Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Master Web Dan Dewa SEO Terbaik Indonesia 2018

Perkembangan optimasi website bisnis di Indonesia dengan menggunakan SEO terus dilakukan jelang memasuki tahun 2018. Tentu saja hal ini disebabkan tingkat persaingan oleh sesama webmasters yang memiliki keahlian khusus dibidang search engine maupun pemasaran online (internet marketing) yang dimotori oleh para pebisnis online, menjadi semakin sengit dan saling geser menggeser posisi di halaman pertama google.

 

Master Blog dan Dewa Web Untuk Search Engine Optimization Situs Bisnis di Indonesia

 

Belum lagi ditambah dengan munculnya situs atau blog personal yang dirancang khusus untuk menghasilkan uang melalui aktivitas monetisasi yang dilakukan, turut memengaruhi sengitnya persaingan kata kunci “niche” terfavorit untuk mendapatkan posisi di halaman satu google agar trafik pengunjung (visitor) semakin banyak dan peluang mendapatkan uang dari internet semakin besar pula. Jadilah persaingan sesama para jago SEO dan jagoan search engine semakin memanas di halaman google.

 

Kondisi diatas membuat para webmaster yang sudah berkategori sebagai ahli SEO berlomba-lomba merancang bangun medan website nya atau blognya menjadi terbaik agar semakin dicintai dan disayangi oleh mesin pencari, sehingga layak untuk ditempatkan pada halaman pertama.

 

Memang tak dapat kita pungkiri, di era semakin pesatnya teknologi internet telah memunculkan begitu banyak orang-orang yang memiliki keterampilan khusus, layaknya sebagai ahli SEO. Namun, kondisi dilapangan, dapat juga kita temui orang-orang yang tidak mau dikatakan sebagai ahli melainkan lebih suka disebut dengan master SEO.

 

Kalau kita buka literatur yang ada, tidak ada yang memberikan pengertian atau definisi master SEO. Tapi, secara umum kami dapat mengartikan bahwasanya master SEO adalah orang-orang yang mahir dalam melakukan optimasi pada mesin pencari, baik mesin pencari google, yandex, yahoo, baidu, msn, bing, wikipedia dan lain-lain. Dimana fungsi dari mesin pencari ini adalah untuk mencari segala informasi apa saja yang dibutuhkan manusia dari internet.

 

Dari arti dan pengertian diatas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwasanya master SEO melakukan optimasi diberbagai media informasi yang menggunakan jaringan internet seperti situs, website, blog, twitter, facebook, linkedin, tumblr, youtube, metube, dan lain sebagainya menuju pemeringkat tertinggi pada mesin pencari.

 

Anehnya lagi, terkait dengan optimasi ini, kalau kita telusuri halaman google terkait dengan orang-orang yang memiliki keahlian atau kepakaran dibidang SEO, maka kita akan menemukan yang namanya dewa SEO. Padahal pengertiannya adalah sama dengan yang namanya ahli SEO, pakar SEO ataupun master SEO. Mungkin biar sedikit aneh dan beda saja ya. Hahahaha…..

 

Perlu sedikit diketahui bahwa perihal belajar tentang SEO adalah membutuhkan waktu yang lama dan haruslah penuh kesabaran. Sebab, ilmu SEO tidak secara serta merta dapat begitu diaplikasikan karena terus mengalami perubahan dan perkembangan melalui perbaikan rumus algoritma. Selain itu, ilmu ini juga tidak ada dipelajari pada dunia pendidikan formil, baik itu di sekolah maupun di perguruan tinggi. Oleh karena itu, hampir semua orang yang ingin mendalami ilmu SEO harus belajar sendiri dengan kemampuan yang ada dan rajin mengembangkan teknik-teknik optimasi yang ada.

 

Memang saat ini, ditemukan informasi banyak orang yang mengaku sebagai salah seorang master SEO atau dewa SEO. Mereka pun telah mempublikasikan beragam informasi yang tersajikan dalam sebuah konten yang bagus, berkualitas dan sangat menarik minat pengunjung untuk mengetahui dan membacanya. Pembuatan konten ini adalah sah-sah saja, jika memang benar mereka itu adalah terampil dan memiliki pengalaman di bidang SEO. Sebab, tidak ada aturan ataupun larangan bagi siapa saja untuk menyatakan dirinya sebagai seorang master SEO ataupun dewa SEO, ya setidak-tidaknya hak setiap individu mengemukakannya di internet. Tapi, jika hanya pengakuan tanpa adanya pembuktian yang nyata dan maksimal, tentu saja hal dimaksud adalah tidak baik dan mencoreng muka sendiri.

 

Menurut pendapat kami selaku blogger pegiat di bisnis online, bahwasanya sosok untuk menjadi seorang master SEO yang terbaik di Indonesia adalah tidaklah mudah. Karena seorang master SEO harus memiliki prestasi yang telah teruji dan ahli mengoptimasi situs-situs apa saja di medium internet hingga bisa berada di halaman tertinggi mesin pencari seperti google (halaman #1).

 

Pembuktian yang kami maksudkan disini bukanlah hanya sekedar bercerita tentang materi yang ada dengan gaya bahasa hyperbola lalu dipublikasikan kepada khalayak pengguna internet, akan tetapi pembuktian itu harus memiliki langkah yang konkrit, hasilnya teruji, sehingga layak untuk diberikan gelar sebagai master SEO.

 

Ada beberapa manfaat SEO, sehingga banyak orang berlomba-lomba menggunakannya, bahkan ada yang menggunakan jasa SEO agar hasrat dapat bersaing di mesin pencari terpenuhi. Manfaat dimaksud adalah sebagai berikut:

 

1) mendukung setiap prospek anda

 

Apapun prospek yang anda miliki untuk dituangkan ke medium online dapat secara berulang-ulang dipublikasikan dan berpeluang untuk muncul di halaman pertama sepanjang SEO yang digunakan sudah baik. Ya, tentu saja untuk setiap publikasi SEO harus terlebih dahulu dipikirkan dengan baik, apakah melalui sesi tanya jawab secara menyeluruh untuk memberi gambaran bagi agensi anda agar memahami dengan jelas tentang harapan dan sasaran bisnis anda kedepannya.

 

2) meningkatkan pengetahuan atas persaingan di industri bisnis

Prinsip pengoptimalan situs website adalah dilengkapi dengan beberapa hasil analisis yang nyata, seperti: trend bisnis baru atau rujukannya. Namun, salah satu manfaat terpenting adalah adanya pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik tentang hal-hal yang terkait dengan industri, seperti tempat anda berada dan kompetisi yang berada disekitar anda.

 

3) trafik pengunjung yang berkualitas menjangkau situs anda

Trafik pengunjung yang datang ke situs web adalah disebabkan adanya penggunaan kata kunci (keyword). Nah, dengan penggunaan kata kunci yang tepat, maka secara bertahap juga bisa digunakan untuk menemukan penghasilan atas investasi SEO yang selama ini telah anda lakukan.

 

Beberapa orang yang menyatakan dirinya sebagai konsultan SEO, berpegangan pada volume pencarian kata kunci yang lebih tinggi dapat menghasilkan bukti yang tak terbantahkan bahwa kampanye maupun promosi produk atau jasa yang mereka berikan dapat berhasil dengan baik. Jadi, untuk hasil yang nyata mendapatkan trafik pengunjung berkualitas tinggi, harus bisa menyesuaikan diri dengan kata kunci yang volume pencariannya sangat tinggi setiap harinya.

 

Tentu setiap orang yang memiliki website tentu ingin mendapatkan jumlah pengunjung yang tinggi setiap harinya dan juga setiap kontennya ingin dilihat dan dibaca oleh pegunjung sebagai salah satu bahan rujukan atau sumber informasi yang dibutuhkan.

 

Tapi, kecenderungan pengunjung akan lebih sering melihat website yang berada pada halaman satu di mesin pencari. Oleh karena itu, untuk mewujudkannya perlu mengoptimalkan visibilitas sebuah situs blog di mesin pencari agar senantiasa berada di halaman utama pencarian.

 

Selanjutnya kami akan menjelaskan tentang langkah-langkah atau kinerja SEO.

 

Cara Kerja SEO

Pada sub ini, kami hanya mencoba menjelaskan bagaimana kinerja mesin telusur google, yang mana google ada memiliki robot crawler yang rajin keluar untuk mengumpulkan informasi tentang semua konten yang telah terpublikasi dan ditemukan robot crawler di internet. Hal ini dikenal dengan sistem perayapan.

 

Perayapan yang dilakukan akan membawa semua mesin 1s dan 0s kembali ke mesin pencari untuk membuat indeks. Nah, indeks ini nantinya akan diberi umpan melalui algoritma yang mencoba untuk mencocokkan semua data dengan kueri blog milik kita, sehingga bisa mengoptimalisasi dan mengambil banyak bentuk query. Adanya hal ini, semuanya adalah dalam rangka untuk memastikan tag judul dan deskripsi meta bersifat informatif dan panjang yang tepat untuk menunjuk tautan internal pada halaman yang kita sukai.

 

Selanjutnya, mesin pencari adalah mesin jawaban, ketika seorang pengguna internet melakukan pencarian online, maka mesin pencari mengangkut budel miliaran dokumen dengan hanya mengembalikan hasil yang relevan atau berguna untuk kueri pencari. Disamping itu, mesin pencari juga akan langsung memberi peringkat hasil sesuai dengan popularitas situs blog yang menyajikan informasi terkait dengan relevansi dan popularitas yang ada. Jadi, proses SEO dimaksudkan adalah bekerja dalam rangka untuk mempengaruhi bagaimana mesin pencari menentukan relevansi dan popularitas.

 

Sementara bagi mesin pencari, relevansi tidak hanya sekedar mencari halaman dengan kata-kata yang tepat saja, disebabkan saat ini, ada ratusan faktor yang turut serta mempengaruhi relevansi yang tidak ditentukan secara manual dan terus diupdate. Ya pada pokoknya mesin pencari menggunakan persamaan matematis (algoritma) untuk mengurutkan relevansi setiap konten yang ada dan kemudian memberikan pemeringkatan relevansi itu sesuai dengan kualitas dan juga popularitas.

 

Mau tidak mau agar mesin pencari menyukai website blog kita, maka haruslah berlajar tentang SEO, apakah itu mempelajari dasar-dasar pengoptimalan mesin telusur atau Search Engine Optimization, atau sampai tingkat mahir (expert). Nah dengan demikian, anda bisa mulai menerapkan apa saja yang telah anda pelajari dan menjadi salah satu cara mewujudkan impian menjadi seorang ahli SEO terbaik di Indonesia.

 

SEO on-page dan SEO off-page

SEO on page adalah teknik mengoptimasi dengan memperhitungkan semua aspek yang terdapat dalam halaman dalam website, dengan begitu secara bertahap akan memperbaiki rangking pada hasil pencarian yang ada. Tapi, seiring dengan perkembangan google yang semakin lebih canggih, salah satu faktor utama yang sangat mempengaruhi optimasi on-page adalah adanya relevansi konten dengan query. Seberapa relevan halaman yang kita miliki dengan yang kueri ada? Hal inilah yang harus disiasati dan dipikirkan ketika berencana mengembangkan halaman website secara menyeluruh. Disamping itu, waktu yang dimiliki adalah sekitar delapan detik untuk mempengaruhi pengunjung untuk berinteraksi dengan situs website anda. Semakin banyak yang berinteraksi, maka semakin lama pula pengguna website bisa bertahan di situs dan semakin baik pula pengetahuan dan pengalaman selama di website/blog.

 

Jika hal menerapkan kategori dan strategi ini sudah baik dan tepat, maka anda akan melihat peningkatan lalu lintas dan peningkatan kehadiran pencarian anda semakin tinggi pula. Setelah anda memahami semua hal terkait dengan SEO ini di halaman blog anda, maka lakukan analisis terpadu terhadap situs anda untuk melihat bagaimana sebenarnya anatomi halaman anda berkinerja pada kueri yang ada.

 

Bicara tentang teknik SEO on page, ada beberapa komponen yang wajib diterapkan, dimana komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut:

 

1) Tag Meta

Kami melihat, bahwa aspek paling penting sebagai salah satu upaya untuk mengoptimasi SEO on-page adalah penerapan tag. Meta tag adalah keterangan dari suatu halaman berdasarkan dari kalimat artikel yang anda posting. Jika kalimat artikel anda ditulis dan dimanfaatkan secara optimal, maka akan meningkatkan trafik pengunjung (visitor). Meta tag digunakan untuk memberi mesin pencari informasi tentang halaman website anda. Untuk mencapai peringkat tertinggi berkaitan dengan relevansi dan kepuasan pengguna termasuk tag meta khusus akan mempengaruhi pengguna dan meningkatkan rasio klik atas tayang halaman website situs anda.

 

2) Tag Judul

Ada beberapa tag yang lazim dimanfaatkan pada laman. Salah satunya yang paling penting adalah tag judul yang anda buat. Judul adalah segala apa yang pengguna lihat pada mesin pencari, baik untuk hasil organik maupun iklan berbayar dan kata-kata yang muncul dibagian atas setiap tab pada browser yang anda gunakan.

 

Tag judul secara lengkap berisis uraikan tentang halaman itu. Saat menentukan peringkat halaman website untuk kueri tertentu, google hanya akan melihat tag judul dan membandingkannya dengan konten lainnya di laman. Jika website anda menggunakan kode script yang dapat bekerja di HTML, maka kode untuk tag judul terlihat seperti ini: <Title> kontes seo dan jasa ahli bisnis online terbaik di indonesia </ title>.

 

Memang saat ini, terkait dengan SEO telah banyak plugin yang dapat anda gunakan. Namun, plugin SEO WordPress oleh Yoast maupun All in SEO telah memungkinkan anda membuat tag judul khusus didalam platform dengan konsep sangat deskriptif dan singkat.

 

Tapi, google baru-baru ini meningkatkan batas karakter untuk judul halaman hingga 70 (tujuh puluh) karakter sebelum menampilkan kata-kata dalam bentuk elips. Praktik terbaik adalah dengan memastikan bahwa tag judul anda tetap berada dibawah batas karakter sehingga judul tersebut akan ditampilkan dengan benar dan tanpa terpotong. Anda dapat menggunakan Snippet Optimizer untuk mensimulasikan bagaimana deskripsi judul dan meta anda akan muncul di SERP.

 

Saran kami, buatlah tag judul yang semenarik mungkin dari konten-konten pesaing anda, sehingga mampu menarik perhatian dan atau membuat penasaran para calon pengunjung anda. Pastikan semua informasi terkait turut disertakan, termasuk kata kunci dan lokasi anda untuk bisnis lokal. Meskipun disarankan untuk menggunakan kata kunci inti dalam judul, saat ini google bisa beralih ke relevansi dan semantik algoritma dalam hasil akhirnya. Dengan begitu, para pengguna tidak akan gelap mata mengklik hasil pertama, sebelum membaca judul dan deskripsi yang dicantumkan oleh mesin pencari untuk menemukan jawaban terbaik pada kueri yang mereka butuhkan.

 

3) Deskripsi Meta

Sifat dari deskripsi meta ini adalah untuk menyampaikan apa yang akan ditemukan pengguna pada halaman sebuah website/blog. Meski bukan merupakan faktor yang terkait dengan pemeringkat langsung, search engine akan membaca deskripsi meta untuk menentukan dan mempertimbangkan topik halaman dan pembaca yang akan menemukan nilai.

 

Deskripsi meta yang ditulis dengan baik dapat menghasilkan keunggulan kompetitif dalam hasil pencarian, menciptakan rasio klik per tayang yang lebih tinggi dengan peluang konversi yang lebih besar. Meskipun ada kemungkinan bahwa google bisa saja akan menghilangkan deskripsi khusus dan menarik kutipan konten pada halaman tersebut. Jadi sangat disarankan agar para pemerhati blogger selalu mengisi deskripsi meta ini untuk setiap halaman situs yang dikelola.

 

Cara terbaik untuk memeriksa halaman mana yang tidak memiliki deskripsi meta adalah dengan menjalankan situs anda melalui penggunaan “Screaming Frog’s SEO Spider”. Dengan penggunaan ini, nantinya akan menunjukkan kepada anda setiap URL dibawah domain anda, deskripsi meta dan panjangnya. Jadi, untuk efektifnya Anda harus menjelaskan secara garis besar apa yang kira-kira akan ditemukan pengguna di halaman tersebut. Terkadang bisa juga ditambahkan nama merek dagang, menaburkan kata kunci atau hal-hal lain yang terkait dengan bisnis anda.

 

Disamping itu, agar semakin dikenal oleh pengguna internet, maka sangat disarankan untuk memikirkan sinonim yang akan menjadi sasaran kedepannya. Tentu nantinya hal ini merupakan interaksi pertama yang dimiliki banyak pengunjung dengan merek atau branding anda. Pikirkan deskripsi meta sebagai teks iklan organik yang gampang diingat oleh siapa saja. Beri tahu pengguna apa yang ada didalamnya agar mereka dapat mengklik ke situs anda. Sertakan juga adanya tawaran atau ajakan bertindak untuk menarik melakukan klik. Anda juga akan melihat beberapa situs website menampilkan beberapa tautan situs untuk mengarahkan pengguna ke laman yang mereka cari.

 

4) Heading Tag

Laman yang ada pada blog, secara prinsip ada menyertakan beberapa tag pos, yakni dari h1 sampai ke h6. Tapi yang paling berpotensi dan atau paling penting adalah h1. Agar lebih efektif dan dapat bekerja dengan baik, maka seharusnya anda tidak memiliki lebih dari satu tag h1 pada halaman manapun. Sertakan beberapa h2 atau h3 sebagai pengguna gulir ke bawah halaman. Hal ini digunakan sebagai sub-pos yang sangat baik untuk membantu navigasi para pengunjung. Gunakan juga judul untuk mewakili bagian halaman yang berbeda, sehingga perpaduan dari sudut pandang SEO dan sudut pandang kegunaan sangat saling mendukung.

 

5) URL String

Ketika sudah sampai pada tahap penulisan string URL, penulisannya haruslah padat, singkat, ringkas dan mudah dibaca oleh calon pengunjung. Bagaimana kita bisa membuat string URL yang sempurna? URL yang lebih pendek cenderung lebih baik, contohnya: http: //silaenseo.com (folder = 1); http: //silaenseo.com/folder1 (folder = 2); http: //silaenseo.com/folder1/folder2 (folder = 3); dan seterusnya.

 

URL dengan folder yang lebih sedikit cenderung memiliki peringkat yang lebih baik. Dari halaman produk atau pada layanan interior ke posting blog, cara menulis URL ini adalah praktik SEO yang harus selalu menjadi pertimbangan. Setiap kata dalam URL anda harus dipisahkan dengan tanda hubung (-) dan bukan garis bawah (_). Bila anda memiliki dua halaman yang menampilkan konten atau informasi yang hampir sama, buatlah tag redirect atau canonicalization 301 (rel = canonical) ke halaman yang lebih kuat. Hal ini adalah untuk menghindari duplikat konten dan menunjukkan peringkat halaman google kepada mesin pencari google. Jaga URL Anda tetap pendek dan singkat, karena URL yang lebih pendek, semakin mudah untuk berbagi atau menyematkan sambil menciptakan pengalaman pengguna jadi yang lebih baik.

 

Anda ingin pembaca dengan cepat mengidentifikasi halaman anda tanpa melihat angka, kategori, simbol, atau campuran dari semua yang termasuk dalam string. Gunakan kata kunci utama anda di URL. Seperti faktor lain di halaman, jangan biarkan string URL anda terlihat tidak alami atau dipaksa dengan kata kunci. Cobalah untuk membuatnya sekitar lima kata, dengan jelas menguraikan informasi yang akan ditemukan pengguna anda. Jangan tinggalkan pengunjung anda bertanya-tanya apa yang ada di halaman sebelum mereka mengklik.

 

6) Usability Factors

Pada prinsipnya tidak pengunjung akan membaca keseluruhan halaman yang ada di website. Mereka akan memindai dan menjelajah dengan cepat, mencari bagian yang secara rinci akan menjawab pertanyaan mereka atau memberi nilai. Pos dan sub pos memisahkan halaman, membuat presentasi laman terlihat lebih bersih. Subpos membantu pengguna menavigasi ke seluruh halaman. Jika anda mengubah topik pembicaraan atau mendiskusikan aspek layanan yang berbeda, gunakan tag h2.

 

Jika anda memecahnya lebih jauh dan memerlukan sub-sub judul di bawah h2, gunakan tag h3. Jadi pada pokoknya, pos yang ada tidak boleh diabaikan. Mereka memegang bobot lebih banyak dihalaman daripada tag paragraf standar atau kata tebal. Pembaca terus mengingat saat menulis judul dan pembaca juga tidak akan suka dengan banyaknya kata kunci yang serasa dipaksakan ke dalam artikel demi mengoptimalkan halaman lebih lanjut.

 

7) User-Friendly, Authoritative Content

Saat robot crawler google berkunjung untuk merayapi laman Anda, mereka ingin mencocokkan seluruh query yang dimaksud oleh pengguna. Oleh karena tiu, setiap konten yang anda buat haruslah dengan jelas menjelaskan produk atau layanan jasa apa yang anda tawarkan, atau topik blog yang anda miliki.

 

Di medium internet penuh dengan konten dan penting bagi anda untuk memastikan bahwa konten milik Anda sangat menarik, unik, berkualitas dan sangat memuaskan pembaca. Ingat, bahwa salah satu ungkapan paling umum dalam dunia SEO dan pemasaran online adalah “content is king”.

 

Sebenarnya, SEO maupun dalam konteks untuk pemasaran via konten, sangat banyak melakukannya secara tumpang tindih. Namun, pada dasarnya saling melengkapi. Konten sudah barang tentu akan melibatkan banyak penggunaan kata-kata kunci dan tulisan untuk nilai manusia sambil tetap memuaskan search engine (SEO friendly). Inilah yang membuat dasar SEO dan sebagian besar meningkatkan kinerja dari SEO on-page anda. Pikirkan konten yang seakan-akan mengajak pembaca untuk melakukan percakapan dua arah, sehingga mereka akan tertarik dan terhibur dan atau sebaliknya tidak cepat merasa bosan dan meninggalkan situs anda.

 

Saat anda membuat konten, maka haruslah membuktikan bahwa isinya memuat otoritas keterampilan bidang yang anda miliki. Konten terbaik berbicara langsung kepada pelanggan anda, menunjukkan nilai yang anda tawarkan dan membujuk mereka untuk membaca lebih lanjut atau menghubungi perusahaan anda.

 

Untuk meningkatkan on-page dan juga teknik SEO anda, beserta dengan lalu lintas visitor anda, konten harus memecahkan masalah pengguna saat ditulis dengan baik tanpa kesalahan ejaan atau tata bahasa. Hati-hati jangan sampai mengalami masalah karena gagal mengikuti pembaruan algoritme google yang utama.

 

Disamping itu, konten yang dibuat juga harus memuat gambar, dimana saat menambahkan gambar ke halaman ini akan secara langsung menguntungkan pengalaman pengguna, sehingga bisa berlama-lama berselancar di website anda. Tapi, anda juga bisa membantu strategi SEO anda dengan mengoptimalkan gambar. Buat kata kunci utama anda menjadi alt teks dan buat judul yang unik, namun tetap berlaku untuk gambar. Gambar utama artikel ini memiliki judul unik dan teks alternatif yang nantinya menarik para pembaca/pengunjung.

 

8) Image dan Image slider

Mengoptimalkan tag alt akan memberi google indikasi lain tentang laman anda secara baik. Tag alt harus digunakan untuk menggambarkan apa yang tertera pada gambar dimaksud. Tapi, harus sesuai ya, tidak masuk akal jika memiliki gambar “hummingbird” dengan tag alt “panda”. Inilah nilai yang tag alt jadi berbobot. Pikirkan kapan gambar tidak muat, apa yang akan dilihat pengguna? Tag alt yang dibuat hendaklah jangan memasukkan kata kunci ke dalam tag alt gambar. Pastikan mereka sesuai dengan gambar dan buat gambar yang sesuai.

 

Ingat, bahwa gambar memainkan peran penting dalam konversi. Untuk tujuan SEO, pastikan skala yang dibuat haruslah dengan benar. Semakin besar gambarnya, semakin lama halaman anda akan dimuat. Skala gambar dengan tepat dan pastikan itu menunjukkan dalam ukuran sekecil mungkin. Kita hidup di dunia visual, dan sementara konten adalah yang terpenting, pastikan gambar anda juga menarik perhatian pengunjung.

 

Baik, selanjutnya kami akan menjelaskan tentang eksistensi teknik SEO Of-Page. Dimana SEO Off page ini merupakan usaha-usaha optimasi mesin pencari dari luar website. SEO of-page mengacu pada teknik yang bisa digunakan untuk meningkatkan posisi sebuah website dihalaman hasil search engine (SERP). Banyak orang mengasosiasikan SEO off page dengan membangun link dan metode promosi, sebagaimana layaknya dalam dunia periklanan modern. Berbagai strategi SEO Off Page untuk membangun reputasi website diantaranya adalah:

 

1) memanfaatkan komunitas di situs media sosial

Tindakan bergabung di jejaring sosial adalah langkah pertama yang harus anda lakukan untuk memulai proses seo of page. Cobalah untuk menjadi anggota situs jejaring sosial terpopuler seperti Orkut, Facebook, Myspace, Twitter, Linked In, Ecademy, Instagram, Line, Path, dan lain sebagainya, dan buatlah profil anda sendiri.

 

2) melakukan blogging, yang mana strategi ini juga paling ampuh untuk mempromosikan perusahaan atau situs website anda secara online. Tulis blog anda sendiri untuk perusahaan atau situs anda dan sertakan banyak url konten unik dan segar, ketika anda berkomentar pada website sobat blogger lainnya.

 

3) bergabung dan aktif di forum posting

Caranya bisa dengan membuat forum diskusi atau forum online anda sendiri. Anda juga dapat mengirim atau membalas thread di forum terkait layanan lain dan memungkinkan tautan dalam tanda tangan anda yang dapat dijelajahi oleh mesin pencari.

 

4) mendaftar di Search Engine Submission, kirimkan situs anda ke mesin pencari terpopuler seperti Google, Bing, Baidu, Yandex, MSN, Yahoo, dlsb yang bertujuan untuk mendapatkan daftar secara gratis.

 

5) bergabung di Direktori Submission, caranya dengan mengirimkan situs anda ke direktori kualitas paling atas seperti DMOZ, Direktori Yahoo, ZoomInfo dlsb.

 

6) mendaftar dan aktif di Social Bookmarking

Social bookmarking saat ini telah dimaknai sebagai salah satu wadah untuk mempromosikan situs web/blogs anda secara online. Misalnya mendaftar di bookmark sosial pada situs bookmark populer seperti Digg, Delicious, StumbleUpon dlsb. Hal ini dapat meningkatkan kunjungan ke situs anda berdasarkan seberapa efektif anda berpartisipasi.

 

7) Link Exchange

Bertukar link dengan situs web yang berhubungan dengan layanan yang dapat membantu meningkatkan popularitas tautan anda yang merupakan faktor pendukung yang utama agar disukai oleh algoritma Google PageRank.

 

Nah, dari uraian tentang teknik SEO of-page terlihat jelas adalah merupakan strategi dengan melakukan backlink, dalam artian bahwa link dari halaman situs anda berada dihalaman situs orang lain yang memiliki reputasi yang baik dan mempunyai pege rank yang tinggi hingga berada di halaman satu.

 

Ketika anda telah memadukan teknik SEO onpage dan juga SEO offpage secara lebih baik lagi, maka peluang anda untuk menjadi seorang ahli SEO di Indonesia akan terbuka lebar, serta mendapat uang dari aktivitas online juga akan semakin besar, baik bertindak saat memasang iklan, sebagai konsultan bisnis online maupun selaku pakar pemasaran internet terbaik Indonesia dapat dengan mudah dan cepat anda wujudkan.

 

Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!