Bisnis Terbaik Yang Cocok Bagi Blogger

Melihat perkembangan dunia blogger dan internet yang diluar akal, membuka banyak peluang terbaik untuk mendapatkan penghasilan dari booming nya bisnis menggunakan jaringan internet. Menjadi seorang blogger profesional dapat dijadikan sebagai salah satu cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan “duit” yang tengah “hype” hanya bermodalkan blog/website personal.

 

Di era internet ini, kehidupan manusia tidak bisa lagi lepas dari yang namanya gadget (smartphone dan handphone android) dan internet. Keduanya kini sudah menjadi bagian terpenting dari kebutuhan hidup layaknya membutuhkan pakaian dan makanan setiap harinya. Dengan internet pula, pendiri Amazon, Alibaba, Google, Yahoo, Facebook, Bing, Firefox dan Microsoft, telah menjelma menjadi raksasa digital dengan pendapatan puluhan miliar dollar AS per tahun.

 

Meskipun begitu, yang menjadi pertanyaan masih ada peluang buat para konsumen untuk mengais rezeki dari berbagai aktivitas yang cocok di dunia internet. Antara lain misalnya dengan hanya memiliki blog sendiri yang isinya berupa informasi atau pembuatan artikel berdasarkan suatu segmen tertentu, entah itu hobi, masak-memasak, travel, beauty, kesehatan, teknologi, otomotif, cerpen, loker, anime, blog download hingga yang berisi berbagai artikel tips keuangan maupun property.

 

Bisnis Terbagi Bagi Blogger

 

Anda menghasilkan uang dengan cara menjadi blogger alias mengelola blog pribadi (baik berdomain gratisan ataupun tld). Bagi orang-orang yang hobi menulis dan berbagi informasi kepada banyak orang, tentunya hal ini akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan karena Anda bisa menyalurkan hobi menulis dan sekaligus untuk mendapat uang sebagai bonus.

 

Keuntungan menjadi blogger adalah Anda akan memiliki jam kerja yang bebas, karena bisa mengerjakannya kapan saja dan di mana saja tanpa terganggu dan terikat waktu kerja sebagaimana lazimnya kerja kantoran.

 

Perlu di ketahui kalau blogger bisa kalau boleh dikatakan sebagai sebuah profesi terbaru yang bisa mendatangkan banyak pundi-pundi rupiah maupun dollar dan merupakan peluang bisnis tren 2019. Meskipun pada masa awalnya, Anda harus berusaha ekstra keras untuk membangun blog tersebut, tapi jika blog milik Anda sudah terkenal dan ramai dikunjungi oleh orang, maka perihal untuk mendapatkan uang yang didapat bisa mencapai jutaan rupiah perharinya.

 

Jujur saja bahwa ada banyak pertanyaan yang disampaikan mengenai hal tentang dari mana asal uang yang didapat dengan hanya dengan menjadi personal blogger.

 

Dalam catatan kami sebagai seorang blogger bisnis, ada beberapa cara yang dapat dijalankan sebagai sumber penghasilan terbaik yang dapat diraih oleh seorang blogger medan. Bisnis bagi blogger tersebut adalah sebagai berikut:

 

1) Jasa Iklan

Sumber penghasilan yang lazim didapatkan oleh para blogger adalah berasal dari iklan yang di pasang pada blog blog-nya, baik itu dengan cara memasang banner ataupun memasukkannya ke dalam sebuah postingan atau artikel sesuai dengan permintaan si pemasang iklan. Pastinya untuk mendapatkan iklan yang bersifat orderan (iklan mandiri), tentu saja blog milik Anda haruslah memilih traffic pembaca yang tinggi dan berasal dari berbagai kalangan pembaca.

 

Tapi jika Anda berkategori sebagai blogger yang masih pemula, disarankan agar sebaiknya pasang Google AdSense yang lebih flexibel memungkinkan sebuah blog dengan skala pengunjung kecil untuk mendapatkan iklan dari pekerjaan menjadi seorang publisher.

 

2) Berbisnis Afiliasi

Afiliasi ini merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari blog yang juga banyak dilakukan. Mengapa? Karena afiliasi ini berarti Anda membuat tautan link ke sebuah produk yang dijual oleh situs lain dan apabila pembaca blog milik anda mengikuti tautan atau mengklik link tersebut, maka Anda akan memperoleh komisi dari penjualan.

 

Biasanya para blogger akan membuat tautan ini yang biasanya disisipkan oleh bisnis blogger dalam review postingan tertentu. Beberapa perusahaan yang sering mengadakan afiliasi dengan blogger adalah e-commerce, seperti Lazada, Bukalapak, Zilingo, Shopee, dan lain sebagainya.

 

3) Event

Kalau blog/web Anda sudah memiliki banyak pengunjung, maka Anda bisa mengadakan event tertentu (misalnya blogger beauty) untuk mengundang pembaca setiamu. Tak perlu dalam skala besar, Anda bisa mengadakannya dengan jumlah peserta minimal 30 orang. Tetapkan tarif yang sesuai dan cari sponsor event yang ingin bekerja sama dengan anda sebagai cara menghasilkan uang dari blog. Biasanya event ini banyak dilakukan oleh blogger yang memiliki blog tutorial makeup dan kecantikan, fesyen, memasak, DIY “Do It Yourself”, serta fotografi.

 

4) Menawarkan Jasa atau Layanan Tertentu

Menjadi seorang blogger pastinya akan membuat Anda harus belajar banyak hal, mulai dari membuat blog, coding, mengoperasionalkan blog, bikin tulisan berkualitas, mendesain logo dan banner, hingga belajar SEO (Search Engine Optimization), baik SEO on page maupun SEO off page untuk menaikkan visitor setiap harinya. Untuk urusan meningkatkan visitor silahkan untuk membaca artikel yang berkaitan dengan SEO tips for 2019 yang sudah dipublikasikan sebelumnya.

 

Nah, dengan bermodalkan tambahan ilmu diatas, Anda bisa membuka atau menawarkan jasa yang bersifat “freelance” kepada pembaca yang ingin mengikuti jejakmu, mulai dari jasa desain, jasa pelatihan, jasa bikin website dan lain sebagainya.

 

5) Recurring income

Cara menghasilkan uang dari blog lainnya adalah dengan mengerjakan recurring income. Cara ini adalah membuat membership atau menerapkan keanggotaan premium. Jadi nantinya untuk mendapatkan membership tersebut, mereka harus membayar uang keanggotaan untuk dapat menikmati dan mengakses konten blog yang tidak bisa dinikmati oleh anggota regular dan lain sebagainya.

 

6) Menjual Theme atau Plugin

Bila anda berkategori jago atau mahir membuat theme maupun plugin, maka anda dapat menjual theme atau plugin tersebut melalui blog yang Anda kelola. Contoh theme yang banyak dicari adalah theme yang bisa diterima oleh google AdSense dengan cepat, theme toko online atau pun afiliasi yang berkualitas 100% SEO Friendly.

 

Selain itu, Anda juga dapat menyediakan plugin untuk membuat tabel responsive. Keuntungan bisnis ini boleh dikatakan cukup besar. Namun apabila Anda tidak dapat membuat theme dan plugin sendiri, tentu saja Anda harus mengeluarkan modal besar terlebih dulu untuk membayar jasa programmer. Nantinya, selisih harga jual dan biaya programmer akan masuk ke kantong Anda.

 

7) Menjadi Youtuber

Jika Anda memiliki banyak ide-ide menarik nan unik yang mampu menghibur dan menginspirasi banyak orang, menjadi seorang youtuber mungkin dapat menjadi pilihan terbaik yang sesuai bagi penyaluran hobi Anda.

 

Jika di lihat kebiasaan masyarakat milenial 2019, saat ini orang-orang lebih memilih menonton youtube dibandingkan dengan televisi. Nah, kecenderungan ini merupakan suatu peluang bisnis menguntungkan bagi Anda.

 

Untuk mewujudkannya adalah dengan bantuan kamera, ide segar dan menarik, serta kemampuan mengedit video yang cukup baik nan profesional, kemungkinan besar konten video Anda akan disaksikan oleh berjuta-juta pasang mata di Youtube. Ingat dengan semakin banyak orang yang menyaksikan video Anda, maka semakin banyak pula uang yang bisa Anda dapatkan dengan terlebih dahulu harus dimonetisasi.

 

Satu hal yang perlu untuk anda ingat agar senantiasa tetap menjaga kualitas konten dan kreativitas, serta juga belajar untuk mencari tips membuat video youtube bisnis rank 1 google, karena bukan suatu yang mustahil Anda akan terus mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu yang lama melalui bisnis jadi youtuber ini.

 

8) Jadi Dropship

Dropship adalah suatu bisnis online terbaru yang hampir sama dengan toko online. Perbedaannya hanya terletak pada proses produksi dan pengiriman saja. Dropship juga sudah cukup populer sebagai bisnis yang berbiaya operasional sangat hemat.

 

Dengan dropship, Anda hanya cukup menjual suatu barang milik toko online di blog yang di desain fungsinya mirip sebagai toko online umumnya, tanpa harus repot-repot untuk menyediakan atau memproduksi barang tersebut. Dapat dikatakan bahwa dalam berbisnis, Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk memulai bisnis ini. Oleh karenanya dropship sudah dikenal dan dimaknai sebagai salah satu bisnis tanpa modal.

 

9) Mendirikan Startup

Startup merupakan salah satu bisnis online terbaru yang cukup menarik untuk direalisasikan saat ini oleh orang-orang yang sudah berkecimpung di dunia blogger. Kaskus, Zilingo, Traveloka, Bukalapak, Tokopedia, Grab, Gojek, OVO, Shopee, Remorental dan lain sebagainya.

 

Kita sudah melihat keberhasilan dari startup diatas, tentu saja hal ini bisa menjadi salah satu pemicu orang-orang untuk melakukan bisnis online di bidang serupa. Mendirikan perusahaan startup memang memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan kedepannya. Bisnis ini sedang dilirik oleh para investor baik dari luar atau pun dalam negeri.

 

10) Social Media Influencer

Social media (medsos) memang sangat tinggi pengaruhnya saat ini di Indonesia, karena banyak yang menggunakannya. Tak hanya mulai dari orang tua, remaja dan anak-anak, sudah demo bersosial media. Dengan social media, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang tak terbatas dengan menjadi social media influencer. Social media influencer merupakan adalah orang di social media yang bisa mempengaruhi para pengguna social media lainnya melalui pembuatan postingan-postingan yang mereka buat. Contoh social media yang sangat terkenal di tahun 2019 ini seperti menjadi youtuber atau selebgram.

 

11) Bisnis Property Online

Menjadi seorang pebisnis property online mungkin bagi sebagian orang terasa sulit untuk memulainya. Mengapa? Karena memerlukan sumber daya manusia yang berkemampuan tinggi atas ilmu internet dan modal uang yang besar.

 

Namun, sebenarnya bila dicermati bahwa bisnis properti online yang dilakoni oleh seorang blogger, bisa dilakukan tanpa modal uang yang besar, yakni dengan cara menjadi broker properti dengan mengandalkan website/blog personal yang dikelola.

 

Ingat bahwa perkembangan terakhir, ahli properti kini mulai mengembangkan bisnis melalui jejaring sosial dan dunia internet marketing dengan menyasar mereka yang ingin mendalami bisnis tersebut dengan serius. Bagi pemula bahwa ilmu blogger yang anda miliki sebagai modal besar dalam menjalankan pemasaran property di media online harus diselaraskan dengan web/blog untuk berbisnis jual beli properti.

 

Melakukan pekerjaan bebas seperti menjadi blogger tentu sangat mengasyikkan jika Anda hobi menulis. Dengan begitu, maka anda bisa menjalankan hobi dengan riang dan gembira, sekaligus bisa menghasilkan uang yang jumlahnya tidak kecil. Mudah-mudah dengan adanya informasi yang kami bagikan tentang bisnis terbaik yang cocok bagi blogger di atas bisa membantu Anda untuk membuat blog dengan konten yang berkualitas dan selanjutnya dimonetisasi agar secepatnya bisa mendapatkan penghasilan.

 

Selamat ngeblog dan jadilah sebagai seorang blogger bisnis yang sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *