Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Manfaat Media Sosial Bagi Pelajar

Hampir rata dari kita sudah terkoneksi dan memanfaatkan jaringan sosial (medsos – sosmed) seperti Facebook, Likedin, Whatsapp, Twitter, Line dan YouTube telah cepat menjadi komunitas baru dari kehidupan manusia sehari-hari. Salah satu alasan yang melatarbelakangi mengapa media sosial sangat populer saat ini adalah disebabkan karena memungkinkan setiap para pengguna untuk mengubah pengalaman mereka sehari-hari dan berinteraksi dengan jaringan internet tanpa batas.

 

Manfaat Medsos Sosmed Bagi Pelajar dan Web Bisnis

 

Dengan banyaknya teknologi dan aplikasi hp baru, serta diikuti dengan perkembangan jaringan sosial yang ada hingga tahun 2018 ini, ada banyak manfaat dan alasan bagi siapa saja, termasuk siswa, pelajar ataupun mahasiswa untuk menggunakan medsos ini.

 

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data dan fakta bahwasanya 70% pelajar telah merasakan bahwa teknologi yang mereka gunakan untuk belajar juga harus disesuaikan dengan diri mereka sebagai pengguna media sosial untuk menunjang prestasinya.

 

Dalam catatan kami, ada sejumlah manfaat penggunaan media sosial untuk dunia pendidikan modern, yakni:

 

1) Menciptakan Komunitas Online

Banyak pelajar, siswa ataupun mahasiswa yang ditantang untuk bisa menyesuaikan diri dengan konsep sistem pembelajaran yang baru dan tugas-tugas khusus yang diberikan oleh para pendidik (guru). Media sosial telah dirasakan dapat membantu memusatkan pengetahuan kolektif seluruh tingkatan dan kelas untuk membuat kegiatan belajar dan berkomunikasi menjadi lebih efisien dan praktis.

 

Contohnya: a) memulai daftar kontak kelas untuk berkolaborasi dan saling membagikan tips-tips pelajaran tertentu yang sulit dideskripsikan oleh siswa atau pelajar; 2) mengundang para guru yang menggunakan media sosial untuk bergabung dengan kelompok belajar, sehingga bisa memberi masukan maupun penerusan tugas-tugas belajar selanjutnya.

 

Tapi, satu hal yang perlu diingat bahwasanya jutaan pelajar dimanapun mereka berada sedang berupaya untuk mempelajari hal yang sama saat ini. Jaringan kelompok belajar tak lagi harus terbatas pada lingkup sekolah yang sama saja. Dalam hal ini, tentu saja akan mendorong pelajar untuk bisa menjadi “seorang ahli” dalam keterlibatan berbagai aspek yang terkait dengan internet. Tidak hanya belajar untuk berinteraksi dengan banyak orang, pelajar juga harus belajar cara penggunaan media sosial (medsos) tersebut secara positif dan sehat.

 

2) Media Untuk Melanjutkan Pembahasan Pelajaran

Memulai jaringan kelompok belajar kolaboratif di sosial media (sosmed) bisa menghemat banyak waktu, pikiran, tenaga dan uang. Bagi siswa atau pelajar yang tak dapat menghadiri kelas tertentu, tak perlu khawatir ketinggalan pelajaran karena saat ini media sosial seperti Periscope, Skype atau SnapChat bisa membantu pelajar untuk menemukan jawabannya dari teman yang lain.

 

Tidak hanya itu saja, para pelajar juga dapat menggunakan Google Hangout untuk memfasilitasi mereka ketika belajar kelompok. Pelajar yang ingin mengajukan pertanyaan secara lengkap kepada para ahli, dapat memanfaatkan Twitter atau Jelly yang dirancang untuk membangun koneksi melalui pertukaran pertanyaan atau jawaban antar sesama pengguna.

 

3) Senantiasa Dapat Mengatur Sumber Pembelajaran

Media sosial (medsos) dapat membantu siapa saja untuk menjaga semua informasi agar terorganisir dengan baik dan mudah diakses. Dengan media sosial, maka data yang dimiliki oleh setiap pelajar akan aman, akurat dan bisa saling dibagikan menggunakan tools seperti Pinterest atau Tumblr.

 

Seandainya membutuhkan dokumen sebelum atau sesudah di posting ke media sosial, dapat menggunakan dan memanfaatkan fasiltas Google Drive, Box atau Dropbox untuk mengumpulkan materi pembelajaran secara lengkap. Selain itu, siswa atau pelajar juga bisa menggunakan layanan berbagi konten seperti Google Docs untuk tugas kelompok. Fitur tersebut membantu pelajar dalam mengorganisir kelompok dan atau tugas dan makalah menjadi lebih mudah dan terbarukan.

 

4) Mendukung Materi Pembelajaran

Media sosial dapat membantu siapa saja untuk mengidentifikasikan konten tambahan dalam rangka memperkuat atau memperluas pembelajaran pelajar. Misalnya saja YouTube menyediakan video yang dapat membantu para pelajar secara audio visual ketika membutuhkan perjelasan materi pembelajaran. Media sosial memungkinkan pelajar mengirimkan bermacam-macam dokumen seperti video, reminder, voice note, gambar, slide, data dan lainnya.

 

5) Semakin Bertambah Wawasan

Para pelajar yang merupakan pengguna media sosial secara langsung saling memberikan dan menerima beragam informasi. Misalnya mereka dapat membagikan tips dan trik, mengekpoloitasi proyek DIY (Do It Yourself) dan informasi lain yang berguna untuk bahan pelajaran para siswa. Kemampuan mereka untuk mengakses, menganalisa, menahan dan berbagi informasi kian meningkat seiring berjalannya waktu. Bahkan, secara tak sadar mereka sudah mengembangkan kemampuan mereka tersebut.

 

6) Menambah Kemampuan Marketing Media Sosial

Berkembangnya media sosial (medsos) ini telah menciptakan “dunia marketing baru”, yang juga membutuhkan para master, profesional atau ahli untuk membangun lapangan bisnis, baik bisnis online maupun offline. Ketika para pengguna media sosial bergabung dalam lingkup komunitas tersebut, maka secara langsung mereka memberikan keahlian mereka didalamnya.

 

Medsos (media sosial) secara tak langsung secara bertahap telah mempersiapkan para pekerja muda untuk menjadi pelaku marketing yang hebat dan terpercaya, terutama menangani yang terkait dengan internet marketing, misalnya dengan buka layanan jasa marketing.

 

Berhubungan jasa marketing menggunakan media sosial tidak terlepas dari penggunaan jaringan internet, maka teknik yang digunakan oleh jasa ini sering mengkolaborasikannya dengan SEO (search engine marketing). Sehingga tak heran bila di tahun 2018 ini, bermunculan orang-orang baru yang membuka layanan jasa SEO untuk mempopulerkan dan mempromosikan website bisnis online atau blog personal maupun perusahaan.

 

Dalam catatan kami selaku pegiat bisnis online di medsos sosmed, terdapat banyak alasan utama mengapa para siswa, pelajar atau mahasiswa yang suka dan harus memanfaatkan media sosial dalam kegiatan belajar mereka, seperti: a) untuk terus up to date dan eksis di dunia online sebesar 40%; b) menggunakannya untuk koneksi dan komunikasi yang efektif sebesar 25%; c) untuk mencari tahu berbagai opini dari berbagai sumber sebesar 4%l dan d) penggunaannya yang menyenangkan dan menghibur 31%.

 

Perkembangan terakhir yang kami tahu, bahwa di tahun 2018 ini banyak anak-anak muda sudah mulai beralih ke platforms sederhana seperti Twitter, Instagram, SnapChat dan WhatsApp. Anak muda saat ini mulai melihat Facebook sebagai platform yang “tidak keren” lagi dan mulai membiarkan akun mereka aktif untuk tetap menjaga hubungan dengan orang lain. Banyak para pelajar yang beranggapan bahwa informasi yang disajikan pada website sekolah kurang dapat dipercaya dan sangat membosankan. Demikian halnya dengan para mahasiswa, dimana mereka berpikir informasi yang ada pada website universitas masing-masing tidak dapat dipercaya dan hanya sebagian di antara mereka saja yang masih menggunakan informasi tersebut untuk mendukung tugas-tugas yang diberikan oleh para pengajar.

 

7) Melahirkan Ahli dan Pakar Media Sosial (Medsos)

Diatas ada kami menyinggung bahwasanya media sosial telah dimanfaatkan untuk menunjang strategi pemasaran berbagai bisnis yang ada, baik itu bisnis online maupun bisnis offline dengan menggunakan teknik dan strategi search engine optimization (SEO).

 

Secara khusus dalam artikel ini, pemasaran bisnis yang dimaksud adalah pemasaran online dimana sepanjang tahun 2017 dan tahun 2018 ini kami melihat bahwa medsos terfavorit seperti facebook tak luput dari postingan-postingan jualan berbagai produk maupun jasa apapun itu. Belum lagi ditambah dengan promosi bersponsor yang disediakan akan facebook (fb ads) yang melayani pemasangan iklan bagi para konsumennya agar diketahui masyarakat pengguna facebook.

 

Mencermati pertumbuhan atas tingginya permintaan pemasaran online di media sosial (medsos) ini telah turut memberi kontribusi besar lahirnya profesi baru menjadi seorang ahli medsos. Munculnya pekerjaan sebagai ahli medsos, khususnya di Indonesia memang terasa sangat membantu para pebisnis untuk mencapai target penjualan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

 

Tidak hanya itu saja, ahli medsos Indonesia ini juga dibutuhkan oleh para pemilik website bisnis online dan toko online untuk meningkatkan dan atau mendapatkan jumlah pengunjung web lebih tinggi, sehingga nanti disiasati untuk konversi menjadi pembeli atau konsumen. Keberadaaan ahli medsos ini juga dinyakini dapat membantu website, blog, situs atau portal agar lebih bersahabat lagi dengan mesin pencari (yahoo, bing, yandex, google, dlsb) melalui –backlink juice– yang berasal dari media sosial. Dengan semakin banyaknya backlink yang berasal dari medsos, maka popularitas website yang bersangkutan lebih dipercaya oleh mesin pencari (terutama google) untuk meletakkannya pada posisi halaman satu google atau bahkan bisa meraih rank-1.

 

Jadi maraknya kebutuhan atas pemasaran online menggunakan medsos yang dikerjakan oleh para ahli medsos ini, maka sangat wajar bila di kota besar Indonesia, seperti DKI Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Makassar, Semarang, Bali, Batam, Papua, Aceh, Riau, dlsb) profesi menjadi ahli medsos ini sangat menjamur bahkan sering menyelenggarakan seminar-seminar, pelatihan ataupun privat pemasaran online via medsos.

 

Tidak hanya fenomena lahirnya ahli medsos, kami juga melihat bahwa profesi dengan menjadi master medsos banyak juga ditekuni oleh para pekerja di bidang media sosial ini, yakni menjadi master medsos. Memang kata master ini agak sedikit keluar negerian ya, tapi itulah fakta yang terjadi di dunia offline dan online bahwasanya banyak orang yang membuka layanan internet marketing di Indonesia dengan memilih menjadi master medsos untuk membantu para pemilik bisnis online, blog personal ataupun perusahaan, situs, portal dan lain sebagainya.

 

Melihat fungsi dan kerja para ahli medsos atau master medsos ini adalah sama, sehingga adanya hal ini hanyalah semata-mata pemilihan nama saja agar sedikit beda dari yang lainnya. Apakah anda berminat menekuni profesi ini ?

 

Dari apa yang sudah kami jelaskan diatas, terlihat bahwa begitu banyak manfaat positif adanya media sosial ini bagi para siswa, pelajar ataupun mahasiswa. Bahkan manfaat media sosial (medsos atau sosmed) juga dapat memberikan penghasilan baru bagi orang-orang yang bekerja atau menenukuni pemasaran online menggunakan medsos atau sosmed ini. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi sobat silaenseocom dan atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!