Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Cara Meningkatkan Keuntungan Dari Bisnis Online

Eksistensi bisnis berbasis dalam jaringan (daring/online) di tahun 2018, sudah cukup menggiurkan dan menjanjikan bagi para pebisnis. Penulis melihat, ada beberapa bukti dimana berbagai usaha yang dulu bergerak menggunakan sistem konvensional (offline), secara perlahan mulai menunjukkan hasil saat beralih ke bisnis berbasis online.

 

Lihat saja-usaha yang ada di kota besar Indonesia (seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Makassar, Bali, Samarinda, Pekanbaru, Batam, dll) termonitor memiliki tren positif, di mana terjadi peningkatan penjualan maupun transaksi online hingga 800 persen sejak bergabung dalam upaya untuk meningkatkan cara pemasarannya via bisnis online ataupun bisnis e-commerce, misalnya listing ke berbagai situs marketplace online shop seperti bukalapak, olx, shopee, dlsb.

 

Cara Meningkatkan Keuntungan Bisnis Online

 

Lalu, bagaimana caranya agar bisa sukses serta meraup untung besar dari bisnis yang memanfaatkan jaringan internet tersebut? Memang bicara tentang cara ataupun tips meningkatkan keuntungan maupun meningkatkan penjualan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar usaha dimaksud minimal bisa bertahan hingga dapat sukses dalam kiprahnya sebagai bisnis berbasis online, yakni:

 

1) Memperhatikan dan menjaga kualitas produk

Penting untuk sobat blogger pahami, terutama bagi wirausahawan pemula bahwa bisnis yang berkembang pesat di kota besar Indonesia dan lazim dipilih adalah jual beli barang (reseller, dropship, distributor, dlsb), termasuk menjual makanan (kuliner), travelling, tiket, jasa SEO, jual handphone dan pulsa internet, menjual e-book, dlsb.

 

Karena itu, bagi para pebisnis wajib untuk menyediakan berbagai jenis barang dengan kualitas terbaik alias kelas wahid. Jika barang berbentuk makanan yang akan dikirim, maka wajib hukumnya untuk senantiasa memastikan tanggal kadaluarsa makanan tersebut masih jauh, sehingga penerima tak kecewa karena makanan yang dibeli sesuai serta dapat dinikmati. Misalnya kalau pun produk tersebut berupa kue-kue basah, pastikan juga untuk bisa langsung dikirim sesegera mungkin untuk menghindari makanan tak layak dikonsumsi alias daluarsa.

 

2) Menjadi usaha e-commerce yang memiliki fasilitas lengkap

Jika sudah memastikan kualitas produk masih laik dan aman dikonsumsi (khusus untuk usaha kuliner), selanjutnya perlu mencari e-commerce yang memiliki fitur lengkap, baik dari segi pembayaran hingga adanya pelatihan kepada para penjual.

 

Untuk memenuhi kebutuhan penjual dan pelanggan yang beragam tersebut, tak ada salahnya untuk memilih situs marketplace dilengkapi fitur yang dapat memudahkan penjual dan pembeli/pelanggan. Pada sisi penjual, misalnya, minimal ada dilengkapi pilihan pembayaran (transfer bank hingga kartu kredit). Dengan adanya ragam pilihan ini, maka secara otomatis sangat memudahkan penjual dan pelanggan/konsumen. Tak hanya itu saja, pastikan pula bahwa e-commerce yang dipilih sangat berpengalaman dan memiliki banyak ilmu pengetahuan tentang cara penjualan yang akan diajarkan ke penjual untuk mengembangkan produknya.

 

3) Layanan purna jual

Setiap bisnis yang berbasis daring bukan sekadar menyediakan barang saja, yang bila masuk orderan lalu kirim. Rekan pebisnis juga perlu memahami, bahwa setiap penjual harus memiliki pelayanan optimal, termasuk ketika ada orang bertanya soal barang dan cara pengiriman.

 

Secara umum, penulis melihat bahwa minimal setiap bisnis online harus memiliki fitur chatting (whatsapp, bbm, sms, dlsb), dan (penjual) terlihat rajin membalas chat tersebut. Selain itu, pengiriman pun harus tepat waktu, karena semua itu masuk dalam aspek “after service” yang bisa menentukan apakah penjual ini layak atau tidak maupun profesional.

 

Bisa juga dalam hal fitur chatting ini, dilengkapi dengan adanya sistem rating bintang agar mengetahui apakah pelanggan/konsumen yang dimiliki suka pada pelayanan yang diberikan.

 

4) Memiliki SDM yang handal

Masuk ke bisnis berbasis online atau daring berarti pelaku usaha sudah siap dengan segala bentuk kemungkinan yang terjadi kedepannya, termasuk bila terjadi pesanan dengan jumlah besar, misalnya suatu hari nanti terjadi pesanan per hari yang bisa mencapai 100 order dengan jumlah barang berbeda.

 

Nah, jaminan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik, maka pesanan tersebut harus bisa dikerjakan dengan tepat waktu. Karena itu, dibutuhkan adanya sumber daya manusia terjamin dan berkualitas. Untuk lebih optimal, tak ada salahnya untuk membuat divisi pekerja untuk pesanan daring hanya mengerjakan urusan online, sedangkan divisi pekerja offline mengambil pekerjaan yang terkait dengan urusan offline saja. Tujuannya adalah agar para pekerja dapat lebih fokus dan tak terganggu, karena itu tak ada salahnya dipisahkan antara pegawai online dan offline.

 

5) Memaksimalkan kinerja search engine optimization

Namanya juga usaha yang menggunakan jaringan internet, maka tidak terlepas dari adanya penggunaan website/blog ataupun media sosial (medsos). Nah, agar produk anda diketahui oleh para pengguna internet maka jalan satu-satunya adalah dengan memaksimalkan kinerja promosi online, terutama dengan menggunakan strategi SEO, SEM dan SMM maupun pengoptimalan blog/microsite perusahaan.

 

Tujuan menggunakan promosi via SEO, SEM dan SMM adalah untuk meningkatkan jumlah visitor yang akan berkunjung ke online shop, terutama melalui aktivitas googling yang dilakukan oleh para pengguna internet. Jadi SEO, SEM dan SMM merupakan sebuah strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan kedepannya.

 

Tapi perlu diketahui, bahwa agar jumlah visitor meningkat dan mengetahui produk anda setiap harinya maka promosi yang dilakukan harus bisa menembus halaman pertama google dengan kata kunci yang anda targetkan sebelumnya. Kok harus masuk di halaman satu google? Alasannya, bila produk yang dipromosikan melalui pembuatan konten blog/web bisa berada di halaman 1 google, maka kemungkinan untuk diklik atau dikunjungi akan lebih besar, dengan begitu potensi untuk mendapatkan konsumen juga akan lebih besar lagi.

 

6) Memasang iklan adsense, ppc ataupun cpm

Salah satu strategi untuk meningkatkan pemasaran ataupun cara meningkatkan penjualan adalah dengan melakukan promosi melalui pemasangan iklan ads, ppc atau cpm atas produk yang dipasarkan ke tengah-tengah masyarakat.

 

Memang benar adanya, bahwa saat ini banyak pebisnis online yang sudah menggunakan iklan google ads untuk mempromosikan berbagai produk maupun situs toko online-nya. Tidak cukup itu saja, selain iklan ads yang disediakan google, iklan ads yang disediakan oleh media sosial (facebook, twitter, instagram, linkedin, dlsb) juga banyak digunakan para pebisnis sebagai cara untuk meningkatan penjualan dan keuntungan perusahaan-nya.

 

Perusahaan periklanan ppc dan cpm lokal selain yang ditawarkan oleh google dan juga medsos, ikut kebagian peran untuk memasang iklan atas berbagai produk yang dipromosikan secara online, salah satunya adalah zoteromedia[.]com. Nah, adanya iklan ads, ppc dan cpm ini merupakan salah satu cara promosi untuk meningkatkan keuntungan “gede” bagi perusahaan. Khusus untuk perusahaan media periklanan non-adsense, misalnya iklan ppc dan iklan cpm, maka dapat dinyatakan sebagai salah satu cara meningkatkan penjualan dengan promosi di zoteromedia.com dalam kapasitasnya sebagai alat promosi online yang akan dipilih oleh para pebisnis Indonesia.

 

Saran penulis, apabila anda tidak memiliki waktu yang cukup maupun pengetahuan yang cukup memadai, maka adanya kebijakan untuk mengambil tindakan yang tepat untuk bekerjasama dengan ahli-nya adalah wajib hukumnya, seperti ahli SEO, pakar SEM dan konsultan SMM yang sudah cukup banyak di Indonesia.

 

Demikian artikel yang membahas tentang cara meningkatkan keuntungan dari bisnis online, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!