Bisnis Online dan Jasa SEO

Bisnis Online Medan dan Jasa Ahli SEO Blogger Terbaik

Jasa SEO Meningkatkan Konversi Bisnis Online

Para pegiat bisnis internet telah sepakat bahwasanya salah satu strategi marketing online yang paling banyak digunakan dan telah terbukti keampuhannya adalah SEO (Search Engine Optimization). Sebagaimana diakui oleh para “website enginering” bahwa SEO merupakan jawaban agar bisa menarik pengunjung (visitor) yang tengah mencari berbagai produk ataupun layanan jasa lainnya yang ditawarkan lewat penggunaan mesin pencari Google.

 

Jasa SEO dan Optimasi Situs Untuk Meningkatkan Konversi Trafik Visitor

 

Nah, dari adanya visitor yang sudah masuk setiap harinya ke dalam website atau toko online tersebut, maka kemudian di “generate” agar bisa menjadi calon customer yang potensial yang akan membeli produk atau memakai jasa tersebut. Sehingga semakin banyak visitor yang masuk kunjungannya ke web blog, maka semakin banyak pula terbukanya peluang untuk mendapatkan lebih banyak calon customer potensial yang pada akhirnya akan memberikan keuntungan pada bisnis online yang sedang dilakukan.

 

Analisis Penggunaan SEO untuk Bisnis Online di Indonesia

Adalah hal yang sangat wajar, bila setiap pelaku bisnis akan terlebih dahulu melakukan analisa dari sebuah bisnis yang sedang digelutinya. Tentu saja analisis ini membutuhkan sebuah analisa bisnis yang terbaik untuk memastikan apakah strategi marketing online yang dilakukan selama ini sudah menunjukkan performa yang terbaik. Mengapa? Karena, seandainya performa nya buruk, maka diyakini pasti ada yang salah dalam penerapan strategi pemasaran di internet tersebut, atau mungkin strategi pemasaran online tersebut tidak cocok diterapkan dalam bisnis online tersebut.

 

Lalu bagaimana cara menilai, apakah SEO yang diterapkan selama ini sudah memberikan dampak positif pada bisnis online anda? Nah, dalam rangka itulah, kami menuliskan artikel ini sebagai metode yang bisa anda pakai untuk menilai apakah mekanisme pengoptimasikan yang dilakukan pada situs web telah benar dan baik adanya. Analisa dimaksud meliputi:

 

1) Posisi web blog di halaman Google

Langkah pertama dan cara termudah yang harus dilakukan untuk mengetahuinya adalah dengan secara jelas melihat apakah posisi website atau toko online anda sudah mendapat posisi terbaik pada hasil pencarian Google untuk kata kunci yang diincar sebelumnya. Inga, bahwa dengan semakin baiknya posisi website anda di halaman Google, maka hal ini telah menunjukkan bahwa proses kinerja SEO yang anda lakukan selama ini sudah dilakukan dengan tepat dan baik.

 

Yang kami maksud dengan “posisi terbaik” dalam tulisan ini, tentu saja bukan berarti harus mendapatkan posisi 1 pada halaman 1 Google, karena hal tersebut cukup sulit untuk dicapai dan tingkat persaingannya cukup tinggi. Nah, sebenarnya dengan membuat website anda bisa masuk ke halaman 1 Google saja adalah sebuah langkah yang sudah cukup baik, dengan catatan asalkan dengan kata kunci yang relevan dengan bisnis yang sedang dijalani.

 

2) Hasil optimasi keyword tertarget

Seorang user tentu saja tidak bisa secara langsung masuk ke website anda hanya dengan penggunaan keyword yang anda incar selama ini? Bisa saja sang user ketika melakukan pencarian dengan brand milik anda langsung, atau dengan penggunaan kata kunci lain yang bukan merupakan kata kunci utama yang anda optimasi (dikenal dengan kata kunci turunan). Nah, hasil optimasi keyword tertarget ini, secara berkesinambungan bisa langsung anda pantau menggunakan sebuah tool gratis dari Google Webmasters Tools.

 

Disini anda bisa melihat dengan kata kunci apa saja bagi sanga user mencari di halaman Google yang kemudian memunculkan website anda pada hasil pencariannya, lengkap dengan berapa kali website anda muncul dengan kata kunci tersebut, dan berapa kali di klik ketika muncul pada kata kunci yang sedang dicari tersebut.

 

Nah, dengan semakin banyaknya jumlah klik yang didapat dari sebuah kata kunci, Google akan memberikan asumsi bahwa kata kunci tersebut yang paling sesuai atau relevan dengan website anda. Sementara, dengan semakin banyak jumlah website anda muncul pada kata kunci tersebut tapi sedikit mendapatkan klik, maka bisa saja Google akan mengasumsikan bahwa bisnis anda tidak relevan dengan kata kunci tersebut ataupun penggunaan “meta title” dan deskripsi yang anda cantumkan kurang menarik sang user untuk melakukan klik pada website bisnis online anda. Dengan begitu secara nyata bahwasanya hasil optimasi atas keyword tertarget yang anda lakukan telah berjalan dengan baik dan sukses akan menguasai halaman Google.

 

3) Traffic kunjungan yang datang dari Google

Pada bagian ini, anda sebagai pengelola website bisa melakukan pengamatan pada traffic website anda setiap harinya. Kemudian dapat melakukan perbandingan secara berkala atas seluruh traffic pada minggu atau se bulan sebelumnya. Caranya juga cukup gampang, yakni cukup menggunakan tools gratis yang saat ini telah banyak disediakan softwarenya untuk bisa memantau traffic ini. Tapi, kami selaku pegiat internet yang memiliki sedikit keahliaan SEO memberikan saran dan merekomendasikan untuk menggunakan Google Analytics yang memiliki fitur lebih lengkap dan tools tersebut.

 

Salah satu dari sekian banyak item yang bisa diamati melalui pemanfaatan Google Analytics ini adalah tentang berapa banyak traffic yang masuk ke website anda dan dari wilayah mana saja traffic tersebut berasal. Secara terpadu, ada 5 (lima) komponen sumber traffic yang akan terdeteksi pada Google Analytics, yakni: 1) Search, 2) Referral, 3) Direct, 3) Social, dan 5) Paid.

 

Nah, dengan semakin banyak traffic yang didapat dan berkunjung dari search, tentu menunjukkan bahwa kinerja tim SEO anda telah berhasil menarik visitor dari mesin pencari yang ada. Namun demikian, terkadang jumlah trafik bisa saja turun, namun persentase trafik dari search engine tetap naik, ini juga bisa dianggap bahwasanya kinerja tim SEO anda sudah lebih baik dari minggu atau bulan sebelumnya.

 

4) Konversi trafik visitor dengan penjualan

Setelah seluruh point diatas dilakukan analisa, dan anda sudah mendapati bahwasanya hasil SEO anda sebenarnya sudah cukup baik (baik teknik SEO Onpage maupun SEO Offpage), namun dalam pembukuan hasil penjualan belum ada kenaikan yang cukup berarti, mungkin anda memilih kata kunci yang salah untuk dioptimasi setiap harinya. Sehingga, walaupun website anda bisa masuk pada posisi halaman pertama Google untuk kata kunci yang berkategori sangat kompetitif, dan website anda sudah kebanjiran visitor, belum tentu visitor tersebut jadi calon customer yang potensial.

 

Salah satu kesalahan yang umumnya sering terjadi dan dilakukan para ahli SEO, Pakar SEM ataupun konsultan pemasaran online dapat diilustrasikan seperti sebuah jasa penjualan produk kuliner, seperti: pancake durian medan berlokasi di daerah Jambi dan bukan merupakan daerah khusus untuk kunjungan wisata di daerah Jambi, tapi anda mengincar keyword pancake durian murah Indonesia.

 

Hal ini mungkin secara umum terlihat tidak jadi masalah, tapi dari hasil penganalisaan yang kami lakukan selaku pegiat internet bahwasanya 80% (delapan puluh) persen visitor anda mungkin mencari jasa penjualan pancake durian medan untuk daerah lain di Indonesia dengan keyword tersebut, sehingga pada saat mereka masuk website anda, dan tidak menemukan layanan jual pancake durian medan pada daerah yang diinginkan, mereka akan langsung keluar, dan ini jelas tidak akan menjadi calon customer potensial untuk bisnis anda, dan juga memberikan kuntungan secara signifikan.

 

Dari ke-empat point yang kami sampaikan diatas haruslah dilakukan secara berurutan dan berkelanjutan. Misalnya, seandainya poin satu sendiri belum terlihat hasilnya, maka SEO yang anda lakukan belum dapat dikategorikan akan berpengaruh pada apa yang kami bahas pada nomor 2, 3, dan 4.

 

Seandainya tidak memiliki keahlian dan kemampuan dalam hal mengoptimasi website ataupun blog, maka tidak ada salahnya untuk beberapa jasa SEO professional di Indonesia, khususnya yang ada di Kota Medan untuk melakukan kerja dalam hal menganalisa poin 1, 2, dan 3, sehingga ikhwal biasanya sudah akan terlampirkan hasil laporan mingguan ataupun bulanan. Dengan begitu, anda tinggal melakukan perbandingan atas laporan yang ada dan selanjutnya melakukan analisa dengan konversi penjualan dari website anda untuk seterusnya.

 

Demikian artikel yang membahas “Jasa SEO Meningkatkan Konversi Bisnis Online”, semoga sobat blogger dapat mengambil kesimpulan untuk bisa meningkatkan pendapatan penjualan dari situs website bisnis online malalui konversi trafik visitor yang ada. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!