Hobi Fashion Jadi Modal Memulai Bisnis Butik

Hai para pebisnis mudah, blog silaenseo.com akan berbagi tulisan tentang “Hobi Fashion Jadi Modal Memulai Bisnis Butik” yang bisa menjadi salah satu motivasi bagi siapa saja yang ingin memulai usaha-usaha yang terkait dengan fashion sepanjang tahun 2017. Tapi kalau boleh janganlah hanya sekedar hobi, tetapi harus diexplore sehingga bisa menjadi hobi yang memberikan keuntungan besar bagi diri anda dan keluarga.

 

Bisnis Butik dan Usaha Hobi Fashion Indonesia

 

Karena hal itulah, adanya tulisan ini pun dilatarbelakangi banyaknya para pecinta dunia fashion yang ingin mendirikan toko butik, terutama butik online sebagai salah satu alat untuk memasarkan produk-produk hasil karya para desainer.

 

Memang seandainya kita membicarakan prestasi bidang fashion di sepanjang tahun 2017, maka usaha ini jelas dimotori oleh para kawula muda dan prospeknya tidak akan pernah habis-habisnya. Saat ini, bidang fashion memang telah mendapat perhatian khusus dan telah menjadi perbincangan sangat hangat di media online.

 

Salah satu indikatornya, bahwa selama tahun 2017, sangat banyak trend baju maupun mode pakaian masa kini yang sangat digandrungi oleh masyarakat mulai dari kaula muda hingga kaula sosialita di media sosial, meskipun awalnya dimulai dari hanya sekedar hobi semata. Trend fashion memang sering kali menjadi salah satu trending topik diberbagai media televisi maupun jejaring sosial. Dimana perkembangan terakhir, media sosial yang sedang populer yang lazim memamerkan berbagai fashion terkini adalah instagram.

 

Mengapa instagram yang dipilih? Alasannya disebabkan insta digunakan oleh lebih dari dua juta penduduk Indonesia. Bayangkan seandainya akun-akun isntagaram yang banyak tersebut setiap harinya memposting foto-foto produk butik yang bisa mengundang banyak interaksi dan banyak pula yang ngelikes.

 

Sama halnya dengan produk fashion lainnya, maka di halaman internet sangat banyak kita temukan trend-trend pakaian yang diposting pada media sosial, seperti instagram ini. Tentu, dengan banyaknya para pengguna akun instagram, baik langsung ataupun tidak langsung dapat dimanfaatkan sebagai lahan bisnis untuk menjual baju secara online, atau bisa juga dengan membuka toko butik online sebagaimana kami singgung diatas. Demikian pula halnya dengan facebook dan twitter.

 

Memang ikhwal memulai bisnis butik ini di tahun 2018 merupakan salah satu kegiatan usaha yang diprediksikan atau diyakini masih menguntungkan bagi para pengusaha butik. Serta, cara untuk memulainya juga dianggap sangat mudah sekali, dimana Anda harus memiliki kretivitas yang tinggi untuk membuat berbagai mode fashion untuk dijual pada butik baju Anda.

 

Atau bila Anda tidak mau repot-repot, maka dapat juga membeli waralaba pada suatu brand pakaian tertentu palagi jika Anda memiliki modal yang cukup besar. Ya, meskipun kegiatan usaha butik ini telah dianggap sebagai salah satu kegiatan usaha yang bisa dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga tanpa keluar rumah (bisnis rumahan).

 

Tapi, seandainya Anda tidak memiliki banyak modal untuk digunakan dalam membuka butik sendiri, maka Anda bisa membuka butik model rumahan, tapi dengan memaksimalkan penggunaan medium online untuk memasarkan produk anda sendiri. Hal inilah yang menyebabkan bahwasanya usaha butik di rumah, saat ini telah menjadi salah satu jenis bisnis impian semua orang.

 

Tips Sukses Bisnis Butik Rumahan Bagi Pemula

Memang pada tahun 2017 yang lalu, data yang kami dapat dari menelusuri laman di internet diperoleh hasil bahwasanya semakin banyak pebisnis pemula yang telah sukses membuka usaha di rumah sendiri, dimana yang kami maksud salah satunya adalah membuka butik di rumah.

 

Nah, mengapa banyak pebisnis terutama yang berusia muda memulai usaha butik rumahan ini? Alasannya disebabkan, memulai usaha butik rumahan merupakan kegiatan usaha yang sangat efisien dan hanya membutuhkan modal usaha yang sangat kecil. Ya, intinya, bila anda saat ini berencana membuka butik di rumah, maka tidak perlu pinjam kesana atau kemari hanya untuk menutupi kekurangan modal usaha ini.

 

Disamping itu, Anda pun tidak perlu pusing-pusing untuk memikirkan biaya sewa tempat, pajak, biaya listrik, air dan lain sebagainya. Segala kebutuhan bisnis ini, minimal sudah tersedia dan telah disiapkan di rumah. Nah, terkait hal itulah maka usaha butik seperti ini memang sangat banyak diminati oleh masyarakat khususnya dikalangan ibu-ibu rumah tangga (irt).

 

Tapi, jangan salah ya sobat blogger pegiat bisnis, meskipun usaha butik ini hanyak usaha butik rumahan yang bermodal kecil, satu hal yang perlu diingat bahwa kegiatan usaha ini bisa dimanfaatkan sebagai usaha sampingan yang dapat menghasilkan uang dalam jumlah tidak terbatas. Tentu saja dengan syarat dan ketentuan bahwa dalam menjalankan kegiatan usaha butik rumahan ini, anda dituntut harus memiliki kemampuan untuk mengembangkan butik, baik dalam konteks pemasaran offline (dunia nyata) maupun pemasaran di internet (dunia maya).

 

Bila tak memiliki kemampuan pemasaran, maka jangan heran bila banyak para pemiliki butik yang berhenti di tengah jalan karena mereka tidak bisa mengembangkan usaha butiknya aliasa produknya tak laku. Hahaha…..

 

Bila bicara peluang untuk sukses di sepanjang tahun 2018 ini, maka kami melihat bahwa usaha butik rumahan ini masih memiliki peluang besar untuk menjadi trend bisnis 2018 sepanjang anda mampu mengembangkannya dengan baik.

 

Lalu apa sih tips atau cara agar bisa dengan cepat sukses usaha butik yang sedang anda jalankan? Nah, di bawah ini akan kami berikan beberapa tips yang sangat berguna bagi Anda yang ingin sukses memulai kegiatan usaha butik rumahan.

 

Adapun tips dimaksud adalah sebagai berikut:

 

1) Melakukan Survei

Maksud dan tujuan melakukan kegiatan survey ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pesaing yang ada dan juga peluang produk yang akan kita luncurkan. Nah, artinya saat Anda menjalankan kegiatan usaha butik rumah, apakah itu produk butik yang sesederhana mungkin hanya sekedar untuk mengembangkan hobi desainer anda, maka Anda harus tetap melakukan survei yang memadai terlebih dahulu.

 

2) Menjual Produk Baju yang Berbeda dengan Milik Butik Lain

Hal ini sangat penting agar usaha butik yang sedang Anda jalankan semakin diminati oleh banyak masyarakat. Caranya, yakni dengan menjual pakaian dengan mode yang tidak sama dengan yang sedang dijual oleh toko butik yang lainnya.

 

Seandainya, jika Anda saat ini sedang menjual pakaian yang sama dengan pemilik butik lainnya, tentunya pengunjung mrasa kurang tertarik untuk mengunjungi butik anda. Apalagi seandainya, butik anda tidak memiliki pamor.

 

3) Rajin Melakukan Promosi

Usaha apapun itu wajib untuk melakukan promosi. Tujuannya adalah agar kegiatan usaha butik Anda bisa dikenal masyarakat luas dan semakin memiliki brand. Oleh karena itu, Anda sangat perlu untuk senantiasa melakukan kegiatan promosi secara jor-joran.

 

Kegiatan promosi ini bertujuan untuk memberikan informasi terbaru kepada publik (dalam hal ini calon pelanggan), bahwa Anda saat ini sedang menjual pakaian atau mode baju yang menjadi trend saat ini. Tentu untuk hal ini, anda bisa memanfaatkan media sosial (medsos) sebagai salah satu wujud strategi promosi dengan menggunakan medium online. Mengapa kita memilih media sosial sebagai tempat untuk berpromosi. Jawabannya dikarenakan medsos sangat digandrungi oleh berbagai lapisan masyarakat, tidak hanya yang usia muda tetapi juga orang dewasa maupun para orang tua.

 

Nah, dengan melakukan kegiatan promosi di media sosial ini, maka jumlah audien yang bisa dijangkaupun sangat banyak, kemudian juga sangat efektif, serta tidak mengeluarkan biaya produksi dan pasang iklan yang besar.

 

4) Mau Memberikan Diskon

Untuk menarik minat para calon konsumen, selain Anda melakukan kegiatan promosi yang gencar, mkaa Anda juga bisa memberikan diskon secara berkala kepada konsumen yang akan berbelanja di butik Anda. Diskon yang bisa Anda berikan kepada pembeli, kalau boleh di atas Rp 300.000 atau memberikan diskon di atas 500 ribu rupiah pada hari-hari tertentu.

 

Ingat bahwa strategi memberikan diskon ini jangan dianggap sebagai upaya yang bisa membuat anda rugi dalam menjalankan bisnis. Tetapi sebagai salah satu upaya untuk menjaring konsumen agar semakin banyak yang berbelanja ke toko butik anda. Tujuannya tentu akan memberikan manfaat pada pengembangan bisnis kedepan dan bukan merupakan pekerjaan sia-sia yang hanya akan membuang waktu dan modal usaha Anda.

 

5) Memperkecil Cost Usaha

Salah satu strategi lain adalah memangkas biaya awal modal maupun belanja modal. Tentu hal ini sangat berguna dan salah satu solusi terbaik bagi bagi wanita (ibu rumah tangga) yang ingin berkarir namun juga tetap memiliki waktu untuk mengurusi keluarga di rumah sebagai salah satu lahan bisnis rumahan yang bisa Anda tekuni untuk menambah penghasilan tambahan dalam rangka memenuhi kebutuhan keluarga.

 

6) Membuat Website Atau Blog

Nah, perihal membuat website atau mengoperasikan blog adalah dalam rangka untuk menunjang pemasaran online atau internet marketing agar produk fashion butik anda semakin terkenal ketika ada para pencari informasi tentang baju melalui aktivitas googling. Ingat, bahwa saat ini ada berjuta-juta orang yang setiap harinya menggunakan search engine untuk mengetahui segala informasi yang dibutuhkannya.

 

Dengan adanya website atau blog ini, maka peluang untuk mendapatkan calon pelanggan potensial yang ada di internet dapat di jaring lebih banyak lagi. Tapi, website toko butik atau blog butik anda haruslah dioptimasi terlebih dahulu. Caranya adanya dengan memaksimalkan fungsi SEO agar semakin bersahabat dengan search engine terutama google. Jadi jangan lupa maksimalkan SEO onpage dan SEO offpage anda agar bisa mendapatkan posisi di halaman pertama google. Bila tidak memiliki skill maupun pengalaman, maka solusi terbaiknya adalah dengan menyewa jasa SEO dengan catatan pilihlah yang benar-benar profesional dan tarifnya jasanya tidak terlalu mahal. Jasa SEO saat ini jumlahnya sangat banyak di Indonesia dan bisa digunakan untuk membantu optimasi website toko fashion atau blog butik milik anda .

 

Gimana sobat usahawan, apakah mulai tertarik untuk memulai bisnis butik ini untuk usaha sampingan atau jadi pekerjaan utama? Bila ya, maka silahkan untuk dilakukan karena saat ini sangat banyak fashion atau aneka pakaian yang memang banyak diminati oleh semua kalangan (mulai dari anak-anak sampai orang dewasa).

 

Tentu hal diataslah yang membuat pasti bahwasanya usaha butik ini merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan dan menguntungkan bagi orang-orang yang mau menjalankan dengan serius. Agar usaha ini dapat berjalan dengan lancar Anda harus membuat perencaan usaha dan mempersiapkan segala sesuatunya sejak jauh hari.

 

Sekali lagi untuk pemasarannya sendiri Anda bisa memasarkannya dengan cara online ataupun dengan cara offline. Tapi dengan catatan, bahwa pemasaran dengan cara online bisa mempercepat pertumbuhan bisnis butik Anda semakin sukses dalam waktu singkat.

Demikianlah informasi dan artikel dengan judul: “Hobi Fashion Jadi Modal Memulai Bisnis Butik” yang bisa kami bagikan untuk kali ini. Semoga ada manfaatnya dan bagi Anda yang berminat untuk menjalankan kegiatan usaha butik ini, maka lakukan “action” dari sekarang dengan mempersiapkannya secara rinci dan matang.

 

Terima kasih atas kunjungannya ke blog silaenseo.com ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!