Cara Dan Strategi Buka Usaha di Australia

Banyak pengusaha Indonesia yang berencana membuka usaha di Australia maupun negara-negara lainnya. Munculnya keinginan ini tak lepas dari informasi dari pengusaha itu sendiri yang telah sukses memiliki dan menjalankan usaha bisnis di luar negeri. Apalagi bisnis tersebut bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan besar bagi sang pelaku usaha.

 

Perihal membuka usaha di negara kangguru Australia merupakan salah satu pilihan yang banyak diambil oleh para pebisnis, terutama pebisnis pemula. Mengapa? Karena bagi sebagian penduduk Indonesia, hasrat membuka usaha hingga ke luar negeri merupakan suatu tantangan yang lagi trend, sekaligus menjadi peluang bisnis yang sangat menarik untuk dijalankan.

 

Tips Menjalankan Bisnis di Australia

Proses maupun cara dan strategi menjalankan bisnis di Australia sebenarnya hampir sama dengan membuka dan menjalankan bisnis di Indonesia maupun di kota-kota besar yang ada di dalam negeri. Meskipun begitu, tentu ada sedikit perbedaan, terutama dalam hal masalah perizinan. Kok bisa mirip ya? Hal ini bisa dilihat kesamaannya, dimana bisnis di luar negeri atau di Australia sama seperti bisnis di Indonesia yaitu sama-sama mencari konsumen atau pembeli.

 

Bisnis di Negara Australia

 

Namun bila dicermati dari tipikal atau karakter sang calon konsumen yang ada di luar negeri, maka terlihat sangat jelas belum tentu sama dengan karakter calon konsumen yang ada di negeri sendiri. Kondisi inilah yang terlebih dahulu harus dipahami dan ditelaah secara komprehensif oleh para pelaku usaha agar usaha yang akan dibangun dan dijalankan bisa berjalan dan sukses di Australia.

 

Nah, untuk membangun dan menjalankan usaha agar bisa sukses dan menguntungkan, penulis mencermati ada 2 (dua) cara dan atau strategi awal, yakni apakah mengembangkan usaha dari dalam negeri ke Australia atau langsung membuka usaha baru tersebut di luar negeri.

 

Baca juga: peluang usaha di malaysia

 

Seandainya akan mengembangkan usaha yang sudah ada dan eksis di Indonesia ke luar negeri, maka ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan oleh pelaku usaha, yakni: a) brand atau produk yang hendak dipasarkan telah banyak dikenal di dalam negeri Indonesia; b) bisnis tersebut telah memiliki jaringan penjualan dan distribusi yang baik dan kuat di Indonesia; c) memiliki image atau persepsi yang sangat baik di mata masyarakat Indonesia.

 

Ketiga syarat diatas menjadi tips yang ampuh dan sangat penting mengingat bisa menjadi modal besar yang tak ternilai harganya bagi pelaku usaha untuk mempromosikan brand dan menjual produknya hingga bisa laris manis di negeri Australia. Disamping itu, 3 syarat diatas juga berfungsi sebagai portfolio yang baik terutama ketika berhadapan langsung menghadapi pesaing produk yang sejenis di negara luar tersebut.

 

Lain halnya ketika produk atau usaha yang Anda kelola sudah memiliki merek yang sudah terkenal dan sangat mapan dari segi konsumen, maka anda selaku pengusaha akan lebih diuntungkan ketika menjalankan strategi ekspansi yang sudah di ambil.

 

Ada beberapa cara atau strategi yang bisa dijalankan ketika pelaku bisnis ingin melakukan ekspansi hingga ke luar negeri, terutama ke negara Australia, diantaranya:

 

*) Membuka Cabang Usaha;

*) Membuka Usaha Jenis Franchise;

*) Melakukan Usaha Sistem Joint Venture;

 

Dari pilihan jenis usaha yang akan ekspansi di atas, tentu harus disetarakan lagi dengan visi dan misi maupun rencana bisnis terbaru yang ingin ditekuni oleh pengusaha dalam mengembangkan arah kebijakan usaha kedepan.

 

Bila memutuskan planning akan membuka usaha baru di Australia, maka cara yang bisa diambil oleh para calon pelaku bisnis, yakni dengan langsung membuka dan memulai bisnisnya di negara tersebut. Salah satu keuntungan dari cara ini dimana anda bisa langsung merintis kegiatan usaha tersebut di negara tujuan tanpa terlebih dahulu merintis usaha di negara asal anda.

 

Biasanya, cara ini diambil oleh pelaku usaha kecil ataupun pengusaha individu. Mengapa? Karena cenderung lebih mudah, praktis dan biaya pun sangat terjangkau, bahkan akan lebih cepat diimplementasikan ke lapangan.

 

Namun satu hal yang perlu diketahui dan dipahami oleh anda selaku pelaku usaha bahwa ada tantangan yang harus dihadapi adalah kecermatan untuk melihat peluang apa yang bisa anda ‘masuki’ ke tengah-tengah pasar yang ada. Tantangan lainnya adalah bagaimana metode dan cara anda untuk membangun “brand image” dari awal atau nol, karena calon konsumen belum pernah mendengar atau tidak mendapatkan referensi positif dari produk yang ingin di jual atau tawarkan di negara Australia. Untuk itu, ketika merintis produk dari awal, kekuatan “Word of Mouth” atau referensi merupakan media promosi yang paling efektif dan kuat yang harus dilakukan untuk mendapatkan konsumen.

 

Pertimbangan Penting Dalam Membuka Usaha di Negeri Australia

Setelah mantap menentukan pilihan untuk membuka usaha di Australia, ada beberapa strategi dan tips yang penting dicermati agar usaha yang akan dijalankan bisa berhasil dengan baik dan menghasilkan keuntungan. Cara dimaksud adalah sebagai berikut:

 

*) Menelaah dan mencari informasi secara cermat tentang pangsa pasar di negeri kangguru Australia. Tujuan dari mencari informasi sebanyak-banyaknya adalah hal yang pertama sekali harus dilakukan terkait dengan bisnis yang hendak dijalankan. Misalnya, untuk menjalankan bisnis menjual cenderamata atau jualan kerajinan tangan, maka Anda harus mencari informasi seberapa besar minat penduduk Australia bila Anda memasarkan produk tersebut di sana. Apakah penjualan jenis ukiran dan cendera mata asli buatan tangan akan memberikan keuntungan besar? Bagaimana dengan biaya produksi bila benar-benar akan dipasarkan pada daerah tertentu di Australia? Apakah akan menutupi biaya produksi kalau angka penjualannya tinggi? Apakah tidak akan defisit terlalu besar seandainya penjualannya menurun? Hal seperti inilah yang harus diperhatikan dan dipahami sebelum terjun berbisnis di Australia;

*) Menciptakan barang atau jasa dengan kualitas nomor 1. Mengapa? Karena barang dengan kualitas nomor 1 sangat lazim akan dicari oleh banyak orang. Meskipun harganya agak sedikit mahal, namun tetap saja banyak penduduk Australia yang bakal membelinya karena melihat kualitasnya. Selain itu, sangat dibutuhkan kearifan untuk bisa menilai dan melakukan introspeksi apakah kualitas barang yang anda pasarkan sudah bisa diterima oleh masyarakat Australia atau belum. Evaluasi ini penting secara terus menerus dilakukan agar jasa, barang atau bisnis yang Anda hasilkan dapat diterima dengan baik di negara Australia;

*) Memastikan bahwa produk yang akan dijual di Australia telah memiliki pasar. Selain itu pastikan juga apakah pasar yang dibidik tersebut hanyalah bersifat temporer atau memang bersifat tetap;

*) Mencermati bagaimana dengan sistem distribusi yang harus dijalani, mulai dari distribusi pengadaan bahan baku serta distribusi produknya termasuk didalamnya mengenai kalkulasi biaya distribusi atau sarana dan prasarana penunjang bisnis;

*) Memahami regulasi dan kebijakan pemerintah setempat sangat penting diketahui dalam rangka untuk menentukan arah dan potensi usaha anda di negara Australia. Oleh karena itu, anda harus mengetahui secara pasti bagaimana system perdagangan dan kebijakan ekonomi yang berlaku di Australia serta legitimasi atas izin bisnis yang perlu dipenuhi untuk menjalankan usaha di negara tersebut;

*) Mempelajari aneka budaya dan karakter penduduk setempat harus dilakukan dalam rangka untuk mempertimbangkan dan mengetahui apakah produk anda sudah sesuai dengan minat, norma dan kebiasaan penduduk setempat. Apakah untuk menyesuaikan produk tersebut, anda perlu memodifikasi produk agar sesuai dengan karakter penduduk lokal atau tidak;

*) Memanfaatkan saluran media promosi dalam rangka untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi. Channel promosi sebagaimana diketahui telah menjadi salah satu kekuatan terbaru untuk meraih kesuksesan bisnis. Untuk itu silahkan membuat dan membangun jaringan seluas mungkin di Australia. Disamping itu, anda bisa juga memanfaatkan media internet (website atau blog) dan jaringan media sosial (facebook, twitter, line, instagram, telegram, whatsapp, linkedin, pinterest, dlsb) untuk membantu terjadinya pengembangan bisnis dan melakukan kerja-kerja promosi dalam menjangkau konsumen tanpa batas. Apalagi masyarakat Australia bisa secara langsung memberikan penilaian dan memberikan komentar yang bisa dibaca dan di ulas orang lain. Kalau bisnis Anda berhasil, itu berarti promosi yang dilakukan telah berhasil. Ingat bahwasanya ulasan baik dan konstruktif datang secara otomatis dari para pembeli yang merasa puas dengan layanan dan produk yang anda pasarkan, sehingga hal ini merupakan salah satu wujud dari cara meningkatkan traffic penjualan;

*) Mencari kerja sama atau relasi yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan membangun bisnis di Australia. Misalnya untuk mencari tambahan modal, kerja sama penitipan barang atau konsinyasi, dan lain sebagainya. Termasuk juga media promosi terpercaya dan periklanan yang terbaik. Oleh karena itu, ada baiknya Anda meluaskan jaringan dan mencari relasi. Khusus untuk barang, bekerja sama dengan pemasok atau supplier adalah langkah terbaik dan untuk bidang jasa, Anda bisa bekerja sama sebagai penyedia layanan atau jasa tambahan;

*) Memiliki rencana bisnis jangka pendek, menengah dan panjang juga sangat dibutuhkan sebagai modal bisnis di Australia. Hal itu berarti penting adanya pengembangan skill dan strategi dalam berbisnis yang dirangkum dalam sebuah rencana terbaik untuk mengatur bisnis sejelas mungkin. Bisa saja pada kondisi tertentu, perusahaan mitra usaha di Australia meminta rencana bisnis Anda kedepannya untuk memastikan bahwa mereka menjalin relasi dengan orang yang tepat. Dengan begitu, mereka akan lebih yakin dan percaya untuk melakukan kerja sama jika perencanaan Anda jelas;

*) Menjalankan bisnis dengan penuh keyakinan. Ingat bahwa menjalankan dan membangun bisnis tidak tak mudah. Bisnis yang sudah berjalan dan besar bisa saja jatuh kalau perlahan-lahan keyakinan yang dimiliki tak lagi kuat. Jadi jalankan tips-tips yang dapat membantu bisnis Anda untuk berkembang semakin baik dengan penuh keyakinan bahwasanya Anda bisa mencapai kesuksesan yang diidam-idamkan;

 

Demikian artikel yang membahas tentang “Cara Dan Strategi Buka Usaha di Australia”, semoga bisa bermanfaat bagi sobat silaenseo.com yang kepingin menjalankan usaha di negeri kangguru Australia. Mudah-mudah sukses dan menghasilkan keuntungan besar. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *