Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Peran Content Marketing Dalam Bisnis Online

Bisnis berbasis online semakin diminati para pengusaha global. Tentu saja untuk menunjang aktivitas bisnis dimaksud, sangat dibutuhkan peran dari sejumlah pengetahuan yang terkait dengan marketing. Mengapa? Hal ini disebabkan, bisnis online akan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk sukses setiap waktu sesuai dengan riak-riak pasar yang terjadi.

 

Content Marketing Terbaik Untuk Bisnis Online

 

Tapi, kondisi diatas harus juga dimaknai sebagai salah satu tantangan besar yang harus diseriusi, di mana setiap waktu sangat rentan terjadi perubahan drastis dalam bisnis global yang ada. Timbul pertanyaan, apakah sobat pebisnis telah siap untuk beradaptasi atas terjadinya perubahan pasar setiap waktu?

 

Nah, salah satu cara agar bisa tetap bertahan di aktivitas usaha-usaha berbasis online, maka para pebisnis wajib menguasai internet marketing atas produk maupun jasa yang dilempar ke pasar. Dengan begitu, rekan bisa melakukan pemasaran bisnis secara maksimal dengan hasil yang dapat membukukan laba besar.

 

Jujur bahwasanya hal ini tidak akan mudah untuk dilakukan apalagi bagi para rekan pebisnis pemula, mengingat tingginya tingkat persaingan yang melingkupi aktivitas di dunia bisnis online. Sehingga sedikit banyaknya akan membutuhkan berbagai macam strategi jitu, efektif dan berbiaya murah dalam mengambil kebijakan pada strategi pemasaran yang akan dilakukan selanjutnya.

 

Satu hal yang penting untuk dilakukan agar tetap eksis dalam bisnis berbasis digital ini adalah dengan cara memaksimalkan postingan atas content marketing di website/situs. Yang mana pada dasarnya, untuk semua bisnis online yang menggunakan website, blog, social media (socmed), forum belanja, ataupun marketplace lainnya. Jadi penggunaan content marketing menjadi hal yang tak dapat ditawar-tawar lagi untuk terus dilakukan demi memenangkan persaingan.

 

Dalam artian dengan adanya pembuatan content marketing, akan memudahkan para rekan pebisnis untuk menyampaikan setiap promosi yang dilakukan, yang mana hal tersebut dapat diterima dengan baik dan menarik oleh para pelanggan maupun calon konsumer.

 

Ingat, bahwa penggunaan konsep pemasaran yang biasa-biasa saja tentu akan membosankan dan membuat pelanggan enggan untuk berkunjung ke situs/website Anda. Hal ini pasti akan menjadi satu problem besar dalam perkembangan bisnis yang sedang dijalankan, apalagi dalam hal memberikan keuntungan.

 

Nah, untuk mengatasi problematika diatas, peran strategis yang bisa dimainkan oleh content marketing dapat dilakukan dalam bentuk pemasaran yang lebih terarah dan tidak terkesan memaksa, atau bahkan sampai membuat bosan para pelanggan yang hendak bertransaksi atau belanja.

 

Selaku pegiat dunia blogger dan konsultan pemasaran online, penulis mencermati ada beberapa alasan utama mengapa content marketing sangat dibutuhkan dalam pengembangan bisnis maupun usaha-usaha lain yang menggunakan medium internet, diantaranya adalah:

 

1) Content memiliki nilai menarik dan patut untuk dibagikan ke masyarakat.

Ada prinsip yang menggaung bahwa bila hendak ramai dikunjungi pengguna internet, maka akan banyak untung yang diperoleh. Pendapat ini benar, mengingat content marketing yang bagus dan langsung menyasar pada target pembaca dari seluruh dunia, dan tanpa sadar akan membuat visitor/pelanggan begitu senang dan rela untuk membagikannya melalui akun social media yang mereka miliki.

 

Bila semakin banyak yang membagikan content marketing tersebut, maka tentu saja akan semakin mempermudah untuk melakukan kegiatan promosi bisnis Anda dengan menggunakan tangan-tangan para pengguna internet. Ya, artinya para pelanggan akan secara sukarela turut serta dalam mengembangkan bisnis tersebut dengan cara membagikan content yang menurut mereka layak diketahui dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

 

Namun, satu hal yang penting untuk diingat bahwa hal ini bukanlah sebuah proyek pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Keterampilan Anda dalam membuat dan mendesain content berkualitas akan sangat dibutuhkan. Ingat, tiap-tiap pelanggan akan malas berinteraksi apabila membaca content yang membosankan, biasa, memaksa, “omdo”, dan tidak memiliki kualitas/informasi yang berguna baginya.

 

Oleh karena itu, sangat penting adanya pemahaman yang baik tentang apa dan bagaimana sebenarnya content dimaksud mempunyai pengaruh siginifikan dalam mensukseskan bisnis online Anda kedepannya. Nah, seandainya telah memahami hal ini, Anda menjadi lebih tahu tentang cara dan bagaimana suka duka menghasilkan content yang berkualitas dan berpotensi viral. Artinya, content yang dibuat tersebut mampu menjawab kebutuhan pelanggan dengan baik, membuat pelanggan tertarik, dan akhirnya men-share-nya secara sukarela. Dengan begitu, akan banyak bertambah visitor baru yang berdatangan dan melihat produk/jasa Anda, sehingga dengan sendirinya angka penjualan akan mengalami peningkatan diluar perkiraan sebelumnya.

 

2) Website harus senantiasa terlihat lebih fresh dan dinamis karena adanya rupa-rupa content yang dibuat. Ya, dengan kata lain bahwa website akan terlihat semakin semarak dengan adanya content-content yang sudah dipublikasi.

 

Secara prinsip, benar adanya sangat banyak orang yang gemar belanja online dan bertransaksi e-commerce. Tapi, perlu diingat pula bahwa saat ini para pembeli dan member juga sudah semakin cerdas. Mereka tidak akan membeli dan menggunakan produk sambil “menutup kedua matanya”. Mengapa? Karena, mereka tidak memiliki sejumlah informasi yang lengkap dan layak dipercaya tentang produk yang hendak dibeli secara online. Hal inilah yang akan dijawab content yang Anda posting di website/situs.

 

Satu hal yang tak kalah penting dipertimbangkan bahwa visitor tidak akan mengambil keputusan dengan sangat mudah dan tergesa-gesa. Sebab mereka butuh berbagai informasi yang lengkap hingga mereka yakin mau membeli, termasuk dengan keberadaan sejumlah informasi yang diberikan content marketing yang disediakan di website Anda buat. Namun, apakah hal ini telah cukup? Tentu tidak. Sebab kebanyak sifat visitor akan sangat tertarik pada berbagai content yang baru dan dapat memenuhi semua rasa ingin tahu mereka.

 

Hal inilah yang membuat Anda harus selalu fokus untuk secara terus menerus memproduksi berbagai content yang baru di website Anda. Nah langkah terbaiknya adalah dengan selalu memperbarui content dan membuat keadaan semakin baik tentang content yang bersifat informatif sehingga visitor tidak akan kecewa ketika datang dan menemukan content yang itu-itu lagi.

 

Peran content informatif, sangat berpengaruh pada ketertarikan atau tidaknya visitor untuk melakukan pembelian, termasuk kembali atau tidaknya visitor pada esok harinya. Jadi jangan bosan untuk selalu menyediakan content yang baru dan tentunya harus berkategori berkualitas baik, sehingga rasa ingin tahu visitor terpenuhi dengan baik.

 

3) Content bisa menjadi pilihan hemat dan efektif dalam rangka mempopulerkan brand atau menjadi sarana iklan online. Tentu hal ini harus terus dipacu, sehingga konsep menjadikan content marketing branding produk ataupun jasa tanpa mengeluarkan biaya tambahan dapat berjalan secara efektif dan tepat sasaran.

 

Adanya konsep branding tanpa biaya akan dapat berhasil bila ada keseriusan Anda dalam membuat dan menyediakan berbagai content berkualitas dalam rangka membantu memaksimalkan kegiatan promosi terhadap bisnis yang dijalankan saat ini. Bahkan hal ini bisa menjadi jalan utama dalam kegiatan marketing menggantikan konsep pasang iklan, apakah pay per click, iklan di sosial media, pasang iklan di blog, dll.

 

Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa Anda melakukannya dengan baik dan tepat. Sembari jangan lupa untuk memberikan waktu dalam hal memposting berbagai content yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca. Nah, akan lebih baik jika hal ini dilakukan dengan terjadwal. Artinya bahwa anda harus memiliki waktu-waktu terbaik untuk melakukan pembuatan beragam content terbaik. Hal ini akan membantu untuk dapat merangkul pelanggan dan membuat mereka mengingat dengan baik kapan Anda akan menghadirkan content baru tersebut.

 

Jika konsisten melakukan hal diatas, pelanggan juga akan lebih mudah mengingat dan mengenal brand Anda dibandingkan dengan yang lainnya. Dengan begitu, target peningkatan penjualan akan semakin cepat tercapai. Jadwalkan kegiatan posting secara berkala, sehingga peluang terciptanya angka penjualan akan semakin besar.

 

Ingat bahwa dengan semakin banyak melakukan kegiatan posting content marketing ini, semakin besar kemungkinan pelanggan akan melakukan pembelian. Mengapa? Karena, mereka akan semakin kenal dengan brand produk Anda. Kegiatan ini juga menjadi kesempatan yang sangat baik untuk bisa meraih pelanggan baru sebanyak-banyaknya.

 

Nah, semua hal ini sangat bermanfaat dalam menjalankan bisnis online agar semakin sukses, Anda tentu akan membutuhkan sejumlah strategi dalam mencetak angka penjualan produk. Salah satu langkah yang bisa ditempuh adalah dengan cara memproduksi content marketing yang dapat mendatangkan pelanggan. Tapi dengan catatan bahwasanya anda memiliki kemampuan yang baik, agar content tersebut dapat menjawab keingintahuan pelanggan/konsumen dan akhirnya membuat mereka melakukan pembelian setelah terlebih dahulu berkunjung ke website Anda.

 

Bila seandainya, anda tidak memiliki kemampuan, keahlian ataupun waktu untuk membuat content berkualitas dan atau teknik untuk menjadikan content tersebut menjadi unggul di medium halaman google menggunakan kata kunci tertentu, maka jalan terbaik adalah dengan menggandeng para pemberi jasa optimasi (seo) content marketing, seperti: jasa seo bisnis, jasa social media marketing, jasa search engine marketing, dll.

 

Mengapa membutuhkan jasa seo? Alasannya bahwa secara teknis sebuah content marketing agar bisa bersaing di halaman google, maka tak luput dari penggunaan seo onpage dan seo offpage yang simbiosis mutualis untuk meningkatkan page ranking konten dimaksud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!