Bisnis Online dan Jasa SEO

Bisnis Online Medan dan Jasa Ahli SEO Blogger Terbaik

Media Sosial Jurus Terbaik Untuk Marketing

Hampir rata pebisnis Indonesia menggunakan media sosial (medsos) sebagai salah satu alat marketing-nya. Tapi konsisten kah ? Karena dalam dunia bisnis, konsistensi merupakan unsur penting, utama dan jurus terbaik dalam rangka untuk mencapai percepatan suksesnya sebuah bisnis pasca membuat postingan di media sosial (sosmed).

 

Media Sosial Untuk Marketing Bisnis Terbaik

 

Disamping itu para konsumen ataupun calon pelanggan telah menjadikan media sosial sebagai salah satu sumber informasi atau rujukan terpercaya untuk mendapatkan kategori bisnis terbaik. Nah, ketika konsumen sudah menjadikan media sosial sebagai salah satu rekomendasi dalam bisnis-nya, maka tinggal selangkah lagi untuk menggerakkan mereka menjadi pelanggan setia atau pengguna loyal pada produk, layanan dan jasa yang anda tawarkan.

 

Tapi, satu hal yang perlu diingat bahwa di jaman terbarukan ini untuk memanfaatkan media sosial seperti sekarang ini, apalagi untuk aktivitas bisnis berbasis online melalui pengoperasian online shop (toko online) tidak cukup hanya membuat berbagai konten yang baik, namun juga wajib membagikannya di media sosial. Intinya adalah, pelaku bisnis harus mengoptimalkan seluruh platform media sosial yang ada agar pencapaian target penjualan dapat terwujud dengan baik.

 

Platform Media Sosial (Medsos) Untuk Bisnis dan Marketing

Memang tidak semua medsos atau sosmed layak digunakan untuk menopang bisnis atau marketing suatu produk atau jasa, namun tidak ada salahnya mencoba semua platform media sosial tersebut, sembari menemukan platform yang cocok.

 

Berikut akan kami bagikan beberapa media sosial yang sedang digandrungi, happening, atau banyak digunakan oleh para pebisnis, baik pada level startup, UMKM, maupun pengusaha yang sudah mapan dalam menjalankan bisnisnya.

 

1) Google+

Para pebisnis sudah banyak yang tahu Google+ yang merupakan salah satu platform media sosial yang diciptakan oleh Google Inc. Sebagai salah satu bagian dari grup raksasa milik Google inc, sudah barang tentu postingan Anda akan muncul di dalam mesin pencari milik Google.

 

Sedikit tips dari kami, jika ingin meraih audiens yang lebih luas, gunakan tagar (tanda #) di setiap postingan yang anda buat. Cara kerjanya, jika pengguna mencari sesuatu yang berkaitan dengan tagar yang diposting, maka mereka akan diarahkan langsung menuju laman web Anda. Menarik dan gampang bukan ?

 

2) Instagram

Instagram adalah tempat atau media untuk berbagi unggahan foto dan video kepada para pengikut atau followers anda di Instagram. Platform sosmed ini memungkinkan siapa saja untuk memanjakan visual para penikmat konten dan para pengikut-nya melalui sajian foto atau video yang dapat disinergikan dengan kata-kata yang mendukung unggahan dimaksud.

 

Maka dari itu, sangat disarankan agar para pebisnis selalu membuat konten promosi bisnis yang menarik, unik dan kreatif. Namun jangan lupa pula untuk menggunakan tagar (#), dengan cara kerja yang mirip seperti tagar pada Google+, dengan begitu akan membuat anda dapat meraih banyak pengikut setiap harinya.

 

3) Linkedin

Linkedin secara umum banyak digunakan oleh jaringan bisnis profesional, platform media sosial  ini memungkinkan para penggunanya untuk berbagi tautan dan informasi kepada rekan profesionalnya di seluruh dunia.

 

Walaupun memang Linkedin termasuk kategori medsos yang susah gampang untuk memasarkan suatu produk atau layanan tertentu, namun Linkedin sangat bagus jika para pebisnis ingin melebarkan sayap atau networking bisnis, karena platform ini memungkinkan pebisnis untuk dapat mengenal para pebisnis lain yang berkecimpung dalam dunia usaha yang sama.

 

4) Twitter

Twitter adalah salah satu platform media sosial yang sangat terbuka, layaknya sebuah blog. Namun kelemahannya hanya terbatas memuat 140 karakter saja. Walaupun utamanya postingan di Twitter berupa teks, namun tidak menutup kemungkinan untuk membagikan foto dan video.

 

Kelebihan dari sosmed Twitter adalah Anda dapat berinteraksi secara langsung dengan pengguna lainnya, dan dapat men-taut-kan setiap postingan dengan platform media sosial lain yang berkaitan dengan bisnis yang Anda jalankan.

 

Sedikit tips dari kami untuk menghasilkan konten yang berkualitas adalah dengan membuat tagar (#) yang menarik, caption yang sederhana namun mengundang rasa penasaran bagi orang lain. Hal ini akan sangat berguna apabila dijadikan acuan dalam mengembangkan konten marketing bagi bisnis online anda di Twitter.

 

5) Facebook (FB)

Facebook adalah tempat membagikan bermacam hal tentang kehidupan, tautan berita, foto, dan video. Untuk menopang bisnis, maka optimalkan akun facebook anda sebagai tempat berinteraksi dengan para pelanggan. Fb juga memungkinkan para pebisnis untuk membuat “Facebook Fanpage” yang biasanya digunakan sebagai tempat untuk berbagi segala hal yang berkaitan dengan bisnis, terutamanya bisnis online.

 

Sebenarnya banyak orang yang beranggapan bahwa Facebook Fanpage lebih dikhususkan untuk membangun citra suatu perusahaan dibandingkan citra dari produk atau jasa yang dihasilkan, namun pendapat ini sedikit kurang tepat pasca hadirnya Facebook Adsense (Fb Ads).

 

Facebook ads merupakan solusi untuk Anda yang ingin mempromosikan tentang suatu produk atau jasa yang telah Anda buat sebelumnya, menyebarluaskan propaganda, kampanye, sosialisasi apa saja, bahkan target dipertajam berdasarkan usia, demografis, dan kriteria lain secara lebih terarah dan mudah. Caranya cukup dengan memasukkan ke dalam target marketing Facebook Ads Anda, hal ini untuk mencegah iklan yang Anda tayangkan salah sasaran.

 

6) Tumblr

Tumblr adalah sebuah platform media sosial (sosmed) tempat berbagi segala sesuatu, mulai dari foto, tulisan, video, dan musik. Setiap para pengguna bisa membuat laman, memposting ulang blog atau karya milik orang lain ke dalam laman pribadi, pengguna dapat menggabungkan semua konten itu dengan konten miliknya sendiri.

 

7) Youtube

Youtube adalah platform khusus untuk berbagi video. Youtube sangat menarik dan banyak penggemarnya, jika digunakan sebagai tambahan untuk memperkenalkan tentang bisnis dan produk, jasa atau layanan, ceritakan tentang kelebihan bisnis dan produk maupun layanan jasa yang anda miliki. Gunakan tagar (#) untuk menjangkau lebih banyak lagi pelanggan dan memperluas pangsa pasar.

 

Ya, tentu saja video yang anda unggah ke sosmed youtube haruslah menarik, unik dan bermanfaat. Namun, jika Anda tergolong baru dalam hal menjajaki media sosial di youtube ini, maka dalam rangka untuk mempercepat perkembangan bisnis, memposting banyak hal dalam satu waktu di semua platform media sosial berbasis unggah video yang Anda miliki, meskipun hal ini akan sangat melelahkan dan menyita waktu.

 

Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda membutuhkan pihak lain (pihak ketiga) yang dapat membantu untuk memposting sekaligus di sekian banyak media sosial bisnis Anda, dengan jadwal yang rapi dan terkoordinir dengan baik, misalnya dengan mengikat kontrak dengan layanan jasa ahli medsos ataupun dengan para ahli media sosial.

 

Manfaat Media Sosial (Sosmed)

Di sepanjang tahun 2018 ini, kami melihat bahwa hampir rata seluruh stakeholder sudah memanfaatkan media sosial (medsos) untuk menunjang aktivitas sehari-sehari. Ya, intinya bahwa medsos tidak hanya dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis saja, tetapi para siswa, pelajar dan mahasiswa maupun para guru juga sudah memanfaatkannya.

 

Nah, bagi anda yang berkategori siswa, pelajar ataupun mahasiswa yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang manfaat media sosial, silahkan untuk membaca artikel kami yang berjudul “manfaat media sosial bagi pelajar”.

 

Tapi, media sosial apapun yang anda pilih dan sukai, tidak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana kunci sukses memanfaatkan media sosial dalam aktivitas apapun itu, terutama untuk bisnis, dimana kunci sukses-nya adalah sebagai berikut:

 

*) Konsisten;

*) Pilih platform media sosial yang di rasa paling cocok dengan diri atau usaha anda;

*) Optimalkan tools yang anda untuk mengatur jadwal postingan sosial media Anda;

 

8) Email

Salah satu sumber pemasaran terbaik yang dapat diolah secara maksimal adalah dengan membuat daftar email yang kuat. Jika Anda adalah pemilik bisnis, maka Anda harus mencari cara agar dapat selalu terhubung dengan pelanggan Anda surat elektronik. Maka dari itu, email menjadi salah-satu sarana utama untuk berkomunikasi secara online, tangkap peluang dan kesempatan ini.

 

Ketika mulai menjalankan bisnis, kebanyakan dari pelaku bisnis biasanya tidak fokus dan serius mengolah daftar email para pelanggannya, ketidakseriusan ini sangat jelas terlihat dari konten seadanya yang dikirimkan kepada para pelanggan, besar kemungkinan surel tersebut tidak pernah terbaca oleh para klien atau pelanggan, tenggelam oleh tumpukan email yang masuk setiap harinya.

 

Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh para ahli internet marketing (pemasaran online) bahwasanya hampir rata para pengguna internet menggunakan internet untuk email dan lebih dari 50% dari mereka merupakan pengguna media sosial yang aktif. Data ini akan terus meningkat, seiring dengan geliat bisnis internet yang terus berkembang dan bergairah di sepanjang tahun 2017 dan 2018.

 

Jadi intinya, bahwa strategi untuk memasarakan bisnis apapun itu melalui media sosial (sosmed) tidaklah cukup hanya itu saja, pemasaran melalui email juga masih merupakan cara yang paling efektif dan efisien untuk menjangkau para konsumen.

 

9) Konten

Coba anda bayangkan bila para pelanggan atau pembaca yang sudah dikirimkan email, kemudian mengunjungi situs web. Kemudian apa yang harus dilakukan untuk membuat para pelanggan ini tetap bertahan, atau bahkan menjadi pengunjung setia pada situs web tersebut ? Ya, jawabannya adalah bahwa situs website tersebut wajib menyajikan konten berkualitas dan bermanfaat yang mampu menarik perhatian pelanggan, hingga membuat mereka tidak bergeming. Sedikit banyaknya adalah dengan memberikan pengalaman visual yang luar biasa untuk mereka, sampaikan pesan yang menarik, kembangkan bisnis sebaik mungkin melalui konten yang memukau, menarik dan bermanfaat.

 

10) Adanya Kejutan Promo Gratis

Adalah hal yang biasa, sesuatu yang diberikan gratis atau cuma-cuma sangat disukai oleh banyak orang. Ketika para pelanggan mendaftarkan email mereka dalam situs website yang telah anda buat, wajar rasanya jika anda memberikan sesuatu balasan atau reward sebagai wujud penghargaan bagi mereka. Berikanlah hadiah gratis, atau kupon maupun voucher yang bisa mereka gunakan kapan saja.

 

Nah, dari pemaparan diatas sangat jelas dan terang benderang bahwa sosial media adalah peluang dan kesempatan yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin, demi tercapainya target bisnis yang anda jual melalui online shop (toko online), serta dapat pula menjangkau pangsa pasar lebih luas lagi. Tentunya tanpa mengabaikan inovasi produk serta teknik pengaplikasian yang tepat. Bagi anda yang ingin tahu lebih lanjut tentang teknik promosi toko online di jejaring media sosial.

 

Oleh karena itu, pergunakan media sosial (sosmed) sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah penjualan dan pencapaian bisnis yang jauh lebih baik dan sukses dari hari-hari sebelumnya. Apalagi jika mampu mengimplementasikan strategi social media tingkat expert. Meskipun usaha ini membutuhkan jurus terbaik berupa kerja keras, konsistensi, pikiran, tenaga dan juga uang yang jumlahnya tidak sedikit, namun tak ada salahnya menggunakan seluruh kanal social media yang ada, demi kemajuan dan kelangsungan bisnis yang sedang sedang dirintis, baik bisnis online maupun bisnis offline.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!