Kontes SEO Dan Jasa Ahli Bisnis Online

Jasa Ahli Agen Optimasi

Manfaat Digital Marketing Bagi Perusahaan Developer Property

Pergeseran strategi pemasaran online melalui pemanfaatan teknologi digital (audio, gambar dan video) telah merambah ke dunia industri modern, baik industri berskala kecil dan menengah (UKM) maupun usaha besar. Tak tanggung-tanggung industri rumahan (home industry) juga telah turut meramaikan penggunaan strategi pemasaran online via jaringan internet global.

 

Peran Strategis Digital Marketing Bagi Perusahaan Property dan Developer Real Estate Indonesia

 

Peran ini kelihatan dari banyaknya pengusaha dan terciptanya konsep bisnis yang telah memanfaatkan digital marketing, tidak terkecuali dalam pokok bahasan kita kali ini adalah untuk bisnis property. Memang ada sebagian pendapat yang mengatakan bahwasanya: “digital marketing kurang memiliki peranan penting dalam pengembangan industri bisnis properti”.

 

Pendapat diatas muncul didasarkan adanya alasan bahwasanya pengembang property tidak mungkin mengantarkan produk properti nya ke rumah pelanggan (door to door), seperti produk elektronik, handphone, kuliner, fesyen, dan lain sebagainya.

 

Jujur saja, Kami selaku pegiat di dunia internet, tidak sependapat dengan pernyataan diatas, karena digital marketing bisa dimanfaatkan sebagai salah satu sarana dan prasarana dalam rangka untuk menunjang efektifitas promosi atas produk-produk properti yang hendak dipasarkan kepada para calon pelanggan atau pembeli maupun penyewa dengan mengadopsi, seperti pemanfaatan mirip pasang iklan.

 

Oleh karena itu, kami melihat di era digitalisasi yang serba canggih, para developer property sudah saatnya melakukan “revolusi digital marketing” dalam rangka mengubah cara dan pola perusahaan untuk memasarkan produk-produk properti kedepannya.

 

Memang benar, fakta yang terjadi saat ini, bahwa pada era digital ini, telah terjadi “booming” dan pergeseran orientasi industri yang bermuara pada bisnis e-commerce. Lihat saja, perusahaan dan bisnis ritel usahanya banyak yang tidak beroperasi lagi “gulung tikar” karena para konsumennya sudah beralih ke cara pembelian sistem online. Sehingga, pengusaha ritel mulai waswas akan keberlangsungan bisnisnya melihat terjadinya lonjakan penjualan yang dialami oleh perusahaan-perusahaan e-commerce.

 

Tapi, produk yang dijual oleh perusahaan e-commerce adalah produk-produk, yang terbatas pada fesyen, smartphone (hp), elektronik, peralatan dapur, laptop, kuliner, buku, komputer atau personal care. Nah, khusus untuk yang spesialis memasarkan produk properti tentu disinilah peluang terbesarnya.

 

Manfaat Digital Marketing Bagi Developer Property

Memang hingga saat tulisan ini kami buat, di Indonesia, khususnya yang berasal dari Kota Medan dan sekitarnya, tidak ada situs web develeper properti yang masuk dalam deretan 100 – 500 top situs yang paling banyak diakses oleh para pengguna internet, sebagaimana datanya menurut catatan alexa.com. Artinya, bahwa web blog property belumlah menjadi situs favorit yang informasinya sangat dibutuhkan atau dicari oleh masyarakat.

 

Memang untuk hal-hal yang terkait dengan produk properti, baik itu untuk kepentingan residensial maupun komersial, para pembeli dan atau penjual harus bertemu secara fisik. Hal ini disebabkan, pembeli juga perlu melihat secara fisik, rumah, ruko, rusun, real estate, apartemen, gudang, villa, kondominium, lahan, atau kantor yang ingin mereka beli ataupun sewa.

 

Disamping itu, urusan transaksi dan penyelesaian pembayarannya pun membutuhkan proses yang kompleks dan melibatkan pihak ketiga (seperti notaris, broker property, ataupun pihak perbankan). Meskipun demikian, tentu sangat tidak tepat bila ada yang mengatakan bahwa digital marketing tidak akan mengubah strategi pemasaran dan pembentukan merek perusahaan properti.

 

Di negara-negara maju, penggunaan teknik digital marketing pada industri properti telah menunjukkan peran yang begitu besar, dimana budget yang dikeluarkan untuk pemanfaatan pemasaran via digital marketing sudah mendekati angka 50%. Dengan demikian, alokasi budget untuk media konvensional, terutama pemanfaatan media cetak berkisar sama, yakni pada angka 50%.

 

Sementara di negara kita, Indonesia, budget untuk digital marketing pada industri properti, mungkin sampai akhir tahun 2017 ini kami perkirakan sekitar 5-10% saja, tetapi bisa saja angkanya akan naik cepat pada tahun berikutnya.

 

Berdasarkan hasil analisa kami, bahwa ada beberapa situs web bisnis property yang mulai terlihat secara signifikan mengalami kenaikan pesat dalam jumlah trafik pengunjung. Tentu saja, website blog tersebut memuat banyak konten yang membahas tentang rumah, apartemen atau produk properti lainnya, seperti real estate dan apartemen yang bisa untuk dijual ataupun disewa.

 

Kalau boleh kami mengatakan, ketertarikan para pengguna internet mengunjung situs para developer properti ini disebabkan pada website mereka ada menyediakan informasi dan presentasi, dan beberapa tutorial tentang proses pembangunan maupun pemasaran properti mereka. Tentu saja kita berharap kedepannya, situs-situs properti ini nantinya akan menyediakan sebagian proses negosiasi, pembuatan perjanjian, dan pembayaran bisa diambil perannya oleh internet dengan memodifikasi fungsi dari fasilitas “enter-cart”.

 

Dari pemaparan diatas, terlihat gambaranya bahwa digital marketing memiliki peran yang begitu besar di industri properti sebagai media untuk komunikasi dan media untuk memasarkan, sehingga banyak diketahui oleh publik.

 

Lalu, apa saja hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan untuk memperlancar digital marketing yang akan dilakukan oleh para developer maupun pebisnis properti? Untuk pengembang, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat atau mengoperasikan website atau blog usaha properti. Weblog inilah sebagai media yang efektif untuk membangun merek (branding) dan sekaligus sebagai media penjualan di internet.

 

Sedikit kami jelaskan, bahwa salah satu kunci agar website yang dioperasikan tersebut berjalan baik dan sukses adalah dengan membangun dan membuat konten yang menarik dan berkualitas, serta konten yang paling banyak dicari dan dibutuhkan oleh para calon konsumen (pengguna internet), sehingga secara berkelanjutan akan menghasilkan jumlah trafik pengunjung yang baik.

 

Tidak hanya itu saja, website tersebut juga harus dikelola dan dimonitor serius oleh orang-orang yang memiliki kemampuan dan keahlian sebagai “website enginering”. Jujur saja, kami selaku pengiat dunia blogger, melihat bahwa pada kenyataannya, banyak website properti di Indonesia yang kurang terurus, lalai untuk mengoptimal SEO, masih sangat jauh memiliki konten kualitas terbaik, kurang memanfaatkan menu navigasi, kualitas gambar dan video yang diupload kurang menarik, serta belum efektifnya upaya mereka mengintegrasikan dengan media dan aktivitas pemasaran lainnya.

 

Memang sih, ada beberapa website dari perusahaan properti yang telah memanfaatkan jaringan media sosial (medsos), seperti facebook, whatsapp, twitter untuk memperkenalkan produk propertinya. Benar, bahwasanya media sosial akan bisa memainkan peran penting untuk menyebarkan informasi, meningkatkan popularitas, membantu meningkatkan trafik website dan juga untuk meningkatkan pelayanan kepada setiap pelanggan. Oleh karena itu, pengembang dan agen properti ataupun broker property perlu lebih serius menangani pengoperasian media sosial ini.

 

Prospek Masa Depan Digital Marketing di Industri Property

Ya, meskipun saat ini, industri properti di Indonesia relatif sangat tertinggal, terutama dalam memanfaatkan secara maximum era digital marketing, sepertinya masih kurang kedasyatannya dalam menggunakan media sosial untuk mendukung pemasaran dan membangun kekuatan merek dagang. Tapi, bukan berarti harus tidak dilakukan, karena bagaimana orang mau tahu produk properti yang kita pasarkan, bila kita tidak pernah mempromosikannya.

 

Kabar terbaru yang kami dengar, bahwa saat ini ada yang namanya teknologi GPS, augmented realty, dan teknologi yang berhubungan dengan location base service (LBS) yang konon nantinya akan menjadi salah satu teknologi yang penting dalam kesuksesan industri properti di masa mendatang. Bahkan, untuk yang berprofesi sebagai agen properti ataupun para broker property, teknologi terbarukan ini akan menjadi teknologi dasar untuk menopang strategi memasarkan produk-produk properti mereka.

 

Ada beberapa aspek yang perlu sobat blogger ketahui, yang menjadi penyebab kurang diminatinya (relatif melambat) peran digital marketing pada industri properti di Indonesia bila dibandingkan dengan prospeknya pada industri lainnya. Penyebabnya adalah karena faktor dari sisi kesiapan pasar, terutama para pembeli. Kemudian, segmen terbesar dari industri properti adalah mereka yang sudah dewasa atau bahkan sudah berusia di atas 50 tahun.

 

Jadi, wajar saja, bila hal ini yang menyebabkan segmentasi pasar yang relatif melambat dalam mengadopsi penggunaan teknologi digital. Penetrasi pengguna media digital di Indonesia, terutama para media sosial (medsos), relatif banyak yang masih berusia muda, sehingga mereka ini belum memiliki daya beli yang cukup, apalagi untuk membeli rumah yang harganya ratusan juta hingga milyar-an rupiah.

 

Tak mengherankan, bila pemanfaatan digital marketing akan sangat efektif dan berperan besar pada kelompok usia tua (50 tahunan) ini, namun tidak ada salahnya bila ada program untuk melakukan edukasi secara bertahap terutama pada kelompok muda, agar semakin memiliki daya beli. Nah, disinilah peran strategis yang bisa dimainkan oleh digital marketing, khususnya dengan memaksimalkan  blog property yang dimiliki.

 

Faktor lainnya yang juga turut memperlambat pemanfaatan digital marketing property adalah dari para pemain properti itu sendiri. Maksudnya, para pemain property belum menunjukkan komitmen kuat untuk terus mengembangkan digital marketing demi meningkatkan penjualan dan membangun merek dagang nya, melalui konsep periklanan di website milik perusahaan property. Ya, mungkin saja masih memerlukan beberapa contoh atau motivator yang banyak tentang tips atau bagaimana caranya perusahaan properti sukses berkat adanya peran digital marketing global.

 

Memang, kondisi saat ini, kami melihat bahwa mayoritas perusahaan maupun pengusaha biasanya agak sedikit enggan menjadi trend setter, tetapi cenderung hanya banyak mengikuti kisah sukses dari satu atau dua pemain di industri maupun bisnis. Kita harus mau belajar dari pusat perbelanjaan yang sudah relatif maju dalam penggunaan digital marketing, kami kira bisa dijadikan sebagai salah satu inspirasitif bagi para pengembang properti Indonesia agar lebih sukses lagi di dunia online pada masa yang datang.

 

Sebelum kami akhiri tulisan ini, secara gamblang kembali dijelaskan manfaat dan pentingnya digital marketing untuk property adalah dalam rangka untuk memikat jaringan konsumen yang lebih luas, dalam hal:

 

*) Mempermudah Proses Pemasaran, hal ini disebabkan digital marketing merupakan inovasi yang sangat bermanfaat bagi terciptanya sebuah strategi pemasaran yang efektif melalui media digital (digital marketing), bukan hanya memudahkan sekedar untuk memasarkan properti, tetapi juga bisa untuk mengedukasi pembeli. Dengan kata lain, bahwa pemanfaatan teknologi telah membawa developer properti untuk menjangkau calon pembeli lebih luas. Sebab, berada di era dunia maya seperti sekarang ini, pemanfaatan waktu dan batas-batas geografis nasional menjadi lebih maksimal dibandingkan bila menggunakan cara-cara konvesional (klasik). Konsumen hanya perlu menggunakan fitur chatting di media sosial atau yang disediakan di website untuk menanyakan segala sesuatu yang terkait dengan produk, tanpa harus bertemu langsung “face to face” dengan pihak bagian marketing, yang sekaligus mempermudah aktivitas dan jangkauan target properti.

 

*) Digital Marketing Mendatangkan Calon Konsumen, hal ini disebabkan digital marketing menuntut para pelaku bisnis property menjadi lebih kreatif dan terus berinovasi dalam rangka membentuk dan menemukan strategi pemasaran yang terbarukan yang dipublikasikan melalui pemasangan iklan sendiri melalui pembuatan konten di weblog properti. Saat ini, calon pembeli yang berpotensi tertarik terhadap properti yang ditawarkan masih terus berdatangan dari iklan yang dipasang pada medium internet. Dengan kata lain, digital marketing memiliki peran khusus untuk melancarkan transaksi bisnis properti, sehingga memaksimalkan sistem marketing online akan makin mempermudah dan pemasaran yang dilakukan dalam dilakukan “cross project”, meskipun posisi si penjual tidak berada di lokasi.

 

Demikian artikel yang mengulas tentang “manfaat digital marketing bagi  para perusahaan developer property”, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi sobat blogger Indonesia, khususnya blogger medan yang hendak belajar tentang dunia digital marketing untuk mempromosikan perusahaan develeper property. Atas perhatian dan kunjungannya diucapkan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!