yang luar biasa dan patut disyukuri. Namun, untuk mencapainya tidaklah mudah, butuh proses yang sangat panjang dan butuh kesabaran tingkat tinggi. Untuk itu, kami tetap sarankan agar para sobat silaenseo.com selalu semangat berusaha, banyak belajar, tekun pada setiap prosesnya, serta jangan lupa untuk tetap berdoa, agar bisnis yang dikerjakan dapat berhasil.

 

Demikian artikel yang membahas tentang bisnis hijab pakaian muslimah di website butik online, semoga bermanfaat dan dapat memotivasi sobat blogger untuk memulai membuka usaha berjualan busana wanita khas agama Islam ini. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!