Cara Daftar Google AdSense [Panduan Terbaru]

Bagi sobat netizen Indonesia yang sudah terjun ke dunia blogging, sangat wajar memiliki motivasi sukses di google adsense. Mengapa? Karena ingin menghasilkan uang daripada sekedar menyalurkan hobi atau hanya kecanduan membagikan kisah pribadi di ‘personal blog’ maupun melalui media sosial (medsos). Dan kebanyakan blogging pemula di tahun 2019 ini melihat bahwa salah satu cara terbaik dan terkenal untuk dapat menghasilkan uang terbanyak dari aktivitas menulis di blog melalui program iklan milik google, yaitu Google AdSense Indonesia.

 

Terlepas dari apa yang menjadi tujuan Ada untuk terjun ke dunia blogging, memang adanya periklanan AdSense yang ditawarkan adalah sebagai pemicu dan pendorong awal bagi penulis untuk memulai blogging dan sampai saat blog ini juga masih menjalankan program iklan pay per click (ppc) dan content per million (cpm) lokal dari zoteromedia yang merupakan iklan ppc non google adsense. Tapi meskipun begitu, pada artikel ini penulis akan menjelaskan secara lengkap tentang bagaimana cara daftar Google AdSense Indonesia yang mana penjelasannya adalah tahap demi tahap untuk memudah Anda dalam menerapkannya.

 

Cara Daftar Google Adsense Terbaru dan Terlengkap

 

Satu hal lain yang perlu diingat, bahwa tutorial ini adalah secara khusus untuk menjelaskan Google AdSense untuk blog saja, karena masih ada program AdSense yang juga bisa dijalankan di aplikasi Play Store dan juga melalui upload video YouTube.

 

Apa itu Google AdSense?

Untuk memudahkan anda dalam memahami tentang apa itu sebenarnya Google AdSense, maka penulis akan menjelaskan bahwa google adsense (ads) merupakan program periklanan milik Google yang memungkinkan siapa saja sobat blogger Indonesia maupun YouTuber Indonesia untuk menghasilkan uang dengan cara memasang iklan dari AdSense pada website maupun video, dan akan mendapatkan uang ketika iklan di klik oleh pengunjung. Tentu sebelum terjun ke dunia iklan ads ini, tak ada salahnya untuk belajar cara menjadi publisher google adsense agar pengetahuan anda tentang adsense semakin bertambah dan cepat memahami bila terjadi perubahan kebijakan yang dilakukan oleh perusahaan google terhadap program tayang iklan ads nya di seluruh dunia.

 

Iklan yang ditampilkan oleh sistem Google AdSense bisa berupa iklan text, gambar, video maupun bentuk animasi lainnya. Nah, para pengguna cukup hanya mencopy code yang telah disediakan sebelumnya dan memasang code iklan ads tersebut di situs blog dan konten iklan dapat ditampilkan secara relevan sesuai dengan niche situs blog tersebut.

 

Syarat Mendaftar Google AdSense

Sebelum Anda melakukan pendaftaran agar bisa menjadi salah satu publisher di Google AdSense, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu, yakni:

 

1) Anda harus memiliki blog atau website, baik berdomain TLD ataupun blogspot;

2) Anda harus berusia paling tidak di atas 18 tahun, atau jika usia Anda masih dibawah 18 tahun maka bisa menggunakan data saudara atau orang tua Anda;

3) Wajib miliki akun email Google atau Gmail;

 

Muncul pertanyaan mengapa Google AdSense mengharuskan ke setiap calon publishernya berusia diatas 18 tahun? Hal dikarenakan akan berhubungan dengan pembayaran dan keabsahan data Anda bisa dipertanggungjawabkan secara hukum karena pada usia tersebutlah Anda mulai memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM).

 

Panduan Lengkap Cara Daftar Google AdSense

Secara umum ada 3 (tiga) poin utama dan terpenting ketika mendaftar Google AdSense, yakni:

 

1) Daftar ke AdSense;

2) Menambahkan code iklan AdSense ke blog Anda;

3) Menunggu akun Anda ditinjau dan mendapatkan kabar diterima atau ditolak (proses site review);

 

Nah, pada proses pendaftaran AdSense memang sangat mudah dilakukan, tapi untuk proses persetujuan bisa memakan waktu yang lumayan lama dan terkadang cukup membosankan. Mengapa? Karena hal ini dilakukan oleh Google dengan alasan untuk menjaga kualitas penayangan iklan Google AdSense itu sendiri dan para pengiklan yang sudah membayar layanan AdSense dengan cukup mahal per 1 klik.

 

Selain itu, perusahaan Google juga menerapkan persyaratan yang sangat ketat bagi para blogger atau para publisher dan memastikan apakah calon situs yang didaftarkan benar-benar berkualitas dan memenuhi persyaratan untuk menjalankan seluruh program periklanan AdSense. Poin nomor 3 diataslah yang menjadikan banyak blogger maupun youtuber gagal diterima lamarannya oleh Google AdSense.

 

Langkah-langkah Membuat Akun AdSense

Silahkan kunjungi dan masuk ke situs Google AdSense ⇒ Daftar Google AdSense. Nah, setelah masuk, klik tombol “Sign Up” untuk melakukan pendaftaran di Google AdSense.

 

Pada tahap diatas, Anda akan diharuskan untuk membuat akun Google baru atau email (Gmail), atau Anda dimungkinkan juga bisa menggunakan akun Google yang sudah ada jika Anda memilikinya. Langkah berikutnya Anda diharuskan untuk membuat akun AdSense untuk website Anda dengan memasukkan alamat situs Anda. Untuk URL situs web, maka cantumkanlah alamat blog Anda, dan pastikan untuk menambahkannya tanpa menggunakan “http://”.

 

Selanjutnya ada pilihan untuk mengaktifkan informasi saran dari AdSense “Get out more of AdSense”, biasanya informasi ini akan berisikan tentang segala saran dari AdSense untuk mengoptimalkan iklan Anda, sehingga bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dan biasanya informasi akan dikirimkan melalui email atau notifikasi pada akun AdSense Anda.

 

Seandainya Anda setuju, maka pilih “Yes, send me customized help and performance suggestions” atau “No, don’t send me customized help and performance suggestions” jika tidak menginginkannya.

 

Pada tahap berikutnya Anda diharuskan memilih negara, maka silahkan untuk mengisi bagian ini dengan nama negara tempat kita tinggal, yakni “Indonesia”. Dan jangan lupa untuk mencentang ketentuan dan pedoman perjanjian AdSense, lalu klik tombol “Get Started”.

 

Setelah seluruh proses yang kami jelaskan diatas terlaksana dengan baik, Anda akan langsung dibawa ke bagian halaman akun AdSense Anda dan akan muncul beberapa popup, langsung saja klik tombol “Get Started”.

 

Kemudian, nantinya Anda akan dibawa ke bagian untuk mengisi informasi tentang pembayaran atau “Payment Address Detail”. Pada bagian ini usahakan jangan salah dan pengisiannya haruslah sesuai dengan KTP atau SIM Anda. Karena ini akan berhubungan ketika mencairkan dana dari iklan AdSense yang anda miliki.

 

Pilih Account Type dengan “Individual” jika Anda blogger biasa dan “Business” jika situs Anda merupakan situs bisnis yang besar, seperti portal berita Tribun, Kompas, Detik, Idntimes atau Kaskus, Bersosial dan Formaxmanroe. Selanjutnya silahkan untuk memasukkan nama, alamat lengkap, propinsi, kode pos dan juga nomor handphone atau hp Anda. Dan klik “Submit”.

 

Bila proses diatas berjalan dengan baik, nantinya Anda diharuskan untuk melakukan verifikasi nomor handphone Anda dengan pilihan dikirim lewat sms atau panggilan telepon. Silahkan pilih : “Text Message” dan klik “Sent Verification Code”.

 

Untuk proses verifikasi nomor handphone ini, silahkan tunggu beberapa saat maka Google akan mengirimkan sms ke handphone Anda. Dan jika Anda sudah menerima sms tersebut, silahkan masukkan kode yang dikirimkan tersebut pada kolom verifikasi kode. Jumlah kode adalah 6 digit. Jika sudah silahkan klik tombol “Submit”.

 

Selanjutnya jika proses verifikasi kode diatas berhasil. Anda akan mendapatkan kode AdSense, silahkan copy kode tersebut dan paste pada situs Anda tepat di antara tag <head> dan </head>. Jika Anda pengguna self hosted content management system (cms) WordPress, maka silahkan untuk membuka file header.php yang berada pada menu Appearance » Editor dan cari file header.php pada bagian samping kanan, jika sudah silahkan cari tag <head> dan selanjutnya paste kode AdSense setelah tag tersebut.

 

Jika sudah Anda paste pada file header.php Anda, silahkan centang pilihan “I’ve pasted the code into my site” dan klik tombol “Done”.

 

Nah, seluruh proses cara pendaftaran google AdSense Indonesia Anda sekarang sudah selesai, selanjutnya Google akan melakukan tinjauan pada situs blog Anda dan ini biasanya memakan waktu sampai 3 hari dan bisa saja lebih.

 

Seandainya nanti pendaftaran Anda diterima oleh Google AdSense, maka Anda akan melihat iklan AdSense muncul di situs blog Anda dan jika tidak maka Anda akan menerima email pemberitahuan dari AdSense yang berisikan alasan yang menjadi penyebab kenapa situs Anda ditolak dan memberikan beberapa poin apa saja hal yang perlu Anda perbaiki kedepannya. Dan selama masa menunggu ini, silahkan untuk banyak-banyak berdoa kepada TYME agar Google AdSense menerima lamaran Anda. Hahahahaha……, sekedar canda ya brosist…..

 

Pin Google AdSense

Setelah mendaftar ke google AdSense, dan iklan pada blog Anda sudah muncul maka yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah memasang iklan AdSense lagi pada posisi yang Anda inginkan (bisa pada posisi header, bagian kiri atau kanan dengan menggunakan widget, pada bagian bawah (footer) atau bisa mendesain seapik mungkin pada artikel yang ada buat (atas, tengah dan bawah artikel).

 

Jika iklan sudah terpasang, silahkan untuk melanjutkan kegiatan blogging seperti sebelumnya dengan membuat konten-konten yang berkualitas dan bermanfaat sambil menunggu penghasilan AdSense Anda mencapai $10, jika sudah mencapai $10 maka nantinya AdSense akan mengirimkan Pin AdSense ke alamat yang sesuai dengan akun Anda. Tapi jangan lupa juga untuk memproteksi web blog self hosted anda dari orang-orang jahil yang akan melakukan bom klik iklan adsense yang terpasang, yakni dengan cara memasang script bom klik adsense di wordpress sehingga aman dan tidak terkena banned dari google adsense karena terindikasi melakukan klik iklan secara berulang-ulang alias klik invalid.

 

Pin AdSense berguna dan berfungsi untuk memverifikasi akun AdSense Anda, sehingga benar-benar sepenuhnya valid datanya. Pengiriman Pin biasanya akan memakan waktu sekitar 1-2 bulan untuk sampai di tempat Anda, hal ini tergantung pada lokasi geografis atas alamat yang Anda cantumkan sebelumnya.

 

Jika Pin sudah ditangan Anda, maka agar mendapat bayaran dari AdSense, Anda perlu menyelesaikan 2 (dua) langkah lebih lanjut sebagai kebijakan baru perusahaan google internasional, yakni:

 

1) Mengirimkan informasi pajak ataupun nomor pokok wajib pajak (NPWP) Anda;

2) Masukkan PIN Anda;

 

Pada tahapan ini, Anda harus mengirimkan formulir pajak yang spesifik tentang bagaimana cara Anda menjalankan bisnis. Untuk sertifikasi kegiatan tanpa A.S., dan untuk penerbit AdSense Indonesia, maka Anda dapat mengisi informasi pajak seperti yang penulis jelaskan dibawah ini:

 

1) Login ke akun Google AdSense anda;

2) Kemudian silahkan pilih My Account dan pilih Tax Information;

3) Pada kolom atau otak sebelah kanan, dibawah tulisan “Are you a U.S. citizen, U.S. resident alien, U.S. corporation, or a U.S. partnership?”, maka silahkan pilih “No” dan tekan tombol “Continue” karena kita adalah Warga Negara Indonesia;

4) Selanjutnya Anda akan mendapatkan pertanyaan “Do you own equipment in the U.S related to your participation in AdSense?” dan silahkan untuk menekan tombol “Continue”;

5) Langkah terakhir, Anda akan disuruh untuk memasukkan Nama Lengkap Anda di halaman “Certification Of No U.S Activities”. Pastikan bahwa nama yang Anda masukkan sesuai dengan nama yang digunakan pada account AdSense Anda sebelumnya. Bila sudah tepat dan benar, maka lanjutkan dengan klik tombol “Submit”.

 

Terima Pembayaran Pertama dari Google Adsense

Selanjutnya hal yang paling Anda tunggu tentu saja menerima pembayaran dari hasil Google AdSense yang Anda jalankan.  Nah, untuk pembayaran pertama sekali bagi bisa Anda rasakan atau mulai menerima pembayaran ketika akun AdSense Anda sudah mendapatkan penghasilan mencapai minimum $100, tapi Anda juga bisa menaikkan nilai minimum ini jika Anda menginginkannya.

 

Pada bagian penerimaan pembayaran, Anda bisa memilih beberapa metode pembayaran, seperti melalui Western Union, Wire Transfer dan Check. Anda bisa juga mengatur metode ini pada akun AdSense Anda di bagian menu Settings » Payments dan pilih “Manage Payment Method”.

 

Tapi, penulis memberikan saran seandainya Anda masih berpenghasilan sedikit, yakni masih dibawah $ 500 maka untuk mencairkan dana Anda akan lebih baik adalah melalui Western Union karena tidak terdapat potongan sama sekali. Kecuali jika akun AdSense Anda adalah IDR atau Rupiah maka bisa langsung menggunakan Wire Transfer.

 

Demikian artikel yang membahas tentang panduan terbaru cara daftar Google AdSense, semoga artikel ini bermanfaat buat para pembaca silaenseo.com, dan selamat mendaftar di di google ads, semoga blog yang diajukan dapat diterima dan segera menghasilkan uang dari program iklan raksasa milik perusahaan Google tersebut. Selamat mencoba, sekian dan terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *