Bisnis Online dan Jasa SEO

Bisnis Online Medan dan Jasa Ahli SEO Blogger Terbaik

Mempopulerkan Bisnis Online Dengan Strategi SEO

Artikel yang membahas tentang “Mempopulerkan Bisnis Online Dengan Strategi SEO”, mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda yang aktif ngeblog yang secara utuh telah memahami apa itu SEO, kemudian mempraktekkannya dalam website/situs apa saja, terutama bisnis online.

 

Strategi SEO Populerkan Bisnis Online - Situs Toko Online di Google Indonesia

 

Oleh karenanya, para blogger yang aktif ngeblog pasti telah memahami bahwasanya SEO digunakan adalah sebagai salah satu cara untuk menarik pengunjung melalui mesin pencari sebanyak-banyaknya ke website/blog personal. Mengapa? Karena hingga saat ini, mesin pencari paling banyak digunakan ketika orang terkoneksi dengan internet.

 

Nah, terkait dengan aktivitas bisnis yang dilakukan melalui medium internet, tentu penting buat pebisnis online memahami cara kinerja SEO dan menggunakannya untuk meningkatkan trafik, sekaligus untuk meningkat keuntungan usaha bagi perusahaan. Berdasarkan data yang ada, bahwa sekitar 70% sampai dengan 80 persen orang diseluruh penjuru dunia akan mencari informasi adalah melalui penggunaan mesin pencari atau search engine. Oleh sebab itu, para pebisnis online harus mengetahui cara terbaik, supaya situs mereka muncul di mesin pencari.

 

Selanjutnya dari beberapa analisa yang kami lakukan selaku pegiat SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) di Indonesia, bahwa hasil mesin pencari yang penting adalah muncul di halaman pertama (page one). Mengapa? Karena, mayoritas para pengguna yang mencari informasi melalui aktivitas googling akan berhenti di halaman pertama dan tidak melanjutkan ke halaman kedua.

 

Tentu, prinsip dan kebiasan aktivitas googling diatas memberikan makna yang harus dimengerti oleh siapa saja yang konsisten ngeblog, bisnis online maupun berkarir sebagai internet marketing, bahwasanya inti dari strategi membangun Search Engine Optimization (SEO), kemampuan personal dari internet marketer apakah bisa menarik banyak pengunjung secara gratis, dimana sifat SEO inilah yang membedakan nya dengan strategi online lain yang ada digunakan sebagai dasar untuk pemasaran online di dunia bisnis online, misalnya dengan membuka outlet penjualan baju secara online.

 

Secara mendasar, kami melihat sedikitnya ada 3 (tiga) strategi yang paling penting dalam membangun SEO yang efektif dan aman untuk menunjang aktivitas bisnis online anda agar semakin populer, serta mampu meraup keuntungan. 3 Strategi dimaksud adalah:

 

*) Fokus Untuk Menyajikan Konten Terbaik

Ingat, secara prinsip kita haruslah terlebih dahulu pahami bagaimana mesin pencari tersebut bekerja merekomendasikan kata kunci telusuran di halaman nya. Sebab, semua search engine yang ada saat ini berlomba-lomba berkeinginan menampilkan konten terbaik sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna internet di seluruh penjuru dunia.

 

Search engine juga selalu berusaha memperbaiki algoritma nya, dengan tujuan agar tidak menampilkan konten yang tidak relevan atau tidak berguna (konten sampah). Karena, seandinya konten yang dihasilkan tidak sesuai dengan kemanfaatannya, tentu hal ini sudah pasti akan mengecewakan para pengguna dan ujung-ujungnya kemungkinan besar search engine dimaksud tidak akan digunakan lagi. Nah, oleh karena itu, mesin pencari sangat berkepentingan dengan konten yang bagus dan yang terbaik untuk bisa ditampilkan kepada para pengguna ataupun pembaca. Sebisa mungkin search engine akan berupaya menampilkan konten yang berkualitas dan sangat bermanfaat.

 

Lalu pertanyaannya, bagaimana kriteria konten yang bagus? Menurut kami selaku pegiat SEO dan SEM, bahwa kontes yang bagus dan baik haruslah memenuhi unsur: (1) berisi dan memuat informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Seandainya informasi yang dibuat tersebut cocok dengan yang dicari nya, sudah pasti pengunjung akan senang dan betah berkunjung di situs tersebut. Perihal tentang tulis, maka silahkan menyesuaikan dengan gaya bahasa yang sesuai kemapuan anda, dan juga menyesuaikan diri dengan kebutuhan pengunjung.

 

Hal diatas sangat penting dilakukan, dalam rangka untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan disajikan dengan baik dan tidak membosankan; (2) buat dan tulis lah informasi tersebut untuk kebutuhan manusia. Mengapa? Karena yang membaca tulisan anda adalah manusia, maka tulis lah untuk manusia bukan untuk mesin robot. Nah, perihal tentang bagaimana sih aturan untuk bisa secara baik menulis untuk manusia?

 

Sebenarnya untuk hal ini, akan sangat banyak aturan mengenai tata cara penulisan SEO yang baik, tetapi menurut kami bahwa menulis sesuatu yang enak dibaca akan jauh lebih penting dibandingkan dengan yang lainnya. Selain itu, mesin pencari saat ini sudah semakin canggih, yang mana sebentar lagi akan digunakan “owl google”. Kami yakin dan percaya algoritma owl google terbaru ini, akan semakin canggih bisa memahami mana artikel dengan baik, konten sampah, artikel hoax, ataupun artikel ujaran kebencian yang berbau SARA. Jadi, upayakan agar blog merupakan salah satu contoh yang memiliki dan sekaligus menyampaikan konten dengan cukup menarik, relevan dengan kebutuhan pengunjung dan ditulis dengan Bahasa yang sesuai dengan topik yang sedang dibahas.

 

*) Fokus Melakukan Riset dan Memahami Keyword (Kata Kunci)

Dasar dari proses pencarian di mesin pencari adalah menggunakan kata kunci. Misalnya, pengguna menggunakan kata kunci yang terkait dengan “jualan baju online”. Nah, ketika pengguna internet mencari informasi mengenai jenis usaha ini, maka website berikut dengan produk turunan yang di buat berdasarkan penggunaan kata kunci ‘jual baju online’ akan muncul di halaman mesin pencari, apakah nama toko nya, jenis baju yang dijual, kualitas baju, cara pengirimannya, maupun harga yang ditawarkan oleh para penjual baju online.

 

Oleh sebab itu, tak ayal para pebisnis online yang maksimal menggunakan SEO haruslah secara komprehensif memahami tentang –kata kunci– yang akan digunakan oleh pengunjung atau yang menjadi target market yang sudah dicanangkan sebelumnya.

 

Ingat pelajari terus, apa yang menjadi kata kunci di usaha atau bisnis yang berkembang menurut anda, kemudian lakukan pengkajian kata kunci apa yang penting dalam usaha dimaksud namun tingkat persaingannya belumlah tinggi. Artinya, bahwa kata kunci dimaksud belum banyak di targetkan oleh situs lainnya.

 

Nah, untuk memahami kata kunci dengan baik, maka pebisnis lah memahami terlebih dahulu target pasar yang akan menjadi sasaran. Apa kira-kira yang konsumen cari, kemudian kata atau istilah yang lazim mereka pakai untuk menemukan pasar bisnis yang sedang anda tekuni, dan lain sebagainya. Ya, intinya dalam penerapan SEO untuk menunjang aktivitas bisnis online adalah tentang adanya kemampuan pebisnis untuk memahami nasabah dan apa keinginan konsumen.

 

*) Fokus Untuk Terus Membangun Backlink

Dalam SEO, salah satu faktor penting yang masih sangat penting dan sangat relevan untuk terus dilakukan adalah membangun backlink. Nah, apakah backlink tersebut? Secara sederhana, kami kaan menjelaskan bahwa backlink adalah link yang diberikan oleh pihak lain ke situs milik kita. Nah, seandainya link tersebut di klik, maka pengunjung akan langsung diantarkan ke situs yang diberikan link tersebut.

 

Adanya backlink ini merupakan bukti bahwasanya pihak lain menganggap bahwa situs anda adalah penting, sehingga layak untuk diberikan link sebagai referensi. Selanjutnya, mesin pencari akan langsung menangkap adanya sinyal backlink tersebut dan menggunakan sebagai salah satu faktor penting dalam meranking hasil pencarian website/situs.

 

Bicara tentang teknik atau cara membangun backlink, tentu akan ada banyak cara membangun backlink dan juga teknik yang digunakan oleh para pengelola (webmasters) tentu bisa berbeda satu dengan lainnya. Bahkan, banyak pihak berpromosi dan dengan sangat berani dan lantang mengklaim bisa membangun backlink dengan cepat dengan hasil yang luar biasa. Hebat bukan?

 

Namun, yang perlu dipahami oleh sobat blogger silaenseo.com, bahwa sejak awal adanya mesin pencari bahwa perihal tentang adanya backlink ini yang penting bukan kuantitas tapi kualitas dari backlink itu sendiri. Cara mencari backlinks secara massal dengan menggunakan software otomatis sangat berbahaya, karena ini merupakan bagian dari teknik “black hat seo” yang sangat dibenci oleh google. Walaupun teknik ini bisa menaikkan ranking situs yang dibacklink secara cepat di halaman pencarian, cara ini juga sangat rentan terdeteksi algoritma google yang bisa berakibat fatal, yaitu penurunan ranking di search engine (biasanya hampir untuk semua keyword) sampai dengan penalty, seperti sandbox, deindex (jika spamming massal yang dilakukan cukup brutal).

 

Ingat eksistensi kehadiran system algoritama google yang terus diupdate (misalnya google penguin, owl, hummingbird, dst) yang fokus untuk menghajar situs-situs yang menggunakan cara yang tidak benar dalam hal mengejar backlink yang berlebihan dan tidak berkualitas. Misalnya ketika diterapkan system algoritma Google Penguin pada beberapa tahun yang lalu, Google Penguin menciptakan banyak situs jadi korban.

 

Lalu, apa kriteria penting tentang backlink yang berkualitas? Pertanyaan ini penting, mengingat agar tidak jadi kesalahan yang selanjutnya akan mengorbankan situs blog personal ataupun website bisnis online anda. Hal yang terkait dengan kriteria yang harus dipenuhi dari 1 buah backlink adalah: 1) relevan, maksudnya adalah bahwa backlink yang diberikan adalah berasal dari situs yang niche atau topik yang sama. Misalnya, situs tentang kontes seo sebaiknya mendapatkan link dari situs kontes seo, website bisnis online sebaiknya mendapatkan link dari situs yang membahas tentang bisnis online, begitu seterusnya; 2) bersifat contextual links, maksudnya adalah bahwa link haruslah berada di dalam konten (artikel). Alasan backlink jenis ini berkualitas adalah karena links yang berada di dalam artikel biasanya related atau relevan dengan isi artikel (topik yang sedang ditulis); 3) link dari situs dengan authority tinggi, maksudnya bahwa link yang masuk adalah berasal dari situs – situs yang bisa dipercaya, memiliki nilai ranking jauh lebih baik dan bukan dari situs yang tidak jelas.

 

Demikian artikel yang membahas tentang apa-apa saja hal yang bisa dipergunakan untuk ‘Mempopulerkan Bisnis Online Dengan Strategi SEO’ dalam rangka menunjang cita-cita para blogger yang ingin berkecimpung dalam dunia bisnis online yang masih sangat menjanjikan. Sehingga sangat dibutuhkan adanya pemahaman mengenai SEO atas bisnis online yang sedang ditekuni. Sebagaimana yang kami katakan diatas, bahwa SEO merupakan cara untuk menarik pengunjung ke situs karena mayoritas menggunakan mesin pencari ketika mencari informasi di internet, sehingga bisnis online anda cepat berkembang, semakin terkenal dan mampu memberikan keuntungan yang lebih baik lagi setiap harinya.

1 Comment

Add a Comment
  1. Aris Setyawan

    Bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!