Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Membidik Lensa Bisnis EO Online di Medan

Event Organizer (EO) telah dimaknai warga Medan, Sumut sebagai satu bisnis yang sangat menjanjikan untuk ditekuni dan dibidik saat ini. Lihat saja bisnis EO untuk acara resepsi pernikahan menjadi tren tersendiri dikalangan pasangan calon suami istri dihari yang bahagia. Jepretan foto dan video melalui lensa kamera digital mulai di tahap pengambilan foto pre wedding, hingga untai lagu-lagu dari artis lokal dan musisi lokal maupun nasional turut mengisi kemeriahan yang dibuat oleh para pekerja di bisnis event organizer.

 

Bisnis Lensa Usaha Warga Event Organizer

 

Nah, tentu bagi orang-orang yang mempunyai naluri bisnis yang kuat dan tajam dalam hal melihat moment diatas dapat menjadikannya sebagai sebuah peluang bisnis besar dan sangat menguntungkan untuk ditekuni, terutama bagi orang yang memiliki kreatifitas dan inovasi tingkat tinggi untuk melahirkan ide-ide baru yang dituangkan di bisnis EO ini.

 

Dalam konteks kesatuan yang utuh, event organizer tidak bisa berjalan sendiri dalam hal mensukseskan sebuah acara untuk klien-nya. Mereka membutuhkan sumber daya manusia yang lain, seperti para penyanyi, pemain musik, catering, lighting, bisnis kuliner, para photografer dan juga kameramen profesional yang bertugas membidik setiap moment terindah yang diabadikan dari sudut padang dibalik mata kamera. Artinya, bahwa bisnis lensa usaha EO di Medan membutuhkan berbagai komunitas warga Sumut yang menekuni bisnis terbaik di Medan, dan bahkan EO ini juga membutuhkan divisi tenaga pemasaran, baik offline marketing maupun online.

 

Sebagai salah satu industri bisnis kreatif di Medan, tentu saja bisnis EO harus dipenuhi oleh profesional muda yang memiliki jiwa seni tinggi yang diwujudkan dalam sebuah karya seni yang terkesan indah, unik, dan bercitarasa pribadi. Terutama dari sudut pandang dan kreativitas dari lensa seorang fotografer sangat menentukan hasil bidikan kamera-nya. Demikian pula dengan bisnis kreatif lain yang disebutkan diatas haruslah didesain sebaik mungkin.

 

Jadi, jangan heran bila perusahaan event organizer menginginkan segala konsep di desain sedetail mungkin dan membutuhkan sejumlah persiapan yang cukup rumit nan melelahkan demi mensukseskan sebuah acara yang menjadi tanggung jawabnya. Ya, intinya EO merupakan sebuah layanan jasa yang bergerak di bidang menggelar berbagai acara agar lebih praktis dan efisien, namun tidak mengurangi makna yang terkandung pada setiap acara yang ditanganinya.

 

Peluang Besar Bisnis Even Organizer

Sebagaimana penjelasan diatas, EO di Medan telah membuka peluang besar berbagai sektor bisnis untuk bisa berkembang bersama-sama dengan baik, sebab semakin banyak permintaan, maka akan semakin besar kemungkinan bekerjanya para tenaga profesional bidang lain untuk mendapatkan keuntungan.

 

Tak ayal, karena besarnya peluang bisnis ini mengakibatkan banyaknya warga Kota Medan yang membidik dan berminat memulai bisnis EO secara profesional. Dalam rangka itu, kami dari blog silaenseo.com akan membagikan beberapa tips yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis Event Organizer agar bisa sukses.

 

1) Memiliki Pengalaman yang Memadai

Secara umum bisnis yang masuk dalam kategori bidang jasa, sangat membutuhkan adanya keahlian khusus dan juga memiliki pengalaman yang baik. Demikian pula halnya, bila sobat bisnis Medan memiliki niat menekuni dan menjalankan bisnis EO.

 

Mengapa? Karena bila anda tidak memiliki pengalaman yang mumpuni, maka sudah bisa dipastikan akan membahwa anda pada berbagai masalah di ketika sudah menjalankan bisnis EO. Hal ini terkait dengan aktivitas bisnis ini masih terkait dengan berbagai kebutuhan atas adanya penanganan sejumlah kegiatan yang memerlukan adanya keahlian khusus yang tidak dapat dilakukan oleh semua orang.

 

Seandainya anda belum memiliki kemampuan yang cukup dalam menjalankan wirausahawan EO ini, maka ada baiknya tanpa malu-malu belajar terlebih dahulu dengan bergabung pada perusahaan EO milik orang lain, terutama yang sudah berskala besar. Dengan belajar di sana, maka anda akan dapat melihat hal-hal apa saja yang terkait dengan EO dan bagaimana cara memanajemen bisnis tersebut, sehingga kelak mempunyai pemahaman dan pengalaman untuk dipergunakan dalam memulai bisnis EO anda sendiri dengan lebih mudah.

 

Ya, ibarat seorang fotografi minimal harus memiliki lensa kamera sekelas DSLR, memiliki lampu, tripot, dlsb agar hasil foto yang diambil kualitasnya sangat baik dan terkesan profesional, disamping perlu adanya sikap telaten dan kesabaran untuk menangani berbagai kondisi outdoor dan indoor yang romancenya acap kali terjadi dilapangan.

 

2) Membangun Tim yang Handal

Setiap bisnis EO akan lazim mempertemukan Anda dengan bermacam-macam karakter klien atau konsumen, dan juga akan ketemu dengan sejumlah bidang yang kebutuhan sangat berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

 

Tentu untuk mempersatukan hal tersebut, Anda akan juga harus mampu menangani berbagai acara yang membutuhkan sejumlah keahlian pada bidang bisnis kreatif lainnya secara baik. Karena bisnis ini telah dimaknai sebagai salah satu bisnis yang pekerjaannya tak mungkin dapat dijalankan seorang diri. Artinya, anda masih membutuhkan bidang jasa yang diberikan oleh pebisnis lainnya untuk sama-sama bersinergi dalam sebuah tim kerja tertentu saat menjalankan bisnis EO ataupun kontrak yang diberikan klien.

 

Oleh karena itu, sangat tepat jika perusahaan EO anda memiliki sebuah tim yang solid, handal dan dapat bekerja sama dengan kemampuan yang maksimal pula. Penyatuan persepsi dan tim kerja ini, tentu saja akan membutuhkan waktu yang lumayan lama, di mana langkah bijaknya haruslah memilih dan membangun sebuah tim tersebut sejak awal.

 

Nah, setelah memiliki team kerja yang handal, maka anda juga harus memiliki kemampuan dalam hal memimpin sebuah tim kerja yang ada. Ingat, bahwa EO akan selalu membutuhkan sejumlah pekerja yang cakap dan ahli di bidangnya, sehingga penting untuk memiliki perencanaan matang tentang tim yang anda pekerjakan di dalam bisnis ini.

 

Misalnya klien meminta EO anda untuk membuat acara yang berlokasi di bangunan tua tanpa mengesampingkan nuansa modern. Tentu hal ini bukan perkara mudah, sehingga membutuhkan banyak masukan, ide brilian maupun gagasan kreatif untuk menjadikannya sebagai satu event yang sukses.

 

Masukan tersebut bisa saja anda dapatkan dari berbagai pihak, tim kerja maupun dari klien yang bersangkutan. Kuncinya adalah komunikasi terbuka dan bersedia menerima setiap masukan dari siapa saja, sepanjang hal itu menjadi poin penting suksesnya EO meskipun lokasinya terkadang sedikit sulit. Menangani lokasi outdoor akan terasa lebih sulit bila dibandingkan dengan membuat sebuah acara di dalam gedung. Termasuk dalam hal ini sudut lensa yang akan diarahkan oleh para fotografer maupun kamera video untuk sesi pengambilan gambar.

 

3) Intens Menjalin Relasi

Di dalam bisnis apapun itu, jalinan relasi yang kuat dari anda selaku pengusaha EO adalah peluang kesuksesan. Terkait hal ini, maka dibutuhkan sebuah kemampuan yang mumpuni untuk senantiasa membangun jaringan relasi yang kuat, baik relasi dalam negeri maupun luar negeri.

 

Adanya relasi kuat ini, menjadi langkah awal yang sangat bermanfaat untuk mendatangkan klien, sekaligus menjalin kontrak perjanjian kerja di dalam bisnis ini. Hubungan yang baik nan profesional dengan berbagai relasi, akan memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan rekomendasi lanjutan dari mereka yang disampaikan kepada para calon klien baru di dalam menjalankan bisnis EO.

 

Untuk itu penulis menyarankan agar selalu intens membangun relasi dengan berbagai pihak dan sekaligus menjadi komunikasi yang baik agar relasi tersebut referensi kepada relasi bisnisnya. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat sebagai alat pemasaran EO kebanyak orang.

 

4) Memiliki Modal yang Cukup

Apapun bisnis anda, tentu tak lepas adanya kebutuhan atas penggunaan sejumlah uang. Nah, uang ini sebagai modal awal untuk menjalankan bisnis EO, misalnya menyiapkan sarana dan prasarana pendukungnya.

 

Tugas anda selaku pemilik usaha event organizer adalah memastikan telah memiliki sejumlah modal awal yang cukup untuk menjalankan bisnis ini. Mengapa? Karena secara umum, setiap acara yang ditangani oleh EO akan melakukan pembayaran bertahap dan tidak sekaligus. Kebanyakan dari setiap acara yang ditangani oleh perusahaan EO di medan, akan menerima bayaran separuh saja di awal, atau bahkan dalam event tertentu dibayar seluruhnya pada akhir acara.

 

Tentu, adanya kondisi diatas perlu diantisipasi dengan baik dan cepat, di mana Anda harus memiliki sejumlah modal yang cukup untuk sementara waktu menutupi berbagai pengeluaran atas kebutuhan acara tersebut lebih dulu, hingga akhirnya mendapatkan pembayaran secara penuh di akhir acara yang diselenggarakan tersebut.

 

5) Ditunjang Adanya Kreativitas yang Tinggi

Konsep dan master penanganan yang tepat dan cepat merupakan strategi yang selalu dibutuhkan di dalam membangun bisnis EO agar sukses dan menguntungkan. Anda harus berkembang kekinian dalam hal mengikuti perubahan tren yang ada di jaman milenial ini. Adanya hal ini, membuat klien tidak cepat bosan dengan sejumlah konsep acara yang monoton dan terkesan itu-itu saja.

 

Nah, untuk itulah perusahaan EO yang anda dirikan harus selalu memiliki kreatifitas yang tinggi dan ide cemerlang untuk menciptakan kesan yang baik di dalam sebuah acara, terutama acara-acara yang bersifat istimewa seperti ulang tahun dan juga pernikahan. Khusus untuk acara perkawinan/pernikahan, maka konsep melakukan sesi foto pre wedding harus terkonsep secara apik, unik dan menciptakan sebuah maha karya dari sudut bidakan lensa kamera yang “romantis” dan penuh kebahagiaan bagi pasangan calon suami isteri.

 

Bila perlu jangan ragu untuk menawarkan lokasi sesi pengambilan foto pre wedding ini hingga ke luar negeri. Demikian juga bila di dalam negeri, maka tawarkanlah berbagai lokasi yang benar-benar romantis untuk melakukan pemotretan pre-wedding, apakah lokasi foto nantinya di tempat umum atau tempat wisata.

 

Ingat, bahwa di Indonesia maupun di Medan, mode pengambilan foto pre-wedding menjadi sebuah kebutuhan, sehingga adanya dokumentasi ini menjadi salah satu target yang tak boleh diabaikan dalam rangka mendokumentasikan saat-saat terakhir melepas masa lajang sang pengantin.

 

6) Senantiasa Sabar dan Harus Bisa Cepat Belajar

Ketika menjalankan bisnis EO, sedikit banyaknya harus mempelajari karakteristik acara, klien maupun masyarakat yang ada di lokasi tempat berlangsungnya acara. Mengapa? Hal ini terkait untuk mengantisipasi kemungkinan akan mengalami sejumlah kendala dan masalah di dalam menjalankan bisnis mengelar acara ini.

 

Berhubung usaha-usaha yang terkait dengan EO mempekerjaan banyak orang dengan berbagai latar belakang keahlian yang berbeda pula, maka sangat rentan timbul perbedaan pendapat, terutama dalam konteks berbagi ide dan gagasan yang hendak dijalankan secara bersama-sama dalam tim kerja.

 

Bukan hanya itu saja, Anda juga tak luput akan menghadapi dan memenuhi banyak kemauan para klien atas proyek acara mereka yang akan Anda tangani. Hal-hal seperti ini, tentu membutuhkan kesabaran yang cukup tinggi, dan pastikan anda telah memiliki hal tersebut sejak awal. Akan sangat baik jika Anda adalah pribadi yang cepat belajar dan mau menerima masukan dari berbagai kondisi yang kurang baik di dalam menjalankan bisnis nanti.

 

7) Memiliki Microsite Office dan Sosial Media Resmi

Saat ini kita hidup di zaman digital nan canggih, di mana sangat mungkin melakukan optimalisasi promosi melalui penggunaan berbagai media dan channel yang tepat. Artinya, untuk menjangkau klien potensial yang sering beraktivitas di dunia online, maka sangat penting untuk memiliki sebuah website yang ditujukan sebagai sebuah microsite office maupun sosial media resmi (seperti facebook, instragram, twitter, youtube, whatsapp bisnis, dlsb.

 

Nah, adanya microsite office dan medsos resmi yang dimiliki oleh perusahaan EO anda, dapat menunjukkan portofolio perusahaan dan sekaligus sebagai media mempromosikan berbagai hal mengenai bisnis EO Anda agar banyak diketahui oleh khalayak ramai dalam berbagai belahan dunia.

 

Adanya media-media online ini bahkan akan sangat membantu untuk bisa mendatangkan lebih banyak klien dan juga relasi yang akan berkontribusi langsung membantu percepatan kesuksesan bisnis EO di masa yang akan datang. Disamping perusahaan anda akan dinilai memiliki tingkat “bonafit” tinggi dibandingkan dengan perusahaan sejenis.

 

Tapi perkara mendatangkan klien potensial dari medium internet tidak mudah, oleh karena itu dibutuhkan keahlian khusus di bidang SEO, SEM maupun pemasaran online. Mengapa? Karena website ataupun blog microsite office yang sudah dibangun maupun media sosial resmi yang ada harus tetap dioptimasi dengan menggunakan teknik SEO Onpage dan Offpage pada kata kunci yang ditargetkan. Tujuannya adalah agar bisa unggul dan memiliki kemampuan maksimal bersaing di halaman pertama google dengan microsite office milik perusahaan EO yang lain.

 

Tentu tidak semua pengusaha EO memiliki kemampuan dan keahlian di bidang SEO, apalagi sampai memiliki waktu yang cukup untuk bekerja membangun sebuah website/blog secara rutin sebagaimana yang diinginkan dalam TOS google.

 

Untuk itulah, dibutuhkan tenaga ahli yang benar-benar memiliki kemampuan dan pengalaman yang mumpuni di bidang SEO, dan pada kesempatan ini tidak ada salahnya agar anda menggunakan jasa pengoptimasian SEO untuk mengatasi permasalahan optimasi microsite EO kepunyaan anda. Atau bisa juga menghubungi ahli SEO Medan untuk mendapatkan bantuan jasa optimasi tingkat expert nan tangguh di search engine google agar dapat meraih posisi di halaman pertama dan bahkan bisa meraih posisi di ranking satu google. Semuanya itu membutuhkan keahlian optimasi tingkat dewa SEO dan master SEM yang memiliki reputasi dan sangat terpercaya.

 

Mengapa kami merekomendasikan jasa SEO dari anak Medan ini kepada anda? Alasannya, mengingat jasa optimasi yang dimilikinya telah terbukti 100% human friendly (White Hat SEO) dan memiliki berbagai prestasi nyata sebagai juara dan pemenang dalam berbagai event kontes seo yang pernah diikutinya.

 

8) Belajar dan Belajar Lagi

Apapun bisnis yang anda jalankan, maka satu kewajiban yang dituntutn adalah untuk selalu belajar dan belajar lagi demi sebuah percepatan kemajuan bisnis tersebut di masa yang akan datang. Hal ini juga harus harus dimiliki ketika menjalankan bisnis EO. Mengapa? Karena, bisnis ini selalu mengikuti berbagai perkembangan dunia dan teknologi, dan juga tren jaman now yang terjadi di tengah-tengah masyarakat modern.

 

Pastikan untuk selalu mengikuti perkembangan tren kekinian dan terbaru yang terjadi dalam hitungan detik, sehingga klien yang telah mengikatkan diri dalam sebuah kontrak dengan anda memiliki kepuasan saat mempercayakan seluruh acara mereka ke tangan Anda. Ingat, bahwa bisnis ini sangat membutuhkan kepercayaan yang tinggi dari tiap klien, jadi pastikan selalu mendapatkan dan menciptakan hal tersebut dengan tiada henti belajar untuk selalu memberikan yang terbaik bagi mereka.

 

9) Evaluasi Tim Kerja secara Berkala

Di dalam bisnis OE, tim adalah aset paling berharga yang di miliki perusahaan. Sehingga sangat penting untuk memastikan bahwa tim kerja Anda adalah yang terbaik, terpercaya dan berada pada komposisi yang paling tepat.

 

Dalam konteks mendapat performa tim kerja yang maksimal, cara terbaik adalah melakukan evaluasi secara berkala terhadap tim. Satu saja tim Anda tidak bekerja dengan maksimal, maka kemungkinan hal tersebut akan mempengaruhi tim lain mewujudkan kesuksesan acara yang ditangani secara keseluruhan dan secara bersama-sama. Serta jangan pernah ragu atau takut untuk melakukan evaluasi ini, karena tujuannya adalah untuk memperbaiki tim secara menyeluruh dan profesional.

 

Intinya, jangan sesekali melakukan pembiaran bila bisnis EO mengalami gangguan, meskipun itu masih dalam taraf minim. Mengapa? Karena memiliki tim EO yang lemah pada beberapa bagian, tentu sangat berbahaya mewujudkan target menggelar acara yang dipandang sukses apalagi bombastis.

 

Sebuah evaluasi secara berkala dalam jadwal yang tetap sangat dibutuhkan, untuk itu tugas pemimpin perusahaan untuk memastikan ada waktu tetap di luar jam kerja untuk bersama dengan tim dapat membicarakan berbagai hal dengan nuansa lebih santai, terkait dengan kemajuan bisnis yang akan dijalankan perusahaan kedepannya.

 

10) Persiapan Kerja Matang dan Penempatan Tim yang Tepat

Di dalam memulai sebuah bisnis usaha EO, telah sama-sama kita ketahui wajib memiliki sebuah tim kerja solid yang akan mendukung sepak terjang dan kinerja perusahaan di dalam bisnis tersebut. Artinya, bisnis EO ini hanya akan berjalan baik dan bisa sukses dengan adanya sebuah kerja sama tim yang berpengalaman di dalamnya. Pastikan dalam setiap menangani proyek klien, tim yang dipakai memiliki persiapan kerja yang matang dan juga merupakan tim yang tepat saat, baik saat mengawalinya hingga bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar menggelar berbagai event yang ditawarkan.

 

Secara umum, bisnis ini cukup menjanjikan bagi warga Medan dan sekitarnya. Mungkin yang menjadi hambatan dari pelaksanaan bisnis EO ini adalah penyediaan alat dan prasarana yang cukup mahal, serta tingkat persaingan bisnis yang cukup sengit apalagi dari perusahaan EO skala besar.

 

Satu hal yang perlu dipahami bahwa event menggelar acara ini adalah sebuah karya seni yang diharapkan indah dan bercitarasa pribadi, yang terdokumentasi secara baik melalui kekeran para fotografi maupun kameramen dengan sudut pandang lensa yang berkualitas tinggi. Dimana semuanya itu memerlukan perencanaan yang cermat dan matang agar kelak hasil karya EO tersebut layak pajang pada segala kondisi maupun lokasi yang diinginkan oleh klien.

 

Terakhir yang tak kalah penting adalah jangan cepat menyerah untuk memulai sesuatu yang baru dan mau terus belajar untuk mempertajam kemampuan yang terus harus disesuaikan dengan kondisi teknologi yang semakin canggih dan tren konsep acara yang berubah-ubah sesuai dengan jamannya.

 

Memang membidik lensa bisnis EO apalagi secara online di Medan tentu tidaklah semudah mengucapkannya dan membutuhkan adanya “real action” dari seluruh lingkaran pekerja yang berkontribusi aktif dalam setiap gelaran acara yang diselenggarakan oleh perusahaan EO. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sobat blogger yang hendak menekuni bisnis SEO. Atas perhatian dan kunjungannya ke blog ini, diucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!