Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Cara Pebisnis Meningkatkan Omzet Penjualan

Munculnya berbagai bisnis berbasis online, membuat para pengusaha retail (bisnis offline) sedang menghadapi ujian berat terutama dalam hal terjadinya penurunan omzet. Penjualan berbagai bisnis retail per bulan November 2018 diperkirakan turun dari biasanya, akibat masyarakat mulai beralih berbelanja pada bisnis e-commerce.

 

Cara Meningkatkan Omzet Usaha Bisnis

 

Sebenarnya terjadinya penurunan omzet penjualan dan keuntungan tidak sepenuhnya akibat adanya gempuran bisnis online, melainkan juga diakibatkan semakin menurunnya daya beli masyarakat di pasar retail. Ya, mungkin juga disebabkan memanasnya suhu politik di berbagai daerah dalam menyambut pesta demokrasi rakyat di pemilihan presiden, dewan perwakilan rakyat, dprd dan dewan perwakilan daerah (dpd) pada 17 April 2019 mendatang.

 

Memang omzet penjualan dan laba yang diperoleh adalah hasil akhir yang ingin selalu dicapai oleh semua perusahaan maupun pengusaha. Jika omset turun, maka sudah dapat dipastikan bahwa laba usaha pun akan ikut turun. Sementara untuk mendapatkan omzet penjualan yang tinggi atas suatu bisnis, bukanlah perkara yang bisa serta-merta datang begitu saja tanpa adanya usaha apapun dari si empunya usaha.

 

Artinya setiap usaha maupun pengusaha harus memiliki dan mengambil langkah-langkah strategis sebagai konsekuensi dari target perusahaan untuk mendapatkan omzet penjualan yang tinggi per periodik nya. Jadi, cara yang harus di tempuh oleh seorang pebisnis adalah hal dasar yang memang seharusnya dilakukan demi mempertahankan kelangsungan usaha yang sedang ditekuni.

 

Pada artikel kami kali ini, secara khusus membahas tentang sejumlah tips agar bisa digunakan untuk meningkatkan omzet usaha Anda kedepannya. Adapun tips dan cara pebisnis meningkatkan omzet penjualan adalah sebagai berikut:

 

1) Adanya Jaminan Atas Kualitas Produk

Bicara tentang kualitas produk yang sedang dipasarkan, selain memiliki pengaruh yang sangat kuat pada integritas usaha, juga sangat berpengaruh pada angka penjualan produk kedepannya. Sudah menjadi hal yang wajib bagi semua usaha/bisnis untuk selalu mempertahankan dan menjaga kualitas produk yang dihasilkannya.

 

Memang kelihatan hal ini sangat sederhana, namun sangat sulit dilakukan dan diterapkan. Jika kualitas suatu produk bisnis sudah top markotop, maka konsumen pun biasanya akan loyal dan serasa terhipnotis untuk terus berbelanja di toko yang Anda kelola. Apalagi jika usaha dimaksud pada bidang bisnis kuliner (baik menjual makanan maupun minuman).

 

Jadi tetaplah menjamin dan meningkatkan kualitas produk Anda. Ingat bahwa konsumen kebanyakan tidak mempersoalkan masalah harga yang sedikit dinaikan asalkan kualitas produk yang akan dibeli dan dinikmatinya selalu terjamin.

 

2) Melakukan Promosi dan Gebrakan Branding

Point kedua ini harus menjadi skala prioritas yang harus Anda lakukan jika ingin meningkatkan penjualan. Ingat, bahwa kekuatan promosi dan branding ini dalam rangka sebagai salah satu cara meningkatkan omset usaha Anda sudah tidak diragukan lagi keberadaannya.

 

Tapi, perihal masalah promosi dan branding haruslah didesain murah tapi tidak murahan dan tidak ribet. Untuk itu, para pebisnis harus melakukan langkah jitu dalam urusan promosi dan branding. Tentu saja harus sesuai dengan kemampuan usaha Anda dan cara yang dipilih juga haruslah tepat dan efisien.

 

Contoh saja jika Anda memiliki usaha wisata murah, bisnis tour and travel, atau usaha kuliner dan sejenisnya, maka sangat tepat bila Anda berpromosi di social media (medsos), bahkan bisa memilih cara pemasaran digital (digital marketing) untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan sesuai target konsumen yang hendak diraih.

 

Atau seandainya Anda memiliki usaha kuliner menjual pancake durian medan, maka tidak ada salahnya sobat pebisnis untuk menggelar promosi diskon pada pertengahan bulan agar omzet usaha Anda tetap tinggi pada tanggal tua tersebut.

 

3) Memberikan Layanan Terbaik dan Solutif

Setiap bisnis/usaha tentu wajar saja bila ada pesaingnya. Nah, dengan semakin banyaknya pesaing yang hadir di luar sana, maka menurut pendapat kami bahwa salah satu kunci untuk bisa menang dalam persaingan bisnis (baik offline maupun online) adalah dengan meningkatkan kualitas layanan yang akan diberikan kepada konsumen.

 

Ingat dengan istilah “konsumen adalah raja”, maka untuk melayani mereka haruslah memberikan layanan terbaik dan solutif atas kebutuhan yang sedang dicarinya. Anggaplah bahwa usaha yang anda jalankan memiliki jenis produk yang sama dengan harga yang hampir sama dengan yang lainnya, maka hal terpenting yang menjadi pertimbangan para konsumen dalam berbelanja pada toko anda tentu saja adalah karena pelayanan yang diberikan.

 

Pelayanan yang cepat, tepat dan solutif bagi konsumen, ramah memperlakukan pelanggan meskipun itu sekedar bertanya, hingga menambah fasilitas tambahan seperti koneksi internet gratis (wifi) di tempat usaha Anda, akan membuat pelayanan kepada konsumen bisa memiliki nilai tambah dan membuat mereka untuk memilih usaha anda dibandingkan dengan pesaing anda.

 

4) Senantiasa Belajar Strategi Pemasaran

Setiap pengusaha diwajibkan tidak hanya sekadar menjalankan usaha semata, melainkan dituntut untuk selalu belajar dan terus belajar mencari peluang untuk mengembangkan dan sekaligus meningkatkan omzet.

 

Nah, belajar yang kami maksudkan adalah belajar tentang cara pemasaran atau strategi marketing baik offline maupun online. Tapi, meskipun saat ini bukan era-nya untuk belajar strategi pemasaran dengan cara konvensional lagi, bukan berarti harus ditinggalkan 100 persen.

 

Berhubung benar adanya saat ini adalah jaman dunia digital nan canggih, maka secara perlahan harus bisa belajar pemasaran digital maupun merambah ke penjualan online. Terutama belajar tentang strategi memasarkan berbagai produk anda melalui social media (medsos) yang populer saat ini, seperti instagram, facebook, twitter, linkedin, dan pemasaran melalui Google (iklan google adsense).

 

Bahan kami sangat menyarankan agar mencari bacaan yang dibuat oleh para praktisi digital marketing. Mengapa? Karena biasanya tutorial yang dibuat oleh para praktisi ini akan sangat mudah bisa Anda temui di situs blog dan media. Caranya cukup anda cari melalui layanan mesin pencari di Google.

 

Memang urusan untuk meningkatkan omset penjualan adalah sebuah hal yang gampang namun sangat sulit dipraktekkan. Tapi jika anda melakukan pembiaran pada omzet usaha Anda terus turun, maka semakin lama usaha Anda akan merugi dan akhirnya akan gulung tikar alias bangkrut. Jadi sebelum omzet usaha turun lebih parah lagi, maka cobalah perbaiki dari sekarang.

 

5) Memperbaiki Manajemen Keuangan

Salah satu penyebab merosotnya omzet penjualan adalah diakibatkan produk yang di jual tidak populer lagi, sementara biaya untuk belanja produk sangat terbatas.

 

Nah, tentu saja terkait dengan hal ini sangat penting kiranya untuk mereview kembali manajemen keuangan perusahaan, sehingga post belanja yang tidak maksimal tapi menghabiskan uang yang banyak dapat segera dihentikan. Intinya post keuangan yang tidak berfungsi secara signifikan untuk mendongkrak omzet penjualan harus segera dipangkas dan dialokasikan pada sub belanja produk ataupun pada biaya untuk promosi.

 

Pentingnya solusi untuk segera keluar dari kemerosotan omzet usaha di tengah-tengah situasi global ekonomi yang menurun dan kondisi perang dagang yang masih ramai, namun pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kurun waktu triwulan ketiga tahun 2018 yang berada di angka 5,17 % (YOY) masih memberikan peluang yang cukup menggembirakan untuk mengembangkan bisnis kedepannya. Apalagi sektor bisnis e-commerce dan online shop pasarnya masih terbuka lebar memberikan keuntungan kepada para pelaku usaha ini.

 

Satu hal yang penting dilakukan untuk mengembangkan bisnis pada pembukaan gerai toko online adalah memaksimalkan kinerja website toko online agar semakin populer dan mudah ditemukan oleh para pengguna internet dari aktivitas googling. Nah, cara yang lazim digunakan adalah dengan memaksimalkan kinerja SEO atau search engine optimization agar memiliki peluang besar untuk bisa berada di posisi halaman satu google.

 

Untuk meningkatkan trafik omzet pemasaran pada sektor online shop ini, tak ada salahnya untuk mempelajarinya dalam artikel yang berjudul cara meningkatkan traffic penjualan online shop pakai seo, sehingga website toko online anda kebanjiran pengunjung yang hendak berbelanja produk usaha. Artinya bisnis anda akan berpeluang besar laris manis di pasaran dan siap untuk memberikan keuntungan besar.

 

Disamping penggunaan SEO, di jaman penggunaan teknologi informasi nan canggih, bisnis anda juga dapat memilih untuk menggunakan jasa pemasangan iklan baik pada blog, ads atau pun iklan berbentuk ppc alias pay per click maupun iklan cpm alias cost per million yang saat ini banyak ditawarkan oleh perusahaan media periklanan online.

 

Salah satu perusahaan media iklan non-adsense lokal yang cukup terkenal dan terpercaya di Indonesia adalah zoteromedia-com, dimana perusahaan ini menawarkan cara promosi di zoteromedia.com dalam program pasang iklan murah ppc dan cpm premium yang terpasang pada ratusan website-website yang sudah menjadi mitra publisher. Dengan begitu promosi bisnis anda akan terlihat oleh puluhan ribu bahkan ratusan ribu pengunjung setiap harinya, sehingga peluang untuk mendapatkan konsumen atau pelanggan akan semakin terbuka lebar.

 

Demikian artikel yang membahas tentang cara pebisnis meningkatkan omset penjualan, semoga bermanfaat bagi sobat silaenseocom. Atas perhatian dan kunjungannya diucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!