Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Kiprah Situs Web Bisnis Pengacara di Indonesia

Sobat blogger baru saja mendirikan kantor pengacara, firma hukum, ataupun lembaga bantuan hukum (LBH), lalu kepingin berkiprah memasarkan kantor jasa hukum tersebut agar lebih dikenal oleh masyarakat dengan situs web pengacara Indonesia. Tentu bila sobat menggunakan pamflet, iklan cetak atau radio dan televisi ataupun videotron akan terkena sanksi kode etik advokat indonesia (KEAI). Dan seandainya pun diperbolehkan, maka tidak dapat bertahan lama dan tentu saja harus mengeluarkan biaya besar untuk keperluan pemasaran tersebut.

 

Situs Web Pengacara Advokat Indonesia

 

Belum lagi sobat blogger banyak mendengar pendapat dari para advokat senior ataupun senior partner maupun senior associates yang saling bertentangan mengenai konsep strategi pemasaran lawyer ataupun konsultan hukum spesialis tertentu. Kemudian semakin diperparah lagi dengan adanya silang pendapat tentang sejauh mana pentingnya internet marketing untuk law firm dan apakah itu benar-benar menjadi membutuhkan yang sangat urgent membuat situs web untuk menggaet klien dari medium online?

 

Tentu semua strategi pemasaran kantor hukum diatas, tidak terlepas dari biaya dan bila pilihan jatuh untuk membuat sebuah website atau blog juga harus menghitung dengan cermat berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memulai sebuah situs web advokat di Indonesia. Lalu, apakah sobat blogger memiliki kemampuan untuk mengurus dan memelihara situs/blog pengacara tersebut?

 

Menurut pendapat seorang pengacara yang juga menjadi blogger aktif di Kota Medan, yakni saudara Hasudungan Silaen bahwa perkara biaya untuk mengoperasikan sebuah website (sewa domain dan hosting) berorientasi bisnis biayanya tak sampai Rp 1 juta biaya penyewaan setahun. Tapi mengurus dan memelihara website bisnis firma hukum tersebut yang menjadi persoalannya. Alasannya sangat dibutuhkan keahlian khusus seperti membuat konten (dalam bentuk tulisan, gambar, suara, dan video), desain elegant, dan yang paling penting adalah keahlian mengoptimasi SEO-nya agar tidak tenggelam di halaman mesin pencarian (search engine) dihajar komperitor lain, ungkapnya.

 

Kalau dicermati jumlah pengguna internet di Indonesia yang sudah melebihi 100 juta pengguna, tentu jumlah ini merupakan pangsa pasar potensial apabila bisa dijaring oleh law office indonesia, terutama law office medan menjadi klien atau konsumen-nya.

 

Belum lagi, masyarakat milenial sekarang ini, cenderung mencari apa saja kebutuhan sehari-harinya dengan menggunakan fasilitas online, termaksud dalam hal ini ketika mereka membutuhkan jasa pengacara untuk menangani kasusnya. nah, kecenderungan inilah yang seharusnya disiasati oleh para lawyer untuk menguasai ilmu digital marketing lawyer maupun berbagai teknik yang berisi tentang strategi promosi kantor hukum pengacara online untuk mendongkrak bisnis kepengacaraan yang sedang dibangunnya. Jadi indikator betapa besarnya jumlah pengguna internet, seharusnya cukup untuk membuat junior lawyer menyadari betapa pentingnya pengembangan “lawyer business”, baik itu skala besar, menengah atau kecil dengan memiliki sebuah situs web lawyer business.

 

Ya katakanlah sobat blogger sedang menawarkan jasa dari seorang pengacara perceraian atau jasa advokat pemilu dan pilkada, namun tidak memiliki situs web ataupun media sosial (seperti twitter, instagram, linkedin, whatsapp, dan facebook, atau bahkan tak memiliki e-mail untuk bisa dihubungi. Tentu hal ini membuat, seorang calon klien potensial pasti akan bertanya-tanya, bagaimana sih pengacara tersebut bisa dipercaya jika tidak ada satupun informasi atau testimoni tentang pekerjaan profesi advokat-nya?

 

Coba bandingkan dengan firma hukum lain yang dengan bagusnya memasarkan jasanya melalui situs web. Tentu, secara otomatis nantinya akan banyak klien potensial yang Anda berikan kepada kompetitor. Mengapa? Karena pada prinsipnya untuk tersambung dengan seorang klien hanya perlu melakukan beberapa klik untuk memutuskan menyewa pengacara dari manapun itu, tanpa perlu pergi ke kantor pengacara tersebut untuk sekedar berkonsultasi atas perkara yang dialami-nya.

 

Untuk menghindari terjadinya peluang klien lari seperti hal diatas, maka bukan hanya firma hukum kecil saja membutuhkan situs web, melainkan law firm yang sudah memiliki nama besar “bisnis kepengacaraan” pun berlomba-lomba memaksimalkan pemasaran melalui situs web yang sudah dioperasikannya. Ingat bahwa 8 dari 10 advokat papan atas Indonesia dan yang berjulukan pengacara kondang Indonesia memiliki situs web untuk memasarkan jasanya lebih luas lagi ke seluruh dunia.

 

Masih menurut pengacara kondang medan, N. Hasudungan Silaen, SH bahwa ada beberapa alasan terbaik mengapa saat ini banyak pengacara medan kepingin memiliki situs web untuk menjangkau para klien potensial, yakni:

 

1) Website Bisa Membuat Anda Lebih Mudah Dijangkau

Keberadaan sebuah situs web memungkinkan pelanggan (calon klien) untuk menjangkau Anda jauh lebih mudah dari pada sumber lainnya. Klien potensial ini dapat mencari Anda di halaman internet dan bisa menghubungi Anda kapan saja. Jika Anda ingin bersaing dengan law office berskala besar, situs web sangat ideal untuk memberi Anda akses yang sama, atau bahkan lebih banyak lagi untuk mendapatkan fee dari bisnis kantor hukum ini.

 

Apalagi seandainya, situs blog itu dipadukan dengan menggunakan konten SEO berkualitas dan sangat dibutuhkan oleh pencari keadilan tersemat baik di situs Anda, maka secara bertahap dan signifikan akan dapat membuatnya memiliki peringkat lebih tinggi di mesin pencari (apakah google, msn, yahoo, bing, yandex, dll), dengan demikian peningkatkan visibilitas perusahaan hukum milik Anda akan semakin maksimal.

 

2) Website Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas

Memang eksistensi sebuah situs web yang dapat membantu bisnis apapun tak dapat dipungkiri, sehingga Anda pun secara cepat dan tepat dapat membangun kepercayaan dan kredibilitas tidak hanya di antara klien Anda, tetapi juga untuk rekan Anda dalam skala besar. Tentu keberadaan konten yang Anda update dan publikasikan di blog situs kantor konsultan hukum Anda, termasuk salah satu referensi dan testimonial yang secara langsung dapat membangun kepercayaan atas adanya keahlian, keterampilan, pengetahuan dan pengalaman Anda di dunia hukum.

 

Ingat, jika orang yakin bahwasanya Anda tahu cara mengatasi masalah persoalan hukum (perkara) mereka, maka tanpa ragu mereka akan langsung menghubungi Anda dan sepakat untuk membuat sebuat perjanjian bantuan hukum dari seorang lawyer ataupun lembaga bantuan hukum (LBH). Dengan kata lain, bahwa sebuah blog situs web bisa menjadi cara ideal untuk menampilkan pengetahuan dan keahlian Anda agar diketahui oleh khalayak ramai dari berbagai belahan dunia.

 

3) Website Menyediakan Informasi Hukum

Hal terunik dan terbaik tentang hal memiliki situs web adalah lengkapnya penyediaan berbagai informasi hukum yang mereka butuhkan, terutama solusi dan cara penanganannya. Dimana sebelumnya telah ada dipublikasikan yang tujuannya agar diketahui calon pelanggan (klien) dengan cara yang paling mudah dan menarik perhatian yang lebih banyak lagi. Dengan begitu, setiap klien Anda dapat belajar tentang wilayah kepercayaan, pengalaman dan pengetahuan bidang hukum Anda tanpa harus berkunjung ke kantor law firm. Intinya, situs web law firm adalah sumber informasi terbaik dan terpenting yang dapat Anda berikan kepada para calon klien Anda tentang firma hukum Anda sebelum mereka membuat keputusan yang tepat untuk mengikatkan diri menjadi klien.

 

4) Media Internet Sebagai Alat Pemasaran yang Kuat dan Tanpa Batas

Terlepas dari apa pendapat orang banyak, menurut Hasudungan bahwa profesi pengacara perlu memasarkan layanan mereka agar tetap kompetitif dan profesional. Situs blog web hanya bertindak sebagai alat pemasaran ideal yang bisa menekan biaya pemasaran menjadi lebih kecil bila dibandingkan dengan pemasaran menggunakan media iklan TV atau media cetak dan radio araupun google adsense (ads).

 

Jika seseorang mencari jasa seorang pengacara, maka mereka sudah memiliki kebutuhan atas andanya layanan yang Anda berikan. Begitu mereka membuka situs web Anda, maka dapat dengan mudah mengubahnya keinginan seseorang menjadi calon klien dengan menggunakan informasi dan konten kuat yang termuat didalamnya.

 

5) Hal Dasar yang Wajib di Situs Web Pengacara

Jika sobat blogger, benar adalah pengacara dan memutuskan akan memperluas pemasaran bisnis kepengacaraan dengan memulainya pada sebuah web, maka menurut pengacara Hasudungan Silaen bahwa situs web Anda harus memenuhi unsur 100% SEO friendly, yakni dengan membuat situs web advokat harus mobile responsif sehingga terlihat bagus pada perangkat digital canggih apapun, baik itu smartphone, ponsel, tablet, laptop, atau desktop. Kemudian juga situs web law firm Anda harus memiliki halaman biografi dan testimoni yang menakjubkan di mana sobat blogger bisa menceritakan secara detail pengalaman Anda dengan cara yang relevan dan menarik.

 

Selain itu, halaman praktek bidang pada spesialisasi hukum tertentu harus mampu menjelaskan secara rinci jenis kasus yang akan Anda ambil untuk ditangani dan situs anda seharusnya terlihat sangat bagus untuk bisa menanamkan kepercayaan pada pengunjung Anda yang kemungkinan besar akan menjadi klien.

 

Sobat blogger yang berprofesi sebagai advokat juga harus menyediakan halaman kontak yang beragam dan mudah dihubungi, serta harus memiliki formulir web serta nomor telepon atau WA sehingga orang dapat dengan mudah menghubungi Anda dari perangkat telepon selulernya, jelas Hasudungan.

 

Jadi, situs web adalah cara cerdas untuk memaksimalkan pemasaran secara online tanpa batas kewilayahan, terlepas dari apapun usaha atau bisnis hukum yang Anda. Tapi situs web sendiri bisa saja tidak cukup, maka Anda pun harus pandai memanfaatkan media sosial (medsos) lainnya untuk memperkuat pemasaran kantor hukum. Semuanya adalah sebagai cara terbaik dan bagus untuk meningkatkan reputasi dan membawa klien masuk dari internet.

 

Disamping itu, masih dibutuhkan adanya desain situs web pengacara yang tidak rumit dan membosankan ketika ditelusuri. Serta memaksimalkan kinerja SEO ONPage dan SEO OFFPage. Jadi, jika sobat lawyer mencoba membuat situs web yang sesuai dengan orang yang mencari Anda secara online, maka Anda tidak memerlukan mengoperasikan situs web blog advokat sebanyak-banyaknya, melainkan hanya membutuhkan konten berkualitas dalam jumlah yang banyak untuk menarik para pembaca datang dari halaman mesin pencarian pada penggunaan kata kunci yang telah ditargetkan sebelumnya.

 

Strategi pemasaran advokat terbaik adalah senantiasa melakukan pendekatan multifaset yang mencakup berbagai modalitas, sedangkan kiprah dari keberadaan situs web pengacara Anda adalah untuk menjawab adanya “resume digital” bahwa benar Anda adalah seorang pengacara di Indonesia yang ahli di bidang hukum tertentu untuk memudahkan klien potensial mengetahui jati diri Anda secara lebih detail lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!