Kontes SEO Dan Jasa Ahli Bisnis Online

Jasa Ahli Agen Optimasi

Cara Menjalankan Usaha Waralaba Jadi 1 Bisnis Yang Sukses

Sebelum menjalankan sebuah usaha waralaba, penting diketahui bagaimana cara melakukan bisnis tersebut agar bisa menjadi 1 buah bisnis sukses dengan cepat dan memberikan keuntungan. Ya, meskipun diketahui bersama bahwa cara bagaimana menjalankan usaha berbisnis waralaba ini pada dasarnya tidak terlepas dari kemampuan dan pengalaman yang anda miliki dan rasakan selama ini, pasca terjun ke dunia usaha, baik offline maupun online.

 

Cara Melakukan Bisnis Waralaba Menjadi Usaha Sukses dan Terpercaya di Medan - Indonesia

 

Pada daerah sentra bisnis, dalam hal ini usaha dalam bentuk waralaba, maka ada beberapa tahapan yang harus dijalankan dan ini merupakan proses yang wajar dan harus dilalui, terutama bagi pengusaha waralaba pemula.

 

Sebagai termaktub dalam buku-buku yang membahas usaha/bisnis, maka secara umum bahwa usaha waralaba ini merupakan jenis usaha yang mana termasuk dalam bentuk dan wujud “usaha bersama”, dimana pemilik modal akan mengajukan kerjasama dengan pemilik waralaba, sehingga terjalinlah hubungan kerjasama yang saling menguntungkan.

 

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa bisnis waralaba semakin hari semakin banyak yang menggelutinya, mungkin karena bisnis yang diaplikasikan sebagai berusaha bersama itu sendiri dapat di mulai, walaupun dengan modal yang kecil, tapi harapan mendapatkan keuntungan besar sangat terbuka lebar. Ya, secara prinsip usaha ini menurut kami sangat cocok di jalankan oleh pemula mengingat kaidahnya merupakan usaha yang dijalankan bersama-sama (antara pemilik modal dengan pemilik waralaba), bahkan lazim pelaku usaha ini akan mendapat pelatihan saat menjalankannya.

 

Sebelum membahas bisnis waralaba ini lebih jauh lagi, kami akan mencoba menjelaskan tentang beberapa tahapan yang harus dijalankan oleh seorang pebisnis dalam rangka memulai bisnis atau cara menjalankan usaha, yakni:

 

1) Pentingnya menentukan ide bisnis

Ide bisnis yang akan dijalankan adalah akar dari sebuah usaha, sebab itulah menentukan ide bisnis haruslah mempertimbangkan atas adanya passion, peluang atau bahkan perpaduan keduanya, yang diperkuat dengan adanya data penelitian, karena tidak semua orang memiliki kemampuan yang sama dengan lainnya.

 

Nah, setelah calon pengusaha menggunakan analisa SWOT sederhana, maka coba lihat apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan perlakuannya. Coba lakukan seleksi dari beberapa ide, minimal 5 menjadi 3, dan selanjutnya mengambil keputusan untuk menentukan 1 yang akan dieksekusi.

 

Kemudian putusan penting dimaksud selanjutnya harus diperkuat dengan menggunakan konsep USP (Unique Selling Proposition) yang merupakan strategi tingkat lanjut untuk dijalankan kedepannya oleh sang pengusaha. Ingat, bahwa sebuah konsep marketing offline ataupun pemasaran online yang dapat diimplementasikan, jika itu tercapai maka selanjutnya akan menjadi market leader yang merupakan sebuah keniscayaan.

 

2) Adanya sources

Sumber disini secara umum dapat diartikan sebagai jenis sumber tenaga, waktu, modal materi, dan pikiran. Dalam usaha apapun yang akan dilakukan, maka kita harus mengerahkan ke-4 sumber tersebut, yang biasa menjadi kendala adalah mengenai modal materi (uang), padahal jika mau mencari solusinya maka materi adalah modal terakhir.

 

Ingat, bahwa untuk memulai sebuah usaha tidaklah harus dengan konsep “hutang”, bisa dimulai dengan sistem kepercayaan, asal ada kemauan, gunakan kemampuan pikiran, waktu dan tenaga.

 

3) Memperkuat dan mempertajam promotion

Dalam bisnis, termasuk dalam hal ini usaha waralaba, maka keberadaan promosi adalah ujung tombak, dimana pebisnis harus melakukan dengan 3 tahapan, yakni:

 

*) awareness, tujuan promosi ini adalah dalam rangka untuk mengenalkan produk yang akan di jual. Bagaimana para konsumen mau tahu produk yang kita jual, maka tidak ada salahnya menggunakan medsos sebagai opsi terpenting, karena minim modal promosi dan dapat dilakukan berulang-ulang;

*) sales, tujuan utamanya harus sudah pada peningkatan omset usaha, yang akan berimbas adanya peningkatan profit;

*) eksistensi, pada tahapan ini usaha anda wajib memiliki “spending money” untuk menunjukkan bahwa usaha dimaksud masih ada dan terus berkembang;

 

Ya, konsep diatas masih membutuhkan adanya konsistensi dan komitmen dari para pelaku usaha, dimana hal ini merupakan tujuan akhir dari promosi untuk mendapatkan branding usaha yang dijalankan. Contoh: apa kira-kira yang ada dipikiran seseorang jika mendengar orang menyebutkan, biskuat, polytron, samsung, yamaha, gojek, grab, garuda, toyota, mercedes, baygon, honda, rinso, pepsodent. Jika anda dapat dengan mudahnya menjawab, maka artinya ketiga tahapan promosi tadi sudah berhasil dilaksanakan.

 

*) Melakukan ekspansi

Sebuah usaha akan sangat membutuhkan yang namanya ekspansi, pada tahapan ini para pelaku bisnis bisa melakukannya dengan cara membuka cabang baru atau bermitra dengan banyak para pebisnis baru di berbagai wilayah yang menjadi sentra bisnis di Indonesia. Dengan membuka cabang, maka peningkatan sebuah usaha akan kelihatan, karena akan meningkatkan omset usaha.

 

Memang, akan sangat banyak faktor yang akan menjadi pertimbangan dalam hal membuka cabang atau kantor wilayah ini, karena butuh akan adanya sistem. Jadi idealnya, terlebih dahulu haruslah membangun sistem pada tahapan sebelum pengembangan, misalnya dengan menggunakan struktur organisasi dan membangun kemimpinan didalamnya.

 

*) Melakukan controlling

Pada tahapan ini, pebisnis membutuhkan adanya manajemen usaha yang baik, yang mencakup manajemen sdm, keuangan, promosi. Disamping itu, perihal harus penuh pertimbangan dalam hal memilih staf yang bisa memimpin yang diberi mandat untuk menggerakkan roda usaha, karena peran pemimpin ini sangat penting terutama dalam hal mengkomandoi manajemen keuangan dan promosi agar mampu bergerak dan maju.

 

Nah, terkait dengan memulai usaha waralaba, sebagaimana penjelasan diatas, maka alangkah baiknya memadukannya dengan baik dan benar, sehingga menjadi sebuah kunci sukses dari cara-cara yang anda lakukan dalam memulai usaha waralaba.

 

Menurut hemat kami selaku pegiat bisnis online, ada beberapa cara yang harus dilakukan pengusaha waralaba agar sukses melakukan usaha waralaba ini, dimana penjelasan tipsnya adalah sebagai berikut:

 

*) Pilih Waralaba Yang Mudah Dijalankan

Hal pertama yang wajib anda lakukan sebagai seorang calon pebisnis waralaba adalah mencari usaha waralaba yang mudah untuk di lakukan, karena sebagai pemula yang baru saja memulai suatu hal yang sama sekali baru, maka langkah dari yang mudah dulu baru kemudian bisa beranjak untuk menjalankan yang rumit. Usaha waralaba yang mudah ialah usaha waralaba yang tidak terlalu menyita waktu dan pikiran, pastikan waralaba tersebut bersifat mudah dan praktis untuk di jalankan.

 

*) Pilih Waralaba Dengan Harga Produk Terjangkau

Faktor harga atau joint modal cukup penting dalam sebuah bisnis, harga yang terjangkau dengan kualitas prima tentunya menjadi primadona di mata konsumen. Nah, anda harus mencari usaha waralaba yang mana produknya cukup murah dan terjangkau oleh semua kalangan, termasuk anak-anak.

 

*) Pilih Waralaba Yang Banyak di Cari Konsumen

Jika suatu jenis produk atau barang di sukai oleh banyak orang, tentunya hal tersebut cukup bagus untuk pengembangan bisnis kedepannya. Usaha waralaba yang paling di cari konsumen untuk saat ini ialah usaha waralaba kuliner, hampir di setiap sudut kota pasti ada saja usaha kuliner ini.

 

Nah, untuk mengetahui apakah usaha waralaba tersebut banyak di cari konsumen, maka anda wajib melakukan survei atau pengamatan dengan cara melihat langsung usaha waralaba yang akan anda jalankan.

 

*) Pilih Waralaba Dengan Pelayanan Yang Baik

Bergabung dengan merk dagang haruslah pintar-pintar, anda harus bergabung dengan pemilik waralaba yang memberikan pelayanan prima, seperti garansi produk atau barang, pelayanan atau informasi uptodate kepada anda, pelatihan atau kursus dan lain sebagainya yang masih berkaitan dengan usaha waralaba dan strategi pengembangannya.

 

*) Pilih Waralaba Yang Dekat Dengan Rumah Anda

Saat ini usaha waralaba memang memiliki banyak sekali jaringan hingga ke sudut kota. Seperti di Kota Medan saja, kami melihat tiap jalan sudah ada usaha waralaba meskipun hanya dijalankan dengan menggunakan gerobak sorong di emperan toko. Nah, dalam konteks itulah, sehingga tak heran apabila ada lokasi merk dagang tersebut berada di wilayah A namun kita menjalankannya di wilayah Y.

 

Tapi, sebagai pemula alangkah baiknya jika anda bergabung dengan usaha waralaba yang ada di sekitar rumah anda, paling tidak masih se kabupaten atau se kecamatan. Hal tersebut akan memudahkan kita untuk mendapatkan informasi penting tentang usaha tersebut, selain itu dengan lokasi yang dekat usaha waralaba akan jauh lebih mudah untuk di jalankan dan tidak membutuhkan biaya yang besar.

 

Memulai usaha waralaba memang membutuhkan kesiapan fisik dan mental, perlu perencanaan yang matang sebelum benar-benar terjun ke dunia usaha waralaba yang sesungguhnya.

 

Tapi, kesimpulannya adalah bahwa sebuah usaha apapun itu, baik offline dan online (termasuk dalam hal ini binsis waralaba) bukanlah sekedar action semata, masih dibutuhkan namanya ilmu dan strategi bisnis masa depan. Ingat, bahwa dengan adanya keseimbangan ilmu dan praktek yang dimiliki pebisnis akan mempermudah nahkoda menjalankan sebuah perahu usaha. Seperti adagium yang mengatakan: “jika ingin terjun kelaut, maka setidak-tidaknya harus bisa berenang”, sebab kami melihat bahwa dunia usaha itu ibarat lautan penuh ketidakpastian, namun bisa dikendalikan jika memiliki ilmu.

 

Demikian artikel yang membahas tentang cara sukses melakukan bisnis waralaba, mudah-mudahan setelah sobat blogger membaca artikel ini, maka akan mendapatkan referensi tentang cara menjalankan usaha yang baik dan benar hingga jadi salah satu pengusaha sukses dan entreprenuer dalam usaha waralaba di Kota Medan, Provinsi Sumut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!