Cara Memulai Usaha Mebel Agar Cepat Sukses

Salah satu peluang usaha di jaman millennial ini dan sangat menjanjikan adalah usaha mebel ataupun bisnis jualan produk furniture lainnya. Hal disebabkan, banyak masyarakat Indonesia maupun perusahaan property yang lebih tertarik menggunakan kursi, lemari dan furniture lainnya yang berbahan dasar kayu untuk dekorasi interior maupun eksterior, sehingga mampu memancing hasrat para pebisnis pemula untuk memulai usaha furniture mebel.

 

Tak hanya sampai disitu saja, insan pebisnis mebel juga berusaha mencari cara jitu dan terpercaya tentang cara memulai usaha berniaga mebel yang tepat agar bisa menghasilkan profit besar atau setidak-tidaknya mampu bertahan dari gempuran perusahaan mebel berskala besar dan telah memiliki merek ‘populer’ maupun telah mempunyai pelanggan tetap nan fanatik.

 

Ya…., meskipun masih ada diantara masyarakat Indonesia yang suka dengan set sofa untuk mengisi ruang tamu atau ruang keluarga sedikit banyak sangat mempengaruhi eksistensi usaha ini dimata pemain baru. Namun tak sedikit pula yang mulai mengalihkan perhatiannya dan hanya fokus pada keeksotisan set kursi yang berbahan dasar dari kayu saja. Mengapa? Karena bahan mebel dipandang lebih eksotis bila terdapat elemen kayu pada sebuah rumah, sehingga dapat menampilkan kesan alami dan juga klasik dan bercita rasa seni tingkat tinggi.

 

Eksistensi Usaha Mebel Dan Furniture

Usaha yang terkait dengan produk mebel dan furniture, selain diminati dan laris manis di pasar lokal, secara faktual juga produk mebel juga dilirik para pebisnis untuk di ekspor ke pasar mancanegara. Tentu hal ini menjadi sesuatu peluang bisnis yang sangat menggoda bagi para pemilik usaha mebel lokal atau pabrik furniture di Indonesia.

 

Usaha Mebel - Bisnis Furniture

 

Disamping itu dengan semakin menguatnya nilai dolar terhadap rupiah yang terjadi menjelang penyelenggaraan pemilu 2019 ini, memang terasa menyakitkan bagi pengusaha yang berkecimpung dalam dunia impor. Namun untuk pemain mebel yang sudah ‘go internasional’ dengan mengekspor produk mebel ke luar negeri tentu dengan adanya penguatan dollar terhadap rupiah ini merupakan rezeki dan peluang emas yang bila diibaratkan seperti “air hujan yang tiba-tiba turun di padang pasir”.

 

Nah, bila Anda merasa tertarik untuk menggeluti usaha mebel ini, tentu harus memiliki strategi jitu, seperti desain produk mebel, teknik pemasaran, cara memulainya dan lain sebagainya. Jadi bila ingin eksis dan sukses di bisnis mebel, maka tak ada salahnya untuk belajar dan mencari tips dan atau cara memulai usaha mebel agar cepat sukses dan untung. Ada kala, para pebisnis pemula senantiasa bekerja sama dengan blog jasa marketing yang berkualitas terbaik di Indonesia untuk menopang teknik promosi online. Tips yang dimaksud adalah sebagai berikut:

 

*) Memiliki Dana Yang Cukup

Keberadaan dana ‘uang’ adalah satu hal yang sangat penting dalam menggeluti bisnis usaha produk mebel ini. Dana sebagai modal usaha merupakan sebuah keharusan yang tidak bisa ditawar lagi. Dalam hal anda memiliki dana yang kurang memadai, maka tak ada salahnya bila meminjam dana dari pihak ketiga (bank) ataupun menjual asset milik Anda sendiri untuk menambah modal.

 

Memang dari segi resiko tentu saja dana milik sendiri lebih aman, namun bagi Anda yang tidak memiliki asset untuk mendapatkan dana yang cukup maka akan lebih baik untuk melakukan pinjaman kepada pihak perbankan. Tapi, terlebih dahulu harus memastikan rencana usaha Anda cukup meyakinkan untuk memudahkan proses peminjaman dana tersebut.

 

*) Menyiapkan Lokasi Usaha yang Tepat dan Strategis

Salah satu faktor utama dari rencana terbaik untuk membuka usaha mebel atau cara menjual furniture agar cepat laku adalah menentukan lokasi usaha yang tepat dan strategis. Untuk itu carilah lokasi yang ramai orang berlalu lalang dan jika memungkinkan bukalah toko anda di daerah perkotaan atau setidaknya tidak terletak di daerah terpencil atau pelosok. Strategi ini sangat memudahkan Anda dalam mencari calon konsumen potensial yang akan membeli mebel.

 

*) Menentukan Target Pasar Secara Tepat

Sebelum memulai usaha mebel sofa maupun menjual produk furniture lainnya, Anda juga harus menentukan target pasar yang akan Anda fokuskan sebagai konsumen loyal dan ‘high class’. Hal ini sangat penting untuk memudahkan Anda menyusun skema usaha terbaik, terutama dalam hal menentukan pilihan produk apa yang akan di jual dan paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia maupun pasar luar negeri.

 

Nah, perihal untuk menentukan target pasar, penulis sarankan agar Anda tidak boleh asal dan sekedar ikut-ikutan trend yang ada. Lakukan riset kecil-kecilan tapi akurat untuk membantu anda membuat dan mempertimbangkan keputusan bisnis. Jangan ragu dan malu untuk bertanya kepada pelaku bisnis mebel yang lebih berpengalaman dan sudah sukses menekuni bisnis furniture.

 

*) Menetapkan Harga Bersaing

Dalam membuka usaha apapun, tak luput dari yang namanya persaingan bisnis. Untuk itu anda harus memastikan secara patut agar mampu dan tetap bisa menang bersaing secara sehat. Ingat, jangan sesekali menghancurkan harga pasaran mebel dengan menjual produk mebel apapun itu dengan harga terlalu murah dan juga sebaliknya.

 

Menjual mebel dengan harga terlalu mahal akan menjauhkan konsumen dari usaha Anda kedepannya. Penting untuk di ketahui bahwa harga pasaran mebel berlaku secara real time, sehingga jangan segan untuk secara berkala melakukan survey ke pesaing Anda dengan cara yang benar dan sehat pastinya.

 

*) Padukan Strategi Pemasaran Secara Online dan Offline

Cara pemasaran online ini dapat Anda lakukan jika memang kondisi usaha mebel secara offline sudah stabil. Nah, dalam rangka untuk memperluas jangkau pasar dan mendapatkan konsumen dari berbagai wilayah, tak ada salahnya untuk melakukan ekspansi, memanfaatkan teknologi informasi, menggunakan teknik pemasaran digital yang ada, dan hal ini bukanlah sebuah taktik keserakahan. Pantau terus usaha mebel yang anda jalankan secara offline, sembari diimbangi dengan melakukan pemasaran serta menjalankan strategi promosi secara online kebanyak media.

 

Khusus untuk menjalankan strategi internet marketing atas produk mebel atau furniture lainnya, maka harus memiliki ide kreatif yang digunakan untuk meningkatkan penjualan dan membentuk ‘brand’ mebel anda. Ingat bahwa dunia online dapat menjangkau konsumen potensial dari seluruh penjuru dunia non stop 24 jam.

 

Nah, dengan semakin terkenal produk usaha mebel yang anda jalankan, maka secara perlahan dan pasti akan terjadi peningkatan konversi penjualan dari hari ke hari, serta omset bisnis akan mampu memasuki level penjualan tertinggi.

 

Strategi promosi bisnis mebel secara online dapat dijalankan dengan cara:

 

Search Engine Optimization

Bisnis mebel yang sudah memiliki website dalam wujud toko online maka sudah dapat dikatakan “go online”. tapi, toko mebel online ini harus didesain secara apik dan menarik agar terlihat profesional dan bonafide. Nah, terkait pengoperasian website jualan mebel, maka menimbulkan persaingan yang cukup sengit untuk memperebutkan posisi di halaman satu search engine, terutama google.

 

Nah, perihal agar bisa memenangkan persaingan di search engine, maka langkah terbaik adalah dengan menggunakan strategi Search Engine Optimization atau SEO google. Mengapa SEO google? Alasannya disebabkan google merupakan mesin pencari terbesar yang digunakan oleh pengguna internet dunia, termasuk di Indonesia.

 

Ketika search engine google telah menampilkan hasil pencarian-nya pada kata kunci “usaha mebel” ataupun “bisnis furniture sofa”, maka persentase user untuk mengklik sebuah situs/web adalah yang terdapat di halaman pertama google, terutama yang berada di posisi ranking 1-5. Sedangkan bila berada di halaman kedua, maka potensi persentasenya sangat kecil bagi user untuk berkunjung atau mengklik. Jadi target kata kunci mebel – sofa – furniture harus benar-benar bisa ditancapkan secara kokoh pada halaman satu google.

 

Nah, agar bisa masuk ke halaman satu google, maka peran SEO sangat dibutuhkan dalam memaksimalkan kinerja sebuah website di mesin pencari, sehingga web toko mebel atau situs toko furniture anda bisa nangkring di halaman pertama google dan bahkan menjadi ranking pertama.

 

Bisnis mebel online yang sudah menggunakan SEO, rata-rata omset penjualannya gila-gilaan. Meskipun hal tersebut harus didukung adanya produk mebel berkualitas dan harga furniture yang kompetitif, karena user google sangat rajin melakukan googling untuk memastikan harga real time atau sekedar membandingkan harga dan kualitas dari sesama toko mebel online.

 

Tapi, SEO yang bekerja maksimal membutuhkan waktu (tidak bersifat instant) agar website/situs bisa tampil pada halaman pertama google. Tentu dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi dan dana yang tidak sedikit. Hahahahaaa….., bila anda adalah tipe pebisnis yang tidak sabaran dan ingin instan, serta tak memiliki waktu untuk mengerjakan sendiri optimalisasi SEO maka tak ada salahnya untuk mengeluarkan uang Rp 1 juta dalam rangka mendapatkan keuntungan sejumlah 10 juta rupiah, yakni dengan cara menggunakan google adword atau beriklan di google adsense (ads). Sebab, dalam hitungan menit, website Anda sudah dapat bertengger di urutan pertama google. Atau bisa juga bekerja sama dengan pihak ketiga, yakni para pemberi Jasa Search Engine Optimization Silaenseo.com yang sudah berpengalaman ‘juara SEO’ di Indonesia dengan teknik White Hat SEO yang handal dan hebat.

 

Memakai Media Sosial

Ada strategi lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan atas produk-produk usaha mebel Anda, yakni dengan menggunakan sosial media (medsos). Tapi, harus memilih medsos reputasi terbaik, seperti: facebook, twitter, instagram, linkedin, whatsapp dan telegram. Mengapa? Karena penulis melihat bahwa hanya 6 sosial media (sosmed) diatas yang sangat eksis dan populer bagi para pengguna internet.

 

Hal ini bisa dibuktikan telah banyak para pelaku bisnis yang berhasil meningkatkan penjualan toko usaha mebel melalui 6 sosial media tersebut. Meskipun begitu, bukan berarti tidak penting medsos lain, seperti google plus, path, email marketing, forum bisnis online, dan lain sebagainya untuk digunakan dalam berpromosi online.

 

Menggunakan Media Chatting

Strategi dalam meningkatkan penjualan mebel secara online yang berikutnya adalah melalui penggunaan media chat, berupa: BBM dimana anda dapat menggunakan fasilitas BBM marketing, tanpa sebuah web dan iklan lainnya dalam rangka untuk menaikkan omset.

 

Memang ada strategi dan cara lain untuk berpromosi secara online, yakni dengan menggunakan jasa pasang banner iklan di website milik sobat blogger atau penyedia jasa iklan ppc dan cpm. Anda bisa juga berjualan di marketplace (seperti di situs olx, bukalapak, blibli, tokopedia). Tapi, penulis melihat bahwa penggunaan metode seperti ini, konversi yang dihasilkan serasa kurang maksimal meskipun tetap saja ada beberapa pebisnis meubel online yang berhasil dengan baik.

 

Satu hal penting yang perlu diingat bahwa bila ingin sukses dengan cepat dalam bisnis mebel, maka coba fokus pada satu lensa strategi bisnis saja terlebih dahulu, jangan langsung semua strategi pemasaran digunakan secara “membabi buta”. Misalnya saat ini Anda fokus pada strategi promosi produk mebel berupa sofa furniture dengan tips menggunakan SEO tingkat dewa master SEO. Nah, setelah berhasil dengan baik kemudian cek bagaimana konversinya, jika bagus hasilnya maka silahkan untuk dilanjutkan menggunakan metode pemasaran lainnya untuk menunjang kinerja SEO lebih maksimal lagi.

 

Baca juga artikel: Tips Menjalankan Bisnis Sofa Furniture Agar Cepat Sukses

 

Tapi, bila hasilnya kurang convert lebih baik untuk memberhentikan penggunaan strategi SEO sementara waktu. Kemudian lanjutkan dengan memakai sosial media, dan fokus ke 1 sosial media terlebih dahulu, misalnya facebook. Lalu, lihat bagaimana perkembangannya. Begitu seterusnya pola yang harus anda jalankan agar target promosi online dapat berjalan lebih efektif.

 

*) Partner Usaha

Partner usaha sangat penting untuk kelangsungan perkembangan usaha mebel Anda kedepannya. Dalam hal ini Anda bisa bekerja sama dengan penyedia bahan baku, pengembang perumahan atau perusahaan property dan juga sesama pengusaha mebel.

 

Khusus untuk penyedia bahan baku, hasil kerja sama yang dilakukan bisa saja membuat ongkos produksi Anda semakin kecil dan Anda sudah pasti tidak akan kesulitan dalam memperoleh bahan baku setiap harinya. Lalu untuk pengembang perumahan atau perusahaan property, kerja sama bisa dalam bentuk menyediakan mebel terbaik atau furniture berkualitas bagi perumahan atau apartemen dan rusun yang mereka bangun. Opsi ini selain bisa menjadi media pemasaran juga media promosi.

 

Kemudian untuk sesama pengusaha mebel, ada baiknya jika Anda mencari usaha mebel dengan produk yang sedikit unik dan berbeda dengan yang Anda jual. Sehingga, ke depannya usaha mebel Anda dan rekanan usaha bisa berjalan beriringan serta saling melengkapi permintaan konsumen.

 

Demikian ulasan tentang cara memulai usaha mebel agar cepat sukses maupun tips bisnis furniture mebel online, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi untuk memulai usaha produk mebel maupun bisnis produk furniture di Indonesia. Salam bisnis sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *