Kembangkan Blog Bisnis Dengan Strategi Digital Marketing

Menjadi generasi digital yang menguasai strategi marketing online untuk mengembangkan blog bisnis daring sudah tak terbendung lagi di jaman millennial. Kearifan lokal yang melahirkan generasi creative digital marketing di Indonesia harus berhadapan langsung dengan adanya pergeseran pada dunia bisnis yang sangat cepat dan penuh dengan persaingan.

 

Strategi Marketing Online - Daring

 

Tak heran bila bisnis konvensional secara bertahap mulai beralih ke digital diakibatkan adanya kemajuan pesat dalam bidang teknologi digital yang ditopang oleh tingginya penetrasi pengguna internet di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

 

Baca juga: Strategi Marketing Bisnis Anda Secara Online

 

Nah, adanya pergeseran bisnis global menjadi bisnis digital yang dipadu dengan penggunaan website/situs ataupun blog, tanpa disadari juga telah mengubah strategi pemasaran mendapatkan konsumen dan mempengaruhi cara seorang pebisnis dalam berbisnis, berbelanja produk yang akan dipasarkan kembali, bekerja dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, maupun aktivitas sosial masyarakat.

 

Berdasarkan pengumpulan data yang dilakukan penulis, diprediksi hingga ke tahun 2020 akan ada lebih dari 7 (tujuh) miliar pebisnis dan atau setidak-tidaknya akan ada 30 miliar smartphone atau handphone android yang akan terhubung secara langsung dengan internet. Baik pemanfaatannya berkaitan dengan komunikasi, transaksi, sosialita, membantu pekerjaan, bahkan bernegosiasi satu sama lain.

 

Saat ini strategi digital marketing yang dikembangkan melalui pengoperasian website atau situs menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam bisnis, terutama usaha-usaha online. Bahkan secara khusus web/blog bisnis ini dioptimalkan kinerjanya pada search engine terutama google. Mengapa? Karena saluran #promosi online yang sangat ampuh dalam rangka untuk mendatangkan dan menjaring konsumen potensial dari aktivitas googling yang dilakukan pengguna internet adalah dengan menggenjot kinerja SEO pada kata kunci target agar url ataupun produk yang dipasarkan dapat berada di halaman satu google.

 

Nah dengan semakin banyaknya kata kunci, url maupun konten berupa produk yang tercatat di halaman satu google, maka peluang untuk di klik pengguna internet adalah sangat besar, sehingga website/situs ataupun blog akan kebanjiran pengunjung setiap harinya. Selanjutnya kedatangan pengunjung inilah yang nantinya akan dikonversi menjadi konsumen loyal nan fanatik atas ‘brand’ produk yang anda pasarkan melalui internet.

 

Tapi bicara tentang Search Engine Optimization, maka teknik yang digunakan juga harus sesuai dengan syarat dan ketentuan (TOS) maupun update algoritma google terbaru. Karena bila lalai melaksanakan hal ini, maka jangan salahkan google seandainya website atau blog bisnis anda tak bisa berada di halaman pertama google. Bahkan pada kondisi terpahit, url maupun konten anda akan di banned ataupun di suspend secara permanen oleh google.

 

Oleh karena itu, bagi perusahaan yang selama ini belum pernah mengimplementasikan strategi digital marketing melalui penggunaan SEO dan SEM (Search Engine Marketing), mau tak mau harus ‘banting setir’ beradaptasi dengan cepat atas adanya kemajuan teknologi informasi (TI) dan strategi pemasaran online tersebut. Saran penulis agar jangan malu bertanya kepada master SEO website Indonesia level dewa SEO untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang tepat dalam dunia optimasi dan sisi marketing online.

 

Banyak para pakar bisnis dan konsultan digital marketing yang sudah memberikan sinyal untuk mengingatkan bahwa ketidakmampuan perusahaan terjun ke dunia digital menyebabkan terjadinya penurunan omset sebesar 30 persen terhadap persaingan kompetitif di tahun kalender bisnis daring 2019.

 

Eksistensi digital business bukan hanya berkutat mengenai teknologi untuk mengembangkan proyek bisnis semata. Sisi terpenting dari keadaan ini adalah tentang bagaimana cara teknologi tersebut dapat memberikan dampak positif dan nyata pada kehidupan manusia setiap hari. Mengapa? Karena kehadiran teknologi secara faktual telah mampu mempengaruhi perilaku dan sikap konsumen dalam aspek kegiatan meringankan pekerjaan dan hidup sehari-hari. Oleh karena itu, kehadiran perusahaan yang berkembang saat ini secara digital akan langsung dan otomatis menghubungkan produk ‘merek’ dengan konsumen potensial setiap harinya.

 

Intinya bahwa setiap pebisnis harus mampu dan memiliki strategi jitu dan terbaik untuk menempatkan teknologi dan digital marketing pada jantung usahanya agar perusahaan mampu menghasilkan pendapatan (profit), berbagai value dan merebut keuntungan yang kompetitif.

 

Disamping itu, metode komunikasi digital dan digital marketing jauh lebih cepat, fleksibel, praktis dan efisien serta sangat aman. Misalnya menggunakan email marketing atau melakukan campaign di sosial media (twitter, facebook, instagram, telegram, whatsapp, linkedin, line, dan sebagainya) yang merupakan channel untuk mengirimkan pesan marketing kepada konsumen secara massal dengan biaya lebih rendah dibandingkan biaya campaign di TV, videotron, atau media cetak.

 

Baca artikel terkait: 5 Strategi Marketing Bisnis SEO

 

Selain itu, manfaat utama ketika sudah mengimplementasikan digital marketing dalam bisnis dikarenakan adanya berbagai strategi atau campaign yang dapat Anda jalankan secara lebih leluasa dan tertarget (Anda dapat membidik target audience yang sesuai dengan bisnis Anda) dan keberhasilannya pun dapat terukur secara real time dari mana saja.

 

Kemudahan dan keuntungan lain bila menggunakan digital marketing adanya tersedianya berbagai alat bantu ‘tools’ yang mampu secara efektif untuk melacak dan atau memonitor keberhasilan campaign, seperti Google Analytics. Tak hanya itu saja, melalui penggunaan digital marketing, perusahaan juga dapat melihat respons positif dan negatif yang dialamatkan konsumen dengan cepat, kemudian membangun interaksi atau engagement kedepannya.

 

Cara dan tips diatas memungkinkan bagi perusahaan untuk merumuskan dan mengembangkan berbagai strategi baru nan kreatif nan terbaik atau merencanakan langkah selanjutnya yang lebih efektif untuk memberikan pelayanan kepada setiap konsumen maupun dalam hal mendapatkan keuntungan ‘profit’ besar atas penjualan produk yang dipasarkan.

 

Demikian artikel yang berjudul ‘kembangkan blog bisnis online dengan strategi digital marketing’, semoga bermanfaat bagi rekan bisnis daring dan sobat blogger yang menjadi pembaca setia silaenseo.com. Bila sudi, silahkan memberikan masukan dengan berpartisipasi aktif memberikan komentar konstruktif pada kolom yang telah disediakan oleh blog marketing Indonesia ini. Komentar tersebut juga sangat bermanfaat pada pembaca blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *