Calon Independen di Pilgubsu 2018 Harus Ada 764.578 Dukungan KTP

Memang geliat pilkada gubernur Sumut 2018 terus memanas, dimana berdasarkan informasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara, bahwa “Calon Independen di Pilgubsu 2018 Harus Memiliki 764.578 Dukungan KTP”. Berat memang, tapi bila serius untuk maju, kami yakin besaran dukungan tersebut bisa dicapai.

 

Syarat Jumlah Dukungan KTP Bagi Calon Independen - Perseorangan di Pilkada Sumut 2018

 

Diperolehnya besaran syarat dukungan untuk pasangan calon (paslon) yang ingin maju pada kontestasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara Tahun 2018 adalah didasarkan hasil dari rapat pleno yang digelar KPU Sumut pada hari Minggu tanggal 10 September 2017 yang lalu. Dalam rapat pleno dimaksud, telah diputuskan bahwa pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang ingin maju dari jalur perseorangan (independen) wajib memiliki syarat dukungan sebesar 764.578 dari warga yang memiliki KTP Sumatera Utara.

 

Adanya penetapan jumlah ini tentu saja didasarkan pada jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu terakhir yang digelar pada 33 kabupaten/kota di Sumatera Utara. Dimana rinciannya, pada 23 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada 2015, dan 2 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada di 2017 menggunakan DPT Pilkada. Sedangkan untuk 8 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada 2018 digunakan DPT Pilpres 2014 yang lalu. Tentu dasar dari penggunaan DPT pemilu atau pemilihan terakhir merupakan perintah undang-undang.

 

Nah, bila data diatas seluruhnya digabungkan, kemudian didapat pula jumlah DPT pemilu pada pemilihan terakhir sebesar 10.194.368. Sehingga berdasarkan hal ini, diperoleh syarat dukungan minimal yang harus dimiliki oleh bakal calon (balon) perseorangan pada event pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2018 adalah 10.194.368 x 7,5% = 764.578. nah, angka ini juga harus memehuni syarat penyebaran, yakni harus tersebar di minimal 17 kabupaten/kota se Sumut.

 

Tentu adanya hasil penetapan dari rapat pleno KPU Sumut ini harus segera disosialisasikan ke seluruh lapisan masyarakat, khususnya yang berniat ingin maju melalui jalur independen. Mengapa? Dengan harapan agar mereka dari sekarang dapat mempersiapkan diri sebelum masa tahapan berupa dibukanya pendaftaran untuk calon perseorangan.

 

Perlu kami jelaskan, bahwa besaran angka dukungan ini tidak hanya berupa foto copy KTP saja, melainkan juga disertai dengan adanya surat keterangan mendukung pada formulir dukungan yang didalamnya memuat nama, NIK, alamat, jenis kelamin, tempat/tinggal lahir, serta usia/umur. Selanjutnya dukungan KTP ini akan dilakukan verifikasi faktual oleh KPU Sumut.

 

Sebagai informasi tambahan, apabila kita mengacu pada tahapan pilkada berdasarkan PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum), bahwa jadwal dan berikut program Pilgubsu, maka pada tanggal 22-26 November 2017, pihak penyelenggaran pemilu/pilkada (KPU) akan mulai membuka tahapan penyerahan syarat dukungan pasangan calon perseorangan atau independen untuk selanjutnya diteliti jumlah dan sebarannya.

 

Sementara untuk jadwal pendaftaran bagi pasangan calon (paslon) dari jalur independen, akan disamakan dengan jadwal pendaftaran pasangan calon dari jalur partai politik (parpol) yang sama-sama punya niatan untuk maju sebagai “calon gubernur sumut 2018”, yakni pelaksanaan tahapannya adalah pada tanggal 8-10 Januari 2018 yang akan datang.

 

Demikian tulisan dari kami yang berjudul ‘Calon Independen di Pilgubsu 2018 Harus Ada 764.578 Dukungan KTP’, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi sobat blogger, terutama yang sering membaca artikel-artikel yang kami buat di blog silaenseo.com. Atas perhatian dan kesetiaannya membaca tulisan ini, diucapkan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!