Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Cara Praktis Agar Blog Bisnis Online Jadi Page One

Kami yakin dan percaya, di internet telah banyak tutorial yang membahas “Cara Praktis Agar Blog Bisnis Online Jadi Page One”. Tentu ikhwal artikel ini sangat penting diketahui, setelah para sobat blogger tahu cara membuat blog dan mengoperasikannya pasca telah online.

 

Cara Praktis dan Terbaik Membuat Situs Bisnis Online Jadi Page 1 Google

 

Kami yakin juga, bahwa para sobat blogger telah mendesain blog secara apik agar tampilannya kelihatan bonafit dan cantik dipandang mata. Seandainya berjalan baik dan tampilannya juga terlihat oke, maka pekerjaan selanjutnya adalah mengisi blog atau website bersangkutan dengan konten-konten berkualitas, populer dan yang terpenting adalah sangat banyak dicari oleh para pengguna internet dengan menggunakan mesin pencari (googling).

 

Mengapa sih begitu penting diketahui oleh para blogger tentang cara membuat blog masuk di halaman satu google? Ataupun langkah apa saja yang harus dilakukan oleh seorang “website enginering” agar situs bisa tampil di posisi ranking 1? Apakah setiap blog baru bisa menduduki posisi halaman pertama google?

 

Seluruh pertanyaan diatas, nantinya akan terjawab setelah anda membaca seluruhnya isi artikel ini.

 

Memang ikhwal keberadaan blog yang telah dimanfaatkan dalam menunjang aktivitas bisnis modern melalui penggunaan medium internet, membuat para pelaku bisnis seakan-akan berlomba-lomba membuat website/situs sembari mengkolaborasikan penggunaan SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) agar bisa menambah konsumen baru dari aktivitas googling yang marak dilakukan oleh para pengguna internet di seluruh dunia.

 

Perihal agar blog bisnis bisa duduk pada halaman pertama google merupakan salah satu strategi pemasaran terampuh, mengingat pada prinsipnya bahwa trafik tinggi bisa diperoleh ketika sebuah blog ataupun kontennya bisa berada pada halaman 1 di google.

 

Blog Harus Mendapatkan Trafik Tinggi Dari Search Engine

Mengapa blog harus mendapatkan trafik tinggi? Alasannya, karena kecenderungan saat ini para pengguna internet mengandalkan mesin pencari dalam rangka untuk mencari berbagai informasi maupun produk atau jasa apa saja yang menjadi kebutuhannya. Nah, tentu saja segala informasi, produk ataupun jasa dimaksud telah tersimpan pada data base mesin pencari, dan ketika ada pengguna internet yang membutuhkan informasi tersebut, maka mesin pencari akan merekomendasikannya.

 

Dalam dunia googling maupun blogging, terkait dengan metode agar mesin pencari merekomendasikan sebuah blog/situs, maka jalannya adalah dengan memaksimalkan kinerja SEO pada website yang bersangkutan (baik kinerja internal blog maupun juga melakukan aktivitas pada eksternal website), sehingga secara bertahap akan lebih cepat terindeks dan memiliki tingkat persaingan tinggi untuk menduduki ranking terbaik di page google.

 

Bicara tentang teknik optimasi, tentu aspek yang harus dilakukan adalah mengoptimasi domain, artikel/konten, template, script, loading dan juga mendapatkan backlink-backlink yang berkualitas tinggi. Semua bagian ini harus secara komprehensif dipelajari dan dipahami teknik pengoptimalisasiannya agar mudah diterapkan ke dalam mesin website.

 

Sebenarnya dalam hal mengoptimasi SEO untuk menunjang aktivitas pada internet marketing, maka blog bisnis online agar bisa ranking 1 atau setidak-tidaknya berada di “page one google”, sebenarnya tidak sulit dilakukan, sepanjang sobat blogger memiliki ketekunan dan kerja keras, serta mau belajar. Disamping itu juga diperlukan adanya konsistensi dari sang pengelola web, serta memiliki pengalaman dan keahlian tentang teknik yang terbaik untuk menguasai search engine.

 

Adanya visi dan misi diatas sangat penting dimiliki oleh para blogger, dikarenakan kita bersaing dengan jutaan blogger dari seluruh penjuru dunia yang juga memiliki tujuan yang sama, yakni meraih posisi di page one google. Ketika kita lalai dan ataupun semangat mengoptimasi turun, maka efek nya website kita akan kalah bersaing dan posisinya juga akan terus turun. Oleh karena itulah, banyak para ahli SEO maupun pakar optimasi yang memberikan tiada henti terus berinovasi dan secara berkala melakukan update pada blog anda, terutama menambah konten/artikel dan menambah outbound link yang mengarah pada situs dan atau konten yang akan dioptimasi.

 

Tips dan Cara Membuat Blog Masuk Halaman 1

Secara prinsip, kami melihat ada 4 (empat) bagian penting yang wajib dilakukan optimasi oleh para sobat blogger agar blog yang berniche bisnis online bisa jadi juara di mesin pencarian, yakni: 1) pemilihan tema bisnis yang tepat; 2) menyewa domain dan hosting berkualitas; 3) menggunakan template dan theme yang seo friendly; dan ke-4) pembuatan artikel dan mencari link yang berkualtias.

 

Nah, masing-masing bagian sebagaimana disebutkan diatas, tentu saja membutuhkan penanganan secara tepat dari orang-orang yang terlatih dan memilih keahlian diatas rata-rata. Mengapa? Karena, optimasi yang dilakukan haruslah bertahap agar bisa lebih maksimal dan harus pula diawali ketika pertama sekali membuat atau membangun situs.

 

Baik, tanpa membuat waktu lagi, kami akan menjelaskan tahap-tahap dimaksud, sebagai berikut:

 

1) Tentang Pemilihan Tema dan Domain

Setiap pemilik blog bisnis, wajib pertama kali dan final menentukan topik dan tema apa yang akan difokuskannya saat akan memulai ngeblog atau ngeweb. Hal ini sangat penting agar senantiasa dapat lebih intens dan fokus pada 1 kata kunci yang menjadi target di webs bersangkutan. Mengapa sih harus 1 kata kunci? Hal ini disebabkan fokus pada 1 kata kunci akan jauh lebih baik dari pada membangun blog dengan menggunakan kata kunci yang bermacam-macam. Logikanya, konsentarasi membuat konten atau artikel dengan kata kunci yang beragam sudah dapat dipastikan akan kalah bersaing dengan blog yang hanya berkosentrasi pada keyword yang itu-itu saja.

 

Nah, untuk menopang pemahaman agar pemilihan kata kunci lebih tepat dan efisien, maka kami sarankan agar anda telah mau belajar dan atau setidak-tidaknya tahu cara menggunakan Google Adwodrs Keyword Planner. Fungsi dan manfaat dari tools ini adalah sebagai alat yang dapat membantu anda untuk menganalisa kata kunci apa yang paling banyak dicari pada mesin pencari google setiap bulannya. Sebab, apala artinya membuat website masuk page one google kalau ternyata topik atau tema yang dibahas tidak ada yang mencari atau membutuhkannya. Kalau bisa cari dan upayakan menggunakan keyword yang pencariannya diatas 5000 kali dalam sebulan.

 

Perihal dalam hal memilih domain maupun hosting setelah memutuskan telah mantap dan final pada topik/tema blog yang pas dengan talenta anda, selanjutnya agar menyewa alamat website atau domain yang memiliki kemiripan dari temanya atau paling tidak menyertakan kata dari tema tersebut. Konkritnya, ketika anda memilih tema tentang bisnis online, maka gunakanlah domain yang mengandung kata bisnis ataupun online, contoh: bisnismedan .com, bisnisonline .net, medanonline .org, bisnismodern .info, jualanonline .id, jagobisnis .or.id, juraganbisnis .co.id, konsultanbisnis .web.id, konsultanonline .xyz, dan lain sebagainya.

 

Adanya beberapa contoh nama domain diatas, berfungsi agar mesin algoritma google bisa dengan sangat mudah membaca adanya relevansi antara domain dan pokok pembahasan dalam web/blog anda yang tentunya bertujuan untuk memberikan posisi terbaik di halaman mesin pencari. Baik antara tema dan domain, agar selalu mengkedepankan nama domain yang baru (Top Level Domain (TLD)) dan selalu dalam konteks SEO friendly.

 

Mengapa disarankan menggunakan domain yang berbasis TLD, karena menurut pendapat para master SEO maupun para kalangan pegiat SEM maupun jago-jago blogger di Indonesia, bahwa TLD (Top Level Domain) sangat banyak mempengaruhi posisi artikel suatu blog/website di mesin pencarian, walaupun sebenarnya menurut pendapat kami bahwa hal itu tidak menjadi faktor utama agar sebuah blog/website bisa berada di halaman pertama google. Ya paling-paling adalah bagaimana menciptakan kepercayaan pengunjung blog akan lebih tinggi dibanding bila para sobat blogger menggunakan domain dari web gratisan (blog versi 2.0).

 

Disamping itu, pemilihan atas hosting yang berkualitas juga harus menjadi pertimbangan. Sebab, apabila hosting dimaksud sering “down”, maka hal ini tentu akan berimbas pada turunnya trafik visitor anda setiap harinya.

 

2) Tentang Template

Pada dasarnya, penjelasan tentang template ini sudah masuk dalam konteks pembahasan tentang tata letak dan juga desain (tampilan) dari website bisnis online yang sedang anda bangun atau kelola. Tapi, jangan salah mengira para sobat blogger, bahwa sub ini adalah hal terpenting yang harus diperhatikan agar website bisnis online milik anda dapat dengan mudah berada pada rank 1 atau setidak-tidaknya berada di posisi halaman satu google.

 

Kalau memungkinkan, upayakan agar tampilan dan desain nya menggunakan konsep sederhana dan memiliki kecepatan (loading) yang tidak melebihi batas 5 detik setiap kali di akses oleh para visitor. Memang secara umum, template atau theme bawaan yang disedikan oleh server hosting dianggap kurang menarik dan banyak yang beranggapan kurang SEO Friendly. Hal inilah yang menyebabkan banyak para pebisnis yang meneken kontrak dengan konsultan SEO dan praktisi optimasi maupun selaku ahli SEM situs Bisnis Indonesia yang intens melakukan perombakan dan atau mengganti template blog.

 

Khusus untuk perombakan template ini, para praktisi internet dan jagoan SEO banyak yang telah membahas dan melakukan modifikasi ulang, dimana pada pokoknya dapat dilakukan pada:

 

  1. Editing pada Script-nya

Script merupakan kode yang menjalankan template, dan berawal dari sinilah google melakukan pembaca atas seluruh isi dari blog bisnis online. Semakin sesuai dengan cara kerja google, maka akan semakin gampang pulalah terbaca. Berikut adalah beberapa hal yang secara prinsipil harus di edit ulang pengaturannya, yakni: bagian Title Tag, Deskripsi, Meta description, mengisi bagian struktur heading (mulai dari H1, H2, H3, sampai H6), kemudian jangan lupa untuk mengaktifkan fitur artikel terkait atau “related post” yang posisinya terlihat pada bagian bawah setiap artikel yang telah diterbitkan. Hal ini sangat berfungsi untuk mengurangi terjadinya Bounce Rate (persentase jumlah pengunjung yang langsung meninggalkan blog begitu telah selesai membaca 1 artikel, tanpa selanjutnya membaca artikel lainnya).

 

Jika seandainya tidak mau repot-repot di kemudian hari, alangkah baiknya sebelum memutuskan memakai sebuah template, maka pilihlah template yang sudah dilengkapi dengan seluruh fasilitas tersebut, karena jika tidak nantinya akan mempengaruhi kinerja web blog untuk mendatangkan trafik. Ingat, bahwasanya google tidak menyukai web yang jumlah bounce rate-nya terlalu tinggi, dan umumnya akan mendapat hukuman berupa penurunan SERPs (Search Engine Rating Pages).

 

  1. Faktor pendukung lainnya

Gambar yang terdapat pada template blog ataupun pada setiap konten-konten yang dibuat haruslah selalu ada. Bila sebuah blog maupun artikelnya tidak diselingi dengan adanya penggunaan gambar yang relevan dengan topik, maka sudah dipastikan pengunjung dan para pembaca akan merasa bosan dan dapat pula dipastikan bahwa visitor tersebut akan lebih memilih menutupnya dan beralih ke website lain.

 

Disamping gambar, adanya widget yang terpasang juga menjadi salah satu daya penarik visitor berlama-lama di blog bisnis online ataupun toko online anda. Namun, jangan sampai widget ini terkesan asal pasang atas widget yang tidak penting sama sekali, karena ini akan memberikan efek melambatnya loading blog. Jadi, selektif lah untuk memilih widget. Nah, kalau di cermati metode pemasangan widget yang dilakukan oleh para master seo dan praktisi SEM kawakan di Indonesia, secara umum bahwa mereka hanya menggunakan widget artikel terpopuler, widget artikel terbaru, serta widget like box jejaring media sosial (medsos), selebihnya tidak relevan dan tidak baik bagi kinerja SEO maupun SEM.

 

  1. Tentang Backlink

Pengertian backlink adalah merupakan link atau tautan yang datang dari website lain dan mengarah ke halaman utama atau ke-artikel blog bisnis online. Hingga saat ini, perihal backlink ini bukanlah dihitung dari jumlahnya melainkan dilihat dari kualitas tautan tersebut, dan yang paling baik dan sempurna adalah yang mengandung kata kunci berupa anchor text yang sesuai dengan tema bisnis toko online anda, misalnya temanya membahas tentang “cara meningkatkan keuntungan toko online”, maka paling tidak backlink yang ditautkan haruslah menyertakan salah satu dari kata tersebut agar mudah mendapat poin ranking dari google.

 

Dan untuk untuk menunjang adanya backlink ini, saran kami selaku pegiat SEO dan SEM bisnis online, agar senantiasa membuat “blog dummy” yang terus dioptimasi setiap harinya, kemudian juga harus terus mempelajari beberapa ketentuan tentang cara mencari backlink yang aman agar terhindar dari penalty google (deindex, sandbox, suspend, banned) karena efeknya sangat buruk dan bisa menimbulkan penyesalan.

 

Oleh karena itu, sebelum terjadi sanksi google, maka sayangilah web/blog anda dengan memberikan energi berkualitas, seperti membuat konten-konten dan juga aktivitas untuk mendapatkan backlink berkualitas pula. Bila sobat blogger telah tepat dan baik melakukan optimasi SEO dan SEM, maka blog bisnis online ataupun situs toko online anda akan dapat masuk ke page one google.

 

Demikian artikel yang membahas tentang: “cara praktis agar blog bisnis online jadi page one google”, semoga ada manfaatnya bagi sobat blogger Indonesia yang hendak menjadi pebisnis professional, khususnya bagi para sobat blogger medan, yang rajin berkunjung ke situs silaenseo.com ini. Atas kehadiran dan perhatiannya diucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!