Bisnis Online dan Jasa SEO

Bisnis Online Medan dan Jasa Ahli SEO Blogger Terbaik

Jasa Bisnis Kampanye Digital Bagi Caleg Pemilu

Kebutuhan atas adanya permintaan layanan sebuah jasa kampanye digital kepemiluan bagi caleg yang memiliki desain kekinian telah mulai berkembang dan populer di berbagai daerah Indonesia. Kalau dicermati berbagai metode ide-ide kreatif nan unik dan menarik, kemampuan kampanye pemilu online bagi caleg ini bermanfaat menjangkau kaum millenial, target pasar, yakni: para pemilih potensial, layanan sosial masyarakat, kampanye politik yang diadopsi secara khusus untuk memenangkan pemilihan kepala daerah (pilkada) dan pemilihan umum (pemilu presiden dan pemilu legislatif).

 

Jasa Bisnis Kampanye Digital Online Bagi Caleg Pemilu

 

Selaku pelaku dan pemerhati bisnis daring (online), penulis melihat bahwa saat ini banyak bisnis kreatif yang tumbuh di ruang digital nan canggih, terutama yang dilakoni para generasi muda/mudi “Kids Zaman Now” atau kelompok millenial, telah mampu mewujudkan berbagai ide jenius, bagus, kreatif dan menghasilkan uang dengan hanya memanfaatkan teknologi digital dalam memperkenalkan bisnis maupun sosialisasi visi dan misi para politikus. Tentu saja kehadirannya adalah untuk memudahkan para pengguna mengakses berbagai teknologi yang terkoneksi dengan internet atau jaringan digital sebagai solusi memenuhi kehidupan sehari-hari.

 

Salah satu manfaat teknologi digital yang banyak ditemukan, misalnya untuk berbelanja (shop online), memesan produk makanan, toko fashion online (website butik), media ukur performa fitness, belajar secara interaktif, jasa fotografi, pembuatan video, pembuatan aplikasi android, dan lain sebagainya.

 

Memang pada saat awalnya, kita melihat bahwa sebuah ide yang sudah tampil dalam media online (medium daring), seperti website/blog, akun media sosial (medsos), marketplace toko online, dan media-media lain yang mengulas tentang ide dalam bentuk aplikasi, produk dan jasa. Tentu pada tahap selanjutnya, semua wujud ide kreatif dimaksud, membutuhkan jasa pemasaran digital ataupun layanan kampanye daring untuk bisa menumbuhkan “awareness and attention” di masyarakat. Ya, tanpa adanya kedua unsur diatas, maka ide digital kreatif tersebut tidak akan menjadi sesuatu yang akan diketahui khalayak ramai, apalagi dicoba dan digunakan masyarakat.

 

Akhir-akhir ini, banyak ditemukan cara yang bisa dilakukan oleh para pencipta ide untuk mendapatkan perhatian dari setiap calon konsumen yang tertarik dengan adanya gagasan tersebut. Demikian pada musim pilkada atau pemilu, para kontestan pemilu, calon kepala daerah maupun caleg. Mau tidak mau mengandalkan teknik pemasaran digital modern sebagai salah satu bahagian dari strategi review caleg di pemilu 2019. Bila tidak maka, terkesan tidak maksimal dalam hal menjangkau para calon pemilih untuk mengetahui visi, misi maupun gagasannya sebagai calon pemimpin, calon legislator ataupun calon pejabat negara.

 

Tapi, satu hal yang sangat penting diketahui bahwa bila anda memilih pemasaran digital untuk memasarkan produk apapun itu (termasuk kampanye politik maupun sosialsisasi caleg), maka pemasaran digital membutuhkan seseorang yang memiliki keahlian khusus, tidak hanya dibidang teknologi tapi juga harus memiliki kemampuan “pikiran” kreativitas brilian. Dimana, semuanya memerlukan waktu untuk menguasai beberapa jenis kanal yang sudah disebutkan di atas. Sabar dan tekunkah?

 

Jujur bila pemanfaatan teknologi digital untuk kebutuhan pemasaran dan kampanye online tidak dilakukan secara terpadu dan tahap demi tahap, maka upaya yang sudah dilakukan tidak akan mendukung satu sama lainnya dalam meningkatkan pamor channel yang sudah dimiliki sebelumnya. Satu contoh adalah kanal YouTube dan medsos Instagram yang sangat populer, maka para ahli pemasar digital bisa mengkolaborasikannya dengan SEO (Search Engine Optimization). Makasud dan tujuannya adalah agar video dan foto yang diunggah tersebut akan mudah ditemukan oleh siapa saja yang sedang mencari berdasarkan kata kunci atau topik tertentu melalui mesin browser yang digunakannya.

 

Untuk urusan mesin telusur, maka yang dominan dipilih adalah Google search. Seperti diketahui oleh banyak pakar internet dan webmaster, bahwa dengan hanya mengetikkan sesuatu kata “frasa” atau rangkaian kata yang kita pilih, maka akan muncul berbagai jenis informasi dari hasil pencarian yang disajikan di sana, bisa berwujud artikel atau berita, video, photo. Bila dicoba lebih lanjut, hasil pencarian di versi desktop dan versi smartphone bisa memberikan hasil pencarian yang tidak sama.

 

Nah, dengan konsep kampanye digital untuk para caleg, maka strategi kampanye politik yang dibuat dalam visi dan misi maupun gagasan, dapat dilakukan oleh praktisi atau pelaku di bidang pemasaran digital untuk menjangkau audiens, meningkatkan citra, elektabilitas dan selanjutnya memlih caleg tersebut saat pencoblosan.

 

Teknik yang wajib dikerjakan oleh para pemberi layan jasa kampanye digital adalah setiap waktunya melakukan identifikasi dan riset secara luas tentang apa yang dicari oleh netizen, apakah ketika mencari tentang sesuatu produk atau jasa ataupun mencari calon legislator (caleg) yang berada di daerah pemilihan (dapil) tempat dianya berada. Tentu produk atau jasa yang hendak dikampanyekan bisa berkembang dan merupakan inovasi dari berbagai produk atau jasa yang sudah ada sebelumya maupun yang akan ada, tetapi menjadi semakin komplit bila diisi dengan berbagai inovasi digital yang turut menyertainya.

 

Dalam perkembangan terbaru, para spesialis digital marketing semakin mendapat formula khusus dalam hal memahami karakter, demografis, kebiasaan penggunaan yang lazim dilakukan oleh para pengguna media sosial (twitter, instagram, facebook, whatsapp, line, dll) yang ada, agar bisa menghadirkan kampanye pemasaran digital yang sesuai dengan tipe audience dan batas kewilayahan yang ada.

 

Disamping itu, menggunakan jasa kampanye digital yang sudah dimaknai sebagai bisnis kampanye online era digital marketing akan senantiasa menghadirkan unit kerjasama yang fokus pada bidang masing-masing, yaitu bisnis inti dan dunia pemasaran digital yang dimodifikasi menjadi kampanye politik pilkada dan pemilu. Fokus dimaksud ditujukan agar dapat dikelola dengan baik dan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan tujuan bisnis maupun manfaat kampanye caleg yang sudah dijalankan.

 

Kita bisa melihat, bahwa berbagai cara kampanye digital bisa dijalankan dengan menggunakan berbagai platform canggih dan beberapa strategi yang dijalankan tetap berdasarkan efektivitas dan trend yang ada, tanpa luput dari pertimbangan apakah tren strategi itu dilakukan untuk “business to business” (B2B) maupun “business to consumer” (B2C). Mengapa? Karena, kampanye digital yang bisa dieksekusi haruslah meliputi dan sesuai dengan pengalaman dilapangan, keahlian, sumber daya dan audience yang ada di dunia digital.

 

Dalam perkembangan tren teknik pemasaran digital online, yang lazim digunakan oleh para ahli dan konsultan pemasaran online yang bisa juga diturunkan dalam hal pemberian layanan jasa kampanye caleg online adalah sebagai berikut:

 

*) Search Engine Optimization (SEO Onpage dan Offpage);

*) Search Engine Marketing (Iklan Google AdWords, Iklan PPC Ads dan Iklan CPM Ads, Pasang Iklan Mandiri di Blog);

*) Pembuatan Content Marketing Unik dan Berkualitas;

*) Social Media Adsense;

*) Sponsored Content (Blogging);

*) Cyber PR Services;

*) Media Placement (Media Buying);

*) Online Reputation Management (ORM);

*) Memakai Jasa Buzzer;

*) Dll.

 

Pemanfaatan 8 teknik diatas, merupakan serangkaian opsi yang lazim dan marak di pilih oleh ahli/master dalam hal layanan jasa kampanye digital berbasis kepentingan partai politik untuk membranding nama politikus atau caleg, maupun brand produk usaha lainnya. Namun semuanya harus dilakukan berdasarkan skala prioritas dan asset digital mana yang dimiliki oleh sang caleg, kandidat kepala daerah, pemilik bisnis baru atau rintisan (startup) dan bisnis konvensional yang terkenal sangat kekurangan eksposur digital, dengan terlebih dahulu melakukan diskusi dan kajian yang mendalam, anggaran dan kesiapan tim internal yang sudah dibentuk untuk bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!