Membuat Blog Download Tak Perlu Takut, Ini Tipsnya

Perkembangan dunia blogging 2019 untuk mendapatkan uang online, tipsnya semakin menggila. Dimana blog download memiliki pamor yang cukup tinggi untuk di pilih para blogger dalam rangka untuk menyematkan iklan google adsense (ads) miliknya, dengan kata lain membuat blog menjadi mesin bisnis uang di Indonesia.

 

Kami melihat di tahun 2019, keinginan para sobat blogger untuk membuat blog download sudah tidak terbendung lagi. Namun terbatas masalah modal untuk membuatnya. Seandainya sobat tetap berketetapan hati membuat sebuah blog tetapi memiliki keterbatasan biaya, jangan langsung patah semangat karena ada solusi terbaik yang bisa dijalankan untuk mengatasi masalahnya. Yakni tips membuat blog download dengan menggunakan subdomain dari blogspot[.]com.

 

Sebagaimana banyak dijelaskan oleh para ahli website, bahwa subdomain dari blogspot[.]com merupakan subdomain yang disediakan secara gratis dan cuma-cuma oleh pihak google. Subdomain ini sering di jumpai ketika berselancar di dunia maya (dumai). Nah, apabila sobat melihat blog berdomain www.advokat-silaen-associates.blogspot.com atau sejenis yang ujungnya .blogspot.com, maka hal ini adalah jenis blog menggunakan subdomain.

 

Membuat Blog Download

 

Bicara tentang berapa biaya sewa subdomain ini untuk membuat satu blog download adalah Rp 0 alias gratis. Jadi tak ada salahnya jika sobat blogger memulai aktivitas bloggingnya dari blog yang gratisan dulu, baru nanti setelah setelah mahir dan mempunyai biaya yang cukup bisa beralih ke domain berbayar (premium).

 

Tapi, satu hal yang perlu diketahui bahwa kendali sepenuhnya ada di pihak Google dan anda tidak perlu memikirkan tentang berapa biaya hosting atau biaya domain yang harus dikeluarkan karena semuanya free atau cuma-cuma.

 

Memang diluaran sana masih banyak lagi platform subdomain gratis selain yang dimiliki oleh google, namun untuk membuat blog download yang tangguh menggunakan subdomain  produk Google lebih bagus dan unggul, terutama dari sisi perlakuan mengingat Google saat ini adalah sang raja penguasa internet.

 

Bila anda memiliki biaya yang cukup, maka tak ada salahnya juga membuat blog download dengan menggunakan domain TLD (Top Level Domain) yang berakhiran .com (dot com), .net (dot net), .id (dot id) ataupun .biz (dot biz).

 

Perihal mendapatkan domain TLD ini, maka anda pun harus mengeluarkan biaya modal awal untuk membeli domain dengan nama domain yang diinginkan. Dimana harganya sekitar Rp. 40 rb sampai dengan Rp. 100 ribu untuk periode sewa selama setahun dan untuk perpanjangan di tahun berikutnya biasanya berbeda harga.

 

Disamping membeli domain, maka untuk hostingnya bisa menggunakan fasilitas yang disediakan oleh google karena gratis dan pastinya berkualitas karena up time server-nya bisa 99%. Tidak ada biaya lain setelah sobat membeli domain TLD, kecuali jika ingin menggunakan jasa pihak ke-3 (ketiga) untuk urusan desain blog.

 

Sebenarnya tidak hanya platform blogspot saja yang terkenal cukup bagus, platform cms wordpress juga terkenal cukup tangguh untuk blog download asalkan menggunakan platform wordpress self hosted. Blog platform wordpress ini juga sudah sangat terkenal dengan keunggulannya dalam hal optimasi ‘SEO’ di mesin telusur. Sobat silaenseo.com bisa melihat, dimana rata-rata di hasil indeks pencarian yang muncul mayoritas blog berplatform wordpress. Meskipun sama-sama diketahui bahwa semuanya itu bergantung pada kualitas artikel dan teknik optimasi SEO-nya. Jika kualitas artikelnya jelek, maka tetap saja berada di posisi paling bawah di hasil pencarian google. Nah, untuk itu tidak ada salah untuk mencari tahu tentang cara bikin artikel blog untuk selanjutnya digunakan sebagai satu kebutuhan optimisasi blog download.

 

Subdomain blog wordpress sedikit berbeda dengan blogspot, letak perbedaannya yaitu pada subdomainnya yang tak bisa dimonetisasi. Hal ini disebabkan pihak wordpress tidak memfasilitasinya kecuali untuk blog/situs web yang di hosting sendiri (self hosted). Tentu anda harus mengeluarkan uang untuk sewa hosting disamping biaya untuk membeli domain seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

 

Biaya Sewa Hosting

Hosting merupakan bagian inti yang sangat berpengaruh untuk membuat satu blog download yang nanti dimonetisasi pada penempelan iklan google adsense. Disamping itu, hosting juga memiliki peran penting dalam hal optimasi blog dan di mesin telusur. Oleh karena itu jangan sembarangan memilih hosting, karena bisa menentukan masa depan blog download anda. Pilihlah perusahaan hosting dengan terlebih dahulu meminta referensi dari sobat blogger yang sudah berpengalaman.

 

Biasanya blog yang menggunakan platform wordpress dengan hosting sendiri, membutuhkan spesifikasi yang tepat yakni minimal RAM (Virtual Memory Usage) berkapasitas 750 MB. Urusan RAM ini menjadi hal wajib yang harus diperhatikan, karena jika terlalu kecil akan menyebabkan blog menjadi lemot dan selalu error koneksinya, sehingga terlalu dipaksa sehingga over load atau tidak support.

 

Nah, untuk paket hosting dengan RAM 750 MB harganya lumayan mahal, yaitu berkisar di antara Rp. 600 rb hingga Rp. 1 juta lebih untuk masa sewa selama 1 Tahun. Biasanya paket hosting dengan RAM 750 MB ada di paket bisnis, sehingga harganya cukup mahal. Tapi, perihal kapasitas RAM tidak bisa dilihat secara langsung pada info paket hosting, jika tetap ingin tahun dengan RAM paket hosting silahkan untuk tanya langsung terlebih dahulu kepada cs (customer service) berapa sebenarnya kapasitas RAM pada paket yang ditawarkan tersebut.

 

Kemudian juga anda harus menyiapkan anggaran uang untuk membeli SSL (Secure Socket Layer). SSL adalah protokol keamanan untuk transaksi data di dunia maya, sehingga transaksi menjadi aman dan pengguna pun bisa nyaman. Berdasarkan informasi terakhir dari Google bahwa situs yang menggunakan SSL akan menjadi prioritas di mesin pencari milik google. Oleh karena itu, mau tak mau agar bisa unggul di mesin pencari maka sangat disarankan untuk membeli SSL.

 

Satu hal yang perlu dihindari adalah penggunaan SSL gratisan, karena bisa berakibat fatal terhadap web. Misalnya apabila layanan SSL-nya tiba-tiba dihentikan oleh perusahaan penyedia, maka hal ini akan sangat merugikan karena blog akan terjadi crawl error yang dapat menyebabkan visibilitas blog menjadi turun di mata google.

 

Harga pembelian SSL juga sangat bervariasi tergantung pada paketnya, kalau untuk blog biasa harganya minimal Rp 120 ribu selama 1 tahun untuk 1 blog saja. Jika sobat memiliki banyak blog maka beli saja SSL yang bisa untuk banyak blog. SSL juga tidak wajib dibeli, hanya saja diperlukan untuk optimasi SEO. Jadi bagi sobat blogger yang kantong ‘kempes’ sebaiknya menunda dulu pembelian SSL ini, karena tanpa SSL pun blog download anda masih bisa bekerja dengan baik.

 

Tips Membuat Blog Download Agar Banyak Pengunjung

Nah, setelah anda melewati langkah diatas, tahap selanjutnya adalah menjalankan tips yang bisa membuat blog download anda kebanjiran pengunjung setiap harinya. Memang banyak fakta ditemukan bahwa rata-rata halaman artikel pada satu blog download sangat minim kata-kata. Terkadang cukup hanya di isi kata sambutan, deskripsi singkat tentang materi, dan memasang link file download.

 

Sebenarnya hal itu tidak baik, mengingat di tahun 2019 tingkat persaingan sesama blog download sudah sangat ketat dan sengit, sehingga membuat 1 blog download yang benar-benar berkualitas dan SEO unggul tidaklah semudah mengucapkannya. Ingat, bahwa apapun materi downloadnya (apakah tentang musik, aplikasi, film, animasi, dan lain sebagainya) tetap membutuhkan teknik SEO onpage dan SEO offpage agar bisa masuk di halaman pertama google, sehingga perlu disiasati dengan cara membuat blog bisnis online menjadi rangking 1 dalam kata kunci yang ditargetkan oleh blog download milik anda.

 

Apa anda tidak kepingin situs anda besar seperti stafaband yang selalu yang merajai page one google dan selalu menjadi rekomendasi utama para pencari file musik gratisan di internet. Atau apakah anda tak kepingin seperti bagas31, yang sudah menjadi idola para pengunduh software dan aplikasi free version, dan masih banyak yang lainnya.

 

Nah, kedua blog yang kami sebut diatas merupakan contoh yang sangat menginspirasi atas kiprah sebuah blog download yang memiliki eksistensi kelas atas dan mampu meraup dollar dari dunia maya (dumay). Ya…, tentu saja sepanjang dikelola dan dirintis dengan serius dan profesional.

 

Perihal bagaimana membuat sebuah blog download agar memiliki reputasi terbaik dan selalu ramai pengunjung haruslah dikerjakan dengan metode yang tepat guna. Jangan sesekali menggunakan cara-cara yang tak benar dan instan hanya untuk mendapatkan pengunjung. Penggunaan SEO adalah jawabannya. Tentu saja SEO yang kontennya berisi tentang topik yang membahas dunia musik, aplikasi, film, animasi, dll, yakni dengan cara:

 

1) URL Wajib SEO Friendly

Urusan SEO yang 100% friendly tak bisa ditawar-tawar. Mengapa? Karena ketika orang membutuhkan 1 file untuk diunduh, maka akan langsung menuju ke browser mesin pencari karena memang tak akan ditemukan di media sosial (facebook, twitter, instagram, whatsapp) atau pun pada forum-forum komunitas online.

 

Artinya, blog download secara keseluruhan sangat bergantung pada search engine yang tak lepas dari optimasi SEO friendly. Simple-nya, ketika konten blog download Anda sudah banyak yang berada di halaman satu, maka akan terbuka lebar blog Anda akan kebanjiran para pemburu file gratisan. Jadi, dengan berada di halaman satu merupakan modal awal agar blog download Anda cepat dikenal oleh pengguna internet.

 

2) Url File Download Harus Milik Pribadi

Maaf, kami melihat banyak sobat blogger yang salah dengan membuat halaman konten download yang link nya mengarah ke blog lain. Perbuatan ini tentu saja bisa menghancurkan reputasi blog download Anda di mata google, dan justru akan membuat blog target link Anda akan semakin populer dan mendapatkan ‘juice backlink’ yang cukup banyak.

 

Selain itu, dari sisi pandangan para ‘downloader mania’, blog Anda nantinya akan ditandai sebagai website ‘kelas teri’ alias blog tanpa modal (karena modal dengkul) atau blog tukang dompleng. Untuk itu, arahkan seluruh link file download pada situs hosting pribadi dimana Anda menyimpan semua berkas unduhan yang Anda miliki. Misalnya menyimpan di MediaFire, UpFile, Ziddu, Google Drive dan masih banyak lagi.

 

Tapi, satu hal yang perlu anda ketahui bahwa untuk mengupload file ke situs hosting tersebut, maka dipastikan Anda membutuhkan kuota atau akses internet, dimana hal dimaksud membutuhkan biaya pulsa.

 

3) Perpendek Jalur Download

Pada prinsipnya, setiap orang masuk ke blog download berkeinginan agar secepat mungkin mengunduh file yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, jangan membuat jalur yang berliku-liku untuk sampai ke link unduhan terakhir.

 

Nah, seandainya anda memonetisasi konten blog unduhan, cukup memasang 2 lapis halaman redirect. Satu untuk iklan, dan link yang satu lagi untuk unduhan nya. Mengapa? Hal ini untuk meminimalisir timbulnya rasa kesal saat mau ngunduh satu file, tetapi di redirect ke sana, ke sini, namun ujung-ujungnya malahan tidak menemukan link download nya.

 

4) Menyisipkan Alamat Blog di File Download

Perihal pekerjaan menyisipkan alamat blog pada file download dapat dilakukan dengan berbagai cara yang benar. Untuk file unduhan musik, maka bisa disiasati dalam memasang gambar atau logo blog anda. Nah, ketika file musik untuk tersebut sedang di putar lewat player musik, maka gambar atau logo blog anda akan muncul disana.

 

Sementara untuk untuk file jenis aplikasi, bisa disertakan file promosi iklan pada bundel file unduhan yang dibungkus dengan format rar ataupun zip. Serta pada unduhan Anda berupa file video, dapat menyisipkan alamat blog pada awal atau akhir durasi video.

 

5) Memiliki Loading Super Cepat

Kebanyakan blog download yang pernah penulis kunjungi, rata-rata memiliki kecepatan loading yang sangat memprihatinkan alias ‘lola’ dan ‘lemot’ abis. Mengapa? Karena rata-rata pada blog tersebut memasang terlalu banyak iklan sebagai sumber pendapatan ‘kue dollar’ bagi si pengelola blog.

 

Meskipun terlihat sangat wajar, tapi hal pemasangan iklan yang berlebihan malahan harus mengorbankan kenyamanan pengunjung blog yang sedikit lambat ketika membuka 1 halaman. Karena secara umum, tidak ada pengunjung yang mau menunggu lama untuk membuka sebuah halaman blog. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan kecepatan akses internet bagi para pengguna.

 

Lalu bagaimana tips atau cara mempercepat loading ini? Pilihannya ada pada penggunaan template yang benar-benar super cepat dan ringan loadingnya.

 

6) Penggunaan Navigasi Yang Jelas Dan Tepat Guna

Ingat bahwa target pertama visitor ketika telah masuk ke blog download adalah link yang sedang dicari. Jadi usahakan agar jangan sampai pengunjung kebingungan mencari file yang mereka cari dan sedot, hanya karena terlalu banyak redirect yang anda buat pada halaman pada blog.

 

Memang tak dapat dipungkiri bahwa masih ada beberapa blog download yang justru sengaja menipu pengunjungnya melalui link unduhan yang berisi program referral iklan bukan redirect ke file yang sebenarnya. Tentu perbuatan ini sangat tak terpuji dan tak patut ditiru. Untuk itulah, saran kami berikan navigasi yang mudah kepada visitor dengan menampilkan link apa adanya tanpa neka-neko.

 

7) Hindari Adanya Halaman Not Found

Halaman not found atau jalan buntu, biasanya akibat dari link yang rusak (broken link) atau akibat url yang sudah tidak aktif lagi atau karena kesalahan penulisan url alamat blog oleh si pengguna sendiri. Oleh kerana itu hindari akan adanya halaman not found ini. Mengapa? Karena file yang anda upload pada situs hosting milik pribadi telah dihapus disebabkan beberapa alasan internal.

 

Bila hal ini tidak segera diatas, tentu akan merusak citra blog kedepannya. Dimana tentu saja pengunjung akan kecewa dan tak sudi untuk balik lagi ke blog Anda pada hari berikutnya. Untuk itu, Anda harus selalu memantau semua link unduhan pada blog, bila ditemukan broken link maka harus segera diperbaiki.

 

Nah, untuk hal meminimalisir adanya page not found ini, anda bisa memanfaatkan situs free broken link checker. Atau bisa juga dengan memantau blog Anda pada google search console untuk mengetahui secara dini dan pasti tentang ada tidaknya link yang sudah tidak berfungsi lagi.

 

8) Sajian File Harus Up to Date, Komplit dan Gratis

File download yang tersaji selalu up to date sudah pasti banyak dicari orang, apalagi jika itu diberikan gratisan. Entah itu file musik, movie, aplikasi, game, template, ebook, anime atau apapun itu. Selain itu, kelengkapan materi unduhan juga perlu diperhatikan dan dipertimbangkan. Contohnya blog download yang anda operasikan tentang software atau aplikasi, maka semaksimal mungkin harus memberikan file yang bisa diakses untuk semua jenis platform dari versi yang paling baru.

 

9) Memuat Demo

Ya…., meskipun secara prinsip bahwa file yang dibagikan sifatnya 100% free, bukan berarti pengunjung blog mau menerima resiko seperti membeli kucing dalam karung. Apalagi bila file movie ataupun software anti virus yang terkadang memakan waktu unduhan yang cukup lama karena besarnya file yang harus di load.

 

Jangan biarkan pengunjung merasa kecewa. Oleh karena itu, agar lebih meyakinkan tak ada salahnya Anda menampilkan ilustrasi dalam bentuk demo gambar, suara, ataupun cuplikan thriller video, atau halaman web anda untuk download template). Jadi anda tak perlu takut untuk menyajikan yang berbeda kepada pengunjung dibandingkan dengan blog kompetitor anda.

 

Demikian artikel yang membahas tentang “membuat blog download tak perlu takut, ini tipsnya”, semoga bisa menjadi satu rekomendasi yang berguna untuk mengembangkan dan membikin blog download ramai pengunjung dan menghasilkan uang bagi anda. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *