Cara Terbaik Membangun Bisnis Startup di Medan

Perkembangan usaha-usaha terkait dengan startup terbaik meningkat tajam hingga ke Januari 2018 ini. Tentu, bagi para pebisnis pemula yang baru terjun ke bisnis startup, harus bekerja ekstra keras untuk membangunnya, terlebih-lebih dalam konteks belajar memahami bagaimana cara atau tips membangun bisnis startup agar cepat berkembang, sukses, dan berhasil membukukan laba yang besar.

 

Cara dan Tips Membangun Bisnis Usaha Startup Online di Medan - Indonesia

 

Khusus untuk warga Sumatera Utara, terutama warga Kota Medan dan sekitarnya, kami dari blog silaenseo.com akan membagikan sebuah tulisan yang berjudul: “Cara Terbaik Membangun Bisnis Startup di Medan”. Mengapa judul ini yang kami angkat? Alasannya disebabkan, menjalankan bisnis startup telah banyak dimaknai oleh para pebisnis pemula sebagai bisnis yang gampang-gampang susah untuk dijalankan apalagi untuk ditaklukkan. Karena, hal ini terkait dengan adanya ketidaktahuan tentang metode yang terbaik dan terpercaya untuk menjalankan bisnis startup tersebut. Sehingga, mau tidak mau harus banyak belajar untuk mengetahui hal-hal yang terkait dengan bisnis yang lagi marak digandrungi oleh pebisnis usia muda.

 

Sebagaimana yang diketahui bersama, bahwa startup secara umum dimaknai sebagai suatu tindakan dalam hal memulai sebuah usaha apapun itu, atau bisa juga dikatakan sebagai aktivitas bisnis yang berada pada fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pangsa pasar yang tepat di dunia online.

 

Bisnis  yang baru dimulai tersebut, kemudian dikembangkan tahap demi tahap dengan kerja keras, kesabaran, dan konsistensi berkelanjutan dalam rangka untuk meningkatkan bisnisnya ditengah-tengah masyarakat, terutama masyarakat pengguna internet global. Mengapa? Karena, bisnis ini sangat berhubungan erat dengan bidang teknologi dan telekomunikasi, web atau blog ataupun jaringan internet dan pendukung seperti: komputer atau laptop, handphone, gadget, smartphone berbasis android, dan lain sebagainya. Ya, pada pokoknya, perusahaan bisnis yang dikerjakan saat ini, hampir sebagian besar telah menggunakan sebuah website sebagai wadah untuk menjalankan bisnisnya.

 

Terkait dengan pengembangan usaha, maka perusahaan dari awal (nol) akan mulai dikembangkan dan dijalankan secara mandiri tanpa adanya bantuan dan sokongan korporasi-korporasi yang sudah mapan (memilik brand) atau sudah besar dikalangan para pebisnis. Hal ini menandakan bahwasanya perusahaan bisnis dalam konteks startup adalah perusahaan yang memang berdiri sendiri (mandiri), ingin berkembang cepat dalam rangka untuk meningkatkan hasil lebih besar pula (dalam hal ini adalah keuntungan dan brand produk dari perusahaan tersebut).

 

Selaku pegiat dunia bisnis berbasis online di Kota Medan, kami dari blog silaenseo.com, melihat bahwa setidak-tidaknya ada 3 (tiga) jenis bisnis startup yang lagi ngetren dan hits saat ini di Kota Medan. Bisnis startup Medan dimaksud, diantaranya adalah: 1) bisnis startup gamers; 2) bisnis startup e-commerce; dan 3) bisnis startup edukasi.

 

Menurut kami, ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan dan sekaligus dipertimbangkan dalam rangka membangun bisnis startup di Indonesia agar cepat sukses dan menghasilkan keuntungan besar, yakni:

 

*) Adanya Keinginan Kuat dan Memiliki Tim Work Solid

Ada pepatah yang mengatakan: “dimana ada kemauan, maka disitu ada jalan”. Nah, terkait dengan aktivitas startup bisnis yang akan dan sedang dijalankan, maka pertama sekali perlu adanya niat atau keinginan yang kuat untuk memulainya yang diwujudkan dalam sebuah “action”. Apalagi, dalam konteks sebuah startup yang sama sekali baru, maka anda selaku pebisnis dan pemodal harus siap menghadapi berbagai hambatan dan tantangan yang terjadi dalam proses pembangunan bisnis tersebut kedepannya.

 

Terkait dengan adanya niat ini, maka yang perlu Anda lakukan untuk mewujudkan kesuksesan dalam membangun startup bisnis, maka kiat pertamanya adalah mencari partner yang memiliki passion yang sama dengan anda. Seandainya, anda telah menemukan partner yang cocok, maka nantinya akan lebih mudah untuk memulai bisnis apapun itu. Bahkan, yang keuntungannya, Anda secara tidak langsung telah mendapatkan partner yang sudah memiliki pengalaman malang melintang di dunia bisnis dimaksud, terutama melakoni bisnis online.

 

Selain dengan cara yang kami jelaskan diatas, maka langkah yang tidak kalah penting untuk anda lakukan, yakni: meyakinkan partner anda untuk sama-sama melakukan bisnis tersebut. Cara bisa anda lakukan dengan menunjukkan gambaran besar “blue print” tentang rencana bisnis dimaksud kedepannya, kemudian gambaran tentang nilai keuntungan yang bisa diperoleh, dan segala tata cara kerjanya.

 

*) Mulai dengan Produk atau Jasa yang Berkualitas

Mempertimbangkan tentang kualitas produk terbaik yang akan dijual adalah langkah yang sangat menentukan keberhasilan suatu startup. Mengapa? Karena dengan produk berkualitas dimaksud tersebutlah, maka secara bertahap akan terbentuk “image” dan juga “brand” bahwasanya produk yang anda jual adalah selalu dan merupakan produk dengan kualitas yang bagus dan mumpuni. Dengan begitu, pangsa pasar akan dapat dikuasai dengan sangat cepat dan tangga kesuksesan pun akan dengan mudah di daki.

 

*) Senantiasa Menganalisis Pasar Untuk Mengetahui Keinginan Pelanggan atau Konsumen

Cara terbaik untuk mengetahui keinginan pelanggan adalah dengan melakukan riset dan juga survey. Tapi, kegiatan riset ini haruslah dilakukan secara mendalam dan kemudian dianalisa secara baik oleh setiap pebisnis startup. Mengapa? Karena, data valid dan hasil analisa tersebut bisa menjadi kunci jawaban atas segala hal tentang survery, baik yang dilakukan oleh pihak ketiga maupun oleh anda sendiri.

 

Bahkan dari adanya aktivitas riset dan survey dimaksud, anda akan dapat menemukan fakta-fakta tentang apa saja produk yang menjadi keinginan pelanggan, ataupun strategi apa saja yang sudah digunakan oleh para kompetitor atau startup lainnya dalam memasarkan produknya ketengah-tengah masyarakat. Ya, pada intinya dengan riset dan survey dimaksud, maka anda dapat secara detail mengetahui karakter pangsa pasar yang akan menjadi sasaran bisnis startup anda.

 

*) Mempelajari Sosial Media Marketing (SMM)

Sebagaimana diketahui bersama, hingga akhir tahun 2017, para pengguna sosial media (sosmed) jumlahnya cukup fantastis. Oleh karena itu, hingga ke tahun 2018 ini, para ahli dan pakar pemasaran tetap memberikan saran agar memaksimalkan pemasaran produk melalui jejaring media sosial ini, seperti: facebook, whatsapp, linkedin, twitter, line, instagram, google plus, tumblr, dan lain sebagainya.

 

Kami selaku pegiat bisnis online juga melihat, bahwa saat ini sosial media telah menjadi salah satu alat pemasaran yang sangat potensial bagi kalangan pebisnis apapun produknya, terkhususnya bagi pemula yang baru terjun ke bisnis startup online untuk memperkenalkan dan sekaligus mengembangkan mengenai produk atau jasa yang sedang mereka jual atau tawarkan.

 

Sehingga, tidak ada tawaran lagi selain memanfaatkan semua sarana pembelajaran yang terkait dengan media sosial sebagai ujung tombak media marketing di dunia maya. Dan satu lagi jangan sampai lupa untuk tetap mempromosikan produk apapun itu secara offline dengan memanfaatkan sumber daya dan media fisik untuk menyebarkan informasi, seperti: spanduk, stiker, kartu nama, poster, baliho, videotron, pasang iklan di media cetak, dan lain sebagainya. Ya, meskipun sama-sama kita ketahui bahwa cara promosi secara offline lebih memiliki batasan atau limitasi waktu dibandingkan dengan pemasaran secara online, tapi tetap harus dilakukan demi memperkenalkan brand bisnis startup anda.

 

*) Memberikan Pelayanan Terbaik dan Tercepat Bagi Pelanggan

Salah satu kunci terpenting untuk meraih keberhasilan dalam membangun bisnis startup adalah pelayanan yang berkualitas terbaik. Mengapa? Karena dengan adanya kenyamanan dari segi pelayanan akan membuat pelanggan anda menjadi ketagihan dan membentuk “image terbaik” dalam pikiran para pelanggan tersebut.

 

Jadi, jangan lupa para sobat pebisnis startup agar senantiasa menanamkan hal diatas dalam benak dan strategi jangka panjang bahwasanya kebutuhan konsumen adalah prioritas utama. Ingat istilah “Pembeli Adalah Raja”. Nah, dengan adanya pemberian pelayanan yang sangat memuaskan ditambah kualitas produk yang dijual adalah terbaik, maka tentu saja para konsumen akan setia kepada produk atau jasa yang kita miliki.

 

Cara dan triknya adalah tak perlu gengsi untuk terus belajar dan mengamati aktivitas para pengusaha yang telah lebih dulu sukses pada bidang bisnis yang sama. Dengan memperdalam pengetahuan tentang semua hal yang berhubungan dengan bisnis yang sedang dijalankan, maka produk dan layanan yang dihasilkan pun bisa lebih inovatif dan laris manis dipasaran.

 

Ingat, bahwa kesuksesan berawal dari ketekunan dan kecintaan kita terhadap suatu pekerjaan. Temukan sesuatu yang produk yang anda cintai, dan kemudian “action” atau kerjakan dengan penuh perhatian dan keuletan, maka aktivitas bisnis startup yang sedang anda jalankan sudah selangka berada di ambang pintu kesuksesan, bila dibandingkan dengan pebisnis lainnya.

 

Demikian artikel yang membahas tentang “Cara Terbaik Membangun Bisnis Startup di Medan” yang dapat kami bagikan bagi anda sobat blogger medan, dengan harapan ada manfaatnya. Atas perhatian dan kunjungannya ke blog silaenseo.com ini diucapkan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!