Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Cara Terbaik Memulai Bisnis Online di Indonesia

Tahun 2017 ini, kami melihat banyak profesional muda ingin terjun memulai usaha bidang bisnis secara online. Namun, tentu saja masih ada yang bingung dan gamang tentang bagaimana cara bisnis online yang cepat dan atau tips apa yang paling mudah dilakukan oleh seorang pemula agar bisa sukses melakoni bisnis online kedepannya.

 

Tips dan Cara Terbaik Memulai Bisnis Online di Indonesia

 

Tentu, sebagaimana “pebisnis online pemula” harus memahami bagaimana prosesnya dan tahap-tahap apa saja yang harus dilalui? Nah, terkait dengan hal ini, kami dari blog silaenseo.com yang merupakan salah satu situs dan media yang konsern membahas tentang bisnis online di Indonesia, mencoba memberikan tips dan juga gambaran, maupun panduan praktis yang nantinya dapat dijadikan sebagai salah satu sumber referensi dan inspirasi bagi siapa saja dalam hal mengikuti trend bisnis yang dapat menghasilkan uang dari aktivitas internet.

 

Jujur saja, siapapun orangnya yang baru terjun memulai bisnis online adalah sangat wajar akan merasa kesulitan, misalnya: dari mana harus memulainya dan apa-apa saja persiapan yang perlu tersedia dan harus dilakukan sebagai modal awalnya memulai usaha dimaksud.

 

Sebenarnya, kalau dicermati tentang strategi berbisnis online adalah tidak jauh beda dengan usaha di bidang “bisnis offline”, dimana salah satunya akan terdapat banyak pilihan dan ragam maupun jenis unit kegiatan online yang bisa menghasilkan uang dari media internet. Tapi, tentu saja terlebih dahulu haruslah disesuaikan dengan keahlian, peluang, kemampuan maupun talenta yang dimiliki.

 

Secara umum, kami melihat ada beberapa ide dan konsep bisnis online yang dapat menghasilkan uang kegiatan-kegiatan online yang dapat disikapi sebagai usaha dalam hal untuk memperoleh penghasilan uang (finansial) dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang melingkupinya. Ide bisnis online yang dimaksud adalah:

 

*) Berjualan online atau bikin toko online

Di era digitalisasi yang serba canggih ini, untuk membangun 1 buah toko online tidaklah sesulit yang dulu-dulu. Dimana saat ini, telah banyak program-program atau sistem yang disediakan oleh para pengembang web (website enginereering), berupa tersedianya beragamContent Management System (CMS) yang tinggal di install pada sebuah hosting yang kemudian menggunakannya untuk memasarkan produk yang akan kita jual online.

 

Bicara tentang modal yang harus dikeluarkan juga tidaklah terlalu besar dimana estimasinya untuk penyewaan: 1) Nama Domain [dot com, net, co id, info] antara Rp 150 – 250 ribu per-tahun; 2) Penyewaan Hosting Medium biayanya kurang lebih Rp 350 ribu pertahun.

 

Tapi, satu hal yang harus dipahami bahwasanya memiliki toko online bukan berarti kita wajib mempunyai barang / produk jasa sendiri. Mengapa? Karena, saat ini sudah banyak sistem online yang berorientasi pada online shop yang dapat disiasati sebagai media yang khusus untuk menawarkan barang dagangan milik orang lain atau bahkan milik dari beberapa toko online lainnya.

 

Nah, jenis bisnis online yang diatas, lebih populer dan dikenal para blogger dengan istilah sistem dropship. Sistem dropsip ini secara umum dimaknai sebagai “reseller”, dimana kita sebagai penjual akan memperoleh keuntungan dari produk yang berhasil dipasarkan hingga terjadi transaksi penjualan atas produk dimaksud.

 

Tentu ide untuk mengikuti model bisnis dropship, apa lagi dari sebuah suplier produk besar tentu akan lebih memudahkan siapa saja dalam hal mengelola toko online yang sedang dibangunnya. Sebab, tidak perlu lagi disibukkan dengan pengadaan barang ataupun mencari ide untuk memproduksi barang yang akan dipasarkan kedepannya. Dan pihak suplier juga akan mengirimkan barang yang dipesan oleh konsumen dengan mengatasnamakan toko online yang kita miliki agar lebih profesional dan semakin mendapatkan kepercayaan penuh dari konsumen.

 

Jika telah memantapkan diri untuk membangun web toko online sendiri, dan anda merasa belum mampu untuk mengelolanya, maka masih ada peluang belajar berjualan online menggunakan akun sosial media (medsos) facebook, twitter, instagram, dan lain sebagainya.

 

*) Bikin blog atau website dari yang berbayar ataupun gratisan

Pada sub yang kedua ini adalah merupakan pondasi atau bangunan dasar dari segala bentuk bisnis online yang hendak ditekuni. Hal mana disebabkan, semua kegiatan di internet saat ini tidak bisa lepas dari adanya peranan sebuah blog atau web.

 

Sekali lagi, bahwa urusan untuk membuat 1 buah website atau situs saat ini sudah cukup mudah, bahkan untuk seorang pemula (newbie) tidak memerlukan keahlian khusus dalam bidang pemrograman ataupun harus mengikuti kursus pelatihan bidang IT yang akan memakan waktu sangat lama.

 

Bagi seorang pemula yang ingin terjun sebagai seorang blogger ataupun webmaster, serta mencoba eksis menekuni bidang ini, sementara waktu bisa belajar dari sebuah platform web atau blog gratisan dan outputnya juga sudah cukup mumpuni untuk dijadikan lahan bisnis di internet yang dapat menghasilkan uang.

 

Nah, bagi anda yang merasa kesulitan untuk mengetahui tempat memperoleh tutorial atau panduan lengkap tentang tata cara membangun sebuah web dan blog hingga bisa menghasilkan uang, maka kami sarankan agar mencarinya melalui search engine google, dimana berdasarkan hasil pantauan dan penelitian kami bahwa di halaman google sudah sangat banyak tutorial yang dibagikan secara cuma cuma oleh para blogger, mulai dari tingkat dasar sampai pada tingkat mahir.

 

Sementara perihal untuk memperdalam ilmu tentang bagaimana cara mendesain, optimasi serta pengelolaan web atau blog yang baik dan benar, anda bisa mencoba untuk bergabung mengikuti forum ataupun komunitas online, seperti ads .id. forum.maxmanroe .com yang saat ini telah menjadi salah satu situs rujukan terpercaya para blogger Indonesia untuk mengelola website.

 

Kemudian disaat website yang dibikin telah online, apa saja langkah yang harus dilakukan agar dapat di monetisasi? Tentu perihal ini terlebih dahulu haruslah dikelola dengan baik dan benar agar mampu memperoleh trafik pengunjung yang cukup tinggi. Salah satu hal yang harus dilakukan oleh pengelola website atau situs adalah dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization), baik memaksimalkan kinerja website dengan teknik SEO Onpage maupun SEO Offpage. Tapi, pada kesempatan kali ini, kami tidak akan mengulas tentang kedua teknik SEO dimaksud. Namun, bagi anda yang ingin mengetahuinya bisa langsung membaca artikel yang telah kami publikasikan sebelumnya dengan tema bahasan “Manfaat SEO Bagi Bisnis Online” (silahkan sobat klik agar langsung menuju ke laman pokok bahasan tersebut).

 

Bila trafik pengunjung situs anda telah meningkat tajam setiap harinya, maka peluang untuk menjadikannya sebagai salah satu lahan bisnis yang mampu menghasilkan uang dari internet akan terbuka lebar, dan kami yakin akan meraih sukses. Satu hal yang perlu selalu di ingat, bahwa trafik pengunjung web tersebut adalah aset sangat berharga yang nantinya akan menjadi tolak ukur kesuksesan dari bisnis online ini, salah satunya adalah dengan membuka usaha “jasa pasang iklan dan banner di blog”.

 

Mungkin para sobat blogger tidak semuanya mengetahui, apa bedanya web berbayar dengan web gratisan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya akan kami jelaskan terlebih dahulu. Pada prinsipnya, kedua flatform web ini hanya berbeda dari hak kepemilikan saja, dimana yang berbayar akan diberikan hak kepemilikan yang dapat dikelola sepenuhnya mulai dari nama domain dan file-file yang ada didalamnya dapat dikelola bebas dan merupakan milik sang pengelola. Sementara pada web gratisan, seperti: wordpress .com dan blogspot .com yang mana web yang anda bangun adalah sebagai web yang merupakan tempat anda menumpang untuk melakukan aktivitas online.

 

Setelah mengetahui hal diatas, berikutnya yang perlu dipahami adalah tentang cara menjadikan sebuah blog sebagai lahan bisnis yang menghasilkan uang, dimana tahap awal bisa dimulai dengan mengikuti program periklanan yang akhir-akhir ini marak terjadi. Dimana, pemilik blog akan dibayar oleh pihak pengiklan jika ada sebuah transaksi yang berasal dari tayangan iklan pada website tersebut, seperti di klik ataupun dari jumlah tayangannya saja.

 

Nah, kami melihat bahwa model bisnis internet pasang iklan inilah yang menjadi favorit para blogger, karena dengan modal yang relatif kecil bahkan bisa nyaris tanpa modal, tapi mampu memberikan hasil yang luar biasa bagi penghasilan sang blogger. Tapi, perihal untuk membangun sebuah web atau blog mulai dari awal hingga dapat memberikan hasil yang memadai, maka sang pemilik harus benar-benar meluangkan waktu yang cukup untuk belajar dan mengelolanya, karena biasanya mereka yang gagal dalam bisnis ini selalu menyerah pada bulan bulan pertama dengan alasan web mereka tidak bisa mendapatkan pengunjung.

 

Tentu semuanya kembali ke website yang anda miliki apakah benar adanya memiliki jumlah pengunjung yang sangat besar dan juga populer di search engine google? Bila belum, ada cara yang cukup efektif yang mana saat ini telah menjadi salah satu trend yang banyak dipilih oleh para pengusaha yang berbasis bisnis online, yakni dengan menyelenggarakan kompetisi yang berbau “Kontes SEO” yang merupakan even mengoptimasi kata kunci (keyword) agar bisa menduduki pososi ranking terbaik di halaman pertama google (page one).

 

*) Terjun mengikuti program affiliasi (Affiliate Marketing)

Bagi anda yang telah memiliki blog dan berhasil mendatangkan trafik pengunjung yang cukup tinggi, maka peluang bisnis internet lainnya yang pantas untuk di coba selain mengikuti program periklanan adalah bergabung dalam bisnis affiliasi yang banyak ditawarkan oleh toko online.

 

Sebenarnya, kehadiran sistem bisnis affiliasi telah dikenal cukup baik dalam dunia offline, yang lazim dan terkait dengan pekerjaan seorang makelar, dimana seorang makelar akan memperoleh komisi dan atau keuntungan dari apa yang telah mereka lakukan untuk orang lain.

 

Sementara affiliasi pada dunia online, telah dimaknai sebagai salah satu program online yang memang lebih menjanjikan, seandainya para pelaku affiliasi mampu merekomendasikan sebuah produk kepada orang lain hingga mereka tertarik pada apa yang sedang ditawarkan, sehingga terjadilah sebuah transaksi. Contoh yang paling sederhana adalah dengan mengikuti bisnis affiliasi pada sebuah website toko online lokal, seperti Lazada ataupun Amazon pada tingkat internasional.

 

Nah, dari kedua toko online tersebut nantinya akan dibayarkan komisi jika website anda mampu memberikan kontribusi dengan ikut menawarkan produk mereka sampai terjadi penjualan. Nilai komisi yang diberikan juga bisa mencapai 5% (lima persen) dari nilai hasil penjulan, sehingga semakin besar transaksi yang terjadi pada blog anda maka penghasilan online yang anda peroleh juga akan semakin cepat meningkat.

 

*) Menjadi kontributor sebuah media online (Content Writer)

Nah, jenis bisnis online yang ke empat ini merupakan bentuk pekerjaan online yang paling sederhana, bahkan dapat dilakukan oleh orang yang tidak memiliki website atau blog sama sekali. Menjadi kontributor media online adalah pekerjaan yang dilakukan dibelakang layar. Dan jenis pekerjaan ini tidak bisa di anggap remeh, meskipun secara langsung personalnya tidak akan menjadi populer atau terkenal seperti nama website yang didukungnya.

 

Untuk memulai bisnis online dengan menjadi seorang penulis hanya memerlukan keahlian menulis, serta mampu mencari sumber referensi yang akurat tentang apa-apa saja yang hendak di tulis. Disamping itu, kualitas tulisan yang dibuat juga sangat menentukan nilai atau harga yang nantinya akan di konversi manjadi penghasilan finansial kepada sang penulis.

 

Sebagai contoh, satu artikel yang dibuat dalam Bahasa Indonesia dengan panjang antara 500 hingga 1000 kata, saat ini sudah bisa dijual dengan harga yang mencapai Rp 25.000 (dua puluh lima rupiah). Belum lagi untuk artikel yang menggunakan bahasa asing, seperti Bahasa Inggris, Hokkian, Jerman, dan lain sebagainya sudah pasti harganya akan jauh lebih mahal bahkan bisa mencapai Rp 35.000 per artikel.

 

Nah, dari apa yang paparkan diatas, mungkin anda sudah membayang kira-kira berapa penghasilan yang akan diperoleh seorang penulis, jika dalam sehari dianya mampu membuat 10 artikel yang berkualitas baik. Tentu saja penghasilan dengan menajdi seorang kontributor (penulis artikel) sudah layak ditekuni untuk menunjang kebutuhan hidup sehari hari.

 

Bicara tentang tempat yang bisa anda kunjungi untuk menjual artikel, maka silahkan luncur ke forum ads .id atau blog jalantikus .com yang saat ini cukup populer bagi kalangan yang berprofesi sebagai penulis artikel hingga menjual hasil tulisannya.

 

*) Membuat video di YouTube bisa menjadikan penghasilan

Konsep bisnis online yang terakhir ini merupakan pilihan yang paling mudah, bahkan bisa dilakukan oleh siapapun yang bisa mengakses internet via mobile.

 

Memang, di jaman penggunaan ponsel canggih, khususnya yang berbasis android, pada hp jenis ini sudah ditanamkan berbagai fitur yang serba canggih, sehingga peluang untuk dapat menghasilkan uang dari internet bukan masalah yang sulit lagi dilakukan oleh siapapun.

 

Disamping itu, kebanyakan kamera ponsel saat ini juga telah didukung dan diperlengkapi dengan fitur merekam video, dan dari sinilah peluang akan muncul untuk bisa menghasilkan uang dengan syarat video yang dibuat layak untuk di tayangkan dan memiliki potensi bisa menjadi terkenal dan ditonton oleh banyak orang.

 

Perihal mengunggah file video, seperti pada situs YouTube juga saat ini bukanlah perkara yang sulit. Dimana seseorang cukup hanya dengan memiliki akun google, maka sudah bisa membuat sebuah saluran (chanel) dimana video hasil buatan anda akan ditempatkan. Jika video tersebut bisa menarik perhatian penonton dan akhirnya terkenal, maka kesempatan untuk menjadikannya sumber penghasilan dari internet sudah menanti di depan mata. Akan tetapi pemilik video harus mematuhi segala peraturan yang ditetapkan oleh pihak google, yakni tentang adanya kelayakan video yang akan di tampilkan ke pemirsa.

 

Nah dari kelima ide atau konsep untuk menekuni bisnis online, maka sekeranglah waktu yang terbaik untuk memulai belajar bisnis online, karena sarana pendukung telah banyak tersedia dan sangat mudah pula didapatkan. Tapi semuanya kembali ke diri masing-masing, apakah dalam hal memulainya telah memiliki kesempatan dan semangat yang pantang menyerah? Sebab, menurut kami akan lebih baik memulai sambil belajar daripada harus menunggu sampai benar-benar sempurna.

 

Ingat, bahwa hal semangat juga harus terus anda kobarkan mengingat kebanyakan dari mereka yang telah sukses melakoni bisnis internet, juga berawal dan telah melewati banyak kegagalan dan rintangan yang tidak sedikit. Dari berbagai keluh kesah yang ada, jatuh bangun, dan suka duka saat memulai bisnis online tersebutlah akan menjadikan sebuah pelajaran yang cukup berharga dan pengalaman ini tentunya tidak akan pernah di dapat dari kursus, pelatihan ataupun mata kuliah yang diambil pada perguruan tinggi.

 

Rahasia sukses ketika menekuni bisnis di internet, sadar tanpa sadar sebenarnya akan diperoleh setelah kita terjun langsung dan menjalaninya secara kontiniu, serta tetap update terdepan untuk mengikuti perkembangannya. Dengan kata lain, cara kita menyikapinya secara positif segala hal yang terkait tentang bagaimana bisa melipatgandakan penghasilan online dengan menggunakan kaidah atau logika faktor teknis maupun non-teknis.

 

Demikian artikel yang membahas tentang “cara terbaik memulai bisnis online di Indonesia”, mudah-mudahan ulasan tips seputar bisnis online – bisnis marketing online ini bermanfaat bagi sobat blogger yang sering berkunjung ke blog silaenseo.com – situs kontes seo bisnis online. Atas perhantian, kunjungan dan kesediaannya membaca artikel ini hingga selesai, diucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!