Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Bisnis Wisata Berbasis Usaha Online

Berwisata di dalam negeri tak kalah seru dengan yang ke luar negeri, dan tentu saja tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Keinginan konsumen melalui bisnis wisata yang menawarkan bisa berlibur secara ekonomis telah mulai banyak dilirik oleh pebisnis pemula, khususnya yang menggunakan strategi yang lazim pada bisnis online.

 

Secara khususnya, akhir-akhir ini kita banyak melihat website/blog wisata yang dioperasikan oleh para kaum muda milenial secara profesional dengan mendirikan usaha-usaha wisata berbasis usaha online atau bisnis tour daring yang mengatur tentang perjalanan murah meriah ke berbagai destinasi wisata dalam negeri.

 

Bisnis Wisata Online dan Usaha Tour Daring

 

Memang, peminat jasa perjalanan wisata ini  cukup banyak, sebagian besar peminatnya adalah berusia 20 – 40 tahun. Tentu, target dari pemasaran bisnis wisata online yang ditawarkan via website/blog memang lebih banyak melalui penggunaan media digital, seperti email dan fasilitas chat yang terhubung dengan internet.

 

Jadi, jangan heran bila kebanyakan peserta tour adalah pekerja kantoran yang lazim menggunakan email atau browsing “googling” di browser yang terhubung dengan internet.

 

Dalam beberapa bulan, dari beberapa website wisata yang ada, bisa saja terdapat puluhan program perjalanan ke berbagai tempat wisata yang ada di Indonesia, tergantung dari banyaknya “long weekend” dalam setahun. Di antara program rutin, kebanyakan perusahaan wisata online ini menawarkan program yang bisa juga mengantar rombongan atau yang meminta pengaturan program perjalanan secara individual.

 

Berdasarkan hasil pantauan, bahwa sebulan biasanya ada 2 hingga 3 kali perjalanan bila datang musim liburan. Dengan catatan bahwa jadwal ini adalah jadwal yang berkategori cukup padat, apalagi hanya ada 2 orang yang secara bergantian bertugas secara rutin untuk mengantar rombongan tur ke destinasi wisata di dalam negeri.

 

Tapi, terkadang tour khusus ini bisa saja mengalami kejadian yang tak terduga di dalam waktu perjalanannya. Misalnya: terjadi keterlambatan jadwal penerbangan, yang dikhawatirkan bisa “merusak image” jadwal perjalanan yang ditawarkan oleh para pelaku bisnis wisata online. Mau tidak mau, pebisnis harus bisa mengatasinya dengan melakukan “improvisasi” kepada para peserta tour. Mudah-mudahan dengan improvisasi tersebut, maka para peserta tour umumnya bisa mengerti, bahkan mereka menghargai karena perubahan jadwal bukan berasal dari perusahaan wisata.

 

Tentu usaha wisata online yang melakukan reschedule adalah dalam rangka untuk menjaga hubungan baik dengan klien, dan hal itu harus dilakukan karena memang sangat penting. Mengapa? Karena belakangan ini, semakin banyak jasa perjalanan online maupun jasa tour daring yang bermunculan, bahkan menawarkan harga lebih murah dengan potongan harga yang terkadang diluar akal.

 

Namun, pada kesempatan ini, sangat disarankan kepada konsumen agar mencermati setiap paket tour murah yang akhir-akhir ini banyak ditawarkan oleh perusahaan wisata online, misalnya dengan mencermati apa jenis akomodasinya. Karena, bisa saja potongan harga tersebut adalah salah satu cara promosi untuk meningkatkan penjualan jasa perjalanan online, tapi akomodasi yang ditawarkan sangat minim dan bahkan bisa merugikan konsumen.

 

Perihal akomodasi, kami memandang setiap bisnis wisata online harus berani menjamin bahwa meski paket tournya termasuk murah atau ekonomis. Artinya setiap pelaku bisnis ini harus selalu memilih akomodasi yang bersih, aman dan nyaman, ya…, minimal sekelas hotel bintang 3. Disamping itu, hotel dimaksud juga harus berada di tengah kota untuk memudahkan mobilitas pada wisatawan. Ditambah, kota atau tempat yang menjadi tujuan wisata pun dipilih dengan hati-hati agar tidak mengecewakan wisatawan yang ikut menjadi peserta tour.

 

Ingat bahwa kepuasan membuat para peserta tour dan wisata akan kembali lagi menggunakan jasa perjalanan wisata online anda pada hari-hari berikutnya. Terkadang memberikan diskon khusus, tidak jaminan konsumen akan kembali lagi.

 

Satu hal yang perlu di antisipasi oleh para pelaku bisnis wisata online, bahwa bisa saja pada saat menjalankan usaha akan menemukan kekecewaan yang diakibatkan oleh calon konsumen. Misalnya, setelah dibuat rancang jadwal perjalanan khusus yang padat namun ekonomis, ternyata para konsumen tersebut menggunakan informasi detail yang diberikan untuk melakukan perjalanan sendiri. Jadi, sangat penting untuk para pelaku usaha ini agar senantiasa berhati-hati dalam hal menjelaskan jadwal perjalanan wisata. Karena bisnis ini lebih ke arah jasa perjalanan ke tempat-tempat wisata maupun pengaturan perjalanannya.

 

Nah, pembatalan terus terjadi maka di khawatirkan bahwa bisnis ini bisa mengalami kerugian yang tidak sedikit. Namun, selaku pengusaha yang ingin sukses, maka harus melihatnya dari sisi positif dan penuh pertimbangan untuk mencari cara meningkatkan penjualan jasa perjalanan wisata online yang sedang digelutinya.

 

Ya, anggap saja bahwa kerugian itu adalah ongkos yang harus di bayar untuk jalan-jalan atau biaya belajar bisnis wisata online. Hahaha….., Karena kami yakin bahwa kebanyakan para pelaku bisnis jasa wisata maupun travel dan tour adalah hobi travelling yang sangat menantang untuk terus berusaha menambah tujuan wisata dengan explore terlebih dahulu yang selanjutnya ditawarkan kepada wisatawan.

 

Salah ssatu obyek wisata di Sumatera Utara yang banyak ditawarkan via website adalah wisata Danau Toba yang merupakan wisata danau (air), wisata alam dan budaya yang paling terkenal di Indonesia. Mengapa? Karena, selain Danau Toba memiliki keindahan alam yang memukau di dunia, Danau Toba juga banyak menyimpan “cerita legenda” yang membuat orang menjadi takjub dan ingin mengetahui ceritanya.

 

Sehingga, wisata alam Danau Toba ini merupakan satu diantara dari danau di dunia yang menyimpan banyak kekayaan alam yang banyak dimanfaatkan oleh warga sekitarnya. Sampai saat ini keindahan destinasi wisata di Danau Toba tidak kalah indahnya dengan pemandangan alam lain yang berada di Indonesia maupun luar negeri.

 

Memang faktanya bahwa telah banyak wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara sudah berkunjung ke Danau Toba dan juga banyak website wisata online yang terus mempromosikan destinasi terbaik di Sumut ini. Semua panorama tersebut tidak terlepas dari balik panorama keindahan yang mampu dipersembahkan oleh Danau Toba, berikut dengan terselip berbagai cerita dongeng nusantara yang melingkupi tempat ini. Seperti: asal muasal terjadinya Danau Toba adalah dari kisah si petani pekerja keras dan putri ikan ajaib, adanya cerita batu gantung, dlsb.

 

Tidak hanya itu saja, legenda terjadinya Danau Toba juga terkisah dari terjadi letusan gunung berapi jenis super vulkanik yang tergolong maha dahsyat, dan dipercayai ledakannya mencapai ribuan kali letusan pada gunung berapi normal yang juga turut menimbulkan pengaruh pada iklim di seluruh dunia pada saat itu.

 

Adanya cerita-cerita tentang legenda Danau Toba yang sudah banyak diketahui oleh wisatawan lokal maupun wisatawan luar negeri membuatnya menjadi salah satu objek wisata populer di Indonesia. Danau yang indah dan luas, dengan pemandangan yang eksotis, dimana terdapat pulau Samosir di tengah danau ini.

 

Ya, sebuah destinasi wisata yang bisa mengajarkan kita tentang arti hidup maupun kehidupan, disamping keindahan alam dan suasana tenang, memiliki udara alam nan sejuk, terdapatnya panorama alam yang dapat melupakan masalah pekerjaan dengan adanya lereng bukit yang indah, masyarakat di sekitar Danau Toba yang terkenal sangat ramah dan bersahabat dengan memiliki berbagai tradisi adat istiadat warga Batak Toba akan membuat siapa saja yang berkunjung ke daerah ini akan jatuh cinta dengan tradisi asli sebagian warga Pulau Samosir, berbagai ole ole makanan maupun berupa barang yang dapat dijadikan souvenir khas, dlsb.

 

Ketika anda lupa dengan urusan ole ole ini, tidak hanya di sekitar daerah Danau Toba saja nantinya bisa anda dapatkan. Karena di berbagai hotel-hotel yang berada di Sumatera Utara, terutama yang ada di Kota Medan, anda juga bisa dengan mudah mendapatkan ole ole khas medan untuk selanjutnya anda berikan kepada teman-teman anda sebagai tanda bahwasanya anda telah berkunjung ke daerah Sumatera Utara.

 

Hal-hal diataslah yang membuat banyak pengusaha jasa perjalanan wisata online yang selalu membuat program bisnis wisata online-nya ataupun jasa usaha perjalanan via tour daring ke Danau Toba setiap bulannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!