Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Ide Peluang Usaha di Danau Toba

Mulai dari pebisnis lokal maupun pengusaha mancanegara, mulai beramai-ramai menanamkan modal untuk membuka usaha di Danau Toba maupun di sekitar Pulau Samosir, Sumut. Akan tetapi, meskipun telah banyak jenis usaha yang berdiri di sekitar Danau Toba, tentu saja bukan berarti pintu untuk menekuni usaha terbaru jadi tertutup sama sekali. Karena, penulis melihat sebenarnya masih banyak peluang usaha dan potensi bisnis yang bisa dijalankan pada area sekitar Danau Toba.

 

Danau Toba yang dikelilingi oleh 7 kabupaten (Kab. Simalungun, Toba Samosir/Tobasa, Kabupaten Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara/Taput, Kab. Humbang Hasundutan/Humbahas, Kabupaten Dairi, dan Kab. Karo) merupakan salah satu bagian dari wilayah di Provinsi Sumatera Utara yang sangat kaya akan keindahan alamnya.

 

Bisnis Usaha Wisata Danau Toba

 

Keindahan alam danau air tawar adalah daya tarik yang sangat istimewa di Danau Toba, sehingga banyak sekali turis lokal dan wisatawan dari mancanegara berbondong-bondong menjadikan Danau Toba sebagai tujuan wisata pada saat datangnya liburan.

 

Bicara tentang keberadaan Danau Toba ini tidak akan pernah habis, dan penulis menjamin tidak akan pernah bosan. Ya, sebut saja mulai dari hikayat tentang terjadinya danau ini maupun tempat-tempat wisata yang ada disekitar danau indah ini. Kalau anda pergi berwisata ke Danau Toba, maka dapat dipastkan akan mendapati kawasan yang sejuk udaranya karena dikelilingi oleh perbukitan hijau dan pegunungan yang masih asri.

 

Tidak hanya itu saja, pada danau ini juga ada mengalir air terjun yang sangat memukau nan menawan. Ada pemandian air hangat, hutan lindung yang membentang luas, serta barisan pohon enau dan pinus yang turut menambah daya tarik danau milik masyarakat Sumut ini. Fauna-nya juga terkenal sangat unik. Terdapat adanya pemisahan yang jelas antara fauna di bagian utara dan bagian selatan. Di utara ada lutung, orangutan, dan beberapa jenis monyet, sedangkan di selatan ada monyet lingur, tapir, dan ingkir.

 

Pada danau ini juga sangat banyak yang bisa dilakukan oleh wisatawan, seperti bermain jetski, menaiki banana boat, berperahu, mencoba tantangan wahana, atau bisa juga menyaksikan balap perahu dan tarian adat setempat yang masih dijaga kelestariannya.

 

Danau Toba ini merupakan salah satu danau vulkanik terbesar di dunia yang terletak di Prov. Sumatera Utara, dimana kedalaman Danau Toba sekitar 450 m, dengan panjang 87 km dan lebar 27 km. Begitu juga dikenal sebagai danau terdalam di dunia dan sekaligus sebagai danau terbesar ke-2 di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Sangat luas ya!!

 

Baca juga artikel cara promosi wisata sumut dengan medsos

 

Nah, ketika datang hari libur, Danau Toba dan sekitarnya hampir bisa dipastikan sebagai tempat yang tidak pernah tidur dikunjungi oleh para turis. Bahkan, ketika hari kerja pun wilayah disekitar Danau Toba tetap saja ramai dikunjungi orang. Jika hari libur tiba akan banyak pendatang yang ingin menikmati iklim di Danau Toba ini. Bahkan pada hari biasa pun, Danau Toba tetap menjadi tujuan bagi para pengusaha-pengusaha besar yang akan mengadakan meeting atau bertemu dengan kliennya, sembari menikmati keindahan alam danau eksotis. Tentu hal ini karena adanya bandara silangit yang siap di singgahi oleh pesawat-pesawat komersial untuk mengangkut para tturis/wisatawan maupun para pebisnis.

 

Dengan banyaknya turis dan wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba, ternyata mampu membuka peluang usaha tersendiri, baik yang bersifat tradisionil maupun modern. Mulai dari adanya ide bisnis kecil-kecilan (usaha rumahan) hingga ide peluang usaha besar-besaran.  Di antaranya adalah sebagai berikut:

 

1) Peluang Usaha Jasa Travel

Jasa travel merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan dari dan ke Danau Toba. Mengapa? Karena sangat banyak pengunjung yang datang ke Sumut dan Indonesia dengan sedikit pengetahuan tentang Danau Toba. Dan karena adanya rasa khawatir tersesat saat nantinya berlibur, maka tidak heran jika banyak sekali pengunjung yang lebih memilih jasa travel dari Medan ke Danau Toba daripada bepergian sendiri. Hal itu tentu menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan bagi anda yang memiliki naluri bisnis.

 

Dengan di pandu oleh jasa travel berpengalaman dan didukung dengan armada mobil travel yang sehat dan nyaman, para pengunjung pun akan di mudahkan dalam berwisata selama berada di wilayah Danau Toba. Dalam menjalankan bisnis ini, maka sangat wajar bagi anda harus terlebih dahulu memahami seluk beluk mengenai wilayah  di Provinsi Sumatera Utara maupun wilayah disekitar Danau Toba sebagai modal pengetahuan tentang tempat wisata yang sering di kunjungi hingga persiapan alat transportasi untuk mengangkut para wisatawan.

 

Baca juga artikel tentang tips sukses bisnis sewa mobil di medan sumut

 

2) Peluang Bisnis Sewa Sepeda dan Motor (Kereta)

Tujuan berwisata ke Danau Toba adalah menikmati panorama keindahan alam yang mengelilingi Danau Toba. Hal itu tentu saja merupakan momen yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Nah, karena banyak wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam di Danau Toba, sudah barang tentu para wisatawan akan lebih nyaman dengan menggunakan sepeda ontel atau motor yang di Sumut dikenal dengan sebutan kereta.

 

Untuk itu, jika anda ingin menekuni jasa sewa sepeda dan motor di sekitar danau ini, anda pun bisa bekerjasama dengan rekan anda. Terlebih lagi jika anda pun menyediakan pemandu traveling dengan sepeda sekaligus.

 

3) Peluang Membuka Usaha Souvenir atau Oleh Oleh

Barang yang umum di cari oleh para wisatawan yang berkunjung ke daerah wisata adalah souvenir yang khas dari daerah tersebut. Dalam hal ini tidak terkecuali bila berada selama di Danau Toba, banyak sekali barang-barang yang dicari para wisatawan untuk di jadikan oleh-oleh ke daerah asal nya masing-masing.

 

Barang yang menjadi oleh-oleh dari Danau Toba, seperti ornamen rumah bolon (rumah tradisional khas Batak Toba), tunggal panaluan, ukir nama, kalung, gelang, gantungan kunci, hasapi, sulim. Selain itu, yang banyak diburu oleh para turis dan wisatawan untuk dijadikan oleh oleh dari kunjungan ke Danau Toba, yaitu beberapa hasil kerajinan masyarakat berupa ulos, songket toba, sortali, tas dengan motif ulos, pakaian dengan motif gorga, dan masih banyak lagi oleh-oleh yang dapat dipilih pengunjung sesuai dengan keinginan masing-masing.

 

Uniknya semua oleh oleh dari Danau Toba ini secara umum harganya cukup terjangkau sesuai dengan tingkat kesulitan pembuatan kerajian tersebut. Serta semua barang oleh oleh ini akan mudah sekali di temukan di sana, dan juga tentunya para pedagang yang menjajakan barang tersebut juga sangat banyak.

 

Lokasi penjualannya sangat banyak berada di tepi pantai umum Parapat, di Tomok Pulau Samosir, di pelabuhan dan lokasi makam raja sidabutar tomok, di tuktuk berada di jalan lingkar tuktuk siadong dan di ambarita  berada di dekat lokasi batu kursi persidangan.

 

Jika anda berminat menjalankan bisnis ini, sebisa mungkin barang yang anda jual harus setidaknya memiliki keunikan yang baru dan kekinian, sehingga bisa bersaing dengan pedagang lainya.

 

4) Penyewaan Alat Permainan di Danau Toba

Area disekitar Pulau Samosir, sangat terkenal dengan wisata airnya akan banyak wisatawan yang menghabiskan waktunya di sisi pantai Danau Toba. Ada yang hanya sekedar berjemur, berenang, bermain air, dan lain sebagainya.

 

Oleh karena itu, anda bisa memulai usaha untuk menjajakan peralatan yang dapat mendukung kegiatan tersebut, seperti menyewakan tikar untuk berjemur, ban dan selancar untuk berenang di danau air tawar, dan lainnya. Khusus untuk skala usaha menengah keatas, anda bisa menyediakan penyewaan alat permainan air untuk aktivitas water sport, seperti banana boat, sewa pakaian renang, jet ski, peralatan menyelam atau diving dan lain sebagainya.

 

5) Tempat Penginapan Atau Guest House

Para wisatawan ataupun turis lokal dan mancanegara yang menghabiskan waktunya di Pulau Samosir – Danau Toba pada umumnya tidak akan cukup dalam satu hari, dan biasanya mereka akan menginap hingga beberapa hari ataupun beberapa minggu. Tentu saja mereka akan membutuhkan tempat menginap atau hotel.

 

Meski disana banyak tersedia hotel-hotel, namun anda bisa menekuni bisnis menyediakan penginapan dengan tarif yang lebih terjangkau sebagai pilihan bagi para wisatawan/turis. Yang terpenting lokasi penginapan yang anda miliki tidak terlalu jauh dengan pusat wisatanya, maka bisnis ini bisa sangat menguntungkan.

 

Itulah 5+ ide peluang usaha di Danau Toba. Agar usaha anda terkenal di medium jaringan internet, maka tidak ada salahnya bisnis wisata yang anda lakoni di modifikasi menjadi satu buah bisnis wisata online dengan memanfaatkan media sosial (medsos) ataupun membuat website atau blog khusus, sehingga dapat mendatangkan pengunjung dari aktivitas googling yang lazim dilakukan oleh para pengguna internet dari seluruh dunia. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!