Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Cara Buat Website Butik Jadi SEO Friendly

Membuat website bagi butik yang khusus dijadikan etalase produk sebagai cara jualan busana di toko online (olshop), saat ini sudah sangat mudah dilakukan oleh para webmaster maupun para operator dan programer blogger. Namun, tahukah anda bahwa ada hal-hal penting yang wajib dilakukan oleh sebuah website fashion online agar ramai didatangi pengunjung (visitor) yang ingin berbelanja busana setiap harinya.

 

Saat ini, telah banyak beredar tutorial ataupun buku pustaka yang membahas tentang cara membuat blog boutique atau website butik jualan fashion yang menjual pakaian online bisa mendapatkan trafik pengunjung yang meningkat tajam setiap harinya. Dimana hal-hal yang dilakukan bisa dengan promosi menggunakan jasa iklan dan advertising adwords, share di sosial media (medsos), ataupun bisa juga dengan cara yang sangat melelahkan, yakni dengan cara rajin blogwalking.

 

Cara Buat SEO Friendly

 

Namun pada kesempatan yang baik ini, SILAENSEO akan membagikan cara selain dari cara yang sudah tersebut diatas, yaitu dengan cara membuat website butik yang memiliki SEO Friendly, baik website yang gratis maupun yang berbayar denga menyewa hosting dan domain.

 

Mengapa begitu penting SEO friendly bagi website butik? Jawabannya karena website butik yang sudah dipacu jantung SEO friendly mempunyai peluang terbesar untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung, terutama yang datang dari mesin pencari google dan mesin pencari lainnya. Dengan kata lain, anda akan mendapatkan cara membuat website menjadi ranking 1 google tanpa pernah tergoyahkan oleh kompetitor se-niche.

 

Bicara tentang bagaimana caranya, maka hal ini tidak terlepas dari penggunaan teknik optimasi (teknik SEO onpage dan SEO offpage), dimana kolaborasi kedua teknik SEO ini, secara sederhana maka tipsnya dapat dilakukan dengan cara:

 

*) Menggunakan konten yang berkualitas tinggi

Coba perhatikan setiap website butik yang bisa menduduki posisi di halaman 1 google, semuanya memiliki kualitas konten yang tinggi. Alangkah bernasib buruknya, bila google tidak respon terhadap situs butik online yang memiliki konten buruk tapi ditanamkan kata kunci yang bertujuan untuk membangun link.

 

Ingat bahwa setiap konten yang kualitasnya sangat buruk, secara otomatis tidak akan dilirik oleh “google panda” yang sama-sama kita kenal sangat tangguh untuk memfilter setiap konten yang dibuat oleh para webmaster maupun programer blog. Ya, bila terus konten yang kita publikasikan di blok oleh google panda, maka hasilnya pun sangat buruk bagi kehadiran para pengunjung untuk melihat berbagai produk busana yang di jual di web butik online.

 

Nah, agar bisa memikat hati google panda, maka tak ada cara lain selain dari membuat konten berkualitas agar situs butik sebagai toko online kita bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak akibat ramainya visitor yang berkunjung ke web butik. Tapi, konten yang berkualitas tinggi ini harus pula disiasati dengan baik agar konten yang dibuat benar-benar konten yang relevan secara kontekstual agar terasa bermanfaat bagi para pembeli maupun tamu yang kesasar datang ke website.

 

*) Website butik harus dapat beradaptasi untuk pengguna seluler

Di jaman milenial ini, pengguna seluler telah lebih banyak dari pengguna komputer laptop ataupun desktop. Untuk itulah dibutuhkan adanya sebuah strategi SEO seluler yang harus digabungkan dengan kampanye khusus untuk sebuah situs berformat mobile.

 

Disamping itu, penanaman target bisa memasukkan kata kunci lokal harus diperbanyak untuk menjangkau pembeli potensial, serta dibarengi adanya penyesuaian terhadap desain yang menarik dan penggunaan tag yang dibutuhkan untuk memastikan bahwa terdapatnya informasi yang tepat yang akhirnya nanti dimunculkan oleh mesin pencari google pada pencarian mobile.

 

*) Fokus pada URL yang pendek

Berdasarkan update google yang terakhir, dapat disimpulkan bahwa google menganjurkan untuk senantiasa menghindari adanya penggunaan URL terlalu panjang dan rumit. Artinya, agar website butik anda memiliki SEO friendly yang tangguh, maka segeralah untuk merancang penulisan URL yang lebih sederhana dan menggunakan strip dan tanda baca untuk lebih presisi.

 

Tujuan penggunaan url yang sederhana adalah dalam rangka untuk mencegah situs dari yang adanya pembiasan yang dicampur dengan hasil yang sama dalam setiap pencarian oleh para pengguna internet.

 

*) Mendapatkan inbound link yang sejenis

Update google yang menanamkan penggunaan robot crawl “Google Panda”, telah memfilterisasi pada penggunaan inbound link yang tidak seniche maupun inbound link dari beberapa situs yang tidak relevan dan bersifat situs spammer.

 

Artinya penggunaan teknik SEO yang Black Hat, seperti membeli dan atau membayar inbound link dari para master yang membuat “peternakan direktori link” sudah tidak ada gunanya lagi. Malahan bila ini anda teruskan, maka akan berakibat website butik online anda semakin tidak relevan dan merupakan situs yang tidak diakui oleh mesin pencari, ketika pengguna internet melakukan googling atas kata kunci yang ditargetkan.

 

*) Menggunakan file robots.txt

Agar website butik semakin SEO friendly, satu hal yang sangat penting dilakukan adalah untuk memastikan penggunaan file robots.text, bukan memaksimalkan penggunaan meta tag di dalam setiap konten yang akan dioptimasi. Ingat, bahwa mesin pencari yang berbeda akan merespon meta tag dengan cara yang berbeda dan terkadang banyak penyimpangan kata kunci yang terjadi.

 

Nah, untuk menghindarinya terjadinya penyimpangan atas target kata kunci yang digunakan, maka cara terbaik yang bisa digunakan untuk memungkinkan situs butik lebih baik merangkak dan terindeks adalah dengan menggunakan ekstensi txt agar terbaca dengan baik oleh crawl mesin google.

 

*) Meningkatkan penggunaan keyword density via konten

Melalui pembuatan artikel, baik berupa teks, gambar maupun video merupakan langkah terbaik untuk mendatangkan robot google ke website setiap harinya.

 

Tapi, sekali lagi agar dapat dipastikan bahwa konten yang diproduksi adalah berkualitas dan adanya kewajiban untuk memproduksi konten dalam jumlah besar untuk kebutuhkan website/situs butik untuk mendatangkan visitor setiap harinya.

 

Bicara tentang konten/artikel yang hendak dibuat, maka upayakan agar memiliki artikel yang panjang minimal 500 kata (bukan karakter ya), dan artikel yang dibuat pun harus mampu meningkatkan kepadatan pada penggunaan kata kunci melalui kontekstual, bukan kata-kata yang mengulang-ulang untuk memenuhi halaman.

 

Penggunaan konten berkualitas yang panjangnya 500 kata atau lebih haruslah mampu diwujudkan sebagai kata kunci “organik” yang didasarkan pada penggunaan SEO terbaik. Mengapa? Hal ini tentu saja untuk menjamin bahwa website butik senantiasa diisi oleh berbagai konten yang sangat penting dan banyak dicari oleh para user, sehingga secara otomatis akan membuat prioritas tinggi dan sangat dihargai oleh google.

 

*) Menggunakan sitemaps

Memiliki sitemap pada situs kita adalah ikhwal yang sangat penting dengan tujuan untuk membuat indeks yang lebih baik dan terstruktur dibaca oleh mesin pencari. Nah, seandainya situs web butik anda menggunakan platform, seperti WordPress atau Blogger, maka jangan ragu untuk menggunakan plugin yang sudah disediakan untuk menghasilkan sitemaps yang terbaik dan handal.

 

*) Rajin share menggunakan jejaring media sosial

Cara terbaik untuk mempromosikan konten ataupun produk yang terpajang di website butik adalah dengan menggunakan media sosial (seperti twitter, facebook, instagram, dlsb). Namun, share dimaksud jangalah dilakukan dengan cara membabi buta atau berlebihan, sehingga terkesan seperti “berbuat spam”. Artinya, bila anda melakukan share ke medsos, maka pastikan bahwa share tersebut adalah merupakan posting konten yang relevan, dan menemukan afiliasi yang tepat untuk mendistribusikan konten. Jauhkan dari perbuatan seperti melakukan retweeting, pembuatan halaman fan yang banyak, blogging yang hanya meninggalkan link, tapi lakukanlah share membuat konten yang baik prioritas-nya dan yang seniche.

 

*) Tags yang menggunakan header

Pendekatan lain yang sangat dibutuhkan oleh robot google adalah penggunaan tag yang ditanamkan pada header. Mengapa? Karena algoritama google terakhir, lebih cenderung menyukai situs butik online yang memiliki tag header, seperti yang terdapat H1 dan H2. Ya, tujuannya agar membuat robot google lebih mudah membaca dan mendeteksi kata kunci yang diincar oleh situs tersebut, sehingga mudah untuk dijemput ketika ada pengguna internet yang melakukan googling.

 

*) Konsep untuk mengutamakan kualitas dari pada kuantitas

Dalam hal strategi SEO secara umum, dan dalam konteks dampak penggunaan robot google panda dan google penguin pada tahun 2012 lalu maupun update google terbaru 2018 yang baru-baru saja dilakukan pada bulan Agustus lalu, semuanya merupakan pelajaran yang sangat berharga bahwasanya mesin pencari google senantiasa menghargai konten-konten yang berkualitas.

 

Nah, dari adanya rangkaian update algoritma yang rutin dilakukan oleh google setiap tahunnya, maka jangan main-main atau sepele dengan syarat adanya kewajiban pembuatan konten berkualitas pada setiap situs lama maupun yang baru. Simple-nya mulailah membuat konten yang berkualitas, karena google lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas demi masa depan website butik untuk menjangkau calon konsumen yang lebih luas dan lebih banyak lagi.

 

Ya, daripada mengeluarkan banyak uang dari jalinan kerja sama dengan berbagai situs yang afiliasinya hanya untuk membangun link ataupun membeli backlink, maka lebih baik untuk berinvestasi dalam pembuatan konten yang berkualitas yang suatu hari nanti akan merasakan penerimaan hasil yang lebih solid dan link yang lebih organik pada kata kunci yang datang dari search engine.

 

Nah, dengan cara diatas maka jika mau membuat website butik yang akan banjir visitor setiap harinya, dengan dengan memaksimalkan kinerja website/blog di search engine google dengan update konten yang berkualitas dan rutin, maka cara inilah yang terbaik sebagai cara yang mampu membuat website boutique jadi SEO friendly, serta selalu aman dari update algoritma google yang sangat menghantui para master-master dan programer enginering website.

 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan blogger yang ingin mengembangkan usaha butiknya dengan taktik “SEO Boutique”, sehingga menjadi salah satu bisnis online yang sukses dan memberikan keuntungan yang besar. Bila kesulitan melakukan optimalisasi kinerja mesin, maka tak ada salahnya untuk menjalin kerja sama dengan para pakar ahli SEO yang membuka layanan jasa SEO top nomor 1, tapi pilihlah perusahaan jasa SEO yang diberikan oleh orang-orang yang memiliki keahlian, berpengalaman dan memiliki reputasi terbaik untuk urusan optimasi ini. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!