Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Cara Membuat Blog Menjadi Mesin Bisnis Uang

Perkembangan dunia bisnis digital di internet melalui pembuatan blog yang dapat menghasilkan uang dan salah satu cara menjadi mesin sumber uang setiap harinya bukanlah “kabar burung” dan “hoax”. Mengapa karena eksistensi blog di Indonesia, terutama di Kota Medan bertransformasi secara penuh dan terus berkembang menjadi salah satu fasilitas bisnis yang sangat berperan vital dalam kegiatan ekonomi, politik, sosial dan bisnis maupun kegiatan marketing online apapun wujud usahanya.

 

Cara Blog Menjadi Mesin Uang Terbaik

 

Lebih jauh lagi, sepanjang tahun 2018 dan menuju ke tahun 2019 ini, eksistensi dan sepak terjang blog telah terintegrasi sebagai mesin pencetak uang yang sangat efektif untuk memberikan laba bagi perusahaan melalui pengoperasian “microsites office” bagi perusahaan. Intinya, bahwa pembuatan website dari lensa bisnis bagi warga maupun perusahaan merupakan cara efektif dan terbaik dalam mengoptimalisasi pertumbuhan bisnis dan laju keuntungan yang bakal diperoleh kedepannya.

 

Tak tanggung-tanggung para pengusaha yang bergerak dalam industri rumahan “bisnis kecil” semakin merasakan pentingnya kehadiran blog bisnis untuk menambah sumber daya terbaru, khususnya dalam hal menghandle strategi pemasaran online ke masyarakat yang lebih luas lagi. Artinya, pengusaha yang masih berkategori usaha kecil dan menengah semakin tahu bahwasanya salah satu cara untuk membantu mempercepat terjadinya pertumbuhan bisnis adalah dengan blog/website. Mengapa? Karena, eksistensi untuk membuat blog bisnis tidaklah terlalu mahal dan biaya perawatannya juga tidak memerlukan biaya besar, pengelolaannya juga sangat mudah, dan sangat fleksibel untuk di gunakan dalam “eksekusi” kebijakan manajemen untuk dilaksanakan tim pemasaran di lapangan.

 

Secara umum, sebelum membuat blog ada beberapa strategi yang terintegrasi dengan cara membuat blog bisnis online menjadi ranking 1 di google harus dijalankan oleh para calon pebisnis dalam rangka mengembangkan bisnisnya di setiap halaman internet. Strategi ini harus benar-benar dipertimbangkan agar blog bisnis yang hendak dibuat benar-benar memiliki kemampuan untuk menjangkau calon konsumen yang lazim “nongkrong” di dunia maya.

 

Adapun hal-hal yang wajib dilaksanakan sebelum membuat blog bisnis adalah sebagai berikut:

 

1) Secara Mantang Mempertimbangkan Tujuan Blog

Seperti ketika mau kuliah, maka sebelum mendaftar ke universitas ataupun perguruan tinggi lebih baik seandainya kita menentukan jurusan apa yang hendak dipilih dan bagaimana pangsa pasar kerja kedepannya.

 

Begitu juga dengan cara membuat blog bisnis ini, maka harus secara matang memikirkan terlebih dahulu apa yang menjadi tujuan atau “roh” dibuatnya blog bisnis. Secara prinsip tujuan dibuatnya blog adalah sebagai tempat atau “wadah” untuk menceritakan kisah-kisah atau ide dan pemikiran si penulis, entrepreneurship, traveling, kuliner, menjual produk atau jasa, berbagi tips dan tutorial, tempat menjual sesuatu “olshop”, wadah untuk berpromosi atau merupakan gabungan alias “blog gado-gado”. Jadi, anda harus matang mempertimbangkan tujuan ataupun arah dari pembuatan dan pemanfaatan blog bisnis tersebut.

 

Kami dari SILAENSEO menyarankan agar blog yang bakal dibuat dan dikembangkan, terutama untuk blog bisnis yang berkategori sebagai bisnis kecil, maka tujuan adalah sebagai penunjang eksistensi website perusahaan di dunia online, seperti berperan sebagai landing page usaha, penyediaan beberapa tips bisnis tentang produk anda, serta menjadi alat pemasaran produk untuk diketahui oleh para pengguna internet.

 

2) Pilihlah Platform Blog Bisnis Secara Tepat

Ketika anda sudah matang dan pasti memilih tujuan blog bisnis seperti diuraikan pada point satu diatas, maka langkah selanjutnya adalah menentukan dan memilih platform blog apa yang tepat dan yang dipakai untuk menopang “agenda” bisnis kedepannya.

 

Memang kalau kita telusuri halaman google, maka tidak terdapat keseragaman pendapat tentang platform yang terbaik untuk blog bisnis. Tapi dari beberapa pendapat, dapat kami simpulkan bahwa platform wordpress dan blogger yang paling banyak digunakan oleh para web master pembuatan website/blog. Jadi kami dari SILAENSEO juga memberikan saran agar memilih salah satu dari platform untuk blog usaha yang akan dibuat.

 

Alasannya disebabkan bahwa platform wordpress maupun blogger telah sangat support dengan search engine optimization “SEO” dan platform yang mendukung pada para pengguna “mobile”, seperti pengguna smartphone, handphone, gadget ataupun hp android. Disamping itu, baik CMS WordPress maupun CMS Blogger kedua-duanya merupakan platform yang banyak menyediakan plugin, dan sangat terkenal telah bersahabat dengan “SEO Friendly” agar website bisnis Anda mempunyai peluang besar untuk berada di peringkat satu dari setiap hasil pencarian google menggunakan kata kunci tertentu.

 

Benar adanya bahwa saat ini sangat banyak platform alternatif selain WordPress dan Blogger, seperti Joomla dan Drupal. Namun menurut pendapat kami platform terbaik bagi website bisnis, silaenseo menganjurkan agar anda menggunakan CMS WordPress ataupun Blogger yang salah satunya dikarenakan dapat dilakukan share melalui media sosial, tumblr, linkedin, dan lain sebagainya.

 

3) Memilih Web Hosting dan Menggunakan Domain Sendiri

Kurang “bonafide” dan tidak profesional rasanya, bila blog bisnis menggunakan domain maupun hosting gratisan. Apa kata dunia…., hahahaha…. Oleh karenanya, kami menganjurkan untuk menggunakan domain dan hosting yang berbayar agar para konsumen targetan secara psikologis mempercayai blog bisnis anda.

 

Silahkan untuk memilih webhosting ataupun membeli domain pada perusahaan jasa webhosting, mau memilih perusahaan web hosting luar negeri ataupun dalam negeri semuanya kembali ke anda dan juga budget yang disiapkan. Nah, untuk perusahaan webhosting yang ada di Indonesia, SILAENSEO menganjurkan agar menggunakan jasa webhosting dari hostinger Indonesia di hostinger[.]co[.]id karena layanan yang disediakan sangat berkualitas dan biaya sewa hosting maupun domain dari perusahaan ini memberikan diskon yang “gede” alias murah banget.

 

Disamping itu, hostinger ada menyediakan sistem 1 kali klik sebagai cara untuk menginstal platform CMS terbaik untuk blog bisnis. Ya, sistem membantu anda sebagai cara membuat blog bisnis sendiri, terutama kepada para webmaster pemula.

 

Terkait dengan fasilitas yang disediakan untuk memilih webhosting maupun domain, perlu kami jelaskan beberapa hal penting dan wajib dipertimbangkan sebelum memutuskan menggunakan perusahaan jasa web hosting, yakni: 1) seberapa banyak trafik yang ingin anda jangkau? 2) bagaimana dengan proses setupnya, apakah cepat dan rumit? 3) apakah disediakan bantuan untuk memandu konsumen, terutama terkait dengan cara membuat blog bisnis yang tepat dan baik? 4) fasilitas dan fitur apa saja yang tersedia untuk membantu anda membuat tampilan blog yang terlihat modern dan profesional? 5) apakah biaya yang ditetapkan berkategori mahal atau murah?

 

Nah, terkait dengan lima hal yang wajib menjadi pertanyaan awal sebelum memilih perusahaan webhosting, maka kami melihat hanya hostingercoid yang mampu dan sanggup menyediakan segala kebutuhan hosting dan domain bagi blog bisnis anda, karena hostinger merupakan perusahaan hosting terbaik dan tersebar di banyak negara.

 

Bicara tentang memilih jenis hosting yang cocok dengan website bisnis perusahaan ataupun blog usaha pribadi, maka hal ini tentu saja tergantung pada skala proyek yang hendak dibuat. Tujuannya adalah untuk meminimalisir penggunaan budget pada penyewaan hosting yang tak tepat guna, serta terkesan memboroskan uang. Misalnya untuk blog usaha pribadi tentu hosting dengan fasilitas menengah sudah sangat memadai digunakan. Namun untuk website perusahaan bisnis skala besar, seperti online shop tentu saja harus menggunakan webhosting dengan fasilitas “super” canggih dan mewah.

 

Tujuan penggunaan webhosting dari hostinger yang memiliki fasilitas super canggih dan mewah untuk menopang eksistensi bisnis online melalui pembuatan toko online atau keren nya disebut online shop, merupakan salah satu strategi yang handal dan jitu sebagai cara membuat bisnis online shop sukses kedepannya dalam menghadapi trafik pengunjung yang tinggi.

 

Berikut kami dari silaenseo akan menjelaskan beberapa pilihan untuk webhosting yang beredar di pasaran, yaitu:

 

*) Model Shared Hosting

Banyak para konsultan pembuat blog/web menyatakan bahwa shared hosting sebagai salah satu jenis hosting terbaik untuk mengonlinekan website atau blog bisnis (baik perusahaan maupun personal). Shared hosting ini diibaratkan sebagai alat transportasi umum atau asrama siswa.

 

Pada sistem shared hosting, dapat digambarkan bahwa setiap website atau blog yang berada dalam naungan satu server fisik, dimana semua resourcenya (misalnya disk space, RAM dan bandwidth) dibagi di antara masing-masing situs/web yang terdapat di satu pool. Meskipun begitu, secara sistematis dan periodik bahwa server-server tersebut dioptimasi dan dimonitor setiap saat untuk memastikan keadaan bahwa semua website/blog memiliki performa bagus dan kecepatan terbaik tanpa adanya gangguan dalam satu pool tersebut.

 

*) Model Cloud Hosting

Nah, untuk model yang kedua ini adalah ditujukan untuk pemilik bisnis dan proyek yang lebih besar dari shared hosting, dimana model cloud hosting menyediakan power dari virtual server dengan tetap mempertahankan berbagai kemudahan yang ditawarkan pada sistem yang menggunakan mode shared web hosting sebagaimana dijelaskan diatas.

 

Pada jenis hosting sistem cloud ini merupakan platform yang sangat solid dan andal bagi siapa saja yang hendak berencana membuat blog bisnis lebih dahsyat lagi. Mengapa? Karena blog bisnis anda akan memperoleh banyak resource yang sangat berguna untuk meng-handle sebanyak apa pun traffic ataupun konsumen “visitor” yang mengarah ke situs blog bisnis Anda setiap waktunya. Selain itu, semua fasilitas yang tersedia pada resource-nya didedikasikan hanya untuk kebutuhan hosting Anda, sehingga banyak ruang yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan website/blog menyesuaikan pada kebutuhan bisnis jangka panjang.

 

*) Model VPS Hosting

VPS adalah singkatan dan kepanjangan dari virtual private server yang juga merupakan salah satu pilihan hosting yang unik dan berkualitas tinggi karena itu akan membuat pemiliknya lebih bebas dalam mengendalikan websitenya sendiri.

 

Nah, khusus bagi anda yang belum paham dengan manajemen server, maka jenis hosting yang menggunakan model VPS ini agak sedikit sulit untuk digunakan. Oleh karena itu, seandainya anda hanya berencana dan ingin membuat blog atau situs bisnis yang sederhana, maka VPS bukanlah jawaban tepat. Kami dari SILAENSEO memberikan rekomendasi agar Anda lebih memilih model hosting lain, misalnya shared hosting ataupun cloud hosting.

 

Namun, jika seandainya Anda hendak mengonlinekan beberapa website secara bersama-sama dan sekaligus, maka memiliki virtual server adalah suatu keharusan yang tak dapat ditawar-tawar lagi dalam hal membangun platform website/blog yang lebih sempurna dan canggih, serta lebih profesional lagi kedepannya.

 

4) Menata Desain Blog yang Menarik

Dalam hal membuat blog apapun itu, maka perihal mendesain tampilan blog haruslah telah dipikirkan dan disiapkan sebelumnya. Apalagi bila menyangkut dengan blog bisnis online anda yang diperuntukkan sebagai “toko online” sendiri, tentu haruslah memiliki tampilan yang sangat menarik agar membuat calon pelanggan ataupun calon pembeli tidak cepat bosan dan langsung pindah ke website/blog lain.

 

Desain dan tata tampilan blog ini pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan dari “desain website’ secara umum, dimana desain tersebut haruslah baik agar tidak memberikan efek buruk bagi kenyamanan konsumen anda selama berada di website/blog.

 

Secara konseptual dalam membuat desain blog atau website, minimal haruslah mempertimbangkan beberapa hal penting, seperti harus benar-benar mobile friendly untuk mendukung pengguna hp dan gadget pintar, menggunakan gambar yang memiliki resolusi tinggi, ada melekatkan beberapa konten video, ketika memuat halaman haruslah cepat terbuka, memiliki navigasi mudah untuk mengarahkan pengunjung, tidak rumit dan ada menampilkan beberapa testimoni pelanggan.

 

Cara Cari Uang Dari Web Blog Bisnis

 

Ya, minimal anda mempunyai beberapa konsep ataupun rekomendasi desain terbaik dari beberapa website/blog milik para pebisnis online yang dapat memberikan inspirasi maupun petunjuk bagi Anda yang hendak membuat atau mendesain ulang website/blog agar terlihat menarik oleh para pengunjung.

 

5) Membuat Rencana Konten Berkualitas

Apapun tujuan anda membuat website/blog bisnis, maka segala sesuatunya haruslah direncanakan secara matang dan terperinci. Begitu juga ketika website/blog bisnis telah mengudara “on air”, maka jangan lalai untuk merencanakan konten apa saja yang dibutuhkan, kanal atau saluran mana yang hendak digunakan selanjutnya untuk menyebarkan atau menerbitkan konten untuk menunjang keberadaan website/blog utama.

 

Dalam konteks dan cara membuat konten yang baik, maka salah satu unsur penting dan utama dari perencanaan adalah melakukan “riset” atas beberapa kata kunci yang hendak dipakai dan ditanamkan dalam konten blog bisnis (baik untuk konten teks, gambar ataupun video). Caranya juga sangat mudah, dimana Anda bisa menggunakan tools gratisan maupun berbayar.

 

Tapi menurut hemat kami yang terbaik adalah tools yang disediakan oleh “Google’s Keyword Planner” ataupun “Ubersuggest”. Mengapa? Karena, 80% pengguna internet dunia menggunakan google sebagai sarana untuk mencari dan mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkannya, seperti mendapatkan berita hari ini, mendapat kunci jawaban atas pertanyaan tertentu, mencari barang kebutuhan sehari-hari, dan banyak hal lain yang dicari oleh pengguna internet dengan menggunakan search engine dari google.

 

6) Sangat Mudah Untuk Dibagikan Siapa Saja

Salah satu teknik pengembangan blog bisnis agar semakin dikenal oleh khalayak ramai adalah dengan cara membagikannya. Ingat, pasca pembuatan blog bisnis dan juga publikasi konten yang telah dibuat agar mudah dibagikan secara lebih luas ke masyarakat pengguna internet “warga net” adalah dengan selalu responsif terhadap komentar yang masuk dari pembaca. Jadi pastikan bahwa setiap konten yang Anda buat telah tersebar secara baik di setiap kanal media sosial (medsos) yang relevan bagi bisnis Anda.

 

Misalnya, jika Anda hendak menulis mengenai bisnis kecil untuk rumahan ataupun konten tentang bisnis bagi ibu rumah tangga “IRT”, ada baiknya Anda senantiasa melakukan “cross posting” atas konten blog bisnis Anda di “LinkedIn Pulse” yang di tahun 2019 ini semakin diperhitungkan sebagai salah satu sumber bacaan terpercaya dan terbaik untuk membentuk “brand” dan dianggap bahwa linkedin pulse juga memiliki kredibilitas tinggi bagi kalangan eksekutif dan pebisnis papan atas dunia.

 

Nah, dengan konsep menjadi pengelola blog bisnis yang responsif, maka nantinya para pembaca akan merasa dihargai pendapat maupun keberadaannya, meski hanya dibalas menggunakan komentar yang pendek atau pun hanya sekedar menyapa. Sementara kegiatan menyebarkan konten blog bisnis yang sudah Anda muat secara berkala di saluran media sosial (medsos) yang relevan dengan “niche blog”, maka hal itu secara otomatis akan semakin memudahkan para pembaca baru untuk menemukan setiap konten yang Anda berikutnya.

 

7) Membentuk Tim untuk Blog

Membuat blog atau website itu sangat mudah. Tapi, urusan mengelola sangatlah sulit. Siapa orang yang akan mengelola blog bisnis Anda? Apakah anda sendiri? Hebat dong, kalau anda bisa mengurus semuanya, mulai dari menyediakan stok barang, mengepak, mengirimkan barang yang sudah di order pelanggan, membuat atau menulis konten, menyebarkan konten ke kanal medsos ataupun youtube, menjawab setiap komentar yang masuk, dan lain sebagainya. Hahahaha…..

 

Untuk itulah, agar anda bisa fokus pada bisnis anda, maka kami dari SILAENSEO menyarankan agar dibentuk sebuah “tim kerja” yang benar-benar solid dan menyenangkan, serta ahli dan berpengalaman dalam melakukan setiap pekerjaan yang dibidanginya. Ya, khusus untuk pembuatan konten, setidak-tidaknya Anda harus memiliki editor yang ahli dan cekatan dalam hal mengkurasi tulisan yang dibuat oleh para penulis.

 

Satu hal yang sangat penting bahwa keberadaan tim kerja tersebut harus memiliki hasrat kuat dan pantang menyerah dalam melakukan pekerjaan ini, karena pengelolaan sebuah blog bisnis diperlukan dedikasi, integritas dan komitmen, serta kesabaran yang tinggi disamping adanya keahlian pada bidang tertentu.

 

Tapi, anda tak perlu khawatir secara berlebihan bila tidak memiliki sumber daya manusia (SDM) yang cukup banyak dalam rangka untuk mengembangkan blog bisnis agar cepat sukses dan menguntungkan. Mengapa? Karena di jaman now dan super canggih ini, telah sangat mudah ditemukan anak muda yang memiliki kemampuan tingkat dewa dibidang pembuatan dan pengelolaan website/blog.

 

Di jaman now, keberadaan web/blog telah dimaknai sebagai salah satu peluang besar yang telah berhasil menciptakan “industri kreatif” baru dan kekinian yang siap membantu siapa saja dalam hal mengembangkan “industri internet” dalam konsep “simbiosis mutualisme”. Misalnya, Anda dapat menyewa jasa penulis kreatif dengan mudah, memakai tenaga ahli SEO Medan, bekerja sama dengan pakar SEM Medan, menggunakan tenaga master pemasaran online, menyewa dewa coding, mengontrak tim dewa pakar bisnis SEO, atau bisa juga menyewa jasa kami dari tim ahli SEO Silaenseo di Medan, dan lain sebagainya.

 

Kabar dan berita baiknya bahwa tim pakar SEO Silaenseo telah menyediakan kerja sama yang komprehensif tentang optimasi web/blog bisnis agar semakin populer di google dan juga dalam hal strategi promosi berkelas untuk menjangkau calon konsumen potensial yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

 

Ingat perihal mengembangkan bisnis yang terkoneksi dengan internet, maka banyak hal yang harus dipahami secara komprehensif, baik itu tentang cara membuat website blog, eksistensi website company profile, website e-commerce, jasa SEO, jasa penulisan artikel, dan jasa social media marketing (SMM), dan lain sebagainya yang merupakan serangkaian pekerjaan rutin untuk menjamin keberlangsungan blog bisnis dapat bekerja secara efektif dengan cepat menjangkau pemirsa atau calon pelanggan potensial, terutama dalam kerangka untuk memberikan keuntungan usaha yang lebih besar lagi.

 

Demikian ulasan tentang cara membuat blog menjadi mesin bisnis uang, semoga bermanfaat bagi sobat blogger yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!