Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Cara Agar Artikel Tidak Turun Naik di SERP Google

Hai para pemerhati search engine optimization, mungkin pernah terjadi di SERPs Google bahwa artikel turun naik atau hilang timbul konten-konten yang anda buat sddan publikasikan sebelumnya. Apalagi, ketika anda mengikuti ajang kontes seo ataupun lomba optimasi artikel blog. Tentu adanya kejadian ini, membuat situs atau website kita mengalami penurunan trafik, atau bahkan sampai terjadi penurunan pemeringkatan global oleh alexa.

 

Tips - Trik - Cara Agar Artikel Tidak Turun Naik di SERPs Google Indonesia

 

Berhubungan dengan hal itu, kami selaku bloggger produktif yang berasal dari Kota Medan, akan membagikan artikel terbaru yang membahas tentang “Cara Agar Artikel Tidak Turun Naik di SERP Google”. Tujuannya adalah untuk sedikit membantu anda menghilangkan rasa cemas, kuatir dan sedikit frustasi, ketika mengalami artikel yang sudah berada pada posisi page 1, tiba-tiba tidak kelihatan dan hilang tanpa bekas.

 

Siapapun blogger nya, baik senior maupun pemula/newbie, bila menghadapi hal demikian akan langsung mengumpat dalam hati, misalnya dengan mengatakan: “sial betul artikel ku ini”. Tapi, sebenarnya tahukah anda bahwa adanya fenomena ini bukanlah merupakan peristiwa baru dan aneh dalam bidang SEO, karena bila kita memahami dengan baik dan benar tentang apa itu SERPs, teruma segala sesuatu menyangkut hal persaingan konten artikel di google, maka hal ini merupakan sebuah peristiwa yang lazim dan biasa terjadi.

 

Ingat, bahwa terjadi fenomena artikel apapun itu yang hilang timbul dari SERP google, sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi nya. Salah satu penyebabnya kemungkinan besar adalah disebabkan banyak nya kompetitor artikel yang memiliki reputasi terbaik dibandingkan dengan artikel yang telah kita buat dan publikasikan.

 

Jadi, hal ini perlu kembali dipikirkan dengan cermat dan matang, karena sekeras apapun usaha yang dilakukan atas konten, terutama artikel kontes seo yang anda tulis tidak sebanding kualitasnya dengan artikel yang di tulis oleh kompetitor lain pada pokok bahasan yang sama. Artinya, artikel yang telah anda publikasikan masih bersifat labil dan dengan kata lain tidak akan pernah menempati posisi terbaik di SERP. Untuk itulah, peran atas adanya konten berkualitas harus tetap anda jaga prioritasnya dengan baik dan benar, agar sulit di geser oleh kompetitor lain.

 

Lalu, apakah artikel yang secara tiba-tiba hilang dari SERPs google masih bisa di atasi ? Jawabannya, masih bisa. Dimana caranya adalah dengan melakukan optimasi yang lebih baik lagi dan bekerja keras untuk menghindari adanya kelalaian atau kekurangsigapan anda mengantisipasi persaingan yang terjadi di SERPs. Bila lalai dan salah, maka besar kemungkinan atas semua artikel yang sudah ter-index di serp akan langsung melorot entah ke halaman berapa.

 

Oleh sebab itu, anda harus peka dan super hati-hati, karena bila seorang webmasters telah salah mengoptimasi blog kesayangan nya, maka akibatnya akan fatal dan bisa menghambat kinerja blog/web semakin berkembangan kedepannya.

 

Agar anda tidak semakin penasaran, langsung saja akan kami bagikan apa yang menjadi penyebab dan langkah-langkah reaksi cepat yang harus dilakukan untuk mengantisipasinya, sehingga artikel atau postingan posisinya tidak turun naik atau hilang dari SERP Google. Langkah dimaksud adalah sebagai berikut:

 

1) Ada Judul Postingan Yang Sama

Hilangnya artikel salah satu disebabkan adanya judul postingan yang sama yang ditulis oleh para blogger lain di website/blog nya. Kondisi adanya judul artikel yang sama, lazim terjadi pada ajang kontes seo ataupun lomba menulis di blog yang akhir-akhir ini semakin marak diselenggarakan.

 

Di tahun 2017 ini saja, dalam catatan kami bahwa ada lebih dari 40-an kontes seo atau lomba menulis sebagai salah satu strategi yang dipilih oleh para pebisnis online. Ingat, bahwasanya kompetisi optimasi artikel dalam wujud pelaksanaan kontes seo sangat ketat persaingannya dan pertarungannya juga terkadang tidak fair flay (cenderung beberapa peserta menggunakan teknik curang, yakni dengan memakai teknik black hat SEO) agar bisa menang/juara.

 

Tapi, apabila google memandang bahwa kondisi konten yang anda tulis berkualitas tinggi dan berbeda satu sama lainnya, maka dapat pula dipastikan bahwa meskipun kedua artikel memiliki judul yang sama, maka yang paling terbaiklah yang akan mendapatkan posisi ranking teras di SERPs Google.

 

Namun akan tetapi, bila sebaliknya apabila konten artikel yang saat ini berada pada posisi teratas tidak memiliki kualitas layaknya sebagai konten artikel berkualitas google, maka bisa dipastikan suatu saat akan di di tendang dari halaman google. Nah, hal inilah yang menyebabkan artikel akan mengalami posisi naik turun dan atau hilang timbul dari halaman mesin pencari.

 

Untuk mengatasi hal ini tidak sampai terjadi, sebenarnya banyak tips, trik, maupun cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasinya. Dimana, salah satu trik dan cara yang bisa langsung dipraktekkan adalah dengan cara mencari kembali postingan artikel anda di search engine dengan menggunakan kata kunci seperti judul pada postingan yang dibuat. Kemudian bila sudah ketemu, silahkan klik judul artikel anda tersebut, maka artikel akan kembali di simpan oleh mesin pencari. Namun, jika seandainya artikel anda tetap tidak muncul di hasil penelusuran mesin pencari, maka lakukan hal ini sampai judul postingan anda benar-benar muncul di serp. Melelahkan bukan? Tapi, teknik ini dilakukan dalam rangka untuk membantu terjadinya indeks ulangan, sekaligus artikel anda di simpan pada pusat datanya mesin pencari.

 

2) Artikel Telah di Copy Paste oleh Blog Lain

Penyebab yang ke-2 (kedua) adalah bahwa artikel atau postingan anda telah di copy paste (copas) oleh blog atau website lainnya. Memang, adanya tindakan copas ini, sudah sangat banyak para blogger yang mengeluh. Tapi, apa mau dikata, tetap saja hingga saat ini praktek copas sangat subur terjadi di Indonesia. Ya, meskipun kami yakin banyak para pemilik blog artikel awal telah melakukan antisipasi dengan menggunakan “teknik super anti contek”, namun pada kenyataannya para penggemar copas tetap saja bisa secara leluasa melakukan aksinya.

 

Nah, mengapa artikel copy paste bisa menjadi salah satu penyebab bisa terkena gusur, meskipun artikel tersebut benar-benar dibuat original? Karena, artikel yang di copas tersebut mempunyai kualitas backlink yang luar biasa dari backlink milik website/situs anda, maka hal ini membuat artikel anda kalah bersaing dengan artikel hasil copas-an tersebut.

 

Lalu adakah tips atau trik yang bisa digunakan untuk mengantisipasinya? Jawabannya ada, yakni: anda bisa mencoba menggunakan pihak tangan ketiga “sosial bookmark” untuk menanggulangi hal ini. Atau secara teknis, anda bisa share ke semua media sosial (jejaring medsos) agar mempunyai backlink yang kuat juga. Inti pokoknya adalah setiap anda menerbitkan satu buah artikel, maka jangan lupa untuk mengirim ke media sosial atau media bookmark agar artikel kita mendapatkan backlink juga. Inilah salah satu trik yang lazim digunakan oleh ahli optimasi maupun pakar seo handal Indonesia dalam rangka untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan pencurian konten.

 

3) Terjadinya Kompetisi Tingkat Tinggi di SERPs Google

Anda mungkin pernah menginstrospeksi diri dan berpikir keras tentang kompetisi jenis apa sih yang sebenarnya anda lakukan, sehingga menyebabkan blog anda kehilangan artikel di serp google? Seperti yang sudah diulas dan dipaparkan pada point 1 dan 2 diatas, bahwa secara teori dan teknis SEO bila ternyata blog anda tidak mempunyai artikel yang unik dan berkualitas serta original, maka artikel yang anda buat dan publikasikan tersebut lambat laun seiring dengan waktu akan hilang dan tenggelam dengan sendirinya di serp google.

 

Dalam konteks ilmu Search Engine Optimization yang baik, bahwa blog yang baik adalah blog yang kaya memiliki konten-konten yang berkualitas, karena dengan kualitas konten yang terbaik, maka hal ini adalah sebagai jalan masuk yang sangat efektif untuk bisa mengungguli website lain yang menjadi kompetitor anda. Simplenya bahwa artikel akan secara otomotis tergeser oleh artikel dari blog lain yang lebih berkualitas, sehingga berakibat posisi ranking artikel anda di halaman google harus di turunkan oleh google. Ingat, bahwa google lebih memperhatikan kualitas dari sebuah konten ketimbang memperhatikan desain blog anda.

 

Lalu adakah teknik atau cara terbaik untuk mengantisipasi hal ini? Ya, jalan terbaiknya adalah dengan memperbaiki sikap dan perilaku anda dalam ngeblog, karena kalau anda tidak pernah peduli untuk membuat konten yang berkualitas, maka jangan harap blog anda akan menempati posisi terbaik di serps, apalagi untuk bisa duduk di posisi ranking 1 google. Intinya hingga saat ini adalah konten masih menjadi raja dalam ilmu seo dan juga teknik optimasi yang terbaik.

 

Jadi caranya adalah dengan membuat artikel yang baik, berkualitas, originil dan jangan pernah anda menyalahi aturan yang telah digariskan dalam syarat dan ketentuaan yang dibuat oleh search engine optimization. Bila anda tetap membandel dan terus melakukan kesalahan ini, maka bukan hanya artikel anda saja yang dihilangkan namun juga blog anda akan di hilangkan oleh google dari indeks halamannya.

 

Hal ini penting kami ingatkan kembali kepada seluruh sobat blogger, khususnya yang sudah menjadi blogger medan, karena bila secara maximum melanggar TOS sebagaimana yang telah ditetapkan oleh google, maka website anda bisa mendapat sanksi berupa deindex bahkan bisa di banned oleh google.

 

Hal ini harus benar-benar dipahami dan diantisipasi, terutama oleh blogger pemula atau newbie yang masih menggunakan sub-domain gratisan milik blogspot ataupun wordpress agar selalu berhati-hati, jangan sampai menggunakan teknik curang, seperti masih menggunakan teknik “black hat seo” dalam hal menggenjot daya saing SEO. Kalau sampai kena sanksi penghapusan oleh google dari halamannya, maka penyesalan yang akan terjadi, apalagi bila blog/website yang bersangkutan telah max dan cepat mendatangkan traffic tinggi.

 

Ingat, bahwa maksud dan menggunakan SEO adalah untuk jangka panjang dan tidak dapat dilakukan dengan cara-cara instant dan curang. Bila tidak memiliki kemampuan SEO yang cukup mapan, maka kami sarankan agar menggunakan orang-orang yang berkecimpung memberikan bantuan melalui “jasa SEO” yang ditawarkan oleh ahli SEO, pakar, SEO, praktisi SEO, guru SEO, konsultan SEO, maupun jasa-jasa yang terkait dengan dunia optimasi website/blog.

 

Demikian artikel yang membahas tentang ‘Cara Agar Artikel Tidak Turun Naik di SERP Google’, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi pengunjung setia blog silaenseo.com – medium informasi kontes seo dan bisnis online Indonesia. Atas kesediaannya yang telah membaca artikel ini hingga tuntas, diucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!