Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Cara Membuat Bisnis Online Shop Sukses

Mungkin sobat warga net sudah bosan melamar kerja kesana kemari, tapi belum diterima. Mending lebih baik mulai bisnis dan berwirausaha dari pada terus jadi pengangguran yang masih di subsidi oleh orang tua. Kan malu…, hahaha…..

 

Nah, lagian dengan berwirausaha, terutama membuka usaha bisnis online via olshop, memungkinkan Anda untuk bisa menjadi bos atas diri sendiri maupun memiliki beberapa karyawan yang turut membantu bisnis yang sedang anda kerjakan dan atau bangun.

 

Cara Membuat Online Shop Sukses Dengan Baik

 

Disamping itu, dengan semakin tingginya biaya kebutuhan hidup membuat pendapatan utama juga terkadang tidak mencukupi, sehingga bisnis online menjadi pilihan sebagai pekerjaan tambahan yang bisa menghasilkan uang. Ya, intinya, hidup di jaman milenial ini telah memaksa kita untuk mencari alternatif pemasukan lain, misalnya saja dengan bisnis sampingan.

 

Melihat perkembangan dunia bisnis saat ini, bisnis online telah dimaknai sebagai salah satu lahan yang berpotensi memberi keuntungan kepada warga net. Dengan hanya memiliki modal kecil, Anda bisa langsung memulai bisnis tanpa mengganggu jadwal kerja Anda setiap harinya. Ya, berbagai jenis usaha online menjadi lensa warga net yang banyak memberikan tawaran menarik nan menguntungkan dengan risiko rendah dan potensi produk memiliki brand berpeluang sangat besar.

 

Tetapi, selaku pebisnis apalagi yang pemula, Anda harus cerdas dan bijak dalam mengelola bisnis sampingan ini. Sehingga, jangan sampai tujuan menghasilkan keuntungan malah menciptakan kerugian. Apalagi pasca anda sudah berhenti bekerja dan menjadi pengangguran.

 

Oleh karena itu sebelum memulai mencari bisnis sampingan yang dikerjakan secara online dan bisa dikerjakan dari rumah, maka anda harus mampu menjawab pertanyaan: (a) bisa tidak anda membuka dan menjalankan bisnis online? (b) bagaimana cara memulainya? (c) apa-apa saja potensi untuk bisa sukses dengan cepat? (d) berapa modal yang harus disiapkan? (e) produk apa yang hendak anda pasarkan? Dan lain sebagainya.

 

Tapi satu hal lain yang perlu anda persiapkan adalah mengenai metal yang kuat dan handal mengingat memulai bisnis online tidak semudah seperti yang anda bayangkan ketika berencana membuka usaha online shop.

 

Ada beberapa hal dan langkah sebagai cara memulai usaha online shop agar bisa membukukan keuntungan bagi anda warga net, yakni dengan cara:

 

*) Melakukan riset untuk mencari pasar dan jenis produk yang tepat

Melakukan riset ini menjadi langkah awal untuk bisa menentukan produk atau jenis jasa apa yang ingin Anda jual ke masyarakat online. Jadi, mohon agar memikirkannya secara matang tentang hal apa yang akan menjadi “passion” Anda dan sangat berpotensi besar untuk diperjualbelikan ke pasar global.

 

Cara sederhana cara membuat riset adalah dengan melihat hal-hal yang ada disekitar anda, maka nantinya anda bisa menentukan apakah produk atau jasa yang dibutuhkan dan diminati oleh masyarakat. Jadilah seorang “problem solver”, dimana ketika Anda menemukan masalah di lingkungan sekitar, maka segera pikirkan produk atau jasa yang bisa menjadi solusinya.

 

Tapi jangan lupa pula untuk memperhatikan batas kemampuan dan pengetahuan, serta passion yang sedang Anda jalankan, pikirkan apa yang bisa Anda jual dengan cara lebih baik daripada orang lain. Pikirkan juga bagaimana caranya agar produk atau jasa tersebut bisa ditukar menjadi sebuah nilai yang sangat berarti.

 

Dengan kata lain, jangan terburu-buru untuk langsung menentukan produknya, tetapi Anda harus mengetahui kebutuhan dan minat masyarakat sekitar terlebih dahulu. Kemudian selanjutnya melihat pengetahuan dan kemampuan Anda untuk meng-upgrade produk atau jasa menjadi lebih baik kedepannya. Setelah itu, barulah Anda bisa menentukan produk atau jasa yang berpotensi untuk membawa kesuksesan dalam bisnis online yang anda tekuni.

 

*) Mempunyai toko online

Nah, setelah mendapatkan jawaban atas point per point diatas, selanjutnya, Anda perlu menentukan sarana yang akan dipakai dalam proses jual beli tersebut. Apakah Anda ingin membuka sebuah gerai (apakah dalam bentuk toko ataupun lapak), atau akan membuka website (dalam bentuk online shop, marketplace, blog usaha internet, media chat sosial, atau akun media sosial lain, maupun sarana lainnya?

 

Nah, terkait dengan media untuk bisnis online diatas telah tersedia dengan baik, maka pastikan juga nantinya media tersebut akan mampu menyasar target pembeli produk atau jasa yang sedang dijual atau dipromosikan. Misalnya: saat anda menarget pangsa pasar produk bagi anak muda, maka lensa yang cocok digunakan untuk warga net adalah media sosial (medsos) yang akhir-akhir ini semakin digemari oleh anak muda. Sebut saja instagram dan twitter maupun whatsapp.

 

Nah, seandainya anda ingin menarget pangsa pasarnya adalah keluarga dan atau kelompok sosial yang lebih luas lagi, maka anda bisa menggunakan marketplace bukalapak atau medsos facebook. Ya pada intinya, jika modal yang anda miliki adalah kecil maka untuk memulai bisnis online ini sangat disarankan menggunakan: a) Marketplace: Bukalapak, Tokopedia, Shoppee, dan sebagainya; b) Media sosial: Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya; c) Aplikasi social chat: BBM, LINE, WhatsApp, dan sebagainya.

 

Jika nantinya, bisnis yang anda geluti semakin berkembang, maka Anda bisa mulai membuat website toko online sendiri ataupun cara membuat blog bisnis yang mungkin sifatnya lebih personal dalam rangka menunjang aktivitas mendapat uang dari pekerjaan sampingan anda ini. Mengapa? Karena cara membuat website ataupun blog membutuhkan biaya, sehingga membutuhkan modal tambahan.

 

*) Mempelajari teknik pemasaran digital

Setelah tokonya tersedia dan on-air, kini saatnya mulai berjualan dan bekerja untuk mempromosikan. Namun sayangnya sebagus apapun produk atau jasa yang ditawarkan, akan sia-sia jika produknya tidak diketahui orang, sehingga sangat disarankan untuk banyak-banyak melakukan promosi.

 

Anda bisa memulai pemasaran digital dengan memanfaatkan media sosial (sosmed), seperti Facebook, Twitter, Instagram, Line, dan lain sebagainya. Mengapa? Karena saat ini, medium internet sudah sangat banyak membantu, dan aksesnya mudah serta luas menjangkau hingga ke pelosok negeri. Dengan demikian, media sosial kini menjadi salah satu sarana pemasaran yang efektif dan terfavorit.

 

Selain itu, jangan lupa pula untuk menggunakan marketplace dalam rangka untuk memperluas jaringan pemasaran Anda. Ya, sedikit banyaknya dengan memamerkan berbagai produk dan jasa yang sedang ditawarkan pada 1 marketplace, maka produk Anda akan diketahui publik lebih cepat.

 

Jika seandainya kedua fasilitas diatas dianggap masih kurang efektif, maka Anda pun bisa melirik untuk membuat buat blog sederhana dan gratisan, melalui blogger, wordpress, medium, tumblr ataupun pada situs lainnya. Fungsinya adalah sebagai sebagai tempat atau lapak untuk menuliskan berbagai testimonial, media lensa penjelasan produk bagi warga, dan lain sebagainya. Tentu semuanya sebagai salah satu cara membuat blog bisnis ranking 1 di mata para calon konsumen.

 

Tidak hanya terbatas pada penggunaan sosial media saja dalam rangka untuk memasarkan berbagai produk bisnis online yang anda produksi, penyebaran promosi dengan menggunakan channel youtube juga harus dikerjakan. Mengapa? Mengingat saat ini, para pengguna internet banyak yang memilih youtube sebagai sarana untuk informasi, hiburan dan juga mencari berbagai barang kebutuhan sehari-hari. Tak ayal kondisi ini telah dilirik oleh para pegiat bisnis online dari lensa efektifitas pemasaran digital. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi anda untuk belajar dan atau mencari tahu berbagai cara yang bisa digunakan sebagai cara membuat video youtube ataupun belajar tentang berbagai tips video youtube agar menjadi ranking 1 google.

 

Nah, jangan lupa pula untuk menggunakan teknik pemasaran digital yang lebih menyeluruh dan komprehensif, seperti memanfaatkan SEO dan SEM dalam situs mesin pencarian, seperti Google. Dengan memahami dan memanfaatkan kinerja SEO, maka secara tidak langsung Anda telah mempermudah pencarian produk Anda di dunia maya melalui penggunaan kata kunci tertentu.

 

Bila tak paham juga dan tidak mempunyai waktu untuk meningkatkan kinerja SEO ini, maka langkah terbaik adalah menggunakan mencari orang-orang yang memiliki kemampuan atau gelar sebagai ahli SEO terpercaya untuk bekerja mendongkrak pencarian produk barang dan atau jasa anda di halaman satu google dan sekaligus untuk meningkatkan trafik orang-orang yang berkunjung ke website/blog bisnis online anda setiap harinya.

 

*) Manajemen keuangan harus baik

Masalah keuangan adalah salah satu penyebab kegagalan usaha online shop yang paling utama. Ingat, telah banyak yang terjerumus dalam kegagalan dan bangkrut hanya karena tak mampu memanage keuangannya secara baik dan benar.

 

Nah, apabila Anda ingin cepat sukses memulai usaha online shop ini, maka jadikanlah perihal manajemen keuangan adalah sesuatu hal yang sangat penting dan menjadi skala prioritas pertama. Misalnya dengan memperlakukan bisnis anda dengan professional. Sebagai contoh adalah dengan cara memisahkan uang pribadi dan uang bisnis agar tidak pernah tercampur. Atas misalnya juga dengan mulai menentukan modal awal bisnis, seperti biaya izin usaha, peralatan, branding, riset pasar, penyimpanan, sewa menyewa tempat (gerai dan atau kantor), dan lain sebagainya.

 

Seluruh biaya diatas, kemudian dilanjutkan dengan biaya operasional dalam hal menjalankan bisnis, seperti biaya perawatan, marketing dan iklan, biaya produksi, bahan baku, upah pegawai, dan lain sebagainya. Ya, pada pokoknya Anda bisa membuat sistem keuangan sendiri atau menyewa jasa akuntan publik, sehingga sistem yang dibuat semakin jelas dan terjamin, serta sangat profesional.

 

*) Menghitung modal kerja (Net Working Capital)

Perihal net working capital atau modal kerja merupakan kalkulasi likuiditas yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk membayar liabilitas saat ini dengan aset-aset yang ada saat ini juga. Keberadaan alat ukur ini penting bagi banyak pihak, mengingat kemampuannya untuk menunjukkan bagaimana caranya sebuah usaha memanfaatkan asetnya secara efisien hingga bisa berkembang dengan baik.

 

Net working capital berfokus pada liabilitas yang ada saat ini, seperti: trade debts, accounts payable, dan vendor notes yang harus segera dibayarkan. Apabila sebuah usaha tidak bisa memenuhi kewajibannya dengan aset yang tersedia, maka pemilik usaha akan dipaksa untuk menggunakan aset jangka panjangnya.

 

Bila sampai hal diatas terjadi, maka akan bisa mengakibatkan terjadinya penurunan tingkat operasi, penjualan, dan bahkan bisa menjadi sebuah indikasi masalah keuangan dan organisasi yang parah. Jadi, rumus net working capital bisa diperoleh dengan mengurangi liabilitas saat ini dari asetnya (net working capital = aset saat ini – liabilitas saat ini).

 

Ingat, bahwa aset saat ini biasanya dimasukan dalam perhitungan adalah uang tunai, accounts receivable, inventory, dan investasi jangka pendek. Sedangkan liabilitas saat ini yang biasanya dimasukan dalam perhitungan adalah accounts payable, accrued expenses dan pajak, customer deposits, dan trade debt (beberapa orang juga memperhitungkan utang jangka panjang sebagai liabilitas).

 

*) Berusaha untuk mengembangkan produk lainnya

Jika bisnis Anda sudah berhasil dengan produk yang satu, maka Anda dapat mencoba melanjutkan perjuangan bisnis untuk mengembangkan produk usaha lainnya, dengan mengacu pada tahapan dan penjelasan kami diatas.

 

Demikian artikel yang membahas tentang cara membuat bisnis online shop sukses, tapi keseluruhannya kembali ke diri anda sendiri dan senantiasa melakukan action yang berkelanjutan. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!