Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Jasa Promosi Website Arsitek Indonesia

Pertanyaan yang sering muncul dalam diri seorang arsitek, yakni bagaimana usaha jasa arsitek indonesia dapat secara efektif mempromosikan jasanya, baik menggunakan cara promosi offline maupun online ? Tentu maksud dan tujuannya adalah untuk memasarkan jasa arsitek agar diketahui dan dipilih oleh calon konsumen (klien).

 

Ahli Promosi Website Arsitek Online Indonesia

 

Memang di jaman now yang serba digital ini, teknik mempromosikan dan memasarkan jasa kearsitekan, apakah itu merancang interior dan eksterior, menggambar rumah atau desain bangunan, membangun dan merenovasi hal-hal yang terkait dengan “civil engineering” di Indonesia sangat membutuhkan media dan teknik tersendiri, serta kecenderungannya telah memanfaatkan secara maksimal jasa promosi arsitek online yang terbaik.

 

Nah, ada beberapa hal yang perlu diketahui para arsitek maupun perusahaan arsitektur sebelum melakukan promosi maupun marketing, yakni:

 

1) Menunggu waktu yang tepat

Kapan sih waktunya kalau begitu ? waktu yang tepat untuk melakukan promosi adalah pada saat diri ataupun perusahaan arsitek sudah 100% siap. Coba anda pikirkan ketika datang konsumen (klien) yang akan memberikan tugas pekerjaan pembangunan kepada seorang arsitek, tapi dikarenakan terbujuk oleh tergesa-gesanya promosi kemudian membuat calon pemberi tugas merasa kecewa karena sang arsitek tidak siap.

 

Ya, bisa saja alasannya karena calon konsumen dan si arsitek atau perusahaan arsitektur bertemu dalam suatu proses konsultasi dan proses negosiasi sebelum mencapai kesepakatan kerja, bahkan ketika proses pekerjaan pembangunan sedang berjalan, calon konsumen (klien) menjadi ragu akan kemampuan arsitek maupun yang ditawarkan oleh perusahaan jasa arsitektur. Tentu keadaan ini, tidak menguntungkan bukan ?

 

Nah, agar tidak terjadi seperti ilustrasi diatas, menurut pendapat kami dari blog bisnis di silaenseocom bahwa profesi arsitek tetap harus memperlakukan kegiatan usahanya sebagai sebuah bisnis jasa profesional dan bukan semata-mata seperti bisnis menjual produk. Maksudnya, bahwa produk perencanaan arsitek lahir dari kegiatan jasa arsitek yang meliputi kemampuan dari segi memberikan konsultasi, desain grafis bangunan, info arsitektur, pengetahuan material bangunan, pengetahuan manajemen proyek, proses pemeliharaan dan pengetahuan lain yang dirangkum untuk melahirkan sebuah produk jasa arsitek terbaik dan terpercaya.

 

Disamping itu, bagi seorang arsitek masih tetap dibutuhkan adanya sikap untuk terus belajar dan menjadi seorang arsitek pemburu ilmu kearsitekturan dan kearsitekan. Caranya dengan tetap fokus pada meningkatkan mutu keahlian dan senantiasa mengasah kemampuan internal maupun eksternal dengan banyak mempelajari referensi buku, browsing, ikutan join di milis arsitek atau interview dengan pelaku bisnis serupa yang dianggap berhasil, mengikuti pelatihan maupun kursus dan seminar arsitek, dlsb.

 

Ingat, bahwa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kearsitekan adalah salah satu cara untuk mempertajam kemampuan atau keahlian yang terbatas dalam memahami arsitektur yang selalu memilik resiko dapat membahayakan sebuah proyek yang sedang dikerjakan.

 

Misalnya, adanya keterbatasan atas pengetahuan arsitek dalam menuangkan sebuah rancangan kedalam disain perencanaan berdimensi grafis yang berakibat pada perencanaan yang sangat sulit untuk dipahami oleh para pekerja di lapangan. Pengetahuan terbatas pada struktur juga akan membahayakan bangunan, kemudian pengetahuan terbatas pada perencanaan biaya dapat menyebabkan penggelembungan biaya bangunan. Dan terakhir pengetahuan yang terbatas pada fungsi perencanaan dalam mata rantai proyek akan menyebabkan keterlambatan penyelesaian proyek dari waktu yang sudah disepakati sebelumnya.

 

Apa yang kami contohkan diatas, dapat menimbulkan keragu-raguan bagi calon konsumen (pemberi tugas kearsitekan) bila tidak siap dan tidak hati-hati dalam memutuskan untuk berpromosi dan memasarkan jasa arsitek, baik di medium offline maupun media online. Bahkan, bisa saja akibat kekurangsiapan “output” marketing menjadi sebuah menjadi blunder yang merugikan nama baik dan brand jasa arsitek kedepannya.

 

Jadi, sarankan kami hentikan berpromosi dan memasarkan jasa arsitek anda bila anda belum 100 siap dari segi kemampuan. Seandainya masih tetap harus berpromosi, maka sebagai seorang arsitek yang berjiwa bisnis, kami sarankan agar bekerjalah secara tim dengan mengikutsertakan arsitek dan sipil engineer ataupun pekerja desain grafis berdimensi yang telah berpengalaman dan itu akan membuat anda lebih aman dan nyaman dalam menjalankan bisnis jasa arsitek.

 

2) Belajar tentang cara menjual keahlian

Ada beberapa cara dan teknik menjual keahlian seorang arsitek, yakni:

 

*) Memberikan jasa arsitek terlebih dahulu secara gratis. Mengapa hal ini harus ditempuh ?  Jawabannya disebabkan bahwasanya untuk mendapatkan klien pertama merupakan pekerjaan sangat sulit, sementara anda telah mengatur beragam strategi promosi.

 

Jadi, tidak ada salahnya untuk diawalnya, jasa arsitek yang anda berikan menggunakan konsep jasa arsitek gratis tapi tetap profesional dan bertanggung jawab. Caranya ini kami anggap paling efektif, terutama dengan fokus pada pemberian jasa atau layanan kerja anda kepada orang-orang yang terlihat membutuhkan jasa ini secara gratis. Dari layanan cuma-cuma ini, diharapkan akan terbangun kepercayaan terhadap kemampuan yang anda miliki, sehingga mereka yang ragu-ragu akan menjadi kenal kemampuan jasa arsitek anda dan kemudian menularkannya (berpromosi) kepada orang lain.

 

*) Memiliki kepribadian yang sangat menyenangkan dan pandai bersosialisasi dalam segala situasi.

 

*) Memanfaatkan segala media promosi (termasuk dalam hal ini media sosial seperti facebook, twitter, instragram, whatsapp, linkedin, forum bisnis online, dlsb).

 

3) Menyesuaikan keahlian anda dengan target dan selera pasar

Adalah sangat penting untuk mengetahui siapa target pasar anda, berikut dengan pilihan tempat yang sangat efektif dan terbaik sebagai wadah untuk berpromosi dan menawarkan jasa arsitektur. Kemudian juga memahami selera pasar, sangat penting untuk dipelajari. Mengapa ? Karena, perkembangan dunia desain dan mode bangunan untuk kebutuhan interior maupun eksterior senantiasa selalu berubah-ubah seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi maupun karya seni bangunan.

 

4) Memilih format media promosi terbaik

Di jaman now ini, sangat banyak ditemukan sarana dan prasarana terbaik dalam melakukan promosi, apakah dengan cara format iklan dan media iklan. Berikut akan kami bagikan beberapa media promosi terbaik yang digunakan untuk memperkenalkan jasa arsitek ke para konsumen maupun ke dunia maya (online), yakni: *) junk paper advertising yang dikenal sebagai iklan satu halaman; *) SMS; *) website atau blog; *) menggunakan iklan media cetak; *) penyebaran personal profile berisi portofolio keberhasilan pekerjaan kearsitekan anda; *) menyebarkan kartu nama; *) mengadakan dan atau mengikuti pameran; *) membuat presentasi; *) workshop; *) memiliki kantor tetap dan diinti kota; *) bekerja sama dengan pembuat iklan mobile; *) aktif pada forum online bisnis jasa arsitek, dlsb.

 

Teknik Pemasaran Terbaik Untuk Jasa Arsitek

Salah satu kegiatan yang tak kalah penting untuk mensukseskan jasa arsitek adalah gencar melakukan pemasaran, yakni dengan cara:

 

1) Memperluas networking.

 

2) Mengoptimalisasi layanan internet dengan cara membuka website atau blog premium dengan menggunakan cms wordpress ataupun blogspot. Nah, dalam layanan ini kami sarankan agar web/blog dimaksud selalu menampilkan portofolio anda. Bagi anda yang ingin memperbanyak portofolio kerja, maka sangat disarankan untuk bekerja terlebih dahulu pada perusahaan konsultan jasa arsitek agar dapat referensi untuk menarik minat calon konsumen (klien atau pemberi tugas).

 

3) Membina hubungan terbaik nan akrab dengan konsumen secara full service. Oleh karenanya, ada baiknya jasa arsitek yang anda geluti selalu memikirkan langkah-langkah untuk unggul dalam service. Bahkan bila perlu untuk senantiasa menjaga keterikatan dengan konsumen dan atau senantiasa memberi ketertarikan bagi calon konsumen. Caranya bisa dengan mengatur jenis service yang akan anda berikan dalam layanan kerja jasa arsitek anda, kemudian disesuaikan dengan kemampuan anda mengorganisir service secara lebih baik lagi.

 

4) Mempelajari dan pahami seluk-beluk usaha arsitek, misalnya dengan cara mengamati usaha lain yang telah berjalan, bekerja pada usaha yang telah berdiri sebelumnya, senantiasa selalu mengikuti perkembangan dunia arsitek di media, dan selalu membaca buku terkhususnya dunia arsitektur.

 

5) Jika jasa arsitek dianggap sebuah jasa perencana yang bersifat sebagai bahan baku, maka jasa anda memerlukan tempat untuk menjual bahan baku yang anda miliki. Tempat yang dimaksud, bisa beberapa instansi atau lembaga (milik pemerintah atau swasta), seperti Dinas Tata Kota, Dinas Kimpraswil, Perusahaan Konsultan, Perusahaan Kontraktor dan Perusahaan Pengembang, dlsb.

 

Alasan mengapa penting instansi atau lembaga diatas ? Jawabannya disebabkan jika seseorang ingin membangun rumah tinggal, ruko (rumah toko), rukan (rumah kantor) atau bangunan dan gedung lainnya, maka diperlukan izin mendirikan bangunan (IMB) dari pemerintahan setempat, dan sebagai syarat dipenuhinya IMB tersebut adalah desain bangunan mesti dikerjakan oleh orang yang diakui berprofesi sebagai perencana.

 

Di Kota Medan tempat penulis berdomisili, para perencana atau konsultan desain ini dikoordinir oleh pihak dinas tata kota dan bangunan melalui penerbitan perizinan bagi perencana yang disebut dengan SIBP. Nah, para perencana inilah yang kemudian mendapat “hak eksklusif” untuk mendapatkan pekerjaan disain dari orang-orang yang sedang dalam pengurusan perizinan IMB.

 

Setelah mempersiapkan segala sesuatunya dan juga pasca melakukan usaha promosi, maka proses pemasaran akan melihat proses try and error dari segala wujud promosi seperti apa yang efektif ? Media iklan mana yang lebih memberi keuntungan ? Atau online marketing jenis apa yang populer untuk memasarkan jasa arsitek agar website atau blog senantiasa kebanjiran pengunjung setiap harinya.

 

Semua cara diatas bermuara agar bisa mendapat kepercayaan dari para konsumen (klien atau pemberi kerja). Dinamika berpromosi di internet juga memiliki sebuah strategi pemasaran online jasa arsitek melalui pengoperasian website/blog. Dengan kata lain, bahwa website/blog ini merupakan kantor besar di dalam bisnis jasa arsitek rumah yang sedang anda pasarkan.

 

Satu hal yang harus selalu ada dalam web/blog jasa arsitek agar layak untuk dikunjungi adalah berisi harga, produk, alamat, layanan, testimoni, spesialisi keahlian, dan masih banyak lagi. Mengapa ? Karena sudahnya sebuah website akan senantias mendukung bisnis arsitek rumah apabila diintegrasikan antara promosi offline serta online marketing jasa arsitek.

 

Ditambah dengan tingginya pertumbuhan para pemakai internet menimbulkan potensi yang begitu besar untuk para pelaku usaha, baik yang menjual produk/barang maupun jasa, guna meningkatkan penjualan perusahaan di pasar online.

 

Untuk anda yang sedang membangun sebuah usaha jasa arsitek, maka wajar membutuhkan jasa pemasaran arsitek online secara kontiniu. Dalam rangka itu, kami bisa membantu anda untuk mempopulerkan usaha jasa arsitektur, desain rumah, renovasi bangunan, pemeliharaan gedung bertingkat anda tersebut di internet dengan menggunakan teknik SEO yang 100% SEO Friendly dari Jasa SEO Silaen. Sebab jasa SEO web arsitek yang diberikan oleh tim seo kami merupakan yang terbaik di kota medan, serta jasa seo kami sudah berpengalaman dan sangat terpercaya dalam memasarkan produk jasa arsitek di medan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!