Kontes SEO Dan Jasa Ahli Bisnis Online

Jasa Ahli Agen Optimasi

Cara Membuka Bisnis Usaha Kedai Kopi Sukses

Minat membuka kedai kopi, semakin digandrungi anak muda. Tak jarang kita melihat warung kopi atau cafe kopi bertebaran dimana-mana. Tidak hanya di pinggir jalan, kedai kopi juga banyak kita temukan di mall, plaza, hotel, apartemen, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya, dalam bentuk “cafe”.

 

Cara Bisnis Buka Kedai Warung Kopi di Indonesia Agar Sukses

 

Nah, berhubung banyak sekali yang berminat menjadi pengusaha kedai kopi, telah menciptakan persaingan yang cukup sengit antar sesama pelaku usaha, sehingga tidak salah dihimbau kepada pebisnis kedai kopi untuk segera mencari tahu segala info yang terkait dengan bagaimana cara yang baik dan benar membuka usaha kedai kopi agar menjadi salah satu pengusaha yang sukses dalam bisnis ini.

 

Memang, kopi merupakan salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Mungkin hal ini disebabkan banyak yang percaya bahwa dengan meminum kopi dapat meningkatkan konsentrasi dan mencegah datangnya beberapa penyakit.

 

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia dan juga merupakan negara penghasil kopi terbaik di dunia, yakni dengan brand “Java Arabica Coffee”.

 

Tentu melihat fakta diatas, prospek bisnis membuka kedai kopi masih menjanjikan untuk dikerjakan. Tapi tahukah anda, bahwa bisnis kedai kopi juga telah menciptakan persaingan seru antara kopi racikan tradisional dengan kopi pabrikan yang sangat gencar mempromosikan produknya melalui pemasangan iklan di media televisi maupun media cetak.

 

Kalau kita teliti, bahwa ada fakta yang diperoleh bahwasanya tidak semua penikmat kopi mau meminum kopi pabrikan. Kami melihat ada beberapa alasan orang/masyarakat mengapa lebih memilih kopi tradisionil ketimbang kopi hasil racikan pabrikan. Alasannya adalah sebagai berikut:

 

1) bahwa penikmat kopi yang sesungguhnya tidak ingin meminum kopi yang campur dengan gula, karena hal itu diyakini akan merusak cita rasa kopi itu sendiri;

2) bahwa penikmat kopi mengetahui dengan baik, kopi mana yang kualitas bagus dan kopi mana yang diambil dari biji kopi yang kurang berkualitas;

3) bahwa produk pabrikan biasanya hanya memberikan 1 (satu) jenis kopi saja, namun warung atau kedai kopi yang bagus biasanya mempunyai banyak pilihan kopi yang dapat membuat penikmat kopi bisa memilih kopi sesuka hati tergantung pada seleranya;

 

Prospek Bisnis Membuka Kedai Kopi

Bicara tentang masa depan membuka usaha kedai kopi, kami melihat bahwa prospeknya masih cukup bagus, karena penikmat kopi akan terus ada. Disamping itu juga peluang bisnis kedai kopi dapat dengan mudah dijalankan oleh para calon pengusaha, alasannya disebabkan: 1) tidak terlalu sulit dijalankan; 2) bahan baku, yakni produk kopi tidak cepat busuk; 3) pangsa pasar lebih tertarget; 4) dapat memberikan keuntungan besar.

 

Nah, sebelum memulai berbisnis dengan membuka kedai kopi ataupun warung kopi pinggir jalan, maka anda harus punya mode dan strategi tentang kesiapan bersaing dengan warung kopi lain ataupun dengan gerai usaha kopi pabrikan yang saat ini banyak beredar. Artinya, anda harus mempunyai keunggulan yang lebih spesifik dibandingkan dengan kedai kopi lainnya. Tentu saja harus ada persiapan yang matang dan terukur sebelum memulai bisnis warung kopi.

 

Cara Membuka Usaha Kedai Kopi

Ingat bahwa bisnis ini merupakan bentuk usaha yang real offline, sehingga tentu saja membutuhkan beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya yang pasti dan harus ada adalah butuh modal tenaga dan uang yang cukup besar. Namun, semuanya kembali kepada para pelaku bisnis kedai kopi, ingin bisnisnya modelnya dibuat seperti apa dan bagaimana menjalankannya.

 

Hal-hal yang dibutuhkan dalam rangka membuka usaha kedai kopi adalah sebagai berikut:

 

1) Modal Usaha

Bicara tentang modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini tergantung warung kopi seperti apa yang diinginkan dan persiapan apa saja yang sudah dimiliki.

 

Nah, seandainya anda tidak ingin mengeluarkan modal yang terlalu besar, bisa disiasati dengan ikut bergabung pada bisnis kopi yang sudah berjalan dan telah memiliki nama atau brand kedai kopi, misalnya ikutan dengan Waralaba Warung Kopi atau Franchise Kedai Kopi yang ada di Indonesia.

 

Memang, ada keuntungan dan kelemahan untuk ikut bisnis franchise kopi di Indonesia, dimana penjelasannya ada dibawah ini:

 

– modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha kedai kopi yang tidak terlalu besar;

– sudah disiapkan perlengkapan dan atau disediakan semua alat, beserta dengan jenis kopi yang akan dijual;

– tidak perlu gencar dan jor-joran dalam melakukan promosi, karena bisnis franchise sudah cukup terkenal, jadi pembeli akan datang sendiri karena sudah percaya;

– pada bisnis franchise biasanya, para pelaku usaha tidak bisa terlalu bebas untuk mengembangkan usahanya;

– harus taat dalam hal mematuhi aturan yang dibuat dari provider franchise, contoh mengenai harga.

 

2) Lokasi Strategis

Untuk memulai bisnis kedai kopi, maka hal berikutnya yang harus dilakukan calon pengusaha adalah tentang memilih tempat yang cocok dan strategis sebagai tempat penjualan. Karena secara logika bahwa tempat cocok tentuk akan memberikan prospek usaha kedai kopi yang lebih bagus lagi kedepannya.

 

Ingat, bahwa bisnis kedai kopi adalah bisnis yang 90% adalah bentuk usaha offline. Jadi untuk awal membuka usaha ini diperlukan tempat yang strategis dan ramai orang berlalu lalang. Tempat yang bagus untuk mendirikan usaha kedai kopi biasanya adalah disekitar kampus, gedung perkantoran, alun alun, sekitar pabrik, tempat perbelanjaan, dekat dengan rumas kos kosan, dekat dengan jalan raya, dan lain sebagainya.

 

Jika bisnis anda sudah memiliki nama di hati para konsumen, mau buka kedai kopi dimana saja asalkan jalan menuju lokasi kedai yang anda buat itu mudah dilalui, tidak akan menjadi masalah besar untuk bisnis anda.

 

3) Harus Ada Surat izin

Banyak pengusaha yang membuka warung kopi mengabaikan hal ini. Padahal kalau kita cermati, bahwa bisnis kopi adalah salah satu bisnis yang harus memiliki izin dari pemerintah. Mengapa? Karena bisnis ini merupakan salah satu wujud dari bisnis kuliner yang apabila ingin cepat dipercayai oleh konsumen, maka sebaiknya harus memiliki surat izin dari pemerintah.

 

Fungsi dari adanya surat izin ini adalah dalam rangka untuk meyakinkan konsumen penikmat kopi, bahwa kedai kopi yang sedang anda jalankan adalah kedai kopi yang aman dan sudah disetujui oleh negara.

 

4) Kebersihan

Kecenderungan yang terjadi, bahwa para penikmat kopi adalah mereka-mereka yang suka dengan kebersihan, mereka yang suka dengan ruangan yang berbau netral dan bersih. Jadi, sebelum memulai membuat bisnis kedai kopi, maka sebaiknya pelaku usaha mempelajari karateristik para peminum kopi yang pernah berkunjung ke kedai/warung anda. Karena bisnis ini memang benar-benar merupakan bisnis yang memiliki pasar tertarget.

 

Nah, untuk menciptakan kedai kopi yang berkualitas, maka para pelaku usaha harus memperhatikan tentang kebersihan ini, seperti meja, karyawan, dan lingkungan sekitar.

 

5) Kualitas dan Keramahan Pelayanan

Pelayanan disini bisa dari segi dekorasi yang terdapat pada kedai itu sendiri, dari karyawan dan juga dari cara penyajian kopi untuk di minum konsumen. Perihal untuk kecepatan menyajikan, kami melihat bahwa sebagian besar para pecinta kopi tidak terlalu mempermasalahkan hal ini. Karena yang penting bagi mereka adalah kopi yang akan diminum mempunyai cita rasa sesuai dengan keinginannya.

 

6) Adanya Fasilitas Tambahan

Hal mengenai fasilitas tambahan ini, sebenarnya bisa disesuaikan dengan modal yang anda miliki. Jadi, jangan anda jadikan fasilitas tambahan sebagai alasan yang menjadi penghambat untuk memulai bisnis kedai kopi.

 

Fungsi dari adanya fasilitas tambahan adalah dalam rangka membuat pengunjung kedai kopi lebih nyaman dan semakin betah berlama-lamaan diwarung kopi anda. Contoh fasilitas tambahan ini adalah menyediakan makanan tambahan, menyediakan musik dan televisi, adanya layanan internet gratis, menyediakan tempat charger handphone atau laptop gratis, menyediakan tempat khusus bagi para perokok, menyediakan tempat parkir gratis, dan lain sebagainya.

 

Tetapi konsumen yang terlalu lama berada dikedai kopi anda, tentu saja bisa jadi membuat pengunjung yang baru datang tidak kebagian tempat. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan kejelian dari para pelaku usaha agar mencari strategi yang pas dan jitu untuk mengatasi masalah ini. Intinya, anda harus sinkronkan dengan keadaan, tanpa harus membuat peraturan tertentu yang bisa membuat pengunjung menjadi kesal.

 

7) Perlunya Pemasaran atau Promosi

Jika dilihat dari 6 poin penjelasan di atas, maka sebenarnya kedai kopi yang anda jalankan sudah sangat bagus, tapi promosi usaha harus tetap dilakukan. Fungsi dari promosi ini adalah untuk lebih memperkenalkan warung kopi anda kepada para konsumen yang belum tahu bahwa anda mendirikan kedai kopi dan ada disekitar lingkungan mereka.

 

Promosi bisa dilakukan melalui mulut kemulut, menggunakan browsing, membuat video dan upload ke youtube, serta membuat video iklan yang mana iklan tersebut anda sebarkan melalui youtube, media sosial (facebook, twitter, instagram, whatsapp, dll), pasti cepat sekali mendapatkan pengunjung.

 

Nah, untuk hal promosi jangka panjang, terutama adalah memahami dan mengetahui karakteristik para konsumen atau peminum kopi, layanan yang bagus, kebersihan yang terjaga dan memiliki banyak jenis pilihan kopi untuk diminum.

 

Jadi tunggu apalagi, jangan takut untuk memulai usaha membuka kedai kopi, karena bisnis ini bisa dijalankan dengan sukses hanya dengan modal kecil asalkan para pelaku usahanya sudah memiliki tempat atau outlet yang bisa digunakan untuk berjualan. Bisnis ini masih tetap diyakini masih bagus karena masih dikategorikan sebagai salah satu prospek bisnis cerah di Indonesia.

 

Kami akhiri artikel yang berjudul tentang cara membuka usaha kedai kopi yang sukses, semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat blogger silaenseo.com. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!