Cara Menjadi Guru SEO Yang Baik

SEO terbaik membutuhkan guru pembimbing yang berpengalaman. Memang secara umum guru adalah orang yang mengajari di sekolah, tips menjadi seorang guru yang baik terkadang juga tidak hanya bertugas mengajar di dalam kelas saja tetapi bisa menjadi pembimbing tempat konsultasi di luar kelas bagi siswa yang membutuhkannya.

 

Keberadaan guru banyak dikisahkan menjadi seorang ‘pekerja sosial’ sebagai pahlawan tanpa jasa, tetapi kelihatannya hal tersebut tidak lagi berlaku di jaman millennial ini yang mana faktanya guru yang bekerja di kota-kota besar di Indonesia sudah bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan ‘gede’ dan disertai beberapa tunjangan jabatan.

 

Guru SEO

 

Meskipun pada sisi lain, banyak guru yang benar-benar bekerja sosial dan tidak mendapatkan berbagai tunjangan tetapi mereka masih semangat untuk mengajar dan terus berjuang demi kemajuan pendidikan anak bangsa.

 

Terkait dengan zaman digital ‘millennial’ nan super canggih, dalam dunia search engine juga mulai muncul orang-orang yang berprofesi sebagai guru SEO atau pendidik private Search Engine Optimization untuk membantu para pemilik blog personal ataupun website bisnis online berada di posisi halaman utama search engine (misalnya google, bing ataupun yahoo dan yandex).

 

Tentu menjadi guru di bidang SEO, tak seperti menjadi guru pada umumnya yang mana guru yang mengajari mata pelajaran SEO membutuhkan resep khusus dan tips untuk menjadi seorang guru yang baik bagi para blogger maupun pebisnis online dan yang bakal menekuni bidang jasa optimasi. Adapun cara menjadi guru SEO yang baik adalah sebagai berikut:

 

1) Menguasai Materi SEO Update

Menjadi seorang guru yang baik harus menguasai terlebih dahulu seluruh materi yang akan disampaikannya kepada siswa siswi, demikian juga dengan guru privat SEO. Jika seorang guru search engine tidak menguasai materi SEO bagaimana dia akan menyampaikannya di depan kelas SEO. Seorang guru SEO terbaik, minimal harus mempelajari materi belajar SEO yang akan disampaikannya 3 (tiga) hari sebelum hari mengajar. Mengenai materi belajar SEO yang akan disampaikan, akan secara khusus kami ulas pada bagian akhir tulisan ini.

 

2) Membuat suasana kelas kondusif

Membuat suasana kelas kondusif bukan dengan cara memarahi peserta atau siswa SEO agar mereka memperhatikan anda secara lebih serius lagi. Akan tetapi dengan cara membuat suasana kelas tersebut santai tapi serius, serta konsep praktek yang sistematis.

 

Anda jangan hanya menjadi seorang guru yang kerjanya hanya menjelaskan saja seorang diri tentang materi ilmu SEO, tapi juga harus komunikatif dengan siswa atau peserta belajar SEO dengan cara tanyakan kepada mereka apakah mereka sudah mengerti dengan materi yang sedang diajarkan.

 

3) Jadilah guru SEO yang bisa di contoh

Seorang guru search engine harus bisa menjadi contoh bagi siswanya, misalnya jika memerintahkan siswanya untuk menulis konten blog, maka guru SEO tersebut pun harus ikut dan melebur dengan dalam sesi bikin konten tersebut. Selanjutnya, membuat perbandingan dan analisis atas materi yang dibuatnya dengan yang dibuat peserta siswanya.

 

4) Kreatif dan multi talenta

Kreatif bagi seorang guru SEO sangat penting, dengan menjadi guru yang kreatif dan multi talenta, maka suasana kelas pun akan menjadi meriah dengan lahirnya ide-ide cemerlang. Misalnya, membuat kompetisi di kelas dengan membuat game kontes menulis seo secara berkelompok dan memposting untuk melihat hasil ulang lagi materi yang baru disampaikan di halaman search engine. Dengan tips seperti ini, maka akan membantu siswa peserta untuk mudah mengingat dan memahami kemampuannya melesat ke halaman terbaik google.

 

5) Berjiwa besar

Sebagai seorang guru apalagi di kelas private SEO, tentu bisa saja lupa atau salah mengenai suatu hal meskipun telah mempersiapkan diri sebelum mengajar misalnya memasukkan keyword dalam tag gambar. Apabila ada siswa peserta kursus SEO yang menegur akan hal tersebut, maka anda harus bisa menerima secara ‘legowo’ agar terjadi komunikasi 2 arah di dalam kelas SEO.

 

6) Sabar

Adakalanya karena rumit dan beratnya persoalan di luar kelas membuat anda sedang tidak mood, tetapi jika anda sudah menjadi seorang guru yang mengajar pengetahuan SEO di dalam kelas maka hal tersebut tidak boleh ditunjukkan. Anda harus profesional dan memiliki kesabaran tingkat tinggi dalam menghadapi siswa peserta privat SEO, jangan terbawa menjadi emosi yang pada akhirnya akan bersifat fatal.

 

7) Harus mengerti sifat siswa peserta

Mengerti sifat dari peserta yang mengikuti pendidikan belajar SEO akan mempermudah anda dalam mengajar. Ingat, ada saja peserta kursus SEO yang akan lebih mudah menangkap pelajaran SEO web jika anda menjelaskan secara lembut tetapi ada juga yang sebaliknya ini lah gunanya mengerti dan memahami sifat dari siswa yang mengikuti pendidikan belajar SEO dari anda.

 

8) Jadilah guru yang menjadi panutan peserta siswa didik

Guru istilah lainnya adalah orang yang dituakan, maka sebagai orang yang dituakan anda sebagai guru tidak hanya bertanggung jawab atas materi belajar SEO di dalam kelas kelas saja tetapi harus memiliki kemampuan untuk menampung semua keluhan peseta tentang perkembangan SEO blog/web yang dapat dimintai solusi terhadap permasalahan yang berkembang.

 

Itulah cara ataupun tips menjadi guru SEO yang baik bagi peserta pendidikan SEO agar bisa sukses memperbaiki kualitas situs blog web di halaman search engine.

 

Materi Belajar SEO

Menjadi pendidik yang memiliki kompetensi tingkat dewa SEO maupun master optimalisasi untuk kebutuhan website ataupun blogging adalah tidak gampang dan sangat langka di negeri ini. Mengapa? Karena ilmu pengetahuan SEO (Search Engine Optimization) adalah membutuhkan pengajar atau guru yang memiliki teknik SEO terbaik untuk membuat website masuk di halaman 1 Google.

 

Ingat, saat seseorang atau calon konsumen mencari (search) di Google menggunakan kata tertentu (keyword) terkadang menggunakan tenaga ahli yang banyak ditawarkan oleh pekerja di bidang jasa SEO. Mengapa? Karena kata kunci adalah pintu masuk yang utama untuk bisa sampai ke pelanggan dan juga meraih konsumen, serta jalan utama untuk membuat ‘tenar’ website berikut produk turunan yang sedang dipasarkan untuk dibeli oleh masyarakat.

 

Ada beberapa materi wajib yang harus dipahami secara pada bagi seorang yang akan memilih menjadi guru pendidik SEO. Nah, bagi anda yang berminat menjadi guru SEO private, maka perihal untuk belajar SEO, materi yang harus dipelajari dan diajarkan adalah sebagai berikut:

 

*) Materi Dasar-Dasar Search Engine Optimization:

**) Riset Keyword

Tujuan materi ini diberikan oleh seorang guru SEO adalah tahu dan mahir mencari data faktual tentang kata kunci (keyword) yang dipakai oleh calon konsumen saat mencari informasi menggunakan mesin google. Sehingga peserta didik tahu dengan akurat apa yang diketik calon konsumen di Google.

 

Ingat anda harus memberikan pengajaran bahwa sebenarnya dunia search engine membutuhkan banyak data keyword ini, bukan hanya 1 atau 2 keyword saja yang dibutuhkan tapi jumlah keyword yang tanpa batas. Bila perlu seorang guru SEO yang mampu memberikan materi atas keperluan data puluhan sampai ratusan keyword pada satu produk yang hendak dioptimasi.

 

Pada materi ini, bukan hanya mengajarkan tentang riset keyword yang pendek saja (keyword utama yang biasanya terdiri dari maksimal 3 kata) tapi juga keyword panjang ‘long tail keyword’ yang lebih dari 3 kata. Termasuk di dalamnya, anda memberikan pengajaran tentang materi belajar menggunakan aplikasi pengganti Google Keyword Planner yang sudah tidak memberikan data detail pencarian keyword bulanan (Average Monthly Search).

 

**) Teknik Onpage SEO atau Optimasi Internal Website

Setelah data keyword dapat dipahami secara baik oleh peserta kursus SEO yang akan berikan, selanjutnya anda harus mengajarkan materi tentang dimanakah keyword-keyword tersebut ditempat dalam website atau konten.

 

Materi belajar tentang penempatan ini harus betul dan sempurna, agar blog personal ataupun website bisnis online yang dimiliki oleh peserta pelatihan kursus SEO yang anda buka dapat dengan mudah dikenali oleh Google saat calon konsumen mencarinya menggunakan mesin Google.

 

Pertanyaan, jika blog personal ataupun web toko online memiliki puluhan bahkan ratusan keyword, di mana mereka menempatkannya dengan tepat di dalam website ataupun tulisan yang membahas tentang produk mereka, tanpa harus melanggar aturan algoritma Google terbaru? Hal inilah yang akan anda bahas di pelatihan tersebut.

 

Jika peserta belum memiliki website atau blog, maka akan dipraktekan bersama-sama terlebih dahulu tentang materi pembuatan website gratis menggunakan platform WordPress ataupun Blogspot.

 

Pada sesi teknik onpage SEO ini, anda selaku guru search engine optimization harus secara ‘all out’ mempelajari materi yang akan diajarkan dan sekaligus juga memiliki resep bagaimana mencari ide dan membuat artikel untuk mengisi website peserta pelatihan SEO dan bahkan bisa menawarkan apa-apa saja peluang bisnis dan usaha yang bisa diperkenalkan melalui internet kepada calon pelanggan.

 

**) Teknik Link Building (Backlink) atau Optimasi Offpage

Guru SEO terbaik wajib memberikan materi teknik backlink terbaik dan berkualitas agar secara maksimal memahami tentang teknik menyebarkan alamat website mereka ke website lain dan peluang produk bisnis bisa meluncur dengan baik ke halaman utama google. Tujuan pemberian materi ini adalah untuk memperbanyak referensi layak dan terpercaya dari website lain.

 

Seperti pada kehidupan nyata, sebagai pebisnis maka perlu menyebarkan ‘kartu nama’ kebanyak pihak atau orang, agar website atau produk anda sangat mudah dikenal oleh calon konsumen. Demikian juga website dan dalam dunia blogging, alamatnya perlu disebarkan agar mudah dikenali oleh Google, sehingga peluang usaha bisnis dapat dengan mudah masuk halaman 1 Google dan menjangkau pasar lebih luas.

 

Guru SEO harus memberikan arahan yang tepat dan benar tentang materi pelajaran yang berisi ke mana saja menyebarkan link (nge Backlink) yang aman, sebab sekarang trend update algoritma Google 2019 untuk blog semakin galak dan kejam. Jika materi yang diajarkan salah melakukan strategi backlink ini, maka website peserta didik akan susah masuk halaman 1 Google, bahkan bisa menghilang sama sekali dari Google (terkena banned ataupun suspend) karena tak sejalan dengan trend algoritma google terbaru.

 

**) Evaluasi atau Mengevaluasi Penerapan SEO

Pasca peseta didik sudah menerapkan 3 langkah SEO, yakni: Riset Keyword, Onpage SEO dan Link Building (Backlink) maka langkah berikut guru SEO harus memberikan materi baru tentang kegiatan mengevaluasi atau memantau hasil penerapan langkah-langkah tersebut. Berapa jumlah kunjungan ke website, kata kunci apa saja yang menghasilkan kunjungan, urutan atau ranking semua kata kunci di Google. Termasuk juga mengevaluasi data backlink yang sudah dilakukan, sebab jangan sampai link yang sudah disebarkan tidak diakui oleh Google sehingga tidak bisa membantu website untuk masuk halaman 1 Google.

 

Materi belajar tentang evaluasi SEO ini juga memberikan data pasti apakah website yang dimiliki oleh peserta didik SEO terjadi error yang disebabkan oleh hosting yang sering down (mati atau bermasalah) atau data error-error yang terjadi di internal website lainnya.

 

Materi Pelatihan Praktek SEO Lanjutan

**) Mastering Backlink

Materi mastering backlink diberikan dengan maksud dan tujuan untuk mendalami cara melakukan backlink yang aman dan tidak membuat Google mempinalti (menghukum) website ataupun blog. Artinya dengan belajar materi ini, peserta di kelas SEO akan terbantu untuk menempatkan blog personal ataupun website bisnis online mereka masuk ke halaman 1 Google dengan aman dan abadi.

 

**) Membuat Backlink dari Website-website yang berotoritas (berkualitas) tinggi

Website-website yang memiliki otoritas tinggi sangat disukai oleh mesin pencari Google. Mengapa? Karena isinya yang berkualitas, lazim dikunjungi dan sangat banyak orang berkunjung, memiliki konten atau isi yang sangat banyak (unik, bermanfaat). Sehingga Page Authority (PA), dan Domain Authority (DA) atau URL Rating (UR) dan Domain Rating (DR) memiliki nilai yang tinggi.

 

Contoh website yang memiliki otoritas yang tinggi adalah: Facebook, Instagram, Google, Youtube, Twitter, Linkedin, dlsb. Dan pada materi ini, anda akan mempelajari dibagian mana dari website-website berotoritas tinggi tersebut diletakkan alamat website sehingga backlinknya diakui Google.

 

Ingat bahwa menyebarkan alamat website anda di wall facebook ‘FB’ saat update status, maka hal tersebut tidak menghasilkan backlink (tidak diakui backlink oleh Google). Kemudian menaruh link di bagian deskripsi profile Facebook juga tidak diakui Google sebagai backlink. Lalu di mana tempat yang tepat meletakan alamat website anda sehingga diakui Google? Disinilah peran guru SEO di medan perang kata kunci untuk memberikan praktek langsung tentang pelajaran membuat backlink pada pelatihan di kelas SEO private yang dibukanya.

 

**) Materi Mencari Backlink Dengan Footprint

Footprint adalah teknik mencari sumber backlink berdasarkan ciri-ciri khas dari website sumber backlink. Sumber backlink itu macam-macam, misalnya, Web comment (komentar di artikel suatu web), Web 2.0, Article Directory, Trackback, Pingback, WebInfo, Document Sharing dlsb.

 

Guru SEO akan memberikan pelajaran tentang cara mempelajari footprint, misalnya untuk mencari sumber backlink web comment dari website-website yang memiliki nilai PA atau UR yang tinggi. Pencarian sumber Backlink ini bisa dilakukan secara manual menggunakan Internet Browser atau menggunakan Software gratisan.

 

Pencarian sumber backlink menggunakan software ini akan secara otomatis mempercepat proses, dalam waktu kurang dari 1 menit, anda bisa secara aman dan nyaman memperoleh ribuan sumber backlink untuk menaikkan peringkat website/blog.

 

**) Menganalisa Backlink Kompetitor

Sesi analisis terhadap backlink yang dipunyai oleh web/blog kompetitor terutama kompetitor yang ada di halaman 1 Google, perlu diketahui kekuatannya backlink nya. Bila perlu seorang guru SEO harus mengajarkan tentang tips mengambil semua data backlink yang dimiliki kompetitor untuk di tiru sebisanya. Hal ini adalah cara paling mudah untuk menggeser posisi kompetitor di halaman 1 Google.

 

Materi pelajaran atas pengetahuan tentang analisa backlink ini bisa menggunakan penilaian atau tips sendiri untuk menganalisa backlink berdasarkan nilai-nilai Page Authority (PA), URL Rating (UR), atau Citation Flow (CF).

 

**) Materi Membuat Backlink yang Susah ditiru oleh Kompetitor

Materi ini berisi tentang pelajaran dan tips membuat backlink secara berlapis-lapis, sehingga mempersulit analisa backlink yang dilakukan kompetitor anda untuk menggeser posisi di halaman google.

 

**) Materi Software Auto Backlink

Mempelajari cara mempergunakan Software Auto Backlink GSA Search Engine Ranker (GSA Ser) untuk melakukan Backlink secara otomatis dengan aman, tanpa takut di penalty oleh Google. Perlu diketahui bahwa GSA Ser adalah software backlink terbaik buatan developer dari negara Jerman yang bisa melakukan backlink otomatis ke lebih dari 20 tipe backlink. Software ini akan melakukan proses-proses backlink berupa : Scrapping (pencarian), Submitting (menanam), Verifying (Verifikasi). Jadi kita hanya mengeset data-data backlink di awal kemudian dijalankan dan bisa ditinggal tidur.

 

Sebagian Guru SEO di Medan, Ahli Pakar SEO dan Konsultan SEO SEM Medan dan luar negeri biasanya menggunakan GSA Ser ini untuk meningkatkan authority web-web pendukung terpercaya, sehingga proses mendapatkan backlink berkualitas dapat dengan mudah dilakukan dan proses internet marketing atas url web blog juga secara cepat dapat berhasil dan memberikan keuntungan ‘finansial’.

 

Semoga artikel yang membahas tentang ‘Cara dan Tips Menjadi Guru SEO Yang Baik’ dapat bermanfaat bagi para sobat pebisnis online maupun rekan blogger yang berkunjung ke silaenseo yang merupakan blog bisnis online anak medan. Jadilah guru SEO terbaik dan guru SEO terpercaya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *