Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Melirik Usaha Parcel Jelang Natal dan Tahun Baru 2019

Menjelang perayaan Natal 25-26 Des 2018 dan Tahun Baru 1 Januari 2019, usaha parcel mulai menggeliat di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Lihat saja, beberapa toko di Medan sudah mulai memajang aneka parcel dengan tema terkait perayaan Hari Natal dan Tahun Baru. Tentu saja, parcel-parcel ini biasanya menjadi bingkisan yang akan diberikan kepada teman, karyawan, keluarga maupun relasi bisnis.

 

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, beberapa hari menjelang hari besar perayaan Natal dan malam pergantian tahun, bingkisan parcel mulai bermunculan dengan berbagai kreasi yang inovatif, bahkan ada yang bersifat edukatif.

 

Bisnis Usaha Parcel

 

Sebagaimana diketahui bersama bahwa bisnis parcel memang tergolong sebagai bisnis musiman yang banyak dilirik dan ditekuni oleh para pebisnis. Parcel menjadi salah satu bingkisan yang lazim diberikan kepada orang-orang dalam rangka merayakan hari-hari besar keagamaan (seperti Natal, Idul Fitri/Lebaran, dan lainnya).

 

Di Sumut, terdapat beberapa daerah yang terkenal dengan deretan penjual parcel menjelang perayaan hari-hari besar dapat melirik naluri para bisnisman. Salah satu nya di Jalan Setia Budi Tanjung Sari, Jalan Ir Juanda dan Jalan Sisingamangaraja Medan. Di sini terdapat beberapa toko yang secara rutin menyediakan parcel dengan berbagai jenis. Menjelang Natal dan Tahun Baru, para pebisnis di daerah sebesar tersebut tetap menyediakan parcel dengan tema ini.

 

Terkait dengan keuntungan yang dihasilkan, bisnis parcel memiliki nilai keuntungan yang masih sangat menggiurkan di akhir tahun 2018 ini. Dalam bisnis parcel untuk perayaan tahun 2019, para pengusaha biasanya dapat meraih keuntungan 20% hingga 30%.

 

Biasanya, pelanggan parcel ini sudah berlangganan dari tahun ke tahun. Pembelian parcel dalam partai besar biasanya berasal dari perusahaan yang selama ini sudah pernah memesan parcel. Disamping itu, beberapa pengusaha parcel di Jalan Setia Budi Tanjung Sari ini juga menjadi pemasok parcel ke daerah-daerah di luar Medan, seperti Binjai, Lubuk Pakam, Belawan. Untuk pengiriman ke luar kota, para pengusaha parcel biasanya akan mengenakan biaya pengiriman, sedangkan untuk pengiriman parcel di dalam kota Medan, mereka menawarkan ongkos pengiriman (ongkir) gratis.

 

Silaenseo.com, sempat memantau geliat penyedia  parcel di jalan Setia Budi Tanjung Sari dan Jalan Sisingamangaraja. Dimana terlihat jelas bahwasanya tahapan sukses dalam bisnis parcel yang dilakukan hampir seluruh toko parcel tersebut memiliki pelanggan yang berbeda dan sudah biasa memesan parcel, dibarengi dengan gencarnya promosi parcel menggunakan pemasaran offilne dan online.

 

Khusus yang menyediakan pengusaha parcel tertentu ada beberapa toko yang menjadi pemasok barang untuk dijadikan parcel yang rada-rada unik dan menarik ini, tapi tentu saja sudah punya pasarnya sendiri, jadi gak terlalu berpengaruh. Rata-rata merupakan parcel sendiri dan hanya buka menjelang hari raya besar keagamaan, seperti Lebaran serta Natal dan Tahun Baru. Mengapa? Karena, menjelang Natal dan Tahun Baru, parcel menjadi incaran orang-orang yang ingin memberikan bingkisan sebagai kado Natal yang terindah di malam natal. Selain praktis dan ekonomis, parcel-parcel ini juga memiliki bentuk yang indah dan didesain sehingga terkesan mewah, sehingga orang-orang memilih parcel sebagai salah satu bingkisan Natal.

 

Untuk menarik minat para pemesan, parcel-parcel ini disusun sedemikian rupa dengan isi berbagai macam barang. Mulai dari berbagai macam makanan, pecah belah, hingga ornamen-ornamen hiasan Natal yang unik nan menarik, serta religius.

 

Tapi, meskipun terkesan parcel tersebut didesain hingga terlihat mewah, harga parcel pun berbeda berdasarkan isinya. Semakin mewah makanan dan pecah belahnya, semakin mahal harga parcel. Masalah harga yang berbeda-beda ini adalah sesuai dengan dasar isi parcel.

 

Jadi, bukan ukuran apabila sudah ada dimasukan barang pecah belah keramik, maka sudah langsung dipastikan harga parcelnya mahal. Kami melihat, bahwa parcel-parcel yang beredar di Setia Budi dan Sisingamangaraja Medan ini mempunyai kisaran harga sekitar Rp 200.000 – Rp 2.000.000. Sedangkan yang paling diminati oleh masyarakat Kota Medan adalah parcel yang dengan harga Rp 200.000 – Rp 300.000. Untuk parcel dengan harga diatas Rp 800.000 biasanya dibuat berdasarkan orderan.

 

Untuk isi parcel tersebut, para pengusaha parcel biasanya memilih isian parcel yang berbeda setiap tahunnya. Tapi tetap dalam tema Natal dan Tahun Baru, masyarakat Sumut setiap tahunnya akan memberikan isi parcel yang berbeda. Jika tahun ini bertemakan pohon Natal, bisa jadi tahun depan mereka memilih tema Salju dan Rusa atau yang lainnya.

 

Hal ini diakui tiap pengusaha dan merupakan strategi yang dilakukan oleh para pengusaha parcel agar pelanggan tidak bosan dengan parcel mereka setiap tahunnya. Sehingga mereka memberikan variasi dari tahun ke tahun dalam parcel yang dijual.  Tujuannya adalah untuk menjaga konsumen agar tidak lari ke pengusaha parcel yang lain, inilah strategi yang kerap dilakukan oleh para pelaku bisnis yang terkenal sebagai bisnis musiman ini.

 

Untuk mempersiapkan parcel-parcel untuk Natal dan Tahun Baru 2019, para pengusaha parcel telah memulai pengerjaan beberapa minggu sebelum momen ini. Para pembeli biasanya juga tak jarang meminta pesanan parcel khusus. Untuk pesanan khusus, sebaiknya dipesan jauh hari sebelum Natal dan Tahun Baru.

 

Parcel menjadi pilihan bingkisan yang praktis dan terkesan lebih mewah karena telah disusun dalam keranjang sedemikian rupa dan dibungkus. Bagi anda yang ingin memberikan bingkisan untuk moment Natal ataupun dalam hal menyambut dan merayakan Tahun Baru, parcel menjadi bingkisan rekomendasi untuk anda.

 

Parcel dengan berbagai bentuk, ukuran dan harga dapat anda temui di beberapa tempat di Kota Medan. Anda bisa mengunjungi pusat perkotaan dan sentra bisnis parcel atau toko-toko lainnya yang juga menyediakan parcel untuk menyambut momen penting ini di daerah Provinsi Sumut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!