Bisnis Online dan Jasa SEO

Bisnis Online Medan dan Jasa Ahli SEO Blogger Terbaik

Membangun Firma Hukum Online Untuk Pengacara Perceraian

Kali ini blog silaenseo.com tertarik untuk membahas topik tentang: “Membangun Firma Hukum Online Untuk Pengacara Perceraian” yang dialaskan pada fakta bahwasanya pada tahun 2017 terjadi peningkatan yang cukup signifikan jumlah angka perceraian di Indonesia. Perceraian yang kami maksudkan disini adalah yang sampai ke pengadilan (baik pengadilan agama ataupun pengadilan negeri).

 

Website Situs Law Firm Pengacara Percerian Online di Indonesia

 

Nah, meningkatkan jumlah kasus perceraian ini, secara linear juga mengakibatkan meningkatnya jumlah para pengacara atau advokat yang menangani kasus perceraian tersebut di pengadilan.

 

Disini kami tidak akan membahas apa yang menjadi penyebab hingga timbulnya kemelut rumah tangga dan pengajuan gugatan perceraian ke pengadilan. Namun, pada artikel ini kami hanya sebatas membahas bagaimana strategi yang dilakukan oleh para pengacara online untuk mendapatkan klien dari penggunaan media internet yang jumlah penggunanya terus saja meningkat tajam.

 

Sebagaimana yang kita lihat bahwa saat ini sangat banyak para pengacara atau advokat, baik itu yang membuka kantor hukum sendiri, berafiliasi dengan firma hukum (law firm) luar negeri, atau bergabung membuka kantor advokat dan  konsultan hukum dengan beberapa orang kolega lawyer yang bekerja di kantor tersebut.

 

Tentu, setiap kantor hukum para pengacara ini memiliki teknik pemasaran sendiri, dimana ada sebagian yang menggunakan media elektronik (terutama televisi) saat menangani kasus perceraian, dan ada juga yang menggunakan media cetak untuk mengekspose sepak terjang sang lawyer tersebut saat menangani perkara perceraian, ada juga yang menyebarkan kartu nama, dan lain sebagainya. Cara-cara dan strategi diatas adalah sah-sah saja sepanjang tidak bertentangan dengan “Kode Etik Advokat Indonesia” (KEAI).

 

Di jaman era digitalisasi dan kemajuan alat komunikasi canggih di bidang internet, para pengacara mulai menggunakan teknologi canggih tersebut untuk menjaring para klien potensial, misalnya dengan membuat website law firm spesialis kasus perceraian ataupun membuat blog personal jasa hukum yang diberikan oleh pengacara perceraian. Tentu saja, sebuah situs web/situs sudah diibaratkan seperti memiliki kartu nama online dan merupakan bagian penting untuk menjadikan kantor hukum tersebut lebih profesional dan terbuka sebagai salah satu wujud pengaplikasikan bisnis online untuk jasa hukum di Indonesia.

 

Sekali lagi, seiring dengan pesatnya perkembangan era digital, banyak lawyer Indonesia, khususnya pengacara medan telah mendengar, melihat dan bahkan memanfaatkan apa yang namanya situs web atau blog ini. Tapi sepertinya tidak pernah benar-benar memikirkannya secara serius, apalagi bagaimana cara memaksimalkannya agar semakin baik di halaman google, baik bisa berada di posisi ranking satu.

 

Pertanyaan yang lazim muncul adalah mengapa sih anda selaku lawyer perceraian harus memiliki situs web untuk firma hukum anda? Tentu jawabannya adalah dalam rangka untuk membangun reputasi yang baik, sehingga calon klien potensial lebih memilih firma hukum anda untuk bekerja sama dalam hal bantuan hukum, terutama dalam hukum bisnis.

 

Oleh karenanya, untuk membangun jati diri anda selaku pengacara perceraian, sedikit banyak strategi internet marketing yang diwujudkan dalam pengoperasian sebuah situs web, sehingga calon klien dapat mengetahui dan mempelajari fortofolio tentang skill Anda selaku advokat perceraian. Disamping itu, website atau blog dapat juga dimaksimalkan sebagai media penghubung Anda, dan juga media untuk menemukan Anda.

 

Jadi, pada intinya calon klien lebih memungkin untuk menggunakan jasa pengacara perceraian anda, dan sebagai referensi bagi siapa saja yang akan ingin mengetahui lebih banyak tentang Anda sebelum mereka menghubungi Anda. Tidak hanya itu saja, website atau blog law firm online anda tersebut adalah sebagai salah satu cara bagi setiap orang untuk mengetahui lebih banyak tentang sesuatu yang ada di medium internet, terutama tentang pengalaman, kemampuan dan reputasi anda selama ini.

 

Tapi, meskipun begitu, memiliki sebuah situs web firma hukum online bukanlah jaminan yang akan bisa memberikan anda kasus, tapi jika Anda tidak memiliki situs web yang layak, orang mungkin akan menghubungi firma hukum lain dalam daftar mereka dan yang pasti bukan milik Anda.

 

Situs web yang anda miliki adalah layanan pertama yang Anda berikan kepada calon klien. Hal ini turut memberi mereka kesempatan besar dan berharga untuk meninjau kepribadian Anda, perhatian Anda terhadap detail, dan kemampuan Anda untuk berkomunikasi.

 

Dari beberapa situs law firm online dan teknik pembuatan website khusus untuk jasa hukum para pengacara, untuk mempopulerkan kepiawaian dan skill anda dalam menangani perkara/kasus perceraian, maka ada beberapa hal yang sangat mendasar dan wajib untuk terpasang di situs blog firma hukum anda. Tentu tujuannya adalah sebagai portofolio yang pertama sekali ditinjau dan dilihat dari website firma hukum online anda. Hal yang kami maksudkan adalah sebagai berikut:

 

*) Memuat Informasi Kontak Secara Detil

Fungsi yang paling penting dari situs law firm online adalah dalam rangka untuk memudahkan calon klien untuk menghubungi Anda di kemudian hari. Itu berarti nomor kontak telepon, alamat email, dan alamat fisik semuanya haruslah sangat mudah ditemukan. Letakkan nomor telepon Anda dan formulir kontak tepat di dekat bagian atas setiap halaman situs web Anda, dan pastikan halaman kontak Anda memiliki alamat fisik, peta, dan informasi bermanfaat lainnya tentang sampai ke kantor Anda (parkir, petunjuk arah di dalam gedung, dan lain sebagainya).

 

Jangan lupa juga untuk memastikan adanya informasi kontak Anda mudah ditemukan dan digunakan dari smartphone, handphone atau tablet dan gadget lainnya. Orang yang berkunjung lewat telepon genggam, misalnya lebih cenderung ingin menelepon Anda, daripada mengisi formulir kontak Anda dengan ibu jari mereka.

 

Tapi tidak di tablet atau di desktop, di mana membuat panggilan telepon tidak mungkin untuk dilakukan sesegera mungkin. Mengisi formulir kontak atau mengirim email umumnya paling mudah untuk dilakukan.

 

Disamping itu, apa pun yang Anda lakukan atas situs website firma hukum online, jangan sesekali mengesampingkan desain seluler situs web Anda. Ingat, ada sekitar 20-25% pengunjung ke situs web menggunakan smartphone atau tablet, dan persentase tersebut terus akan meningkat setiap tahunnya.

 

Beberapa perancang web bahkan menganjurkan penggunaan “desain mobile first”, sebagai cerminan bahwa begitu pentingnya menjaring pengunjung (visitor) yang menggunakan perangkat mobile ini. Inti desain situs kantor hukum online milik anda harus memastikan memiliki dua versi, yakni pengunjung yang datang dari situs web adalah menggunakan versi mobile dan desktop.

 

Akhir-akhir ini dengan semakin banyaknya beredar handphone (hp seluler), maka tak dipungkiri akan banyak pula pengunjung seluler dari pada pengunjung yang berkunjung lewat desktop. Hal itu memberikan berarti bahwa law firm Anda diketahui oleh mereka adalah atas dasar pemuatan informasi kontak yang terdapat pada situs Anda, sehingga memutuskan untuk menelepon nomor kontak kantor law firm anda.

 

Dalam konsep membangun sebuah website adalah terbantu dengan adanya halaman depan, dimana pertama sekali para pengunjung akan mengetahui tentang law firm jasa bantuan hukum kasus perceraian yang anda muat di halaman depan ini. Dengan kata lain halaman depan ini akan memandu dan membantu pengunjung untuk lebih mengetahui apakah mereka berada di tempat yang tepat dan sesuai dengan yang sedang dicari.

 

Kebanyakan klien potensial, kecuali jika mereka telah berpengalaman dalam memakai jasa pengacara, hampir tidak familier dengan proses menyewa pengacara. Mereka mungkin menemukan situs Anda, karena seseorang mengatakan kepada mereka bahwa Anda dapat membantu mereka, atau mereka menemukannya sendiri sambil mencari seseorang yang dapat membantu mereka.

 

Pertanyaan nomor satu di pikiran para calon klien ini, kemungkin besar adalah bisakah pengacara ini benar-benar membantu kasus perceraian saya? Pada kalimat pertama di halaman depan, Anda harus sudah menjawab pertanyaan tersebut, dan haruslah dalam bahasa yang mudah dipahami oleh calon klien Anda.

 

Kalau bisa, simpulkan siapa yang harus anda bantu dalam satu kalimat pendek, dan buatlah kalimat tersebut menjadi kalimat pertama di halaman depan anda. Kemudian, letakkan fokus pada klien yang akan Anda bantu, bukan pada diri Anda atau area keahlian Anda. Jangan-jangan terkesan bahwa anda menjual diri dengan membicarakan keahlian dan pengalaman Anda, mulailah dengan membantu pengunjung untuk mengetahui apakah firma hukum online Anda adalah tepat untuk mengatasi problem rumah tangganya.

 

Memang, sepertinya hal ini sangat sulit bagi kantor firma hukum dengan beberapa area praktik yang tidak terkait. Tapi banyak juga dari situs web law firm office yang juga memiliki profil klien tunggal untuk area praktik tersebut. Misalnya, daftar area praktik Anda mungkin untuk pelecehan, perceraian, kekerasan dalam rumah tangga (kdrt), perwalian, harta gono gini, atau sengketa masalah hak waris, dlsb.

 

Law firm Anda mungkin cukup besar, sehingga Anda benar-benar memiliki beragam profil klien. Dalam hal ini, pertimbangkan untuk membuat halaman arahan untuk setiap jenis klien, dengan tautan dari halaman depan Anda yang akan memandu dan membantu untuk mengarahkan pengunjung ke tempat yang tepat di situs web anda.

 

*) Foto dan Bio Lengkap Tentang Anda

Setelah halaman depan secara baik di tata, halaman yang paling banyak dikunjungi di situs web law fir adalah tentang bio lawyer Anda. Klien potensial ingin “bertemu dengan Anda”, sebelum mereka benar-benar mau menghubungi Anda. Itu berarti kesempatan pertama Anda untuk membuat kesan datang sebelum Anda memiliki kesempatan untuk berbicara atau berhubungan dengan siapa pun. Jadi, berilah sedikit usaha untuk membuat halaman bio Anda semenarik mungkin.

 

Caranya, misalnya dengan membuat halaman bio Anda harus memiliki foto yang terbaik dan terbagus. Ya, bila perlu membayar seorang fotografer profesional untuk mendapatkan hal ini, dan memperbaruinya setiap beberapa tahun sehingga foto Anda setidaknya menggambarkan penampilan Anda yang terupdate.

 

Kemudian juga, upayakan jangan hanya mengisahkan pengalaman kerja atau latar belakang sekolah hukum  Anda saja. Berbagai elemen “curiculum vitae” (CV) Anda tentu penting bagi beberapa klien. Tapi itu hal itu tidak harus menjadi fitur utama dari halaman bio Anda. Sebagai gantinya, perkenalkan diri Anda pada pembaca Anda. Atau bisa dengan memindahkan CV Anda ke sidebar, letakkan di bawah perkenalan Anda, atau letakkan di halaman tersendiri yang mana calon klien dapat lebih leluasa melihat atau membacanya.

 

Nah, jika seandainya Anda tidak berpengalaman, jangan mencoba menyembunyikannya. Pengalaman Anda adalah bagian dari siapa Anda sebagai pengacara perceraian, dan Anda dapat menyatakannya tanpa terkesan berperilaku untuk menekankannya. Anda bahkan mungkin bisa menggunakannya untuk keuntungan Anda, lagipula ada banyak orang ingin menyewa “pengacara muda” yang berkategori lebih rajin dan giat dalam mengurus dan atau menangani kasus perceraian di pengadilan. Meninggalkan tanggal kelulusan Anda mungkin bukan kesalahan etis, tapi hal tersebut pastinya bagian dari siapa dan berapa lama jam terbang anda sebagai pengacara di Indonesia.

 

Ingat, bahwa situs web firma hukum spesialis perkara perceraian harus dibuat se profesional mungkin. Berikut dengan segala hal yang terkait tentang praktik hukum yang pernah anda tangani di law fim office tersebut. Makna profesional harus tercermin dalam setiap aspek praktik hukum yang akan anda berikan kedepannya. Anda tidak perlu menyewa seorang profesional untuk mendapatkan situs web law firm profesional. Siapapun yang membangun situs web Anda atau yang akan mengkonsepnya, Anda sendiri yang bertanggung jawab untuk itu. Terakhir dan terpenting adalah Anda perlu bekerja sama dengan perancang web untuk membangunnya dalam rangka mendapatkan produk akhir situs web yang sesuai dengan firma hukum pengacara perceraian Anda.

 

Demikian dan terima kasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!