Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Komunitas Bisnis Online di Medan – Sumut

Dunia bisnis merupakan dunia yang sarat dengan persaingan, pengetahuan terbarukan dan pengalaman yang tak pernah habis. Fenomena inilah yang mendasari begitu banyaknya muncul komunitas-komunitas bisnis di berbagai daerah, termasuk di Kota Medan – Sumut. Salah satunya adalah KBOM (komunitas bisnis online medan).

 

Komunitas Bisnis Online Medan dan Usaha Online Sumut

 

Cikal bakal adanya KBOM ini, sebenarnya tidak lepas dari kehadiran para blogger medan dan pegiat dunia internet marketing yang ada di Kota Medan dan Sumut. Pada komunitas ini, para anggota ataupun simpatisannya akan diajak untuk saling tukar pendapat dan juga pengalamannya, dengan sesekali menghadirkan para pegiat dunia blogger dan juga praktisi bisnis sukses sebagai mentornya.

 

Secara pasti kami dari silaen blog tidak tahu kapan ada dan berdirinya komunitas bisnis online medan ini, akan tetapi kehadiran dunia internet dan adanya aktivitas para blogger telah membuat hubungan erat di dunia maya (online), terutama keakraban antar pecinta dunia bisnis di internet yang turut serta mengilhami adanya satu ide untuk sepakat membuat sebuah forum pebisnis yang dinamai Komunitas Bisnis Online Medan.

 

Kami sebagai salah seorang pegiat dunia blogger dan juga pemerhati bisnis online yang tergabung dalam silaenseocom blog, melihat bahwa munculnya perkumpulan ini didasari oleh mindset yang sama bahwa berwirausaha adalah mulia dan menggembirakan. Tapi, kami juga yakin bahwa eksistensi KBOM di dunia maya tidak sepi dari cobaan, baik itu suka maupun duka di dalam community ini.

 

Seperti pada umumnya sebuah organisasi ataupun komunitas, bahwa diawal pendiriannya dan hingga tahun 2018 ini, para anggota dan simpatisan di komunitas ini pasti sangat dipusingkan dengan banyaknya aktivitas para anggotanya yang sibuk dengan urusan masing-masing, sehingga sulit untuk menghadiri pertemuan yang telah dijadwalkan sebelumnya. Tapi, meskipun begitu bukan berarti komunitas ini tidak jelas keberadaannya.

 

Mengapa ? Karena bukan wiraswastawan dan pegiat internet marketing namanya kalau tidak bisa bangkit dari keterpurukan dan pengalaman-pengalaman yang tidak enak. Ya meskipun jumlah anggota yang diharapkan ikut berpartisipasi tidak seperti yang diharapkan.

 

Sebagai komunitas multi dimensi, tentu saja sistem rekrut keanggotaan di KBOM tidak mengikat dan terbuka bagi siapa saja. Karena pada prinsipnya bahwa orang tidak bisa dan tidak suka dipaksa oleh siapapun. Intinya, sebagai komunitas online yang modern, penerapan sistem keanggotaan haruslah dilakukan terbuka. Artinya, siapapun boleh ikut tanpa pernah membedakan dia-nya dari ras mana atau agama apa. Yang paling penting adalah keikutsertaannya bergabung adalah keinginan sendiri, tanpa paksaan dari pihak manapun.

 

Seperti komunitas kebanyakan, KBOM pasti juga berharap bahwa suatu saat nanti Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terutamanya Kota Medan dapat menjadi mercusuar dan kota satelit bagi kemajuan bisnis nasional. “Kota Medan kan kota perdagangan modern”. Jika saat ini Medan dikenal sebagai pencetak penyanyi berkualitas dan telah melahirkan berbagai musisi papan atas Indonesia, mengapa para anggota KBOM tidak bisa menjadi motivator dan inspirator bagi para pebisnis tanah air ? Tentu hal ini bisa dilakukan dengan cara menyebarkan ide-ide brilian tentang entrepreneurship lewat KBOM.

 

Ya…., konkritnya, setiap perbincangan dunia bisnis yang dimodernisasi secara online ataupun konsep pemasaran internet yang didapat melalui forum-forum KBOM harus dibagikan ke orang lain, sebagaimana lazimnya dalam dunia bisnis multi level marketing (MLM). Misalnya seorang pengusaha telah ada yang sukses membuka beberapa jenis bisnis dengan hanya mengeluar modal yang jumlahnya sangat kecil. Tentu saja dia-nya sudah mengetahui sedikit banyaknya tentang bisnis terbaik di medan. Dengan begitu diharapkan orang yang telah digembleng dengan ilmu entrpreneurship yang di share anggota KBOM dapat langsung terjun ke dunia entrepreneur, terutama mampu bersaing di dunia maya.

 

Namun, harus diakui bahwa pebisnis dan entrepreneur Medan masih kalah dengan Jakarta dan Surabaya. Sekarang, orang melihat bahwa motor bisnis di Indonesia adalah Jakarta. Orang berani berinvestasi di Kota Jakarta, dan setiap pengeluaran uang di Jakarta dihitung sebagai sebuah investasi yang harus bisa menghasilkan uang.

 

Lihat saja di Jakarta sangat banyak bisnis yang berkembang dengan sangat pesat yang dimotori oleh para pengusaha bidang trading, property, fashion, advertising, travel, agensi, ekspedisi, dan usaha lainnya. Meskipun secara kelembagaan bahwa KBOM bukanlah organisasi atau lembaga seperti yang di kenal secara formal, tapi masih bisa sebagai motor yang menggerakkan roda dunia bisnis modern di Indonesia.

 

Memang benar bahwa KBOM tak lebih hanya sebuah komunitas atau forum yang mewadahi para entrepreneur muda di Medan, dan turut memberikan pemahaman maupun bimbingan non formal bagi mereka yang ingin terjun ke dunia wirausaha, baik offline maupun online. Komunitas bisnis online medan harus terus berusaha memberi suntikan motivasi berwirausaha terbaik, sekaligus menunjukkan bagaimana cara mengembangkan sebuah usaha menjadi lebih mantap, sukses dan memberikan keuntungan bagi para pelaku bisnis.

 

Intinya bahwa KBOM harus selalu mengetengahkan persoalan faktual dan terbarukan dalam dunia bisnis yang berkembang saat ini. Misalnya dengan metode yang menggunakan proses tukar pikiran dan share pengalaman yang sangat bermanfaat buat seluruh anggotanya, sehingga tidak semata-mata hanya mengukur kuantitas anggota saja, melainkan juga memperhatikan kualitas maupun kesinambungan bisnis kedepannya.

 

Beranjak dari situlah KBOM akan semakin memahami tentang apa yang diinginkan anggota dan apa cita-cita bisnis mereka ke depan. Sekaligus mengevaluasi apa-apa saja yang telah dicapai dan apa saja kegagalan yang dihadapi. Proses evaluasi ini pun harus wajib dilakukan minimal 2 kali dalam setahun.

 

Disamping itu, komunitas bisnis online medan ini juga harus bisa mengklasifikasikan bidang usaha yang cocok untuk para anggotanya, seperti food and beverage, travelling, IT, rental mobil, fashion, selular, kuliner, jasa, hunian, atau berbagai aneka industri bisnis rumahan dan untuk ibu rumah tangga (IRT), dlsb. Tujuannya supaya sharing pengetahuan para pebisnis itu kian efektif dan lebih efisien kedepannya. Misalnya mengambil tema perbincangan tentang cara berbisnis online. Dengan begitu, anggota yang akan dan sudah bergabung di KBOM mendapatkan tambahan pengetahuan dan pengalaman dari sesama pengusaha yang menggeluti bidang serupa. Meskipun tidak tertutup kemungkinan bagi para pengusaha di larang untuk sharing lintas bidang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!