Bisnis Online dan Jasa SEO

Bisnis Online Medan dan Jasa Ahli SEO Blogger Terbaik

Komunitas Pegiat Otomotif Wajib Tahu Bisnis Online

Akhir tahun 2017, komunitas otomotif semakin tumbuh subur di Indonesia, dan tidak sedikit dari mereka selalu aktif di dunia online untuk sekedar berbagai informasi tentang aktivitas komunitasnya. Bahkan, komunitas otomotif ini telah di modifikasi oleh sebagian anggotanya sebagai salah satu bisnis online di Indonesia.

 

Bisnis Online Oleh Blogger Komunitas Otomotif Indonesia

 

Nah, hal inilah yang melatarbelakangi kami selaku blogger pegiat bisnis online di Medan, membuat artikel yang berjudul “Komunitas Pegiat Otomotif Wajib Tahu Bisnis Online” ini. Ya, kami berharap selepas sobat blogger membaca artikel ini, sobat sekalian termovitasi untuk mengembangkan komunitas otomotif menjadi salah satu pilar terdepan untuk memajukan bisnis online yang sedang diguliti.

 

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa bisnis online telah menjadi salah satu pekerjaan “freelance” bagi siapa saja untuk bisa menghasilkan uang tambahan dari dunia internet. Dan uang yang dihasilkan juga tidak terbatas jumlahnya.

 

Nah, dalam kerangka untuk memajukan bisnis online, tak jarang kita menemui begitu banyak diselenggarakannya seminar-seminar dalam rangka untuk membangun usaha kecil menengah (ukm) maupun usaha mikro kecil menengah (umkm) yang dimodifikasi menjadi sebuah bisnis online.

 

Kami melihat, salah satu komunitas masyarakat online yang tergabung dalam komunitas otomotif ada yang mencoba untuk mengembangkan usaha-usaha di internet, sehingga tak dicap lagi sebagai salah satu komunitas yang melulu mendiskusikan masalah otomotif saja di Indonesia.

 

Ya, pada pokoknya, kami memandang perlu komunitas yang ada perlu juga mendiskusikan hal positif lainnya di luar pembahasan tentang otomotif, seperti pembahasan masalah pemanfaatan teknologi internet untuk menunjang aktivitas berbisnis atau berdagang online (e-commerce business), sehingga menjadi salah satu agenda yang wajib diketahui oleh para anggotanya.

 

Apalagi kecenderungan para pebisnis online di Indonesia, khususnya di Kota Medan telah menjadi salah satu tren para pecinta blogger otomotif untuk selalu produktif dan menjadikannya sebagai salah satu pilihan terbaik dan terpercaya dalam memulai usaha yang murah dan mudah dan sanggup memberikan keuntungan finansial yang tidak sedikit jumlahnya.

 

Oleh karenanya, patut dan layak untuk dicontoh bila ada komunitas masyarakat otomotif sambil berkampanye tentang kepedulian masyarakat atas keselamatan berkendara, juga mensiasatinya dengan melakukan pertemuan-pertemuan (apakah itu seminar, workshop, kumpul bareng, nobar, road show, dlsb) menggelar ide-ide yang bertajuk membahas tentang bagaimana cara untuk membangun usaha kecil dan menengah bisa sukses membuka atau beraktivitas pada bisnis online.

 

Tentu, hal diatas tidaklah mudah dilakukan, tapi mengingat perkembangan dari masyarakat Indonesia yang mulai melirik bisnis online sebagai penambah penghasilan, maka tidak ada salahnya bila komunitas otomotif mencari sokongan dari beberapa perusahaan yang mau mensponsori hal-hal untuk mengembangkan kreativitas anggota komunitas otomotif dalam berbisnis online.

 

Nah, kota medan sebagai salah satu kota yang jumlah pengguna otomotifnya sangat tinggi dan memiliki sebuah komunitas yang bernama komunitas blogger medan, tidak ada salahnya berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan yang ada untuk melakukan pertemuan-pertemuan semisalnya seminar yang terkait dengan bisnis online yang dimotori oleh para anggota komunitas otomotif.

 

Ya, bisa saja dengan menghadirkan para praktisi bisnis online yang sudah sukses, para sobat-sobat blogger maupun para pengusaha-pengusaha otomotif untuk memotivasi para anggota dalam mengembangkan bisnis yang dilakoninya.

 

Ya, intinya selain memberikan informasi yang sangat berharga mengenai keselamatan berkendara di wilayah medan dan sekitarnya, komunitas dimaksud juga mendapatkan berbagai manfaat dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan di bidang teknologi internet, khususnya dalam kapasitas untuk berbisnis online.

 

Ingat, bahwa teknologi internet telah dirasakan dapat mempermudah kita untuk merintis segala jenis usaha secara online. Sehingga dengan adanya ide-ide cemerlang yang terungkap dalam pertemuan seperti penjelasan diatas, maka sedikit banyaknya akan sangat membantu para anggota komunitas ataupun masyarakat yang mau ikut dan berminat untuk membangun berbagai usaha secara mandiri lewat internet atau melalui media modern lainnya. Dengan begitu, semakin memotivasi dan memantapkan siapa saja yang ingin berbisnis online dan menggapai cita-citanya menjadi pengusaha online.

 

Disamping itu, dengan adanya pertemuan-pertemuan yang memotivasi para “star up” akan mendapatkan pengetahuan dan trik secara lengkap berikut dengan segala teknis mengenai kegiatan-kegiatan dagang online ini. Sehingga juga mendapatkan sebuah kesimpulan tentang hal-hal apa saja yang bisa dilakukan oleh masyarakat blogger dalam hal membangun situs maupun menciptakan aplikasi sendiri untuk mensukseskan bisnis onlinenya. Atau bisa juga mendapatkan tips bagaimana eksistensi bila bergabung dengan toko online yang sudah eksisting dan terbesar di Indonesia, seperti di situs Bukalapak, Tokopedia, Mataharimall, OLX, dan lain sebagainya.

 

Penting diketahui bersama, bahwa benar bahwa apabila kita bergabung dengan online shop yang telah eksisting, masing-masing situs yang dimaksud telah memiliki kelebihan dan kekurangannya. Sehingga sangat dibutuhkan pemahaman tingkat expert, dan juga keperluan untuk menggunakan beberapa tools strategi marketing untuk bisnis online lainnya, seperti sistem yang populer saat ini adalah affiliate marketing dan inbound marketing.

 

Satu lain yang penting untuk menjadi target dan pertimbangan utama adalah adanya keyakinan dan selalu fokus pada usaha yang dirintis dan harus berani berinvestasi pada media internet lainnya, misalnya dengan strategi promosi online dengan dengan cara memasang iklan digital, seperti melalui media sosial (Facebook, Twitter, Line, Linkedin), pasang iklan adsense di Google ataupun Yahoo, maupun memasang iklan mandiri pada blog tertentu yang secara khusus menyediakan slot pemasangan iklan premium di blog.

 

Pada prinsipnya, dalam memulai dan mengembangkan bisnis online bisa saja mengalami kegagalan. Tapi, sobat blogger tidak perlu merasa kuatir, sepanjang anda tidak melakukan atau menghindari 4 (empat) faktor, yakni: 1) faktor tak fokus alias semua jenis barang hendak dijual; 2) hanya sebagai pekerjaan sampingan semata; 3) tidak mau “all out” berinvestasi pada merek atau brand sendiri; dan 4) tidak memahami konsep dan strategi tentang inbound marketing.

 

Tapi, yang namanya bisnis online, tentu saja bila tidak ada medianya adalah merupakan pekerjaan yang sia-sia belaka. Nah, salah satu nya adalah dengan memiliki blog personal yang dimonetasi menjadi salah satu motor untuk melaksanakan bisnis online. Nah, kecenderungan banyak para blogger yang tidak becus mengurus blog yang dikelolanya, sehingga tidak lebih praktis pemanfaatan blog tersebut secara ekonomis.

 

Padahal, sadar atau tidak sadar, bahwa telah banyak blogger sukses yang menghasilkan “uang online” dari blognya, sehingga secara terus menerus bisa memberikan manfaat ekonomis jika dikelola secara baik dan profesional. Contoh konkritnya bisa saja satu orang blogger bisa mendapatkan pendapatan sedikitnya Rp 10 juta per bulan karena blognya di endorse oleh satu merek produsen perlengkapan otomotif terkemuka di Indonesia.

 

Ingat, secara teori dan praktek bahwa membuat blog haruslah konsisten. Ya, anggap saja seperti menulis buku diary saja, sehingga kita harus konsisten menulis konten di blog setiap harinya. Karena itulah salah satu strategi yang dicari pemilik merek ataupun para pembaca, sehingga banyak pengunjung nantinya datang ke blog kita.

 

Nah, salah satu tips yang bisa kami bagikan bagi para sobat blogger otomotif, cobalah untuk memulainya dari yang mudah saja, seperti mempublikasikan tulisan saat touring ke tempat wisata atau saat menglonsumsi produk atau jasa yang pernah kita beli. Karena itulah, satu buah konten adalah merupakan unsur utama yang menjadi sangat penting bagi blogger untuk membangun website atau blognya.

 

Tapi, apabila konten yang anda buat tidak bisa berada di halaman pertama atau menjadi ranking 1 di mesin pencari, maka hal ini kurang nikmat rasanya. Mengapa? Karena, kemungkinan besar konten yang ditulis tersebut tidak akan banyak dibaca oleh para pengguna internet. Oleh karenanya, bila anda memiliki blog atau website ataupun situs, maka belajarlah tentang segala teknik yang terkait tentang bagaimana caranya membuat konten atau tulisan yang kita di blog bisa muncul di halaman satu mesin pencari (misalnya di google dan yahoo). Silahkan dibaca tulisan kami yang membahas tentang “cara tulisan muncul di halaman pertama google” (jangan lupa di klik ya sobat blogger).

 

Intinya, blog yang anda miliki haruslah dimaksimalkan di mesin pencari dengan menggunakan SEO, sehingga peluang untuk mendapatkan trafik pengunjung tidak sampai terlewatkan. Para sobat blogger juga bisa melakukan tips ini agar blog kita dikenal oleh bnayak pembaca serta mendapatkan berbagai manfaat ekonomi, misalnya dengan bergabung di komunitas blogger, rutin menulis konten terbaru (dalam konteks tulisan ini adalah konten tentang otomotif) dan membagikannya ke berbagai media sosial (medsos), melakukan blogwalking, dan terakhir adalah bisa ikut pada setiap gathering atau event yang menyangkut tentang otomotif yang diselenggarakan oleh berbagai pihak (tidak hanya perusahaan otomotif terkenal di Indonesia).

 

Ya, dengan kita ikut dalam komuntas blogger dan juga sebagai anggota aktif, maka berkesempatan untuk mendapatkan promo-promo terbaru ataupun endorsement dari merek tertentu akan terbuka lebar, tapi syarat utamanya adalah jika blog kita aktif dan sangat human friendly. Nah, khusus perihal tentang aktivitas sehari-hari dengan melakukan blogwalking, maka kita selaku blogger akan meninggatkan jejak digital blog kita pada blog orang lain, sehingga kemungkinan besar blog kita memuliki peluang besar untuk dikunjungi orang akan lebih tinggi lagi.

 

Memang kami selaku pegiat SEO dan juga pemerhati bisnis online, menyadari penuh bahwa memulai bisnis online via web adalah sangat berat dan penuh persaingan. Coba bayangkan berapa jumlah website atau blog yang ada saat ini di seluruh dunia? Nah, jumlah web inilah yang menjadi saingan utama kita.

 

Menurut kami, ada beberapa tips dan hal yang perlu diperhatikan para sobat blogger untuk memulai bisnis online dengan membangun blog, antara lain: 1) harus memiliki modal; 2) harus ada produk: 3) target pasar yang disasar harus jelas; 4) harus ada strategi pemasaran (internet marketing); 5) harus fokus pada jenis e-commerce yang akan dibangun kedepannya; dan 6) harus menggunakan tools bisnis e-commerce berikut dengan tools untuk membuat situs e-commerce yang terbaik dan terpercaya.

 

Kemudian juga, janganlah terlalu “rakus” dan lebih baik untuk yang baru mulai adalah menggunakan konsep belajar satu, lakukan satu. Atau belajar dua, lakukan satu. Maksud dan tujuannya adalah untuk mengutakan adanya “action”, jangan melulu berkutat dengan teori yang ada. Jadi, harus berani beraksi membuat bisnis online dan membangunnya dengan mengeluarkan segala sumber daya yang ada.

 

Jangan lupa bila ingin sukses berbisnis online, maka wajib tahu cara-cara membangun situs e-commerce dan buatlah blog yang memiliki reputasi tinggi di mata pembaca maupun dihadapan google (search engine), bila ingin komunitas otomotif anda sukses dalam hal mengembangkan bisnis online di Indonesia kedepannya.

 

Demikian artikel dari blog silaenseo.com ini yang bisa kami bagikan pada kesempatan yang baik ini, atas perhatian dan kunjungannya diucapkan terima kasih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!