Bisnis Online dan Jasa SEO

Bisnis Online Medan dan Jasa Ahli SEO Blogger Terbaik

Kontes SEO Bagi Bisnis Online di Era Internet Marketing

Akhir-akhir ini, banyak ditemukan even kontes search engine optimization atau lomba seo mengoptimasi kata kunci (keyword) yang mereview berbagai jenis produk bisnis internet maupun jasa online. Memang para pegiat pemasaran online, maupun enginering web blog telah memaknainya sebagai salah satu bagian terpenting dari strategi internet marketing / digital marketing secara menyeluruh.

 

Kontes SEO Website dan Lomba Optimasi Review Produk Blog Bisnis Online di Indonesia

 

Indonesia, terutama pada daerah sentra bisnis seperti Kota Jakarta, Tangerang, Bekasi, Surabaya, Medan, Bali, Pekanbaru, Batam, Semarang, Makassar, Palangka Raya dan daerah lainnya, setiap tahunnya pasti ada perusahaan (baik skala besar, menengah dan kecil / UKM) yang mengambil kebijakan untuk membuat kontes SEO.

 

Nah, kondisi ini menyebabkan penyelenggaraan kontes seo bukanlah merupakan rahasia umum lagi, seandainya pada tahun 2017 ini banyak perusahaan bisnis online di Indonesia yang mengadakan even kontes seo ataupun lomba menulis konten artikel review produk. Geliat adanya semarak perlombaan di Search Engine Rating Pages (SERPs) ini telah berlangsung sejak era tahun 2009. Padahal sebagaimana diketahui bersama, bahwa mesin pencari google sebenarnya tidak menyukai adanya event-event kontes seo apalagi jika mensisipkan kata kunci: “terbaik”, “terbaik indonesia”, “terpercaya”, dlsb.

 

Sebelum kami melanjutkan pokok bahasan dalam artikel ini, terlebih dahulu akan dijelaskan apa arti dan pengertian dari kontes SEO tersebut. Kontes SEO (search engine optimization) sering diartikan sebagai 1 perlombaan optimasi website ataupun kontes menulis yang berisi tentang promo blog tertentu agar mendapatkan posisi atau ranking terbaik di mesin pencari. Jadi, kontes seo adalah suatu kompetisi perlombaan mengoptimalkan sebuah atau beberapa kata kunci yang telah ditetapkan oleh si penyelenggara kontes/lomba dengan memakai medium berupa situs atau blog milik para peserta agar bisa berada di halaman ranking terbaik pada search engine (mesin pencari), yang mana akan dilakukan pembatasan jangka waktu perlombaannya sebagaimana yang telah ditentukan oleh panitia sebelumnya. Nah, kontes seo ini biasanya akan menyediakan hadiah yang sangat menarik, bisa berupa barang/produk, ijazah/sertifikat, tiket, voucher ataupun berupa uang yang jumlahnya bisa mencapai puluhan juta rupiah bahkan ratusan juta rupiah per 1 event kontes.

 

Asal Muasal dan Sejarah Kontes SEO

SEO Contest yang populer di Indonesia disebut dengan nama Kontes SEO, Kontes Promo, Perlombaan SEO, Lomba Review atau SEO Competition pertama kali diselenggarakan di Negara Jerman yang panitianya adalah German Webmaster dengan menggunakan kata kunci Schnitzelmitkartoffelsalat. Nah, kontes seo ini diselenggarakan pada tanggal 15 November 2002 dengan menggunakan Bahasa Jerman oleh Usenet Group. Sedangkan, kompetisi kontes seo dalam Bahasa Inggris diselenggarakan oleh nigritude ultramarine oleh Search Guild yang secara garis besar mengklaim sebagai induk pusat dari seluruh kontes SEO. Kontes seo ber-Bahasa Inggris ini telah dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 2004 dan terakhir dimenangkan oleh seseorang yang bernama Anil Dash.

 

Syarat dan Peraturan Maupun Ketentuan Kontes SEO

Dalam ajang penyelenggaraan even kontes SEO, panitia tentu saja akan menentukan topik dan atau tema secara spesifik yang akan menjadi kata kunci (keyword) untuk diperlombakan oleh seluruh peserta. Panitia penyelenggara akan membuat topik, dimana tema yang dimaksud cenderung tema yang kurang terkenal atau beberapa topik yang belum pernah dipublikasi di dunia maya. Seandainya pun, tetap masih saja ada topik yang populer untuk diperlombakan, maka topik/tema tersebut kemungkinan merupakan efek keyword yang muncul dan hasil agak sedikit di halaman google.

 

Disamping itu, rata-rata panitia lomba SEO akan memastikan seluruh peserta akan berperan aktif seluruhnya memakai metode SEO atau teknik optimasi search engine yang baik dan benar (white hat seo) untuk memberikan peringkat atas tema/topik yang diperlombakan tersebut. Panitia juga akan mendapatkan efek backlik blog (link out) yang dipadukan dengan pengiriman anchor text dari setiap peserta yang masuk dalam daftar hasil pencarian di search engine.

 

Nah, terhadap atas kata kunci yang diperlombakan tersebut, peserta yang akan memenangkan kontes SEO nantinya adalah para peserta yang memperoleh posisi peringkat tertinggi pada mesin pencari tertentu yang telah dihunjuk sebelumnya. Nah, pemilihan search engine ini telah disepakati sebelumnya oleh panitia dan juga oleh para peserta, seperti google (com, co id), bing, yahoo, dan lain sebagainya. Adanya penggunaan search engine ini sangat penting diketahui oleh para peserta, karena secara natural bahwasanya setiap mesin pencari akan berbeda satu dengan lainnya, sehingga terdapat perbedaan nyata dalam menggunakan metode optimasi mesin pencari.

 

Hadiah Kontes SEO

Sebagaimana telah disinggung, bahwa kontes SEO dapat dikelompokkan pada berbagai jenis, sesuai dengan jumlah hadiah yang diberikan oleh penyelenggara, serta menurut kemampuan yang dimiliki peserta yang mengikuti kontes SEO itu sendiri.

 

Kalau diamati, setiap dibuka even kontes SEO pasti akan sangat ramai diikuti oleh para webmaster, ahli dan pakar SEO maupun para konsultan dan praktisi SEO yang selama ini telah aktif mengoptimasi web/blog miliknya. Keikutsertaan para jaga-jago kontes SEO ini, terlihat nyata ada yang memiliki beberapa tingkatan, tergantung dari kemampuan dan bonafisitas sang penyelenggara. Misalnya, lomba yang akan memperkenalkan sebuah produk barang (jasa) atau promosi blog baru, maka biasanya penyelenggara kontes SEO bisa berasal dari individu, perusahaan, lembaga dan organisasi ataupun bisnis online kelas menengah ke bawah.

 

Nah, biasanya kontes SEO yang demikian, sebagian besar para pesertanya (baik ahli optimasi, master, pakar, konsultan ataupun praktisi seo) yang mengikuti kontes seo ini mengharapkan mendapatkan hadiah utama dari kontes SEO yang sangat besar, yakni: berupa materi (uang, barang). Bila kontes SEO seperti ini, biasanya diikuti oleh para blogger yang telah memiliki skill tinggi (sekelas Ahli, Pakar, Master, Konsultan SEO), sehingga keadaan ini menimbulkan sebuah persaingan yang sangat ketat antar sesama situs/blog yang dimiliki oleh para peserta untuk memperoleh ranking terbaik dan menduduki posisi teratas pada mesin pencari.

 

Nah, kami sebagai pelaku konsultan seo dan digital marketing strategy, perlu sedikit meluruskan dan atau menjelaskan mengapa banyak pelaku bisnis yang mengadakan kontes seo, serta kata kunci apa yang pas untuk di perlombakan. Disisi lain tentu, kita sama-sama melihat bahwa kebanyakan para peserta event seperti ini menghalalkan segala cara agar bisa jadi pemenang atau menjadi juara 1, dan tanpa di sadari malah akan merusak brand penyelenggara lomba kontes seo.

 

Ilustrasinya kira-kira begini, kontes dilaksanakan dengan membawa keyword brand pada kata kunci yang diperlombakan, sehingga sedikit banyak dalam aktivitas optimasi yang dilakukan para peserta pasti akan ada yang melakukan spamming, bahkan sampai meng-hack situs wordpress milik orang lain dengan inject untuk menanamkan backlink di situs tersebut.

 

Tentu adanya perbuatan yang tidak baik diatas, sedikit banyak harus berpikir ulang bila ingin mengadakan kontes seo yang terkait dengan “brand awareness” maupun “negatif keyword” atau hanya sekedar ingin mendapatkan bantuan dari pengiriman backlink milik para peserta?

 

Tujuan Menyelenggarakan Kontes SEO

Kami memandang ada beberapa tujuan ataupun yang menjadi latar belakang, berikut dengan manfaat SEO bagi bisnis terutama yang berorientasi pada pembuatan outlet toko online sehingga diambil sebuah kebijakan untuk menyelenggarakan kontes seo ataupun lomba menulis review produk di halaman google, yakni:

 

*) Untuk Tujuan Membentuk Brand Awareness

Jika memang tujuan anda untuk membentuk dan sekaligus dalam rangka untuk meningkatkan brand awareness, maka pastikan terlebih dahulu apakah brand anda sudah cukup terkenal. Jika brand anda sudah sangat terkenal, namun hanya ingin memperkenalkan jenis produk baru yang akan diluncurkan ke pasaran, maka kami rasa keputusan untuk mengadakan event kontes seo adalah sangat tidak tepat dan merupakan pekerjaan yang sia-sia. Karena sebenarnya, anda bisa mengambil langkah promosi dengan cukup melakukan hire blogger influencer, social media influencer dan paid sem untuk boost produk anda, dimana hal ini terjamin sangat aman untuk menjaga nama baik brand produk anda.

 

Jika seandainya memang brand anda sama sekali baru (atau kurang terkenal), maka sangat bagus memang untuk mengadakan kontes seo dengan memilih kata kunci promosi (tapi jangan berlebihan ya), apalagi temanya terlalu sangat “subjectif” melulu. Anda bisa memilih untuk menentukan keyword yang berkategori high volume search yang berhubungan dengan bisnis anda, plus dalam rangka meningkatkan nama brand untuk jangka panjang.

 

*) Untuk Menghilangkan Negatif Keyword

Secara umum, negatif keyword adalah kata kunci negatif atas merek produk yang kita miliki. Artinya, bahwa kata kunci seperti ini adalah bertujuan untuk menjatuhkan brand anda di era digitalisasi marketing online ini. Bicara negatif keyword, memang seperti penyakit akut yang sulit disembuhkan. Karena sangat banyak faktor yang menimbulkan negatif keyword, seperti adanya pengalaman yang kurang baik terhadap pelanggan anda saat memakai produk / layanan anda. Bisa juga karena adanya kesalahan dari oknum karyawan (customer services) yang anda pecat atau bahkan persaingan bisnis yang tidak fair play. Jika persaingan bisnis ini terasa cukup sulit, dimana para pesaing bisa dengan mudah membuat “fake account” (akun ID palsu) baik itu dengan cara menulis di blog, sosial media (sosmed) dan juga forum maupun komunitas online di Indonesia.

 

Jika seandainya tujuan anda mengadakan kontes seo karena ini, maka pastikan dan teliti secara detail terlebih dahulu, tentang seluruh hal negatif yang mungkin ada atas brand dimaksud. Misalnya dengan mencoba “ketik di search engine brand anda plus spasi”, makan akan ada keywords suggestion yang tampil. Jika ada seperti kata “brand anda penipu”, maka hal itu berarti keyword ini sudah cukup banyak yang mencarinya (biasanya untuk memastikan sebelum memakai jasa, produk anda).

 

Nah, bila tidak ada, maka hal itu berarti cukup aman, tapi anda perlu pastikan dengan coba mengetikkan langsung contoh nama brand anda penipu. Pastikan di hasil pencarian tidak ada negatif keyword tersebut (bila perlu sampai page 5). Jika ada biasanya akan sangat sulit untuk meminta penulisnya meralat artikel tersebut dan jalan satu-satunya adalah dengan mengambil keputusan untuk menyelenggarakan even kontes seo tersebut.

 

Ingat, bahwa setiap keyword yang dipilih juga harus detail diperhatikan, baik itu dari hasil cek negatif keyword, misalnya: nama brand anda penipu. Kata kunci negatifnya adalah “penipu”. Maka keyword yang bisa disertakan untuk meniadakan kata kunci negatif wajib menjadi keyword untuk diperlombakan, misalnya: “nama brand anda bukanlah penipu, dst…”.

 

Kami selaku pegiat dunia SEO dan juga bisnis online, melihat bahwasanya kebanyakan kontes seo hanyalah target untuk mengejar kata kunci yang bagus-bagus semata, terbaiklah, terbaguslah, termurahlah, terpercayalah, dan lainnya. Padahal secara prinsipil, negatif keyword tidak akan terpengaruh dengan kata kunci itu. Hasil pencarian negatif keyword tersebut tetap akan eksis hingga akhir jaman. Beda jikalau negatif keyword tadi anda ikut sertakan dalam keyword yang diperlombakan, artikel peserta kontes akan menutup dan menenggelamkan artikel negatif keyword tadi.

 

*) Sekedar Mendapatkan Bantuan Backlink

Jika tujuan dan latar belakang anda membuat kontes SEO adalah sekedar mengejar keyword yang persaingannya tinggi, ini juga kurang tepat. Karena, sebenarnya cukup anda melakukan “hire content placement” pada beberapa blog yang trafik pengunjungnya sangat tinggi dan se-niche.

 

Dengan kata lain, mengadakan kontes dengan tujuan target untuk mengejar backlink ini tidak akan sesuai dengan ROI target anda. Jadi, alangkah baiknya di pikir ulang kembali.

 

*) Untuk Mendapatkan Double Target

Double target yang kami maksudkan disini adalah dalam rangka untuk menutup negatif keyword sekaligus melakukan promo brand atas produk, barang ataupun jasa yang anda lemparkan ke pasar. Tentu adanya caranya akan cukup membantu anda, sehingga pilihlah keyword target yang tepat, seperti: menuliskan review. Sekedar membikin artikel yang berjudul “brand anda bukan penipu dan memakai produknya justru menguntungkan karena sangat murah dan berkualitas”.

 

Kami akhiri artikel yang membahas tentang “kontes seo bagi bisnis online di era internet marketing”, mudah-mudahan ada manfaat yang bisa dipetik oleh para blogger sobat seo blog silaenseo.com – website niche kontes seo bisnis online. Atas kunjungan, perhatian dan kesediaannya membaca artikel ini diucapkan terima kasih.

1 Comment

Add a Comment
  1. Prediksi SBOBET

    terimakasih atas infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!